Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Karantina #Dirumahaja Karena Covid-19

Bingung dengan apa yang harus dilakukan saat pemerintah mengimbau masyarakatnya untuk mengikuti kebijakan #dirumahaja dan social distancing? Well, kamu tidak perlu pusing memikirkannya karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat karantina, #dirumahaja atau social distancing!

Tidak hanya tidur seharian, yang pastinya sama sekali tidak produktif, kamu bisa melakukan banyak kegiatan positif. Tidak hanya untuk menghindari kebosanan, tapi juga menambah ilmu dan pengetahuan, bahkan menambah saldo tabungan kamu. Apa saja kegiatan saat karantina itu, cek daftarnya di bawah ini, ya!

1. Melakukan riset, menyusun daftar dan membuat rencana perjalanan berikutnya kegiatan saat karantina

Karena semua agenda perjalanan di tahun ini berantakan, tidak ada salahnya menyiapkan rencana untuk perjalanan berikutnya. Sebagai seorang traveler, hal ini wajib dilakukan, lho! Kamu bisa mengisi waktu luang dengan riset tempat wisata yang bakal dikunjungi, mengetahui range biaya yang dikeluarkan untuk akomodasi, transportasi dan konsumsi, dan siapa tahu kamu bisa melakukan penghematan dan menemukan cara yang menarik mengeksplorasi tempat yang baru.

2. Menuangkan pengalaman travelling kamu menjadi uang

Memangnya bisa? Tentu saja. Tidak sedikit web wisata yang menerima tulisan para traveler dan membayar untuk setiap tulisan yang diterbitkan. Daripada melamun tanpa hasil, mending mulai membuka ingatan dan pengalaman saat jalan-jalan dan menuangkannya dalam tulisan untuk bisa menjadi pundi-pundi uang dan modal untuk travelling berikutnya. Mengabadikan pengalaman kamu dalam blog juga hal yang asyik untuk dilakukan, lho!

3. Menekuni lagi hobi yang terlupakan

Selain jalan-jalan, kamu pasti punya hobi lain, kan, seperti memasak, membaca buku, mendengarkan musik atau menonton film? Well, saat masa karantina seperti sekarang ini, kegiatan tersebut bisa kamu tekuni lagi. Kamu bisa memasak makanan kesukaan orang-orang rumah, membaca buku yang mulai menumpuk di sudut kamar, mendengarkan banyak ragam genre musik yang baru atau menonton film seharian. Berolahraga di rumah dan bahkan kembali menyibukkan diri dengan taman kecilmu juga menjadi kegiatan yang asyik untuk dilakukan.

Bahkan, kamu juga bisa membersihkan rumah dengan lebih serius, termasuk dengan menggunakan desinfektan di setiap sudut rumah. Dengan virus corona Covid-19 menyebar di mana-mana, kegiatan saat karantina ini positif banget untuk kesehatan lingkungan kamu, lho!

4. Menyapa kembali teman perjalanan kamu

kegiatan saat karantina

Karena kesibukan dan keriuhan rutinitas, terkadang sempat ada momen di mana kita putus hubungan dengan teman atau sahabat. Saat masa karantina seperti sekarang ini, menyapa kembali teman dan sahabat yang telah lama hilang kabarnya bisa menjadi kegiatan menarik untuk dilakukan. Selain menjalin kembali silaturahmi yang hilang, siapa tahu kamu dan teman kamu bisa menyatukan rencana untuk membuat perjalanan bersama-sama di kemudian hari.

5. Melakukan tur virtual kegiatan saat karantina

Tidak sabar jalan-jalan melihat museum, tempat wisata atau taman nasional di segala penjuru bumi? Jika iya, saat masa karantina, kegiatan jalan-jalan itu bisa diganti dengan melakukan tur virtual. Malahan, kamu bisa berkeliling dunia, melihat karya seni di Prancis, Spanyol, Mesir bahkan menjelajah angkasa luar dari sofa di rumah kamu. Virtual tur menjadi salah satu kegiatan yang asyik untuk dilakukan saat periode karantina dan #dirumahaja.

Baca juga: Tur Virtual, Cara Lain Berwisata Saat Lockdown Dan Social Distancing

6. Menginspirasi diri sendiri lewat podcast atau travel vlog

kegiatan saat karantina

Bagaimanapun juga, di tengah situasi yang tidak menentu ini, kita harus tetap menjaga kewarasan pikiran, kan? Karena itu sangat penting untuk tetap menginspirasi diri dan memberikan semangat untuk tetap produktif. Sejumlah cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkan podcast atau travel vlog, yang bisa saja menginspirasi kamu untuk bermimpi, memiliki tujuan dan menggunakan pikiran ke arah yang positif.

Bahkan, kegiatan menonton film juga bisa menjadi inspirasi, meski hal tersebut tergantung pada bagaimana masing-masing orang menangkap setiap pesan yang ada di dalam film.

7. Mendukung bisnis lokal

kegiatan saat karantina

Banyak wirausahawan yang ikut terpukul dengan kondisi perekonomian yang seakan terhenti karena wabah virus corona Covid-19 yang menghantam dunia. Untungnya, kita bisa ikut membantu mereka dan memutar roda perekonomian dengan membeli yang mereka tawarkan, seperti memesan makanan usaha rumahan, atau yang lainnya, dengan menggunakan jasa ojek online. Sungguh, satu aksi kamu bisa membantu banyak orang, lho!

8. Belajar bahasa asing

Image credit: duolingo

Belajar bisa dilakukan dimana pun, dan kegiatan ini termasuk asyik dan positif dilakukan saat dalam masa karantina. Kamu bisa mengunduh aplikasi belajar bahasa, seperti Duolingo dan belajar bahasa asing dengan cara yang asyik.

9. Melihat konser secara virtual

kegiatan saat karantina

Ingin melihat John Legend bernyanyi spesial untuk kamu, atau Chris Martin dari Coldplay menampilkan suara seksinya secara live? Langsung ikuti live stream di sosial media mereka. Dijamin seru, bro! Ingin menikmati suara artis lokal Indonesia pun bisa karena ada banyak musisi yang ikut mendukung gerakan #dirumahaja dengan menggelar konser virtual.

10. Mengenal kembali Indonesia dan riwayat leluhur kamu

Seberapa dalam kamu mengenal Indonesia? Apakah kamu mengetahui silsilah leluhur kamu? Di saat karantina, social distancing dan #dirumahaja, mencari tahu lebih banyak mengenai Indonesia dan bahkan riwayat serta silsilah leluhur kamu tentunya menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Bayangkan, apabila pada suatu titik di mana kamu menemukan benang merah hubungan darah antara kamu dengan sosok terkenal dan berpengaruh di dunia?

Baca juga: Negara Yang Melakukan Lockdown Dan Mengeluarkan Peringatan Bepergian Karena Pandemi Virus Corona COVID-19

Banyak kegiatan menarik untuk dilakukan saat karantina, social distancing dan #dirumahaja, kan? Kamu tertarik melakukan yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru