Wisata Masjid Indonesia, 15 Masjid Terindah yang Harus Kamu Datangi

Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan wisata masjid Indonesia. Tidak hanya bertujuan untuk mendekatkan diri kepada-Nya, kamu juga bisa menelusuri sejarah atau lika-liku kehidupan masyarakat di sekitar masjid.

Sebagai negara dengan pemeluk Islam terbanyak se-Asia Tenggara, tak heran jika masjid-masjid indah bertebaran di berbagai daerah. Sekalian mudik dan melaksanakan tarawih pada hari-hari terakhir, yuk kunjungi 15 masjid megah rekomendasi Tripzilla berikut.

1. Masjid Seribu Tiang, Masjid Agung Al-Falah (Jambi)

Image credit: @heruprasetio99

Pertama kali melihat bangunan masjid ini, kamu pasti langsung berdecak kagum. Masjid Agung Al-Falah di Jambi ini unik banget karena tidak ada pintu maupun jendela yang membatasi ruangan di dalamnya! Masjid ini sengaja dibangun dengan filosofi untuk menyambut siapapun yang ingin beribadah dengan ‘tangan terbuka’. Selain itu, model bangunan begini membuat suasana masjid terasa dingin dan nyaman.

Image credit: @miftaharifbudiman

Meskipun dijuluki masjid seribu tiang, sebenarnya masjid ini ‘hanya’ memiliki 288 tiang. Namun karena jumlah tiangnya yang begitu banyak, masyarakat lebih mudah mengingat masjid ini dengan nama tersebut.

Image credit: @1001masjidjambi

Lokasi: Jalan Sultan Thaha Beringin, Legok, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36124

2. Masjid Pink yang Cerah Ceria, Masjid Raya An-Nur (Bintan)

Image credit: @estherbunnymo

Kalau kamu sudah pernah mendengar tentang masjid berdinding atau berkubah warna-warni yang berada di berbagai kota, kamu juga harus tahu tentang masjid merah muda satu ini. Kamu bisa melakukan wisata masjid Indonesia sekaligus mengeksplorasi destinasi-destinasi indah di Bintan.

Image credit: @romaini.romaini

Masjid yang berlokasi di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan ini tampak kecil dari kejauhan. Namun, jika kamu memperhatikan dengan seksama, ada aksen keemasan di kubahnya yang menambah cantik pemandangan masjid. Begitu memasuki masjid, kamu akan dihibur dengan desain dalam kubah yang semarak. Instagrammable banget!

Lokasi: Jalan Raya Kawal, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29151

3. Masjid 99 Kubah, Masjid Asmaul Husna (Makassar)

Image credit: @yohansjo

Kalau kamu berjalan-jalan ke Center Point of Indonesia (CPI) Pantai Losari, kamu akan melihat masjid ini di anjungan. Masjid menakjubkan yang lebih dikenal dengan nama Masjid 99 Kubah ini akan mulai beroperasi pada bulan Ramadan. Wajib kunjung nih, buat kamu yang akan mudik Lebaran ke Makassar.

Image credit: @unearthedname

Selain menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia, bangunan yang diprakarsai dan didesain oleh Ridwan Kamil ini disebut-sebut sebagai proyek termegah di Indonesia Timur tahun 2019.

Lokasi: Center Point of Indonesia, Pantai Losari, Makassar

4. Pusat Silaturahmi Masyarakat Muslim Bali, Masjid Muhammad (Denpasar)

Image credit: @vendyphotography

Ada banyak masjid dan musala tersebar di Bali, beberapa di antaranya bahkan berukuran cukup besar. Seperti Masjid Muhammad yang berlokasi di Jalan Imam Bonjol. Bangunannya tidak tampak besar dari jalan raya, tetapi sesudah kamu melewati jalan masuk dan tempat parkir, kamu akan terkesima memandangi masjid yang megah ini.

Image credit: @masjid.muhammad

Untuk memasuki masjid, kamu bisa memilih dari empat pintu besar yang merupakan replika pintu Masjid Nabawi. Setiap pintu dinamakan dengan nama-nama Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, dan Utsman bin Affan.

Image credit: @syababmuhammad

Masjid ini kerap mengundang ustaz dan ustazah terkenal dari Jakarta. Setiap harinya ada jadwal kegiatan keagamaan, maka dari itu masjid ini hampir selalu ramai. Pasti menyenangkan untuk bisa melakukan wisata masjid Indonesia sambil tarawih di tengah-tengah saudara Muslim-Muslimah di Bali.

Lokasi: Jalan Imam Bonjol No.335, Pemecutan Klod, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80119

5. Masjid Berornamen Kristal, Masjid Khadija (Sleman)

Image credit: @selmadena

Masjid indah tidak harus besar, setuju? Masjid Kristal Khadija mungkin tergolong ‘mini’, tetapi sudut-sudutnya mengundang untuk diabadikan. Dinding dan atap masjid ini tertutup kaca beraneka warna, yang dikabarkan terinspirasi dari masjid di Dubai. Pola keramik pada lantainya membentuk motif floral yang cantik, ditambah dengan air mancur di halaman masjid, tak heran kalau kamu akan berlama-lama di masjid ini.

Image credit: @raravintageous27

Masjid Kristal Khadija berlokasi di area SMP dan SMA Budi Mulia Dua, Sleman, Yogyakarta. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Bandara Adi Sucipto, kamu bisa mampir dulu ke sini sebelum merayakan momen Idulfitri bersama keluarga di Yogyakarta atau Sleman.

Image credit: desainbangun.co.id

Lokasi: Kenayan, Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584

6. Tempat Melepas Lelah untuk Geng Mudik, Masjid AR. Fachrudin (Malang)

Image credit: @arie_juve

Mudik ke Kota Batu dan sekitarnya? Kamu akan melewati masjid yang berdekatan dengan Terminal Landungsari, Malang. Bukan hanya bangunan masjid yang putih bersih ini yang akan membuatmu terpesona, tetapi kompleks Universitas Muhammadiyah Malang yang super luas dan megah akan menggodamu untuk mampir dan berkeliling.

Image credit: @ady_april

Masjid AR. Fachrudin terdiri dari lima lantai, wow. Kalau kamu memasukinya dari pinggir jalan raya, kamu akan langsung menemukan tempat salat yaitu lantai tiga sampai lantai lima. Sementara kalau kamu masuk lewat belakang (dalam kampus), kamu akan menemukan kantin, koperasi, ATM, dan poliklinik di lantai satu. Lantai dua digunakan untuk kantor takmir masjid, tempat wudu, aula, dan perpustakaan. Lengkap!

Lokasi: Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur 65144

7. Taj Mahal-nya Sunter, Masjid Ramlie Musofa (Jakarta Utara)

Image credit: @dierabachir

Sekitar satu tahun terakhir, ada ‘destinasi wisata baru’ di daerah Danau Sunter, Jakarta Utara. Warga Jakarta maupun pelancong dari kota lain gemar mampir untuk salat di masjid mewah yang mirip dengan bangunan Taj Mahal ini.

Image credit: @fahrudiyansyah

Berhubung masjid ini dibangun di perumahan dimana Muslim merupakan minoritas, maka ada kesepakatan dengan masyarakat sekitar bahwa azan tidak dikumandangkan ke luar masjid dengan suara keras. Sebagai pengganti, masjid ini memiliki beduk yang dipukul untuk mengumumkan waktu salat. Unik, kan?

Image credit: @fitria_puji_astuti

Buat kamu yang ingin mengeksplorasi wisata masjid Indonesia, terutama di Jakarta dan sekitarnya, jangan lupa mengunjungi Masjid Ramlie Musofa ya.

Lokasi: Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I/10 No.12C-14A, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14350

8. Gambaran Kemegahan Kesultanan Langkat, Masjid Azizi (Langkat)

Image credit: @anwiratmoko

Wisata masjid Indonesia belum lengkap tanpa mengunjungi masjid yang memiliki nilai historis. Masjid Azizi ini merupakan masjid tertua di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Masjid yang dibangun pada tahun 1989 ini mengusung gaya arsitektur campuran Turki dan Arab. Sejak dahulu, warna utama masjid yaitu kuning-hijau selalu dipertahankan agar menjadi ciri khas.

Image credit: @kevingumilang

Pada masa lampau, Masjid Azizi adalah pusat persebaran ajaran Islam untuk masyarakat Sumatera Utara dan sekitarnya. Demi mengabadikan sejarah dan memperingati wafatnya Tuan Guru Babussalam Syeikh Abdul Wahab Rokan, Festival Azizi kerap diadakan setiap tahun. Kegiatan dalam festival mencakup lomba azan, baca puisi, tadarus Alquran, dan sebagainya.

Lokasi: Jalan Masjid No.1, Pekan Tanjung Pura, Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20853

9. Masjid Terbesar Kedua di Asia Tenggara, Masjid Islamic Center (Samarinda)

Image credit: @adhan_dedy

Dengan jumlah penganut Islam mencapai 87% (Wikipedia), wajar kalau setiap kota besar di Indonesia memiliki masjid agung atau masjid raya. Tak terkecuali Samarinda yang memiliki masjid terbesar kedua di Asia Tenggara sesudah Masjid Istiqlal. Tak tanggung-tanggung, luas bangunan masjid mencapai 43,500 meter persegi! Pantas saja akan sulit untuk kamu memfoto masjid ini secara keseluruhan. Besar banget!

Image credit: @riskhianafarahnurdewanti_

Islamic Center Samarinda memiliki tujuh menara pencakar langit dengan ketinggian 99 meter yang merepresentasikan Asmaul Husna. Sedangkan anak tangga dari lantai dasar ke lantai utama masjid berjumlah 33 buah yang melambangkan jumlah biji tasbih. Kira-kira, berapa lama waktu yang harus kamu luangkan untuk menjelajah masjid ini?

Lokasi: Jalan Pangeran Bendahara, Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251

10. Masjid yang Menjadi Pusat Peradaban Masyarakat, Masjid Raya Natuna (Natuna)

Image credit: @dio_ds

Di Natuna, kepulauan paling utara di selat Karimata, berdiri sebuah masjid indah yang cukup besar. Konon, satu saf dapat menampung sekitar 180 jemaah! Selain daya tampung yang sangat banyak, keunikan dari Masjid Agung Natuna adalah kubah yang berjumlah 20 buah dan disusun dalam tiga tingkatan. Desain kubah bertingkat ini mirip dengan desain Masjid Raya Sulaimaniah di Turki.

Image credit: @ariansera_

Wilayah masjid ini dikenal dengan nama ‘Kompleks Gerbang Utaraku’ yang menjadi implementasi pembangunan lima pilar utama untuk kesejahteraan masyarakat, yaitu keimanan, kesehatan, pendidikan, perekonomian dan hukum. Tidak tanggung-tanggung, di dalam kompleks masjid terdapat pasar, terminal, asrama STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam), gedung olahraga, dan bangunan-bangunan lain untuk menopang kehidupan masyarakat Natuna.

Lokasi: Ranai Kota, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau 29783

11. Sentra Dakwah Warga Muslim Kalimantan Barat, Masjid Raya Mujahidin (Pontianak)

Image credit: @dhaniielev

Satu lagi masjid raya yang berukuran super besar, kali ini di Kota Pontianak. Halaman parkir masjid saja bisa menampung hingga 1,600 mobil! Sementara kapasitas bangunan masjid bisa diisi oleh 9,000 jemaah. Tak heran jika masjid ini sering digunakan untuk menyelenggarakan hajatan seperti pernikahan, atau mengadakan peringatan hari-hari besar Islam.

Image credit: @ayuhaliza_

Bangunan asli Masjid Mujahidin Pontianak sudah ada sejak tahun 1978, lho. Untuk memperbaiki dan memperindah masjid, diadakan renovasi pada tahun 2011-2015. Jadilah Masjid Mujahidin seperti yang kita lihat saat ini, dengan luas bangunan sekitar 3,600 meter persegi.

Image credit: @nursyahrinidewi

Lokasi: Jalan Jendral Ahmad Yani, Kel. Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121

12. Berdiri Kokoh Sejak Abad Ke-15, Masjid Jami’/Agung (Tuban)

Image credit: @tryonopambudi

Di samping warna kubah yang ‘ngejreng’, Masjid Agung Tuban mengingatkan kita akan kanopi Masjid Nabawi. Payung yang bisa dibuka-tutup tersebut menjadi aksen yang menyambut kedatanganmu di masjid yang dulunya bernama Masjid Jami’.

Image credit: @mf_cc206

Pertama kali direnovasi pada tahun 1894, masjid ini sudah beberapa kali mengalami perluasan dan perubahan gaya arsitektur. Pada tahun 2014, Pemerintah Daerah Tuban menambahkan dua tingkat agar dapat menampung lebih banyak jemaah, serta mendirikan enam menara masjid. Luas keseluruhan bangunan Masjid Agung Tuban saat ini sekitar 3,565 meter persegi. Cocok untuk tarawih bersama keluarga, nih.

Lokasi: Jalan Bonang, Kutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62311

13. Serasa di Negeri 1001 Malam, Masjid Agung AG KH Abdul Rahman Ambo Dalle (Pare-Pare)

Image credit: @dzulkifly_ri

Parepare, atau Pare-pare, adalah kota kelahiran presiden ke-3 Indonesia, Bapak B.J. Habibie. Kota dengan pemandangan pantai nan cantik ini memiliki sebuah masjid unik yang akan membawa pikiranmu terbang ke Timur Tengah. Di samping itu, masjid ini memiliki ‘ruang bawah tanah’ yang instagrammable banget. Wajib merasakan menunggu beduk magrib di masjid ini!

Image credit: @elfarasatriyo

Masjid ini tergolong masjid baru, yang mulai beroperasi pada tahun 2010. Namun begitu, kapasitasnya mencapai 3000 jemaah. Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung pada hari-hari sibuk, terdapat 80 toilet dan tempat wudu yang tak kalah luas. Tak perlu khawatir jika ingin melakukan salat Idulfitri di sini, teras dan pelataran masjid juga cukup nyaman untuk salat, kok.

Lokasi: Jalan Jenderal Ahmad Yani KM.2, Ujung Baru, Soreang, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan 91113

14. Masjid Polda Terbesar Se-Indonesia, Masjid Arif Nurul Huda (Surabaya)

Image credit: @ferdiantiojs

Memasuki Kota Surabaya dan menyusuri Jalan A. Yani, kamu akan terkesima dengan pemandangan masjid yang luar biasa indah – apalagi kalau kamu melewatinya pada malam hari. Gaya arsitekturnya cukup minimalis namun mengundang kesan magis. Ditambah dengan danau persis di depan pintu masuk masjid, menanti senja di sini pasti menyenangkan.

Image credit: @silapurnaarif_

Masjid Arif Nurul Huda merupakan kebanggaan bagi Kepolisian Daerah (Polda) Jatim karena menjadi masjid Polda terbesar se-Indonesia. Baru diresmikan pada tahun 2018, sebelumnya anggota Polda Jatim hanya memiliki masjid kecil yang kondisinya lumayan buruk. Dengan demikian, adanya Masjid Arif Nurul Huda ini diharapkan mampu meningkatkan spiritualitas para polisi.

Image credit: @indraiswanto84

Tenang, masjid ini terbuka untuk umum. Kamu yang mudik atau melakukan perjalanan bisnis ke Surabaya, boleh banget singgah dan salat tarawih di Masjid Arif Nurul Huda.

Lokasi: Jalan Ahmad Yani No.116, Ketintang, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235

15. Masjid Indah dengan Pemandangan Hijau, Masjid Andalusia (Bogor)

Image credit: @egreebrew

Masjid megah tak hanya dibangun oleh pemerintah daerah atau instansi pemerintah. Terkadang, universitas atau pesantren memiliki masjid besar yang bisa menampung ribuan jemaah. Salah satunya adalah STEI Tazkia di Bogor, yang juga terkenal dengan Masjid Andalusia.

Image credit: @fuad.putranto

Masjid bergaya arsitektur Spanyol ini memiliki luas bangunan sekitar 1,250 meter persegi dan bisa menampung hingga 2,500 jemaah. Dinamakan Andalusia, karena wilayah otonom di Spanyol tersebut dulunya merupakan bagian dari Kerajaan Islam dan dipimpin oleh Thariq bin Ziyad. Harapannya, STEI Tazkia turut berkontribusi untuk membangun kembali kejayaan Islam di seantero dunia.

Lokasi: Masjid Andalusia STEI Tazkia, Jalan Ir H Juanda No.78, Citaringgul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810

Baca Juga: 7 Aplikasi Yang Membantu Muslim Menemukan Makanan Halal Di Luar Negeri

Siapa bilang berwisata ke masjid akan membosankan? Justru melakukan wisata masjid Indonesia tak hanya membuat spiritualitas diri meningkat, tetapi juga menelisik sisi-sisi menarik dari kehidupan masyarakat di sekitar masjid. Yuk, segera rencanakan kunjungan ke masjid-masjid indah Indonesia yang sudah diulas Tripzilla!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru