Tanpa Aturan Ribet, Wisata Maldives Kembali Dibuka Untuk Turis Asing

Yang sudah rindu liburan ke luar negeri, Maldives bisa menjadi destinasi yang layak untuk dipertimbangkan dikunjungi. Pasalnya semua destinasi wisata di Maldives sudah kembali dibuka untuk semua turis, dengan pemerintah setempat tidak memberlakukan aturan yang ribet untuk dipatuhi wisatawan di tengah pandemi Covid-19 ini.

Wisata Maldives kembali dibuka pada 15 Juli 2020 untuk semua wisatawan asing. Pemerintah Maldives juga tidak menerapkan aturan “umum” seperti di negara lain, seperti kewajiban menunjukkan surat bebas Covid-19, atau melakukan karantina dan isolasi mandiri selama 14 hari. Singkatnya, pemerintah Maldives masih menerapkan “old normal” saat menyambut wisatawan di tengah pandemi ini, dengan sedikit penyesuaian.

wisata maldives dibuka kembali
Beberapa resort di Maldives siap menerima tamu kembali | Image credit: Pixabay

Penyesuaian yang dimaksud dalam hal ini adalah turis yang ingin wisata ke Maldives harus melakukan pemesanan secara online di akomodasi yang sudah terdaftar. Sementara “kewajiban” melakukan karantina dan isolasi mandiri secara otomatis dilakukan turis jika memilih menghabiskan waktunya di tengah resort yang tersebar di lebih dari 1,000 pulau kecil yang dimiliki Maldives. Dengan demikian, pemetaan kontak bisa menjadi jauh lebih mudah jika memang ada wisatawan yang tertular Covid-19 saat berada di resort tertentu.

Pemerintah Maldives juga bukannya tanpa usaha untuk meredam penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Pemerintah hanya memberikan izin kepada resort untuk bisa kembali beroperasi apabila sudah memenuhi aturan ketat protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Salah satu aturan yang harus dipenuhi resort di Maldives adalah memiliki tenaga medis tersertifikasi yang siap dipanggil dan memiliki peralatan pengamanan diri yang cukup.

Sejumlah resort juga memiliki kebijakan tersendiri menyambut wisatawan dari luar negeri, di antaranya setiap tamu harus melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) saat tiba di resort dan harus tinggal hingga hasilnya keluar. Jika hasilnya positif, tamu wajib melakukan isolasi mandiri di villa mereka dan akan terus dipantau perkembangan kesehatannya oleh tenaga kesehatan tersertifikasi.

Pemerintah Maldives juga memberikan saluran informasi mengenai kondisi terkini perkembangan Covid-19 di negara mereka, termasuk informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan di situs resmi pariwisata mereka. Meski tidak ada aturan ketat, penting untuk turis mengetahui panduan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah Maldives di tengah pandemi Covid-19 ini, dan diterapkan sebelum, saat dan setibanya di Bandara Internasional Valena.

Lalu, apakah ada penerbangan yang menuju Maldives? Sejumlah maskapai internasional sudah membuka sejumlah rute penerbangan menuju gugusan pulau tropis ini. Emirates dan Etihad sudah menerbangkan penumpang mulai 16 Juli, sementara Turkish Airlines memiliki rute ke Maldives pada 17 Juli.

Baca juga: 8 Water Villa Di Indonesia Timur Yang Akan Membuatmu Tercengang

Meski tempat wisata di Maldives kembali dibuka, tetap dukung mereka yang bekerja memerangi penyebaran Covid-19 dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru