Cara Mendapatkan Bebas Visa Ke Hainan Semakin Dipermudah

Semakin banyak alasan untuk kamu liburan ke Hainan, Tiongkok. Bukan hanya karena fasilitas bebas visa ke Hainan yang bisa diperoleh warga negara dari 59 negara, termasuk di antaranya warga negara Indonesia, cara mendapatkannya kini juga jauh lebih dipermudah.

Diumumkan Kementerian Administrasi Imigrasi Negara untuk Keamanan Publik Tiongkok, Rabu (3/7), seperti dikutip China Daily, kebijakan pemberian visa terbaru adalah wisatawan dari 59 negara tidak perlu lagi melakukan pemesanan paket wisata mereka melalui agen perjalanan dan bisa langsung melakukan permohonan pengajuan bebas visa ke Hainan secara personal atau melalui organisasi yang mengundang mereka ke Hainan.

Sanya, Hainan | Image credit: Wikimedia

Tujuan dari kunjungan yang diperbolehkan untuk mendapatkan fasilitas bebas visa ke Hainan juga ditambah, dari yang sebelumnya hanya untuk kepentingan wisata, menjadi bisnis dan perdagangan, kunjungan keluarga, perawatan medis, pameran dan kompetisi olahraga.

Jia Tongbin, wakil direktur dari kantor kementerian setempat, menyatakan bahwa durasi bebas visa selama 30 hari untuk wisatawan asing nantinya bisa diperpanjang. Pertimbangannya adalah untuk memenuhi kebutuhan Hainan keahlian asing dan meningkatkan sektor pariwisata lokal. Tidak hanya itu saja, pemerintah juga akan menambah jumlah negara yang akan mendapatkan fasilitas bebas visa ke Hainan ini.

“Dalam pembangunan Zona Perdagangan Bebas Hainan dan pelabuhan bebas perdagangan terus dikebut, dan Hainan menjadi lebih internasional, diharapkan ada peningkatan jumlah turis internasional, wirausahawan dan pemegang beasiswa ke Hainan untuk liburan dan berinvestasi di masa mendatang” ungkap Jia.

Kebijakan pemberian kemudahan dalam proses mendapatkan fasilitas bebas visa tersebut merupakan kebijakan yang melengkapi keputusan pemerintah Hainan sebelumnya untuk membuka pintu lebar-lebar bagi wisatawan dari 59 negara masuk ke wilayah mereka pada 1 Mei 2018 silam. Saat itu, wisatawan bisa mendapatkan bebas visa dengan masa kunjungan maksimal hingga 30 hari, dengan catatan mendaftarkan diri melalui agen perjalanan terdaftar.

Salah satu wisata ikonik di Hainan | Image credit: llee_wu

Kebijakan tersebut juga sudah memberikan efek positif dalam jumlah kunjungan wisatawan ke Hainan. Statistik menyebutkan Hainan sudah didatangi lebih dari 447,000 wisatawan mancanegara dari 59 negara mulai 1 Mei 2018 hingga 30 Juni 2019, meningkat 18,8 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Ada pun Hainan menjadi salah satu salah satu resort tropis terkenal untuk liburan wisatawan luar negeri dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah turis juga terus meningkat setiap tahunnya, hingga melebihi 1.1 juta pada 2017, naik nyaris 50 persen per tahunnya.

Kamu tertarik liburan ke Hainan? Yuk simak kecantikan destinasi wisata Sanya, Hainan alias Hawaii-nya Tiongkok ini:

Sanya Islands

Tempat ini dikatakan Hawaiinya Cina lo! Pernahkah kamu kesini?

Posted by TripZilla Indonesia on Friday, 29 December 2017

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru