12 Destinasi Wisata Di Wonogiri Yang Instagramable Dan Keren Abis

Wonogiri adalah kota yang tidak hanya terkenal untuk menyantap bakso yang nikmat, namun juga untuk berwisata alam. Wonogiri menawarkan lanskap alam yang bervariasi berupa pantai, gua dan gunung yang cantik. Jadi jika kamu berencana berlibur ke Jawa Tengah, arahkan tujuanmu ke Wonogiri untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda. Seperti apa sih wisata alam ala Wonogiri ini? Lihat tempat wisata Wonogiri rekomendasi TripZilla Indonesia di sini dan masukkan ke dalam bucket list, ya!

1. Pantai Nampu, tempat wisata Wonogiri untuk menikmati pemandangan gelombang laut dan perbukitan yang berkesan

wisata wonogiri
Image credit: @ariesbudisetyawan

Pantai yang tersohor dan wajib disambangi di Wonogiri adalah Pantai Nampu. Jalur menuju pantai ini cukup menantang karena belum tertata namun suasana pantai yang masih alami dan tidak banyak pengunjung akan menggodamu untuk datang.

Image credit: @chatarinay_ayu

Daya tarik Pantai Nampu ada di ombaknya yang besar dan juga karang-karang yang harus membuatmu berhati-hati saat bermain air. Kamu dapat memarkir kendaraan di atas pantai dan turun menuju pantai lewat tangga yang sudah disiapkan pengelola. Begitu kaki menapak di pasirnya yang lembut dan matamu melihat kejernihan airnya, dijamin membuatmu tidak sabar untuk segera menikmati keindahannya!

Lokasi: Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

2. Bukit Cumbri, seharian menghabiskan waktu untuk mendaki

Bukit Cumbri | wisata wonogiri
Image credit: @indra.bayu22

Bukit ini indah bukan? Tidak hanya indah dipandang, Bukit Cumbri pun ramah pendaki. Bila kamu belum pernah atau jarang mendaki, kamu dapat memilih jalur dari Desa Kepyar dengan waktu tempuh berkisar satu hingga dua jam. Namun kalau ingin tantangan lebih, kamu dianjurkan memilih jalur dari Desa Biting yang lebih curam namun memberi bonus pemandangan yang lebih indah. Bukit Cumbri juga terkenal di kalangan pemburu sunset dan sunrise, karena dua momen ini terlihat sama-sama indah dari sini. Jadi, yang mana pilihanmu?

Lokasi: Desa Kepyar, Purwantoro, Kec. Sampung, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Air Terjun Banyu Nibo, oase di perbatasan Wonogiri dan Jogja

Image credit: @exrhan

Air terjun berketinggian sekitar 50 meter ini punya aliran air yang memikat, apalagi ketika musim hujan. Sebelum tiba di air terjun, kamu perlu berjalan kaki melintasi pematang sawah warga. Pepohonan yang tumbuh rimbun di sekitarnya membuat keindahan Air Terjun Banyu Nibo mampu menutupi minimnya fasilitas yang ada di sini. Siapkan perbekalan dan alas kaki yang baik karena bebatuan di air terjun berlumut dan licin. Tentunya kamu ingin berwisata dengan senang dan tetap aman kan?

Lokasi: Ngluwur, Petung Wetan, Kepuhsari, Kec. Manyaran, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

4. Watu Cenik, bentang alam instagrammable yang memanjakan mata

Watu Cenik | wisata wonogiri
Image credit: @engcahucul

Meski terdengar sederhana, Watu Cenik adalah titik yang bagus untuk memperoleh pemandangan keren dari ketinggian. Awalnya, Watu Cenik hanyalah tempat untuk olahraga paralayang. Namun dengan panorama Waduk Gajah Mungkur, akhirnya Watu Cenik dibuka sebagai tempat wisata. Tentu saja ini jadi keuntungan untukmu, karena siapa yang tidak tergoda untuk melayangkan pandang ke arah waduk dan perbukitan ini? Untuk sensasi yang lebih mantap, datanglah di kala subuh agar kamu bisa menangkap momen matahari terbit yang indah!

Lokasi: Sendang, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 04.00 WIB – 19.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Waduk Gajah Mungkur, wisata Wonogiri dengan pesona awan dan air yang membiru

Image credit: @apriliakusuma17

Untuk memperoleh pengalaman liburan lain dari yang lain, Waduk Gajah Mungkur wajib dikunjungi. Waduk seluas 8,800 hektar ini menciptakan pemandangan yang cantik dan nyaman untuk bersantai.

Image credit: @adhe_aditya

Nah, tapi tidak hanya leyeh-leyeh yang bisa kamu lakukan di sini. Sudah banyak hiburan yang tersedia seperti waterboom, wahana permainan anak hingga olahraga ekstrim seperti paralayang dan gantole. Jadi meski kelihatannya hanya waduk, kunjunganmu dijamin tidak akan membosankan!

Lokasi: Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

6. Puncak Gunung Kelir, olahraga dan diganjar panorama menarik

Image credit: @hajjun_wicaksono

Siapkan kakimu untuk mendaki karena di Wonogiri banyak spot keren, misalnya Gunung Kelir ini. Asyiknya lagi, Gunung Kelir juga direkomendasikan untuk pendaki pemula. Kamu dapat melihat Gunung Lawu dan Waduk Gajah Mungkur dari kejauhan. Konon nama gunung ini berasal dari bentuk salah satu lerengnya tampak seperti kelir, yaitu layar yang dipakai dalam pentas wayang. Setiba di puncak, kamu akan dibuat terpesona dengan bukit-bukit menghijau dan jalan berkelok di bawah kakimu.

Lokasi: Tekil Wetan, Sembukan, Kec. Sidoharjo, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Kolam Candi Muncar, bersenang-senang dengan ikan di jernihnya kolam

Image credit: @devitaacahya_

Meski namanya candi, tetapi daya tarik di tempat ini adalah kolam yang berisi banyak ikan berukuran besar. Selain menggemaskan, kolam ini juga bisa jadi latar foto yang cantik. Kamu bisa membeli pakan yang dijual di warung-warung sekitar untuk berinteraksi dengan ikan-ikan yang akan segera mengerumunimu. Sambil memberi makan, hiruplah udara sejuk di lokasi yang berada pada ketinggian 1,170 mdpl ini. Menyegarkan bukan?

Lokasi: Siroto, Bubakan, Kec. Girimarto, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Merasakan indahnya perpaduan kabut dan pahatan alam di Goa Resi

Image credit: Goa Resi

Goa Resi menyajikan wisata gua yang nyaman dan menyenangkan. Kamu akan disambut dengan lokasi yang sudah tertata rapi dengan gazebo untuk beristirahat sejenak.

Image credit: Goa Resi

Keindahan pemandangan di sini terasa melenakan, tapi jangan lupa untuk menjelajahi perut buminya yang tidak kalah memikat. Goa Resi sudah dilengkapi penerangan dari lampu berwarna-warni tanpa menghilangkan suasana alaminya. Keluar dari gua, sambangi Taman Batu Kapur yang ada di atasnya dan dilengkapi dengan area wisata kuliner.

Lokasi: Jl. Goa Resi, Dusun Nglarangan, Conto, Bulukerto, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

9. Pantai Karang Payung, spot wisata Wonogiri untuk memanjakan diri sepanjang hari

wisata wonogiri
Image credit: @_fuadarsyd

Belum lengkap rasanya berlibur di Wonogiri tanpa berkunjung ke Pantai Karang Payung. Keindahannya sudah diakui banyak orang dengan barisan nyiur dan karang yang menjulang. Duduk saja sambil meresapi suara ombak, dijamin rasa penatmu akan menguap hilang. Kalau sudah merasa betah, kamu pun bisa bermalam di sini dengan berkemah. Tidak perlu khawatir sulit mengisi perut karena sudah ada warung yang dibuka di area perkemahan.

Lokasi: Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

10. Soko Langit, wisata Wonogiri tempat main air sepuasnya di infinity pool kece

soko langit - wisata wonogiri
Image credit: @tigaa_iy

Atraksi utama di Soko Langit adalah kolam renangnya. Hawa sejuk sebaiknya tidak menghalangimu untuk bermain air dan berfoto, sebab pemandangan di sini memang kece banget! Selain berenang, kamu bisa menjajal wahana seperti flying fox dan selfie di aneka anjungan yang ada. Tentunya ada fasilitas rumah makan agar kamu dapat menikmati menu-menu khas Wonogiri. Tertarik untuk mencoba?

Lokasi: Dusun Nglarangan, Conto, Kec. Bulukerto, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

11. Istana Parnaraya dan bangunannya yang megah

Image credit: Istana Parnaraya

Salah satu tempat wisata unik di Wonogiri adalah Istana Parnaraya. Bangunan ini bisa kamu jelajahi setiap ruangannya dan kamu bisa berlama-lama melihat berbagai benda yang ada di dalamnya.

Image credit: @sara_dewie

Ada ruang kunjungan, area oleh-oleh, kafe hingga bioskop. Lengkap dan kamu tidak perlu repot lagi mencari buah tangan untuk dibawa pulang. Nyaman dan menyenangkan!

Lokasi: Kebonagung, Kec. Sidoharjo, Wonogiri
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

12. Museum Karst Indonesia, menambah pengetahuan dengan cara yang asyik

Image credit: @cak_boeddimartono

Kunjungan ke museum tentu tidak boleh dilewatkan saat berlibur. Museum Karst Indonesia menjadi tempat pilihan yang memamerkan koleksi bebatuan purba dan juga memiliki studio film.

Image credit: @cak_boeddimartono

Dengan membayar harga tiket yang murah, kamu akan mendapat banyak pengetahuan yang menarik. Museum ini terdiri dari tiga lantai, dimana lantai satu dinamakan Karst Untuk Kehidupan, lantai dua adalah Karst Untuk Pengetahuan dan ruang pemutaran film ada di lantai tiga. Menjelajahi semua sudutnya tidak akan terasa, lho!

Lokasi: Mudal, Gebangharjo, Kec. Pracimantoro, Wonogiri
Jam Buka: Senin – Sabtu, 08.30 WIB – 15.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

Baca juga: Wisata Jogja Terbaru 2022 Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan Di Momen Liburan Berikutnya

Terbukti kan kalau tempat wisata di Wonogiri seru dan menarik? Ingin liburan dengan puas, coba kunjungi semuanya saja!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru