12 Wisata Turki Populer Yang Jadi Favorit Wisatawan Indonesia

Sejak menerapkan kebijakan bebas visa, Turki kini menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan Indonesia. Bahkan akhir-akhir ini trend liburan ke negara yang terkenal dengan balon udara ini begitu ramai di media sosial karena persyaratannya mudah dan biaya perjalanan yang cukup terjangkau.

Keindahan wisata Turki sudah begitu mendunia. Mulai dari wisata alamnya yang menakjubkan hingga bangunan bersejarah perpaduan antara Eropa dan Asia, membuat Turki harus masuk dalam daftar destinasi tujuan liburanmu selanjutnya.

Apalagi dengan sejarah Islam yang kental akan meningkatkan kenyamanan wisatawan Muslim dalam hal beribadah dan wisata kuliner halal. Jika kamu sudah punya keinginan untuk ke Turki, berikut rekomendasi 12 wisata populer Turki yang akan membantumu dalam menyusun itinerary.

1. Dibawa terbang oleh balon udara di Cappadocia

Wisata Turki - Cappadocia
Image credit: IgOrZh Canva Pro

Inilah wisata paling terkenal di Turki, Cappadocia. Tujuan utama para wisatawan dari seluruh dunia ini selalu berhasil memikat dengan banyaknya balon udara yang akan membawamu terbang. Rasakan sensasi naik balon udara untuk melihat tebing bebatuan, lembah, dan pegunungan yang menakjubkan.

Selain mermenaiki balon udara, kamu juga dapat bermalam di penginapan bergaya kuno yang unik, mencicipi hidangan lokal di restoran, dan juga mengunjungi kota bawah tanah. Fakta uniknya bahwa bangunan-bangunan tersebut terbuat dari pahatan bebatuan.

2. Tenggelam dalam keramaian bersama warga lokal di Istiklal Street

Wisata Turki - Istiklal Street
Image credit: Roksana Bashyrova Canva Pro

Berjalan-jalan di jantung kota Istanbul adalah hal yang sederhana namun menyenangkan untuk dilakukan. Seperti di Istiklal Street ini kamu bisa melakukan banyak hal seperti belanja oleh-oleh, kulineran, menonton bioskop, hingga menikmati wisata malam.

Setiap harinya, ratusan orang baik warga lokal maupun wisatawan mancanegara memadati jalanan dengan panjang 1,4 km ini. Jika kamu berjalan-jalan di sini pastikan untuk berhati-hati karena ada trem yang akan melintasi tengah jalan.

3. Hagia Sophia, tempat ikonik untuk melihat indahnya toleransi di Turki

Wisata Turki - Hagia Sophia
Image credit: pavlovakhrushev Canva Pro

Hagia Sophia adalah bukti indahnya toleransi. Tempat ini merupakan masjid sekaligus museum yang dulunya adalah sebuah gereja di masa lalu. Walaupun telah dialihfungsikan, namun interior bangunan ini tidak mengalami banyak perubahan. Kini Hagia Sophia menjadi salah satu wisata Turki yang paling terkenal di kalangan wisatawan dunia.

4. Belanja di pasar tertua di dunia, Grand Bazaar

Wisata Turki - Grand Bazaar
Image credit: Ethan Jameson | Unsplash

Salah satu hal yang paling dinanti ketika liburan tentu saja berbelanja baik untuk diri sendiri maupun oleh-oleh untuk kerabat. Di Turki kamu dapat menemukan salah satu pasar tertua di dunia yang telah berdiri sejak 1455 yaitu Grand Bazaar.

Surga belanja ini banyak menjual makanan hingga ornamen khas Turki yang cocok dijadikan cinderamata. Walaupun usianya tua, namun pasar ini masih berdiri kokoh dan terawat baik sehingga para pengunjung dapat berbelanja dengan nyaman.

5. Topkapi Palace, istana para sultan bak negeri dongeng

Wisata Turki - Topkapi Palace
Image credit: Andrey Khrobostov Canva Pro

Mengingatkan akan buku cerita dongeng yang kamu baca saat kecil, Topkapi Palace adalah museum yang dulunya dijadikan tempat tinggal para sultan. Dibangun pada tahun 1459, istana ini selain sebagai tempat tinggal juga didalamnya terdapat rumah sakit, sekolah, masjid, asrama, hingga perpustakaan. Kemegahan bangunannya dengan pepohonan di sekitarnya begitu indah untuk diabadikan dalam sebauh potret.

6. Melihat jejak Romawi Kuno di Ephesus

Wisata Turki - Ephesus
Image credit: semakokal Canva Pro

Jika penasaran seperti apa jaman Yunani kuno, maka kamu bisa mengunjungi Ephesus. Di sini bangunan reruntuhan Kota Yunani Kuno masih tersisa menjadi saksi sejarah kejayaan masa Kerajaan Romawi. Dulunya bangunan ini merupakan perpustakaan terbesar ketiga pada masanya yaitu Celsus Library dan Odeon Theatre yang biasa digunakan untuk pertunjukan konser musik serta pertemuan para wakil rakyat.

Meski berbentuk reruntuhan, justru hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan para wisatawan juga seringkali mengambil foto dengan hasil yang sangat instagramable.

7. Melihat megahnya Blue Mosque

Wisata Turki - Blue Mosque
Image credit: Olena_Z via Canva Pro

Rasanya belum lengkap ke Turki jika belum melihat keindahan dan kemegahan Blue Mosque. Masjid dengan dominasi warna biru pada bagian luarnya ini didesain oleh Sedefkar Mehmed Aga dengan menerapkan gaya Timur Tengah dan Romawi sesuai perintah dari Sultan Ahemd.

Dinamakan Blue Mosque atau Masjid Biru dalam Bahasa Indonesia dikarenakan kubah dan keramik pada dindingnya berwarna biru. Dari kejauhan saja keindahan masjid yang dibangun pada tahun 1609 ini begitu terlihat dan kamu akan dibuat semakin takjub dengan arsitektur bagian dalam masjid. Ketika malam tiba, lampu-lampu masjid berwarna biru akan dinyalakan hingga kemewahannya begitu terasa.

8. Berfoto di tengah lautan bunga tulip, Emirgan Tulip Garden

Wisata Turki - Emirgan Tulip Garden
Image credit: Roksana Bashyrova Canva Pro

Selain balon udara, Turki juga terkenal bunga tulipnya yang cantik. Untuk melihatnya, datanglah ke Emirgan Tulip Garden atau Emirgan Park yang setiap musim semi di bulan April akan mengadakan Festival Tulip Istanbul.

Di taman dengan luas 100 hektar ini, hamparan bunga tulip bermekaran dengan warna dan jenis yang berbeda. Setelah mata dimanjakan, kamu bisa berfoto-foto dengan latar belakang bunga tulip, danau, atau taman bermain yang ada di sekitar.

9. Wisata ziarah ke Ataturk Mausoleum

Wisata Turki - Ataturk Mausoleum
Image credit: Thomas George | Unsplash

Bangunan dengan pilar-pilar megah ini berada di atas Bukit Ankara. Ataturk Mausoleum menjadi favorit para wisatawan untuk wisata ziarah dimana kamu dapat menemukan sebuah makam dari Mustafa Kemal Ataturk.

Bukan tanpa alasan mengapa makam beliau ini begitu berarti karena Mustafa Kemal Ataturk adalah tokoh penting yang berjasa membebaskan bangsa Turki dari penjajahan. Sehingga tidak heran jika makam mewah ini adalah sebagai bentuk penghormatan terakhir dan juga wisata ziarah kebanggaan warga lokal.

10. Galata Bridge, tempat favorit untuk menunggu senja dan menikmati malam

Wisata Turki - Galata Bridge
Image credit: zakOO Canva Pro

Setelah seharian menjelajahi berbagai tempat, saatnya kamu bersantai menikmati suasana malam Turki yang tenang di Galata Bridge. Di jembatan yang dibangun pada tahun 1836 ini kamu akan disuguhkan dengan dua pemandangan berbeda yaitu bangunan bergaya Eropa dan Asia.

Uniknya Galata Bridge merupakan jembatan bertingkat dimana bagian atas untuk pejalan kaki dan kendaraan, serta di bagian bawah terdapat berbagai kafe dan restoran. Sembari melihat senja dan langit malam, cicipi kuliner khasnya yaitu Balik Ekmek, snack yang terbuat dari roti dan ikan panggang.

11. Dibuat takjub dengan keindahan kolam biru Pamukkale

Wisata Turki - Pamukkale
Image credit: mikdam via Canva Pro

Sekilas terlihat salju, namun tempat ini adalah kolam pemandian air panas bertingkat yang sangat populer di Turki. Warna air biru, putihnya bebatuan, dan pemandangan menakjubkan yang terlihat dari kolam ini menjadi alasan mengapa tempat ini selalu ramai oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Tidak hanya sebagai tempat wisata tapi kolam ini memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh seperti asma, rematik, penyakit kulit, dan penyakit mata. Air panas di sini mengandung mineral karbonat, sedangkan warna putih pada kolam merupakan logam kalsium yang mengeras.

12. Silk Market, surga untuk berburu oleh-oleh

Wisata Turki - Silk Market
Image credit: Abdullah-TK | Pixabay

Tak jauh dari Grand Mosque of Bursa, kamu dapat berbelanja sebelum meninggalkan negara ini. Pasar ini terkenal sebagai pusat belanja oleh-oleh khas Turki seperti sutra, pakaian, kerudung, perak, dan lainnya. Kualitas sutra di pasar ini juga sudah terbukti dengan menjadi pusat jual beli sutra sejak dulu. Agar mendapatkan harga terbaik, gunakan kemampuanmu dalam proses tawar-menawar.

Baca juga: Syarat Perjalanan Ke Turki, Aturan Masuk Yang Harus Diketahui Traveler Indonesia

Itulah rekomendasi wisata populer di Turki yang bisa kamu kunjungi. Apalagi kini wisatawan Indonesia mendapatkan kemudahan dengan kebijakan bebas visa. Jadi segera siapkan paspormu dan rencanakan liburanmu segera!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru