Tiga Aplikasi Wajib Ini Harus Diaktifkan Saat Datang Ke Jepang

Pemerintah Jepang mengeluarkan kebijakan baru yang harus diikuti setiap traveler yang datang ke negaranya melalui dua bandara internasional, Haneda dan Narita, yaitu dengan mengaktifkan tiga aplikasi wajib di smartphone mereka.

Kebijakan tersebut sudah disetujui Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang, yang berlaku untuk semua traveler, baik warga negara Jepang, warga negara asing yang tinggal di Jepang dan traveler untuk kepentingan bisnis atau wisata.

Adapun tiga aplikasi yang wajib diunduh dan diaktifkan saat tiba di Jepang tersebut adalah COCOA, yang merupakan aplikasi pelacakan kontak tracing, Skype dan OSSMA, aplikasi konfirmasi lokasi. Tiga aplikasi tersebut digunakan untuk memastikan kepatuhan penggunanya melakukan karantina mandiri selama 14 hari, hal yang diwajibkan untuk traveler yang datang dari luar Jepang sebelum bisa melakukan aktivitas normal di populasi yang lebih besar.

Seperti diwartakan SoraNews24, ketiga aplikasi ini harus sudah terinstal dan aktif di telepon pintar traveler sebelum meninggalkan bandara. Yang bersangkutan juga wajib mengisi surat pernyataan kesediaan untuk mematuhi protokol tersebut. Pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap regulasi ini bisa berujung pada sanksi hukum, di antaranya mengumumkan nama pelanggar peraturan ke publik, deportasi bagi warga negara asing, termasuk pencabutan status dan izin tinggal bagi warga asing yang bekerja di Jepang.

Bagaimana jika traveler yang datang ke Jepang tidak memiliki smartphone, atau smartphonenya tidak compatibel dengan aplikasi yang ada? Pemerintah Jepang menyarankan yang bersangkutan bisa menyewa smartphone di bandara dengan biaya sendiri.

Regulasi ini resmi berlaku dan efektif dijalankan mulai 18 Maret 2021.

Baca juga: Aplikasi Bermanfaat Untuk Liburan Ke Jepang Yang Wajib Kamu Miliki!

Bagi yang ingin bepergian ke Jepang, jangan lupa untuk mengikuti regulasi setempat dan wajib mengaktifkan tiga aplikasi ini, ya! Tapi yang utama adalah tetap menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin!


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru