Aplikasi PeduliLindungi Kini Bisa Digunakan Di Luar Negeri

Kabar gembira buat traveler Indonesia yang doyan jalan-jalan ke Eropa. Mulai 11 Mei 2022, Uni Eropa telah menyalakan lampu hijau dan mengesahkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di kawasan mereka.

Menurut keterangan dari KBRI Brussels, yang diteruskan di Jakarta pada Kamis (12/5), Uni Eropa telah mengeluarkan putusan pengakuan kesetaraan atas sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, sekaligus keputusan pelaksanaan di kawasan Uni Eropa. Dengan demikian, QR Code yang terdapat di aplikasi PeduliLindungi bisa terbaca di 27 negara anggota Uni Eropa.

Diungkapkan Andri Hadi, Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, seperti dikutip dari Kompas, pengakuan ini menjadi bentuk nyata penguatan kerja sama Uni Eropa dan Indonesia.

Adapun Indonesia sudah masuk dalam daftar putih (white list) dari Uni Eropa sejak November 2021, yang memungkinkan traveler dan pemegang paspor Indonesia bisa melakukan perjalanan ke Uni Eropa, dan demikian juga sebaliknya, warga Uni Eropa bisa melakukan kunjungan ke Indonesia.

Selain Uni Eropa, aplikasi PeduliLindungi juga diakui di sejumlah kawasan internasional lainnya, terutama di Asia Tenggara. Pengakuan sejumlah negara ini tidak bisa dilepaskan dari usaha pemerintah mengeluarkan sertifikat vaksin Covid-19 dengan standar internasional, sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

Serifikat vaksin Covid-19 yang dikeluarkan Kemenkes bisa diakses di aplikasi PeduliLindungi. Untuk bisa mengakses serifikat vaksin di aplikasi ini, langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini:

  • Pastikan aplikasi PeduliLindungi sudah dalam versi terbaru. Jika belum, segera lakukan pembaharuan atau update di sini.
  • Setelah terupdate, buka aplikasi PeduliLindungi, lakukan login dengan menggunakan akun terdaftar
  • Setelahnya, kamu bisa masuk ke menu “Sertifikat Vaksin”
  • Lanjutkan masuk ke bagian “Sertifikat Perjalanan Luar Negeri” dan klik ikon “+”
  • Pilih nama pengguna yang ingin dibuatkan sertifikat internasional, klik selanjutnya
  • Pilih negara tujuan, klik selanjutnya dan konfirmasi Sertifikat berhasil dibuat dan sudah aktif, kemudian klik “Lihat Detail”
  • Untuk melihat kode QR atau mengunduh sertifikat, bisa dilakukan pada menu “Sertifikat Vaksin” dan memilih nama pengguna yang telah dibuatkan sertifikat vaksin internasional.

Baca juga: Wajib Diisi Sebelum Perjalanan Dilakukan, Begini Cara Mengisi eHAC Indonesia Di Aplikasi PeduliLindungi!

Selain memiliki sertifikat vaksin, kamu juga wajib mengikuti persyaratan dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah setempat untuk bisa masuk ke wilayahnya.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru