Desa-desa dengan Pegunungan yang Menakjubkan Ini adalah Surga bagi Semua Wisatawan – Jelajahi Wilayah Arlberg Austria!

Artikel mengenai desa-desa pegunungan di wilayah Arlberg ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Tidak ada wilayah seperti Arlberg di Austria – gugusan desa yang menakjubkan, yang dikelilingi oleh magisnya pegunungan Alpen dan berbagai aktivitas luar ruang yang ditawarkan. Tempat ini adalah salah satu surga alam terbaik di dunia. Tapi jujur saja, bahkan reputasi ini tidak menggambarkan tempat ini sepenuhnya benar. Kamu akan tahu apa yang saya maksud setelah melihatnya sendiri!

Sering dikatakan bahwa wilayah Arlberg juga merupakan salah satu tempat ski terbaik di dunia. Label yang pada akhirnya membuat Arlberg sebagai destinasi wisata untuk pemain ski, baik pemula maupun yang profesional. Sementara mereka yang tidak masuk dalam dua kategori tersebut masih menjadi misteri bagi banyak orang. Tetapi kamu hanya perlu melihat lebih dekat untuk menemukan sisi yang jarang terlihat dari wilayah yang menawan ini. Percaya deh, tempat ini sangat indah!

Pertama, inilah fakta menarik tentang Arlberg dan desa-desanya

Seperti petualang Austria terkenal, Felix Baumgartner dan keberaniannya – Arlberg tidak memiliki batasan. Konon, setiap petualang akan menemukan sesuatu untuk ditempati sendiri di dalam dan di sekitar desanya.

Jika ini pertama kalinya kamu mendengar atau membaca tentang Arlberg, ketahuilah bahwa itu sebenarnya suatu pegunungan, sebuah wilayah, dan jalur pegunungan Alpen yang jadi satu. Berada di ketinggian 1,793 mdpl, Alberg berbatasan dengan tiga kelompok gunung di Austria Barat yang mencakup sembilan komunitas atau resor ski berbeda. Izinkan saya menjelaskan beberapa resor terkemuka ini!

Lech am Arlberg: Destinasi gourmet dunia yang penuh keindahan

Image Credit: Lech Zürs Tourismus oleh Daniel Zangerl

Banyak pemandangan alam yang indah di Austria, tetapi akan sulit untuk mengalahkan panorama epik Lech am Arlberg, yang mungkin menjadi salah satu desa paling indah di Eropa! Pemandangan di sini telah menarik jutaan wisatawan selama bertahun-tahun. Bahkan, desa-desa di sini tetap mempertahankan daya tarik gunung yang istimewa. Hal ini dapat dilihat dari sub distriknya seperti Oberlech, yang dikenal dengan terowongan bawah tanahnya, yang berubah menjadi jalan raya tersibuk di Lech selama musim dingin, membuat desa ini terlihat bebas dari kendaraan!

Keindahan Lech yang tak terbantahkan juga menjadikannya tempat yang sempurna untuk bisa menikmati makanan dari ketinggian di lereng pegunungan Austria. Di desa ini, kamu akan menemukan beberapa restoran tertinggi di Eropa. Dan ketika saya mengatakan “tertinggi”, yang saya maksud adalah soal kualitas dan ketinggiannya. Kuliner di Lech Zürs am Arlberg (resor gabungan Lech dan Zürs) contohnya, saking bagusnya, resor ini telah dianugerahi gelar World Gourmet Village oleh Vöslauer-Falstaff Awards pada tahun 2008. Beneran deh, tidak ada yang lebih baik dari pengalaman kuliner dari ketinggian 2,450 di sini!

Zürs am Arlberg: Dimana alam bertemu kemewahan

Image Credit: Lech Zürs Tourismus oleh Daniel Zangerl

Suasana Arlberg secara keseluruhan menghadirkan nuansa yang unik dan sesi ski yang jauh dari gangguan, dimana itu akan menjadi alasan untuk kagum pada Zürs am Arlberg. Zürs am Arlberg. Tersembunyi di ketinggian 1,773 mdpl dari Flexen Pass, desa yang eksklusif ini menjadi tempat bermain bagi para selebriti dan penggemar olahraga VIP yang ingin mencobai ski off-piste atau ski backcountry. Yang termasuk bergerak di jalan yang tidak ditandai, di luar batasan resor ski di Arlberg.

Karena lokasinya yang tersembunyi, Zürs menjadi populer untuk wisata ski-heli. Di sini, pemain ski akan naik helikopter terlebih dahulu tanpa perlu naik lift atau mendaki. Selain itu, hotel-hotel mewah berdiri di sisi wilayah ini. Akomodasi yang menakjubkan ini memberikan keramahan kebahagiaan musim dingin yang tak tertandingi bagi mereka yang menyukai hal-hal eksklusif, sembari memberikan kesempatan menikmati semua hal luar biasa yang bisa dilakukan di Arlberg.

St. Anton am Arlberg: Tempat kelahiran ski Alpine

Image credit: TVB St Anton am Arlberg oleh Patrick Bätz

Bermain ski bisa dilakukan di berbagai resor, tapi jika diurutkan berdasarkan popularitasnya, Ski Alpine atau Downhill pasti jadi pilihan utama, dan tentu saja St. Anton am Arlberg adalah tempat dimana semuanya mulai. Dalam olahraga ini, biasanya seseorang bermain ski dengan menuruni lereng gunung, bukan di permukaan yang landai. Kedengarannya sederhana tapi bermain ski adalah salah satu olahraga musim dingin yang paling menguras banyak tenaga dan skill. Untungnya, instruktur ski bernama Hannes Schneider mendirikan sekolah ski pertama di Austria di St. Anton am Arlberg pada 1921, yang membuka jalan bagi banyak orang belajar bermain ski.

St Anton am Arlberg juga mendapatkan popularitasnya setelah menjadi tuan rumah Kandahar Race pertama pada tahun 1928 dan menjadi salah satu acara ski terbesar di dunia yang diselenggarakan di Arlberg, “The White Thrill”. Selain menjadi surga bagi pecinta olahraga musim dingin, St. Anton am Arlberg juga memikat banyak pengunjung dengan perpaduan budaya dan modernitas yang mengesankan. Buktinya bisa dilihat dari infrastruktur terbaik dan seni arsitekturnya yang indah. Menariknya lagi, pada 2017, desa ini mendapatkan penghargaan bergengsi di Entente Florale Europe (Aliansi Bunga Eropa) untuk tampilan hortikulturanya!

St. Christoph am Arlberg: Ketika sesuatu yang kuno memancarkan kemutakhiran

Image credit: TVB St Anton am Arlberg by Patrick Bätz

Berada di ketinggian 1.800 mdpl, St. Christoph berdiri sebagai desa tertinggi di Arlberg dan menjadi salah satu resor ski paling tinggi di Austria. Desa ini adalah rumah bagi kurang dari 50 warga setempat dan 25 bangunan, yang menjadikannya sebagai salah satu desa terkecil di Austria bila dilihat dari populasinya.

Selain itu, desa ini juga rumah bagi beberapa akomodasi eksklusif Arlberg yang terkenal, seperti Arlberg Hospiz, dan fasilitas ski terbaik, seperti Ski Austria Academy. Di sini pengunjung dapat melihat kekayaan budaya Tyrolean St. Christoph, yang bisa kamu pelajari dengan menyaksikan salah satu pertunjukannya di arlberg1800, ruang seni dan konser kontemporer tertinggi di Eropa.

Bukan hanya surga bagi para pemain ski musim dingin, St. Christoph am Arlberg juga memiliki jalur pendakian gunung yang menarik untuk kamu taklukkan di musim panas. Desa ini jelas tempat yang sangat indah untuk melakukan perjalanan hiking selama beberapa hari sambil mengagumi keindahan panorama Pegunungan Alpen!

Stuben am Arlberg: Arena bermain luar ruang yang menakjubkan sepanjang tahun

Image credit: Wolfgang Ehn

Stuben am Arlberg memancarkan aura santai yang asyik untuk keluarga dengan taman bermain salju yang luas, terutama di sekitar Gunung Albona. Bagi yang suka tantangan, kamu dapat menikmati beberapa rute bersepeda gunung dan sepeda motor di Stuben. Menariknya lagi, di sepanjang jalan, kamu akan menyaksikan pemandangan pegunungan Alpen yang menakjubkan!

Konon kabarnya, olahraga papan seluncur salju pertama kali diperkenalkan di Michigan, Amerika Serikat sekitar tahun 1965. Tapi, baru di tahun 1999, nyaris 40 tahun kemudian, ketika ajang snowboarding internasional dilangsungkan di Stuben. Ajang ini dikenal sebagai Longboard Classic, dan legenda snowboarding Paul Gruber menjadi orang yang menggagas acara ini. Tiap tahunnya, lebih dari 400 snowboarder dari penjuru dunia meramaikan ajang, yang terbagi dalam empat kategori ini. Festival musik dan acara lain juga ikut meramaikan ajang ini.

Wilayah Arlberg sungguh adalah surga ski Alpen

Image credit: Lech Zürs am Arlberg

Banyak hal bisa dilakukan di Arlberg selama berhari-hari, tapi sepertinya kamu akan mendapatkan kesan luar biasa karena kesempatan bermain ski. Lumrah sih, mengingat tempat ini identik dengan ski Alpen. Untuk menegaskan hal tersebut, Arlberg memiliki lintasan ski sepanjang 305 kilometer dan setidaknya 200 kilometer di antaranya adalah deep-snow skiing. Fakta ini menjadikan Arlberg sebagai zona ski terluas di seluruh Austria, yang terluas kelima di dunia!

Pertama kali dihuni pada 700 tahun lalu, Arlberg menempuh jalan panjang untuk bisa mendapatkan popularitasnya di kalangan peseluncur es. Selain itu, rasanya baru kemarin tempat ini menjadi tuan rumah kompetisi ski pertama di tahun 1900-an. Ajang ini juga secara tidak langsung memperkenalkan olahraga musim dingin kepada seluruh Eropa. Dengan banyak penggemar ski mengunjungi desa ini, tidak sedikit perusahaan yang ingin ambil bagian berinvestasi di surganya ski dunia ini. Tidak lama kemudian, bermunculan bermacam akomodasi seperti hotel, transportasi, dan sekolah ski untuk memenuhi kebutuhan dari pasar yang terus berkembang ini.

Melalui pengembangan selama beberapa dekade, Arlberg tidak banyak kehilangan pesona alaminya dan tetap menjadi salah satu destinasi liburan paling tidak diperhitungkan di Austria. Baru-baru ini, Arlberg diberikan penghargaan sebagai Ski Resort Bintang 5 untuk kali ke-19 oleh Skiresort.de, portal uji resort ski terbesar di dunia!

Hal yang dapat dilakukan di Arlberg untuk non-pemain ski

Saya berani menegaskan dan meyakinkan bahwa Arlberg sebagai tujuan ski kelas dunia. Apakah ini membuat wilayah tersebut kehilangan pesonanya di luar musim dingin? Tentu tidak. Arlberg adalah destinasi yang dirancang untuk semua musim dan semua jenis wisatawan, termasuk kamu jika bukan seorang pemain ski. Pilihlah dari hal-hal ini untuk kamu lakukan di Arlberg!

1. Mengetahui sejarah perintis ski legendaris

Image credit: Ski Arlberg

Simpan alat skimu dan luangkan waktu sejenak untuk menikmati warisan Arlberg yang telah berusia satu abad di olahraga musim dingin yang terkenal ini. Kamu dapat melakukannya dengan mengunjungi Hall of Fame di Ski Arlberg. Terletak di stasiun kereta gantung Flexenbahn, pameran ini menunjukkan segala yang perlu kamu ketahui tentang bermain ski di Arlberg, dari momen bersejarah hingga kehidupan pemain ski legendaris seperti Hannes Schneider, dan peraih medali Emas Olimpiade Egon Zimmermann dan Mario Matt.

Selain dari tampilan foto, kamu akan menemukan sampel audio, video game, dan bahkan bisa menonton film ski seperti Bridget Jones: The Edge of Reason dari tahun 2004. Untuk tiket museumnya gratis, tapi kamu perlu membayar tiket lift ski untuk mengakses fasilitas tersebut.

2. Taklukkan medan Arlberg dengan berjalan kaki

Image Credit: TVB St. Anton am Arlberg oleh Patrick Bätz

Meskipun menjadi salah satu negeri ajaib musim dingin paling menakjubkan di Eropa, Arlberg juga dengan mudahnya memikat wisatawan. Bahkan, saat musim panas, pemandangan di Arlberg tak kalah menakjubkan. Dengan alam terbuka yang istimewa, kawasan ini menawarkan kesempatan fantastis untuk berjalan-jalan santai.

Jalur jalan kaki di St. Anton am Arlberg memberikan kamu kesempatan menyusuri 12 pilihan jalur. Trek ini kurang lebih berjarak satu kilometer antara pusat WellCom Arlberg dan stasiun kereta gantung Nasserein, dan perjalanan pulang pergi dengan panjang sekitar 18 km dengan pemandangan indah ke Schnann via Pettneu. Jika kamu tidak terlalu tertarik untuk pergi terlalu jauh, cukup ikuti lintasan paling mudah sejauh 2,5 km di sekitar desa. Pemandangannya juga tak kalah keren dan bakal membuat kamu takjub!

Ingin lebih banyak tantangan? Ambil jalur pendakian musim dingin Zugertal yang akan membawa kamu ke Danau Formarinsee yang indah di ketinggian 1.793 mdpl. Jalur ini sebagian besar tertutup hutan, “perubahan pemandangan” secara harfiah dari lembah yang tampak dan pemandangan puncak gunung yang akan kamu lihat dari jalur hiking lainnya di Arlberg.

3. Nikmati pengalaman naik kereta luncur yang ditarik kuda seperti yang ada di dongeng

Image credit:  Lech Zürs am Arlberg

Di antara para pelancong yang suka dengan kemewahan, naik kereta luncur yang ditarik kuda menjadi cara liburan yang populer di Lech Zürs dan di St. Anton am Arlberg. Cara ini akan menghemat waktu, energi, dan yang terpenting, memungkinkan kamu mewujudkan impian masa kecil sambil menikmati keindahan indah Pegunungan Alpen Austria. Lihatlah Verwall Valley atau Zugertal Valley dengan cara yang baru tanpa harus berkeringat!

4. Memerah adrenalin di gelanggang es

Image credit:  Lech Zürs am Arlberg

Bertualang bebas tanpa batas adalah aktivitas tersendiri di Arlberg yang menjadi favorit bagi wisatawan, baik itu keluarga maupun pasangan yang mengunjungi desa. Contohnya adalah bermain seluncur es! Di sini, kamu bisa menikmati beragam aktivitas rekreasi yang mengasyikkan dengan banyak cara dan dalam berbagai kondisi. Berseluncur di lapangan es alami, misalnya, menawarkan udara segar dan membolehkan kamu menikmati alam Austria yang luar biasa. Sementara untuk mereka yang datang dengan pasangan, kamu bisa memaksimalkan momen ice skating dengan disinari lilin yang terkenal di Lech Zürs am Arlberg, yang berlangsung setiap Rabu!

Beberapa pusat seluncur di kawasan pegunungan ini juga meminimalkan risiko kamu terjatuh ke lapisan es yang pecah dengan membangun gelanggang es buatan. Salah satu fasilitas itu ada di St. Anton am Arlberg. Resor ini buka setiap hari, dan tidak hanya membolehkan kamu bermain seluncur sepuasnya, tapi juga membuka kemungkinan buat kamu memainkan ice curling yang menyenangkan. Gambaran paling mudah olahraga musim dingin ini adalah “bowling on ice“, di mana kamu harus mencapai target yang ditentukan dengan menggeser batu melintasi arena.

5. Nikmati keindahan alam dari sudut pandang modern

Image credit: Skyspace Lech

Dibuka pada September 2018, Skyspace Lech adalah salah satu atraksi paling baru di Arlberg yang akan mengubah cara kamu melihat ruang, cahaya, dan dunia secara keseluruhan. Terletak di perbukitan Tannberg di Oberlech, fasilitas mirip UFO ini adalah hasil karya seniman terkenal Amerika Serikat bernama James Turrell. Selama 50 tahun terakhir, karyanya di Roden Crater Project di Arizona, AS telah mencuri banyak perhatian di antara banyak penikmat seni dari seluruh dunia.

Skyspace Lech terkenal karena bagian pembuka di ruang oval utama. Di sini, permainan cahaya alami pada jam-jam tertentu memberikan ilusi pada penikmatnya sedang berada di alam semesta yang sepenuhnya berbeda, padahal kamu hanya berada di bagian underground museum seni, yang jauh dari tempat-tempat menarik di desa. Pertunjukan cahaya alami ini hanya terjadi saat matahari terbit dan terbenam, jadi pastikan untuk memasukkan aktivitas ini dalam daftar itinerary kamu di Arlberg! Sorotan lain dari fasilitas avant-garde adalah terowongan sepanjang 15 meter yang berfungsi ganda sebagai pintu masuk dan tempat pengamatan puncak Biberkopf dari kejauhan.

Meskipun menarik, Skyspace Lech hanya terbuka pada kondisi cuaca yang menguntungkan. Kunjungi situs resmi Skyspace Lech untuk informasi terbaru khususnya perubahan jadwal agar liburanmu makin lengkap di Arlberg!

6. Mulai petualangan ski lintas negara

Image credit: TVB St Anton am Arlberg oleh Genewein Diewest

Jika kamu menyangka ski lintas negara itu bepergian dari satu negara ke negara lain dengan meluncur menggunakan sepasang papan luncur, kamu salah. Sebaliknya, aktivitas ini melibatkan bergerak melintasi medan tanpa gerakan geser atau meluncur. Tumit kamu tidak melekat pada papan ski, sehingga memungkinkan mengangkat kaki dalam gerakan berjalan normal saat mengenakan sepatu ski kamu. Variasi olahraga musim dingin populer di Austria ini memberikan tingkat kegembiraan yang sama dengan aktivitas lain yang dilakukan penggemar olahraga musim dingin. Jika ski biasa bukan keahlianmu, mungkin aktivitas ini pas buat kamu!

St. Anton am Arlberg sendiri memiliki jaringan jalur sepanjang 40 kilometer yang memungkinkan kamu melihat banyak pemandangan memesona. Para pemula dapat menempuh 1,5 km Pofel Runde, sementara mereka yang lebih berpengalaman dapat mendaftar untuk trek 22 km Loipe Stanzertal, yang akan membawamu menyusuri salah satu sungai terindah di Austria! Di Lech Zürs am Arlberg, kamu akan disuguhi jaringan jalur ski lebih dari 27 km yang dikategorikan berdasarkan tingkat kesulitan yang berbeda. Mungkin yang paling terkenal di antara mereka adalah jejak Älpele-Spullerwald-Zug, jalur 6,6 km yang ditandai medan datar, dan kenaikan serta turunan di Pegunungan Alpen yang memompa adrenalin.

Daya tahan kardiovaskular yang kuat sangat dianjurkan untuk aktivitas ini. Namun, pusat-pusat ski di sekitar Arlberg akan dengan senang hati mengajarkanmu satu atau dua tips tentang cara menaklukkan ski lintas-alam di Austria dengan cara yang paling hemat energi!

7. Kagumi pesona tak tertandingi dari Valluga yang hebat

Puncak Valluga Mountain | Image credit: Wolfgang Ehn

Valluga Mountain adalah puncak tertinggi dan paling luar biasa di kawasan ini, yang berdiri di ketinggian 2.811 mdpl barat laut St Anton am Arlberg. Tidak seperti banyak puncak dari gunung terkenal lainnya di luar Eropa, Valluga dilengkapi dengan sistem kereta gantung dan beberapa jalur hiking. Tentu saja ini membuatnya menjadi relatif mudah untuk mencapai puncak gunung, bahkan buat orang yang paling tidak suka bertualang atau tidak sehat secara fisik.

Dari ketinggian, kamu bisa menikmati pemandangan beberapa puncak Alpen yang meliputi Lechtal, Allgäu, Ötztal, dan Stubai. Puncak paling menakjubkan adalah Paziellfernerspitzen, Pazielspitze, dan Roggspitze. Waktu terbaik mengunjungi gunung-gunung ini adalah selama musim panas. Namun, pemain ski dipersilakan menikmati lereng Valluga selama musim dingin!

8. Nikmati hidangan kelas dunia di restoran-restoran tertinggi di Eropa

Image credit: Lech Zürs Tourismus oleh Daniel Zangerl

Austria adalah rumah bagi banyak restoran tertinggi di benua Eropa. Di mana dan kapan saja, kamu selalu bisa menikmati hidangan lokal, regional dan internasional dengan fasilitas kelas dunia, termasuk Kaiserschmarren dan Tafelspitz – Apfelsemmelkren yang terkenal. Jangan lupa untuk menikmatinya dengan satu atau dua gelas Austrian wine berkualitas tinggi!

Tapi, jika kamu penasaran, mengapa restoran semacam ini banyak berada di Arlberg? Gampang, atlet pria dan wanita (atau mereka yang suka beraktivitas luar ruang) membutuhkan makanan yang lezat setelah bersenang-senang dengan bermain ski (atau aktivitas seru lainnya di Arlberg). Sejujurnya, Arlberg menjanjikan lebih dari sekadar makanan yang lezat. Mereka juga memberikan layanan yang sangat bersahabat dan pemandangan pegunungan yang mengesankan dan sulit ditandingi.

Baca juga: Bukan Eurotrip Biasa: Jadikan Innsbruck, Austria Getaway Liburan Fotogenik Terbaik Kamu

Berada di Arlberg adalah tentang menghargai alam sepenuhnya.Berada di sini juga untuk memenuhi semangat petualangan, sembari mengetahui bagaimana memaksimalkan waktu yang luar biasa untuk bersenang-senang. Tempat ini tidak ubahnya sebagai cuilan surga yang luput dari perhatian komunitas internasional. Dengan sekali melihat dari keindahan gunungnya atau salah satu puncak yang tertutup salju, kamu akan tahu Alberg dapat menjadi tujuan liburan paling menjanjikan di Pegunungan Alpen.

Saya serius mengatakan banyak hal bisa dilakukan di Arlberg, bahkan tidak terbatas. Sudah saatnya lebih banyak orang mengunjungi desa pegunungan yang menakjubkan di Austria ini untuk melihat semua kejutan indah yang ditawarkan. Tapi jangan sampai kamu terbuai dengan apa yang saya jabarkan di sini, lihat dan rasakan langsung sensasinya!

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi situs resmi Arlberg dan halaman Facebook Lech Zürs am Arlberg, St. Anton am Arlberg dan Stuben am Arlberg.


Dipersembahkan oleh Austrian National Tourist Office (ANTO) dan Arlberg.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru