Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Masa Karantina #Dirumahaja

Dunia diguncang oleh wabah virus corona Covid-19. Banyak negara yang terkena imbas wabah ini, mulai dari penurunan tingkat ekonomi, bisnis yang terhenti, pariwisata yang mandeg hingga kegiatan ibadah yang terganggu. Angka korban meninggal karena virus ini juga terus bertambah, pun demikian dengan pasien yang dinyatakan positif yang tak kunjung berkurang.

Menghadapi situasi ini, pemerintah setiap negara mengeluarkan kebijakannya masing-masing. Di Indonesia, pemerintah menggencarkan sosialisasi cuci tangan, social distancing, bahkan kebijakan Pembatasan Sosial Skala Besar untuk meminimalkan risiko penularan virus corona Covid-19.

Selain mengikuti anjuran dari pemerintah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama #dirumahaja untuk meminimalkan risiko tertular virus corona Covid-19, salah satunya dengan meningkatkan imunitas tubuh. Berikut Tripzilla paparkan cara meningkatkan imunitas tubuh yang bisa kamu lakukan saat di rumah.

1. Makan makanan bergizi

Cara meningkatkan imunitas tubuh tidaklah sulit, kamu hanya perlu selektif memilih makanan yang bergizi. Semua bahan makanan yang dijual di pasaran memiliki manfaat, akan tetapi beberapa bahan baku di bawah ini menurut para ahli mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Brokoli

Image credit: Rita E

Sayur brokoli mengandung serat yang tinggi, kaya vitamin C, kalium, B6 dan vitamin A. Protein nabati dari brokoli juga sangat baik untuk tubuh. Vitamin C adalah kandungan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh dan membantu penyembuhan sakit flu. Serat dalam brokoli juga menghasilkan bakteri sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Bayam

meningkatkan imunitas tubuh
Image credit: Karolina Grabowska

Bayam mampu menghasilkan antioksidan pelindung untuk melindungi sel-sel tubuh dari polusi. Bayam juga nutrisi yang baik untuk melindungi enzim dan memperbaiki kerusakan DNA sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Bawang Putih

Image credit: Steve Buissinne

Selama bertahun-tahun bawang putih menjadi solusi kesehatan medis untuk membantu menyembuhkan penyakit jantung, kolesterol tinggi, pilek, dan flu. Setiap satu ruas bawang putih mengandung alicin, yang membantu melawan infeksi sekaligus membantu sistem kekebalan tubuh.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan rempah-rempah yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi mampu melindungi tubuh dari infeksi, virus dan bakteri.

Buah-buahan

Dari sekian banyak buah, terdapat empat jenis buah-buahan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh yakni blueberry, kiwi, pepaya dan strawberry. Buah kiwi kaya akan vitamin C, yang merupakan nutrisi penambah kekebalan yang penting, serta vitamin E, yang membantu meningkatkan jumlah sel T ke dalam tubuh. Sedangkan buah berry kaya akan antioksidan. Blueberry mengandung vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk memproduksi antibodi. Kemudian pepaya mengandung beta karoten yang sangat melimpah sehingga meningkatkan jumlah aktivitas sel imun. Hal tersebut mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk melawan kanker dan penyakit lainnya.

Stroberi juga berperan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh kamu. Satu cangkir strawberry mengandung polifenol, senyawa dengan sifat antioksidan, yang dapat melindungi serangan virus influenza dan bahkan mencegah Staphylococcus, E. coli, dan Salmonella. Mengonsumsi antioksidan sama seperti makan sepasukan penyedot debuzat tersebut memakan radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Seafood

meningkatkan imunitas tubuh

Makanan laut mengandung zink terkait langsung dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena berperan mengembangkan sel yang menciptakan pertahanan kekebalan tubuh. Selain itu seafood mengandung antioksidan yang melindungi Anda terhadap kerusakan peradangan. Cara meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan memakan kerang dan kepiting secara teratur, agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Minum minuman sehat

Ada pula minuman yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh yakni dengan mengonsumsi yoghurt dan beberapa jamu khas Indonesia. Semua bahannya mudah dicari di pasaran dan sangat mudah untuk dibuat. Berikut beberapa minuman yang wajib dikonsumsi saat masa pandemi virus covid-19.

Yoghurt

Minuman yang terbuat dari fermentasi susu ini mengandung probiotik yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yoghurt juga mampu membantu peyakit radang usus dan membantu memulihkan infeksi.

Jamu empon empon

Mengonsumsi jamu empon-empon disarankan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini sebagai langkah menangkal virus corona. Risma mengklaim efektivitas jamu empon-empon ini sudah diteliti oleh akademisi Universitas Airlangga.

Jamu ini terbuat dari temulawak, jahe, lengkuas, kencur dan kunyit. Semua bahan tersebut dihaluskan kemudian direbus dengan air panas. Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan jamu empon-empon adalah mengonsumsinya selagi hangat.

3. Olahraga secara teratur

Meningkatkan imunitas tubuh

Makanan saja tidak cukup untuk menjadikan tubuhmu bugar dan terhindar dari segala penyakit. Kamu perlu olahraga, mengelola stres, dan berbagai aktifitas kecil lainnya sebagai penunjang imunitas tubuh. Semua bisa dilakukan di rumah, mudah dan bisa dilakukan dengan santai.

Berolahraga adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kesehatan, termasuk imunitas tubuh. Olahraga secara teratur dapat merangsang sel darah putih, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Berolahraga di rumah seperti senam, yoga dan berjalan kaki di adalah cara meningkatkan imunitas tubuh selama masa karantina.

4. Kelola stres

Stres menyebabkan produksi hormon kortisol yang berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu faktor stres sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Selama masa karantina dan bekerja dirumah, ada baiknya meluangkan waktu untuk keluarga, bercengkrama, diskusi hal kecil, hingga menonton film. Lakukan aktifitas yang tidak mengurangi risiko stres.

5. Tertawa

Bukan sekedar ekspresi, efek dari tertawa mampu meningkatkan imun tubuh. Tertawa mampu meningkatkan produksi hormon endorfin yang mampu meredakan stres, membuat mood menjadi lebih baik. Tertawa juga mengurangi stres sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

6. Berhenti merokok

Meningkatkan imunitas tubuh

Merokok melemahkan sistem kekebalan tubuh secara perlahan. Ada baiknya kamu mengurangi jumlah merokok secara pelan-pelan, kemudian tidak merokok sama sekali. Berhenti merokok merupakan cara meningkatkan imunitas tubuh yang paling tepat agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Istirahat yang cukup

Waktu istirahat yang cukup mampu mengurangi stres, memproduksi antibodi dan zat kekebalan lainnya. Manfaat lain dari istirahat adalah mengurangi infeksi organ dalam.

Baca juga: Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Karantina #Dirumahaja Karena Covid-19

Demikianlah cara meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi virus corona. Banyak hal yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat. Buat kamu yang hobi travel atau jalan-jalan, baiknya rehat dulu selama pandemi covid-19 dan melakukan aktivitas di atas selama masih di rumah.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru