9 Bebek Goreng Terenak di Surabaya, Dari Kaki Lima Sampai Restoran

Kuliner bebek goreng dan kota Surabaya agaknya susah untuk dipisahkan. Maklum, ada sejarah panjang dan resep khusus yang membuat pecinta kuliner rela berburu bebek goreng terenak di Surabaya. Bayangan akan bebek goreng dengan bumbunya yang berminyak dan sambalnya yang pedas, sudah pasti membuat air liurmu menetes.

Menemukan bebek goreng terenak di Surabaya sebenarnya tidak sulit. Yang harus kamu persiapkan justru mental untuk mengantre karena terkadang rumah makan atau warung tersebut kerap ramai pengunjung. Tenang, kesabaranmu akan berbuah manis, kok. Berikut daftar bebek goreng terenak di Surabaya versi Tripzilla.

1. Bebek Harissa

Image credit: @mksfoodbang

Bebek Goreng Harissa merupakan pelopor restoran mewah dengan menu bebek goreng. Meskipun biasanya orang beranggapan makan bebek goreng yang enak haruslah di warung kaki lima, tetapi Bebek Goreng Harissa layak masuk daftar bebek goreng terenak di Surabaya. Tempat makan bebek goreng ini gemar menciptakan inovasi dengan menu-menunya. Sebagai contoh: bebek lombok ijo, bebek rempah Madura, atau bebek resep Thailand dengan 50 buah cabai rawit. Bikin penasaran, kan?

Image credit: @hendysetiono

Rumah makan yang berdiri sejak tahun 2013 ini sekarang sudah punya banyak cabang di berbagai kota. Pelayanannya cepat, area makan dan tempat parkirnya luas. Tak heran jika Bebek Goreng Harissa menjadi salah satu pilihan utama tempat makan untuk keluarga.

Lokasi: Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.487 (MERR), Penjaringan Sari, Rungkut, Surabaya
Jam Buka: Setiap hari, 8.00 hingga 23.00 (Kecuali Jumat, 13.00 hingga 23.00)
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

2. Bebek Sinjay

Image credit: @mr.kikicam

Dahulu, berburu bebek goreng di Jawa Timur belum lengkap jika belum berkunjung ke Bebek Sinjay Madura. Beruntung sekarang bebek goreng yang legendaris ini punya cabang di Surabaya. Kamu tidak perlu repot antre atau menyeberang ke Pulau Madura demi kelezatan bebek goreng yang garing dan empuk ini.

Image credit: @jayalanggeng

Selain daging bebeknya yang kesat dan tidak begitu berminyak, sambal ‘pencit’ atau mangga muda yang menjadi pelengkap, tidak boleh kamu lewatkan. Perpaduan rasa gurih, pedas, dan sedikit asam pasti membuat selera makanmu meningkat. Apalagi, kamu boleh mengambil sambal ini sepuasnya!

Lokasi: Kaza City (Kapas Krampung Plaza) – Foodcourt, Jl. Kapas Krampung Blok B, Tambakrejo, Simokerto, Surabaya
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 hingga 19.00
Harga: Mulai dari 29,000 IDR

3. Bebek Palupi

Image credit: @duniakulinersurabaya

Rela kolesterol meningkat karena menikmati bebek goreng terenak di Surabaya? Harus coba Bebek Palupi yang turut menyajikan bumbu bekas menggoreng bebek yang rasanya… maknyus, pemirsa! Belum lagi sambalnya yang merah menggoda (dan sangat berminyak!). Semakin berminyak, semakin enak – kata para penggemar bebek goreng. Betul?

Image credit: @adhiefausta

Bebek Goreng Palupi Rungkut biasanya penuh sesak pada sore hari hingga waktu makan malam. Banyak juga yang memesan untuk dibawa pulang. Jadi, kamu harus bersabar menunggu, ya!

Lokasi: Jl. Rungkut Asri Tengah No.10, Rungkut Kidul, Surabaya
Jam Buka: Setiap Hari 9.00 hingga 21.00 (Kecuali Jumat, 13.30 hingga 21.00)
Harga: 18,000 IDR

4. Bebek Goreng Wachid Hasyim

Image credit: @bikinhabis

Ingin menjamu teman atau rombongan dari luar kota yang datang tengah malam? Tenang, Bebek Goreng Wachid Hasyim buka 24 jam! Tempatnya pun lumayan luas, dengan suasana yang bersih dan nyaman. Bagaimana dengan menu bebek gorengnya? Dijamin bikin puas, dengan porsi jumbo dan nasi berlimpah.

Image credit: @muhammadkandiasrowi

Menu bebek goreng memang menjadi andalan rumah makan yang terletak di tepi jalan besar ini. Namun begitu, tersedia pula menu lain seperti ayam goreng, soto ayam, rawon. lele penyet, tempe penyet, nasi krawu, dan bakso kotak.

Lokasi: Jl. Raya Jemursari No.17, Wonocolo, Surabaya
Jam Buka: Setiap Hari Buka 24 Jam
Harga: 24,000 IDR untuk bebek goreng

5. Bebek Songkem Haji Ahmad

Image credit: @bebek_songkem (kiri) dan @foodgraphy_indonesia (kanan)

Bebek Songkem adalah kuliner asli Madura, yaitu olahan bebek bumbu pedas yang dikukus menggunakan rempah-rempah. Dengan demikian, masakan bebek menjadi rendah kolesterol. Nah, Bebek Songkem Haji Ahmad merupakan salah satu tempat makan bebek songkem yang lumayan terkenal.

Image credit: @bebek_songkem

Jangan khawatir, ada menu bebek goreng juga, kok! Yang paling digemari pengunjung adalah ‘bebek ranjau’, yaitu bebek goreng dengan bawang putih, bawang merah, jeruk nipis, dan bumbu rempah lainnya yang tidak ditumbuk halus. Jadi sensasinya memang ada di rempah yang tampak melimpah. Penasaran?

Lokasi: Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.462 (MERR), Rungkut, Surabaya
Jam Buka: Setiap Hari 10.00 hingga 22.00 (Kecuali Jumat, 13.00 hingga 22.30)
Harga: Sekitar 22,000 IDR untuk bebek goreng

6. Bebek Donal

Image credit: @surabayafoodies

Menelusuri bebek goreng terenak di Surabaya, harus berani makan di warung kaki lima. Maka dari itu, masukkan Bebek Donal Kedungdoro ke dalam daftar wajib kunjungmu. Warung bebek satu ini spesial karena menyajikan bumbu kuning khas bebek goreng Surabaya, dan boleh diambil sepuasmu!

Image credit: @amazingindonesiafood

Setiap porsinya dilengkapi dengan tempe goreng, dan pengunjung Bebek Donal Kedungdoro bisa memesan kol goreng. Makan tambah nikmat, awas kolesterol naik drastis!

Lokasi: Jl. Kedungdoro No.73, Tegalsari, Surabaya
Jam Buka: Setiap Hari 17.00 hingga 01.00
Harga: Mulai dari 21,000 IDR

7. Bebek Pak Janggut

Image credit: @e_ndro

Lain daripada yang lain, bebek goreng satu ini disajikan dengan kremesan yang pastinya maknyus. Potongan dagingnya besar dan tebal, menggoda banget kan? Bebek Pak Janggut juga terkenal dengan sambal korek yang super pedas, siap-siap merasakan kebakaran lidah!

Image credit: @prastya69

Sejauh ini, Bebek Pak Janggut punya lima cabang di seantero Surabaya. Tiga diantaranya berada di pusat perbelanjaan, seperti Pakuwon Trade Center (PTC). Selain bebek goreng, ada juga menu lainnya seperti gurami, lele, dan empal goreng. Ingin makan siang atau makan malammu lebih segar? Jangan lupa pesan cah kangkung dan sayur asem.

Lokasi: Jl. Kusuma Bangsa No.32, Ketabang, Surabaya
Jam Buka: Setiap hari 11.30 hingga 21.30
Harga: 25,000 IDR untuk satu porsi bebek goreng dengan nasi

8. Bebek Purnama

Image credit: @amazingindonesiafood

Bebek Purnama adalah pionir kuliner bebek goreng ala Surabaya yang sudah berdiri sejak tahun 1992. Entah mengapa, warung ‘Bebek Purnama’ menjamur di berbagai kawasan di Surabaya, padahal pendirinya tidak pernah buka cabang. Bebek Purnama yang asli dan otentik terletak di depan sebuah bangunan yang dulunya merupakan Bioskop Purnama, sedangkan yang lain mungkin hanya terinspirasi saja. Uniknya, hingga hari ini, Bebek Purnama masih betah berjualan di tenda kaki lima.

Image credit: Ulinulin.com

Yang membuat Bebek Purnama khas adalah serundeng, yaitu parutan kelapa yang dicampur bumbu rahasia dan digoreng kering. Sambal cabai merahnya juga pedas dan menggigit. Worthy banget untuk mengantre dan berdesak-desakan di warung bebek goreng terenak di Surabaya ini!

Lokasi: Jl. Dinoyo No.4, Surabaya (Eks. Bioskop Purnama/Samping Pangsit Gajah Mada)
Jam Buka: Setiap Hari 15.00 hingga 23.00
Harga: 18,000 IDR

9. Bebek Pak Qomar

Image credit: @bebekpakqomarsurabaya

Nasi Bebek Pak Qomar juga merupakan bebek goreng terenak di Surabaya yang lumayan legendaris. Berjualan sejak tahun 1996, saat ini Nasi Bebek Pak Qomar sudah memiliki beberapa cabang yang suasananya cukup nyaman. Di sini, kamu bisa menyantap bebek goreng lengkap dengan ati ampela atau kepala bebek.

Image credit: @bebekpakqomarsurabaya

Saking terkenalnya, Bebek Pak Qomar kerap dipesan oleh para pengunjung yang hendak bepergian ke luar negeri. Kabarnya, pemesan tersebut merupakan pelanggan setia dari dulu, yang saat ini bekerja atau bersekolah di luar negeri. Kalau kamu hendak memesan menu bebek goreng setengah matang ini, sebaiknya telepon dulu sehari sebelumnya, ya.

Lokasi: Jl. Raya Lontar No.52, Sambikerep, Surabaya
Jam Buka: Setiap Hari Kecuali Jumat (Tutup), 8.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 18,000 IDR

Baca Juga: Berburu Soto Di Surabaya, 7 Warung Ini Wajib Jadi Jujukan Untuk Sensasi Rasa Yang Maknyus

Satu lagi kuliner Surabaya yang harus kamu nikmati, ingat untuk share daftar bebek goreng terenak ini ke teman-temanmu!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru