5 Asinan Betawi Enak Di Jakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

Pernah mencicipi asinan Bogor saat liburan ke Kota Hujan? Lalu bagaimana dengan asinan Betawi di Jakarta yang juga tak kalah enak? Tahu bedanya dua asinan tersebut?

Asinan memang menjadi salah satu makanan khas Bogor dan Jakarta, dua kota yang berdekatan satu sama lain. Tentunya, kedua asinan tersebut memiliki karakternya masing-masing.

Asinan Bogor lumrahnya menggunakan buah-buahan sebagai bahan utamanya, seperti mangga muda, nanas, bengkoang, jambu air, kedondong, pepaya, pala dan anggur bogor. Biasanya, asinan Bogor disajikan dengan taburan kacang tanah goreng, sementara kuahnya lebih encer dan asam dengan sensasi manis pedas.

Baca juga: 7 Tempat Terbaik Menikmati Asinan Bogor, Kuliner Yang Menyegarkan

Bagaimana dengan asinan Betawi? Biasanya, bahan utamanya adalah sayuran, seperti sawi, selada, kol, tauge, tahu putih dengan taburan kacanh tanah goreng sebagai topping. Kuahnya menawarkan sensasi yang kurang lebih sama, asam manis pedas. Yang khas dari asinan Betawi adalah adanya pelengkap, kerupuk mie berwarna kuning.

Nah, sudah tahu beda asinan Bogor dan Betawi, kan? Tapi, tahukah kamu di mana bisa mendapatkan asinan Betawi enak di Jakarta? TripZilla Indonesia memiliki lima rekomendasi tempat terbaik mendapatkan asinan Betawi enak di Jakarta? Tak usah penasaran, yuk cek daftarnya di bawah ini!

1. Asinan Betawi Asymuni, populer sejak 70-an

Salah satu makanan khas Betawi yang melegenda adalah asinan Asymuni. Berjualan sejak 1978, popularitas asinan yang dijajakan terkenal sampai sekarang. Bahkan penjual mengklaim pernah menjual hingga 2,000 porsi dalam satu hari. Selain enak, harga asinan Betawi ini juga murah. Namun, kamu hanya bisa mendapatkan asinan ini dengan melakukan pesan antar karena penjual tidak melayani makan di tempat. Cek aplikasi pemesanan makanan yang ada di HP kamu, ya!

Lokasi: Jl. Pisangan Baru Tengah No.31, RW.5, Pisangan Baru, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 5.30 – 17.00 WIB
Harga: 13,000 IDR per porsi

2. Asinan Betawi Bang Sawal, terkenal karena penjualnya

Image credit: Hanny Sutisno

Asinan Betawi Bang Sawal hanya berjualan dengan gerobak di pinggir jalan. Namun begitu, asinan yang dijualnya terkenal memiliki cita rasa tersendiri. Namun, satu lagi yang membuatnya cukup populer, yaitu penjualnya yang disebut mirip dengan artis dan DJ Winky Wiryawan. Menurut kamu?

Lokasi: Jl. Aranda No. 1, Tanjung Duren Selatan, Jakarta Barat (Samping Mall Taman Anggrek)
Jam buka: Sabtu-Kamis, 10.00 – 16.00 WIB
Harga: 15,000 IDR per porsi

3. Asinan Kamboja Haji Mansyur yang ngehits abis

asinan betawi enak jakarta
Image credit: Hikmah Apriani

Kedai Haji Mansyur menjajakan dua versi asinan, sayur dan buah. Yang menjadikannya terkenal adalah kuah pedas segar dengan sensasi rasa asam, dengan tekstur saus kacang yang halus dan lembut. Yummy!

Lokasi: Jl. Taman Kamboja No.10, RT.8/RW.11, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 21.00 WIB
Harga: 16,000 IDR per porsi

4. Asinan Betawi Ny Isye, pas untuk makan siang

Image credit: Lita Rahayu

Menjadi salah satu penjaja asinan Betawi paling laris di Jakarta, kedai Ny Isye juga terkenal sebagai salah satu yang menyajikan asinan paling enak di ibu kota. Kualitasnya bahkan sudah diakui sejak lama, dengan jumlah pengunjung yang selalu melimpah setiap harinya.

Lokasi: Jl. Kamboja 3 No.12, RW.11, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

5. Asinan Ibu Yenni, warung kaki lima kualitas bintang lima

asinan betawi enak jakarta
Image credit: Ms. Caroline Bong

Ibu Yenni menjual dagangannya dengan menggunakan gerobak. Meski begitu, di depan warungnya, ada beberapa bangku yang bisa digunakan pelanggan untuk duduk dan menikmati asinan buatannya. Hampir semua mengakui asinan sajiannya, dengan isian berbagai macam sayuran dengan kuah pedas dan asam yang segar, plus tambahan kacang tanah goreng sebagai topping dan kerupuk warna-warni yang kriuk melengkapi kualitas bintang lima sajian ini.

Lokasi: Jl. Lamandau IV No.18, RT.10/RW.7, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – 20.00 WIB
Harga: 10,000 IDR per porsi

Baca juga: 7 Tempat Menikmati Gado-Gado Betawi Terenak Di Jakarta

Punya rekomendasi asinan Betawi yang tidak kalah enak di Jakarta? Mengapa tidak berbagi dengan kami?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru