Cara Hemat Menginap Di Hotel Berbintang Untuk Staycation Asyik Dan Nyaman

Sudah punya rencana staycation di musim liburan berikutnya? Jika sudah, tak ada salahnya mulai membuat perencanaan keuangan dan itinerary untuk perjalanan kamu. Tapi, tahukah kamu ada cara hemat menginap di hotel berbintang yang bisa kamu ikuti?

Ya, menginap di hotel berbintang bisa menjadi pilihan cerdas untuk yang ingin praktis dan bebas ribet. Namun, dalam hal finansial, kamu mungkin harus menyiapkan anggaran lebih untuk menginap di hotel berbintang. Beruntungnya, ada tips menarik yang dibagikan untuk kamu bisa berhemat kala tinggal di hotel berbintang. Penasaran seperti apa tipsnya? Simak contekannya di sini!

cara hemat menginap di hotel berbintang

1. Tidak usah memilih kamar premium, tidak sepadan dengan harganya!

Tinggal di kamar suite memang menyenangkan. Namun, kamu harus membayar lebih untuk kamar jenis ini. Keunggulan dari kamar ini hanyalah ruang yang lebih lapang, dan mungkin pemandangan yang lebih menarik. Selain itu, fasilitas yang didapatkan tamu kurang lebih sama. Karena itulah tak sedikit yang merekomendasikan untuk memilih kamar standar ketimbang kamar suite. Akan tetapi, jika kamu mendapatkan upgrade secara cuma-cuma untuk pindah ke kamar suite, ambil tawaran tersebut!

2. Cari hotel yang dekat dengan destinasi tujuan

Jika kamu melakukan perjalanan untuk kepentingan tertentu, akan lebih pas memili kamar hotel yang dekat dengan destinasi utama. Misalnya, jika kamu ada pertemuan bisnis atau jalan-jalan di sekitaran Jakarta Selatan, jangan pilih hotel di daerah Bekasi atau Jakarta Timur. Jika memungkinkan, pilih hotel yang paling dekat dengan destinasi tujuan. Cara hemat menginap di hotel berbintang ini memungkinkan kamu bisa meminimalkan biaya transportasi.

3. Hindari biaya pembatalan dari pihak ketiga

Beberapa agen perjalanan online menawarkan rate kamar yang lebih murah. Namun, tak jarang di balik tawaran tersebut ada berbagai biaya tambahan yang tersembunyi. Misalnya, jika ada pembatalan, kamu harus membayar biaya pembatalan yang jumlahnya tidak sedikit. Waspadai hal-hal seperti ini, ya!

4. Tidak usah membeli atau membawa peralatan mandi

Kamu mungkin lebih nyaman menggunakan peralatan mandi pribadi, dan berpikir membawanya saat melakukan perjalanan dan menginap di hotel. Namun, kamu bisa meminimalkan bawaan dan meninggalkan peralatan mandi di rumah dengan menggunakan toiletries yang dibagikan pihak hotel. Kamu bisa menemukan sikat gigi, sabun dan shampoo dan bahkan handbody lotion untuk digunakan. Satu cara hemat menginap di hotel berbintang yang mudah untuk diikuti, bukan?

5. Meminjam travel adapter juga bisa, lho!

Saat bepergian ke luar negeri, tak jarang wisatawan lupa membawa travel adapter untuk barang elektroniknya. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membeli di tempat tujuan. Namun, harganya mungkin akan membuat memengaruhi budget perjalanan kamu. Alternatif lain, kamu bisa meminjam travel adapter di hotel tempatmu menginap. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan pinjaman untuk sementara waktu dan bebas biaya.

6. Ikuti aturan dan jangan melanggar peraturan

Saat mendaftar untuk menginap, pastikan kamu mengetahui hal-hal dasar seputar aturan yang diterapkan di hotel tempatmu menginap. Misalnya, memilih kamar bebas asap rokok, maka kamu tidak diizinkan untuk merokok di dalam kamar. Terlalu berisik saat berada di dalam kamar dan merusak perlengkapan di kamar hotel juga tidak dibenarkan. Jika dilanggar, hal-hal tersebut bisa membuat kamu dihadapkan pada sejumlah masalah, termasuk kemungkinan harus membayar denda. Karena itu, salah satu cara hema menginap di hotel berbintang adalah dengan tetap mengikuti aturan dan etika yang ada.

7. Jangan mengonsumsi camilan dan minuman di minibar atau membeli air di hotel

Tetap terhidrasi menjadi salah satu cara untuk tetap sehat selama perjalanan. Namun, membeli air di hotel bukan cara yang bijak untuk menghemat biaya perjalanan kamu. Biasanya, harga sebotol air di hotel bisa dihargai berkali-kali lipat dari harga normal di pasaran. Hal ini juga berlaku untuk camilan dan minuman ringan di minibar. Tipsnya, kamu bisa membawa botol air dan mengisinya dengan air minum di hotel. Untuk camilan, kamu bisa membelinya di mini market di luar hotel.

8. Jangan makan di restoran hotel!

Jika memungkinkan, hindari makan di restoran di dalam hotel. Pasalnya, dengan menu yang biasa-biasa saja, harga yang dipasang relatif lebih mahal dari tempat makan di luar hotel. Rekomendasi kami, pergilah ke tempat-tempat makan dan restoran lokal di luar hotel yang memiliki kekhasan. Selain membantu ekonomi lokal, kamu juga bakal mendapatkan pengalaman perjalanan dan wisata kuliner yang tak terlupakan.

9. Maksimalkan fasilitas gratisan yang diberikan hotel

Salah satu cara hemat menginap di hotel berbintang adalah memaksimalkan fasilitas gratisan yang ada. Layanan tersebut bisa berbentuk air minum, toiletries, layanan internet nirkabel atau wifi di seluruh lokasi hotel, dan masih banyak lagi lainnya. Tidak usah malu dan gengsi menanyakan hak kamu sebagai tamu hotel dalam memaksimalkan layanan dari hotel, ya!

10. Lupakan membeli cinderamata di hotel

Membeli oleh-oleh atau cinderamata di hotel merupakan pemborosan. Selain harganya relatif lebih mahal di pasaran, barang yang ditawarkan juga biasanya kurang menarik dan terbilang kusam. Alternatifnya, kamu bisa membeli oleh-oleh di toko souvenir di luar hotel, yang biasanya menawarkan harga diskon.

Baca juga: Hotel Ini Tawarkan Paket Spesial Staycation Di Akhir Ramadhan

Banyak tips menarik dan cara hemat menginap di hotel berbintang, bukan?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru