Layanan Bagasi Gratis Lion Air Dan Wings Air Ditiadakan Mulai 8 Januari 2019

Lion Air Group secara efekif akan memberlakukan kebijakan penghapusan layanan bagasi gratis untuk setiap penumpang penerbangan domestik Lion Air dan Wings Air mereka mulai Selasa, 8 Januari 2019.

Kebijakan tersebut diungkapkan Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya.

“Lion Air dan Wings Air akan memberlakukan kebijakan baru berupa penyesuaian kapasitas (berat) barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis/cuma-cuma (free baggage allowance) efektif 8 Januari 2019 sampai batas waktu yang tidak ditentukan (until further notice/ UFN),” demikian pernyataan tertulis tersebut.

Image credit: Lion Air Group

Dengan diberlakukannya kebijakan yang baru ini, itu berarti penumpang Lion Air, yang sebelumnya bisa membawa bagasi dengan gratis hingga 20 kilogram (kg) per penumpang, kini harus membayar. Hal ini juga berlaku untuk penumpang Wings Air, yang sebelumnya mendapat bagasi gratis hingga 10 kg per penumpang.

Ditambahkannya, calon penumpang hanya diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg dan satu barang pribadi, seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular serta tas jinjing wanita. Sedangkan ketentuan ukuran dimensi bagasi kabin yang diperbolehkan masuk adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Namun demikian, Lion Air dan Wings Air masih memberikan pengecualian kepada penumpang untuk mendapatkan layanan bagasi gratis 20 kg dan 10 kg apabila pembelian tiket dilakukan sebelum 8 Januari 2019.

Danang memberikan keterangan tambahan bahwa pihaknya menggantik kebijakan bagasi gratis dengan memperkenalkan dua produk tarif bagasi, yaitu Excess Baggage dan Voucher Bagasi Pra-Bayar. Adapun nominal tarifnya berbeda-beda sesuai dengan rute tujuan.

Untuk calon penumpang yang ingin membawa bagasi, manajemen Lion Air Group sudah menyediakan pembelian voucher bagasi prabayar (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan, situs resmi perusahaan dan juga kantor penjualan tiket. Voucher ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau bersamaan dengan pembelian tiket atau sesudah pembelian tiket dengan batas waktu pembelian maksimal enam jam sebelum jadwal keberangkatan.

Image credit: @ihikhi

Untuk voucher prepaid baggage dijual mulai dari berat 5 kg hingga 30 kg dengan harga yang disesuaikan dengan rute tujuan. Sementara excess baggage, yang merupakan kebijakan perusahaan mengenakan tarif berat bagasi yang dibayar sesuai berat bagasi aktual saat penumpang melakukan check-in di bandara dihitung per kilogram sesuai dengan rute tujuan.

Baca juga: 10 Keperluan Yang Penting Untuk Dipersiapkan Sebelum Liburan

Nah, punya pendapat tersendiri terkait kebijakan baru Lion Air dan Wings Air ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru