11 Book Cafe Jogja Yang Harus Dikunjungi Bagi Pecinta Buku Dan Kopi

Bagi kamu yang hobi membaca, tentu paham betapa menyenangkannya melewatkan waktu bersama sebuah buku. Bahkan di saat berlibur pun, bukan tidak mungkin kalau kamu akan menyempatkan diri untuk berbelanja buku dan membacanya. Jika kamu berencana singgah ke Jogja, ada destinasi yang tepat untukmu yaitu book cafe dengan nuansa perpustakaan sehingga kamu bisa mengisi perut sambil membaca.

Dengan koleksi buku yang tersedia terdiri dari berbagai genre dan dengan suasana kafe yang nyaman, kamu dijamin betah nongkrong di sini! TripZilla Indonesia merekomendasikan 11 book cafe di Jogja yang bisa kamu kunjungi. Catat nama-namanya, ya!

1. Menikmati kopi dan buku berkualitas di Blanco Coffee and Books

book cafe jogja - Blanco Coffee Indonesia
Image credit: Blanco Coffee Indonesia

Blanco Coffee and Books adalah salah satu cafe yang kondang di Jogja Selain desain interiornya yang minimalis tapi tetap keren, juga tersedia banyak buku yang bisa dibaca di sini. Kamu bisa mampir ke sini untuk sarapan, makan siang, jajan sore atau menghabiskan waktu senggang di malam hari.

Image credit: Blanco Coffee Indonesia

Kafe ini pun mempunyai lahan pertanian kopi dan pusat pengolahan kopi sendiri. Jadi kamu bisa mengharapkan kualitas kopi yang mantap di sini. Signature coffee mocktail Lenski dan Milton dapat kamu pesan untuk merasakan rasa racikan yang unik. Kalau ingin mengunyah, kamu juga dapat memesan chicken orange rice bowl atau creamy chicken popcorn rice bowl yang nikmat.

Alamat: Jl. Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 16,000 IDR

2. Serasa jadi anak kampus saat berkunjung ke Digilib Cafe

book cafe jogja - Digital Library Cafe and C-Hub
Image credit: Digital Library Cafe and C-Hub

Digilib Cafe ini berada di lantai mezzanine Fisipol Universitas Gajah Mada sehingga kamu akan banyak berjumpa dengan pelajar ketika ngopi di sini. Selain untuk tempat berdiskusi dan belajar, Digilib Cafe juga berfungsi sebagai coworking space. Kamu bisa membaca buku dengan asyik apalagi jika memilih lokasi duduk di samping jendelanya yang besar.

Image credit: Digital Library Cafe and C-Hub

Menu makanan dan minuman yang ada cukup beragam. Kamu yang lapar berat bisa memesan aneka rice bowl dengan berbagai lauk seperti hot korean BBQ, Italian cheese atau American mushroom. Ada juga pilihan cake dan minuman kopi yang menarik seperti ice pixel coffee atau ice coffee glory.

Alamat: Jl. Sosio-Yustisia, Fisipol UGM, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 10.00 WIB – 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

3. Membaca yang bukan dongeng di Dongeng Kopi

book cafe jogja - Dongengkopi
Image credit: Dongengkopi

Di Dongeng Kopi, tidak hanya kisah dongeng yang bisa kamu dapatkan. Kunjungi Perpustakaan Alimin yang ada di dalamnya dan kamu bisa memilih buku-buku yang ingin kamu lahap. Awalnya, Dongeng Kopi didirikan untuk para penggemar kopi berkumpul sambil mendiskusikan dan meracik kopi.

Image credit: Dongengkopi

Bermula dari kisah awal itu, tidak hanya koleksi bukunya yang dapat kamu jajal di sini. Tentu saja kamu perlu mencicipi racikan kopi para baristanya. Pesanlah Komala, Tombak Tjoetjoekan hingga Tjap Tjinta yang inovatif. Tahu bakso, gedang ndeso atau cincin india dapat kamu kombinasikan dengan minuman pilihanmu agar semakin kaya rasa.

Alamat: Jl. Grogolan, Puntuk II, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

4. Menyantap hidangan nikmat dikelilingi buku di Luk Coffee & Book

boook cafe jogja - Luk Coffee & Book
Image credit: Luk Coffee & Book

Luk Coffee & Book juga merupakan cafe yang seru untuk dikunjungi di Jogja. Melihat rak-rak buku yang ada, pasti kamu sudah tidak sabar untuk mengintip koleksi di sini. Kalau ingin mendapatkan suasana tenang, cobalah datang di luar jam makan ketika kafe masih sepi.

Image credit: Luk Coffee & Book

Daging sapi asap Lalola dan chicken skin rice box sambel bajak dapat kamu pilih setelah mendapatkan buku idamanmu. Namun jika tidak ingin makan banyak, maka varian donat dan roti yang ada akan cocok untukmu. Telan dengan seteguk frozen chocolate Irish atau Luk Nutty yang dingin menyegarkan.

Alamat: Jl. Cendrawasih No.358B, Pringwulung, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 12.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

5. Duduk membaca di spot yang cantik di Ministry Burjo Space

book cafe jogja - Ministry Homestay Burjo Space
Image credit: Ministry Homestay Burjo Space

Ministry Burjo Space berada satu lokasi dengan Ministry Homestay. Kamu akan melihat kafe yang ditata cantik dengan rak buku yang terpasang di dinding putihnya. Kalau kamu datang untuk membaca, maka matamu pasti akan segera ditangkap oleh sudut instagrammable di samping rak bukunya.

Image credit: Ministry Homestay Burjo Space

Sambil membaca, kamu bisa memesan seporsi mie dokdok yang bisa disesuaikan tingkat kepedasannya. Kalau kamu menyukai desain dari kafe ini, mungkin kamu juga ingin menyewa salah satu kamarnya yang tidak kalah cantiknya lho!

Alamat: Jl. Prawirotaman No.1/15a, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

6. Main-main untuk membaca di Kafe Mainmain

book cafe jogja - Kafe Mainmain
Image credit: Kafe Mainmain

Selain meminjam buku untuk dibaca di kafe, kamu juga dapat membelinya di Toko Buku Mainmain. Mulai dari buku sastra sampai nonfiksi akan memuaskan hasrat membacamu. Lokasi kafe yang masih dikelilingi sawah ini akan membuat pengalaman membaca jadi tidak terlupakan.

Image credit: Kafe Mainmain

Kalau menghabiskan waktu di book cafe Jogja ini, kamu tidak perlu takut kantong bolong karena menu makanan dan minumannya yang dibanderol dengan harga terjangkau. Seruput secangkir kopi cernis atau teh rempah panas kalau kamu ingin merasa lebih sehat. Makanan khas Indonesia semacam tempe cocol dan nasi pecel telur akan membuatmu serasa mengudap di rumah sendiri.

Alamat: Jl. Sukun Raya No.422, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 02.00 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

7. Memuaskan mata dengan berbagai karya seni di Langgeng Art Space

book cafe jogja - Langgeng Art Space
Image credit: Langgeng Art Space (kiri), @iqro_ibrahim

Sesuai namanya, Langgeng Art Space menjadi rumah dari berbagai pameran seni di Yogyakarta. Ketika memasukinya, kamu akan dimanjakan dengan aneka karya seni di dalam galeri. Lalu pilih salah satu meja di sudut favoritmu di book cafe Jogja ini dan kamu bisa mulai membaca buku-buku yang ada di sini.

Image credit: Langgeng Art Space

Makanan dan minuman yang tersedia mulai dari hidangan khas Nusantara hingga Barat semisal bandeng sambal dabu atau mozzarella cheeseball. Hidangan penutup seperti durian breeze juga menarik untuk dicoba. Asyiknya lagi, di Langgeng Art Space, kamu pun bisa mengadakan acara makan bancakan seperti ini bersama teman-temanmu!

Alamat: Jl. Suryodiningratan No.37, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 11.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

8. Tenggelam dalam ratusan buku di Sintesis Coffee

boook cafe jogja - Sintesis
Image credit: Sintesis

Ya benar, memang terdapat ratusan judul buku di kafe ini. Kamu bisa hanyut dalam buku fiksi dan nonfiksi yang ada di perpustakaan di lantai dua. Selain bisa dibaca di tempat, buku-buku ini pun bisa dipinjam sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jangan lupa mengembalikannya tepat waktu ya!

Image credit: Sintesis

Selain koleksi buku, Sintesis Coffee juga punya koleksi menu yang seru. Beef mentai dan tiramisu pudding ditemani dengan segelas es kopi Sintesis atau popcorn caramel frappe akan menemanimu ketika membuka setiap halaman buku di sini.

Alamat: Jl. Kaliurang Km 5 no. 21A, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

9. Baca buku di luar ruang yang asri di Kedai Donqui

book cafe jogja - Donqui
Image credit: Donqui

Nama Kedai Donqui merupakan kependekan dari Don Quixote & Co. Untuk kafenya, ada Kopi Donqui dan tempat membaca bukunya adalah Donqui Book. Tempatnya punya atmosfer rumahan yang asri dan juga area luar ruang yang mungil namun nyaman.

Image credit: Donqui

Beragam sajian makanan dan minuman yang tampak menarik juga ada di Kedai Donqui. Kamu bisa mencoba dulcinea rhum dan Picasso bread yang namanya bikin penasaran. Selain itu, kopinya pun tersedia dalam kemasan untuk dibawa pulang lho!

Alamat: Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 15.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

10. Semua yang serba enak ada di Angkringan Enaknan

book cafe jogja - Angkringan Enaknan
Image credit: Angkringan Enaknan

Meski berbentuk angkringan, namun Angkringan Enaknan juga menyediakan buku-buku untuk dibaca sembari bersantai. Suasananya tentu berbeda dengan kafe-kafe biasa, tetapi justru hal itulah yang akan membuat kunjunganmu berkesan.

Image credit: Angkringan Enaknan

Sejalan dengan namanya, menu di angkringan ini tentunya juga enak di lidah. Sebut saja oseng mercon ayam kampus atau oseng bihun Enaknan. Tentunya kamu akan butuh minum dan tidak salah jika mencoba memesan wedang uwuh Enaknan atau ice green tea latte sesuai seleramu.

Alamat: Jalan Kaliurang Km.5,8, Gang Pandega Satya No.10, Caturtunggal, Depok, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

11. Mau mengobrol, membaca buku atau keduanya, asyik dilakukan di Anomie Coffee

book cafe jogja - Anomie Coffee
Image credit: Anomie Coffee

Anomie Coffee ini mempunyai area luar ruang yang instagrammable, lho! Selain itu, tentunya kamu juga bisa membaca buku di sini. Bayangkan rasanya membaca sambil ditiup angin sepoi-sepoi dan menghirup secangkir kopi yang nikmat!

Image credit: Anomie Coffee

Anomie Coffee juga akan memanjakanmu dengan varian hidangan yang unik. Sebut saja milk chiffon dan minuman blue pink ini. Enak dan disajikan dengan cantik, siapa yang tidak tergoda?

Alamat: Jalan Gandok Baru No. 52, Condongcatur, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

Baca juga: Baru dan Viral di TikTok, 11 Wisata Hits di Jogja Ini Wajib Kamu Kunjungi

Book cafe Jogja ini memang ditata sedemikian rupa untuk memuaskan hobimu membaca. Selain menyenangkan, kamu pun tidak perlu khawatir jika ingin ngopi tapi tidak ada teman karena di sini, ada buku-buku yang akan menjadi teman sekaligus menambah wawasanmu.

 

Preview image credit: Adli Wahid – Pixabay

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru