5 Itinerary Satu Minggu Di Filipina Yang Sempurna Untuk Liburan Berkesan Kamu

Artikel ini diterjemahkan dari versi bahasa Inggris ini. Read the English version here.

Dengan lebih dari 7,000 pulau tersebar di perairan yang luas, pulau-pulau di Filipina menawarkan pemandangan yang mengesankan untuk dilihat, baik dari udara maupun air.

Negara ini menjadi destinasi yang penuh kekayaan seperti budaya lokal yang dinamis, kota yang menarik, puncak gunung yang luar biasa dan menantang untuk ditaklukkan serta beragam destinasi selam yang mengesankan. Jadi, bagaimanakah akan kamu memulai perjalanan dan mengakhiri liburanmu di atmosfer tropis ini?

Seven Commandos Beach, El Nido, Palawan | Image credit: Cris Tagupa

Tidak usah khawatir menentukan pilihan. Dari lebih dari 7,000 pulau yang ada, berikut kami memberikan lima itinerary di lima destinasi impian untuk liburan paling berkesan kamu di Filipina. Petualangan kamu dimulai di sini.

Merencanakan liburan yang istimewah dimulai dengan memilih maskapai yang bisa kamu andalkan dengan biaya yang murah. Cebu Pacific menawarkan hal tersebut, termasuk konektivitas antar-pulau juga loh! Bersama Cebu Pacific, kamu juga bisa terbang langsung dari destinasi internasional seperti Bangkok (Thailand), Beijing/Shanghai/Guangzhou/Xiamen (Tionghoa), Brunei, Dubai, Hong Kong, Incheon (Korea), Jakarta/Bali (Indonesia), Melbourne/Sydney (Australia), Fukuoka/Osaka/Nagoya/Narita (Jepang), Siem Reap (Kamboja), Singapura, Taipei (Taiwan) dan lebih banyak lagi!

PESAN PENERBANGAN KAMU KE FILIPINA DI SINI!

 

1. Itinerary Cebu

Sumilon Island, Cebu | Image credit: Psalm Ramos

Di Cebu, wisatawan bisa menikmati dua opsi yang sempurna. Destinasi ini tidak ubahnya sebagai kota metropolitan seperti Manila, ibukota Filipina yang modern. Di sisi lain, hanya beberapa jam dari kota Cebu, kamu bisa melihat banyak pegunungan dan pantai, yang pastinya akan memanjakan para pecinta alam.

Tips Penerbangan yang Menyenangkan: Kami memesan penerbangan dengan Cebu Pacific dan kami sama sekali tidak menyesal. Dari memastikan jadwal penerbangan, kami merasakan kenyamanan menjadi prioritas pelayanan yang diberikan. Cebu Pacific memiliki aplikasi mobile yang membolehkan kami melakukan apapun, mulai dari mem-booking penerbangan hingga pembayaran secara daring dan check-in secara mobile, hanya dengan satu aplikasi. Dengan melakukan sekali log-in, aplikasi CEB Mobile App ini juga memudahkan kami untuk memilih add-ons. Semuanya bisa diselesaikan dengan cepat! Juga, kami tidak perlu repot mengantri di bandara. Setelah melakukan check-in secara mobile melalui aplikasi, kami tinggal meletakkan bagasi dan menunjukkan screenshot, melalui Kode QR, untuk boarding pass. Hal itu sudah bisa menjadi bekal melakukan boarding. Jangan lupa menunjukkan ID kamu, ya!

Hari ke 1-3: Pulau Bantayan

Dari Bandara Internasional Mactan, langsung saja menuju ke utara untuk melihat surga tersembunyi di Cebu. Apa saja sih yang ada di Pulau Bantayan? Lautan yang luas dan keindahan yang tiada tandingannya, pantai berpasir putih yang pas untuk kamu bersantai.

Hari ke 4-5: Pusat kota Cebu

Kembali ke pusat kota dan berjalan di jalanan bersejarah di pusat keramaian. Ada banyak bangunan bersejarah yang bisa kamu kunjungi, seperti Casa Gorordo, Jesuit House, Magellan’s Cross dan Fort San Pedro – benteng paling kecil dan paling tua di Filipina. Di bagian lain kota ini, kamu bisa mengunjungi Kuil Taoist, Kebun Bunga Sirao dan Kuil Leah. Di Cebu, kamu juga bisa melihat lukisan Child Christ di Basilica Minore del Santo Nino de Cebu.

Tips Wisata: Untuk kenyamanan dan kemudahan, kamu bisa memilih tinggal di One Central Hotel, akomodasi terbaru yang berada di pusat kota Cebu. Terletak hanya beberapa menit dari destinasi-destinasi populer wisata, hotel ini memiliki segala fasilitas untuk memanjakan kamu.

Hari ke 6-7: Pulau Sumilon

Habiskan dua hari terakhir kamu di Cebu dengan menuju ke Pulau Sumilon, tempat di mana kamu bisa menikmati pemandangan hijau dan air yang jernih. Di sini, kamu bisa menikmati keluasan Bluewater Sumilon, dan juga berenang di antara terumbu karang yang indah. Jika memiliki budget dan waktu lebih, tidak ada salahnya bermalam di sini untuk mendapatkan pengalaman yang jauh lebih menyenangkan!

MULAI PETUALANGAN SERU KAMU KE CEBU!

2. Itinerary Manila

The City of Manila set against the famous Manila Bay sunset

Selamat datang di Manila, ibukota Filipina dan kota paling sibuk. Di sini, kamu bisa melihat gedung-gedung yang menjulang tingggi dan wilayah bisnis yang ramai. Tapi juga ada sejumlah wilayah yang menarik yang akan menunjukkan sisa-sisa masa lalunya.

Tips Penerbangan yang Menyenangkan: Orang Filipina terkenal dengan masakan rumahannya. Jadi, mengapa tidak menikmati masakan khas Filipina sebelum mendarat di Manila? Dengan CEB Meals, kamu dijamin akan mendapatkan sajian istimewah dengan sertifikat halal, jadi semua orang bisa merasakan beragam kuliner yang ditawarkan! Semua sajian yang dihidangkan oleh Cebu Pacific juga disajikan dengan peralatan makan dari bahan ramah lingkungan, jadi kamu bisa menikmati makanan sekaligus mengurangi sampah. Jangan ragu untuk bertanya kepada pramugari kamu untuk rekomendasi lainnya. Bila kamu tertarik mendapatkan camilan, atau in-flight cocktail, Fun Cafe milik Cebu Pacific bisa memenuhi keinginan kamu itu!

Hari pertama: Museum dan Teluk Manila

Meskipun ada banyak museum di provinsi lainnya, bangunan utama Museum Nasional semuanya ada di Manila. Bagian terbaiknya, semua bisa kamu kunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya, alias gratis tiket masuk. Setelah mengunjungi beberapa museum, kamu bisa menyaksikan sunset di Teluk Manila yang terkenal di Baywalk di sepanjang Roxas Boulevard.

Hari ke 2: Intramuros dan Poblacion

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Intramuros ada ‘tembok kota’ yang dibangun Spanyol setelah mereka tiba di negara kepulauan tersebut dan kemudian menamaina Las Islas Filipinas. Tapi tidak banyak yang tahu, selain sebagai surganya seniman dan hipster Manila, Poblacion merupakan bangunan pertama yang dibangun saat orang Spanyol datang.

Intramuros menyajikan bangunan masa lalu dengan kesan oldies dan vintage, yang dengan jelas menggambarkan masa lalu Manila. Kamu bisa mengunjungi bangunan bersejarah tersebut, dan bahkan melipir ke toko-toko unik di Fort Santiago dan dekat Casa Manila untuk berburu souvenir. Rekomendasi kami adalah The Manila Collectible Co., tempat di mana kamu bisa membeli tenun dan aksesoris buatan warga asli Filipina. Jangan melewatkan juga untuk minum di tempat penyulingan tertua di Filipina, Distileria Limttuaco, yang juga merupakan sebuah museum. Setelahnya, kamu bisa menumpang feri ke Poblacion di Makati melalui Sungai Pasig yang bersejarah. Di sana, kamu bisa berpesta semalam suntuk atau sekedar minum kopi dan ngemil.

Tips wisata: Ikuti salah satu tur unik Intramuros jika kamu tidak bersedia melakukan tur mandiri dengan berjalan kaki. Manila Archeotrail dari Tuklas Pilipinas Sociaty akan membawa kamu mulai dari Fort Santiago dan Casa Manila hingga Museum Nasional Antropologi, serta mengetahui sejarah kota dari sudut pandang arkeolog. Yups, kamu akan dipandu langsung oleh arkeolog. Seru, kan?

Hari ke 3: Komplek Pemakaman Tionghoa Manila dan Escolta

Stasiun LRT 1’s R Papa merupakan pintu keluar kamu menuju ke dua pemandangan paling istimewa di Manila. Pemberhentian pertama kamu adalah komplek pemakaman Tionghoa Manila, yang didalamnya banyak terdapat makam yang cantik dan nisan berukir yang rupawan, menggambarkan cerita kehidupan yang sudah dilalui! Kamu bisa menuju ke jalan bersejarah di Escolta setelahnya untuk menikmati minuman dan sajian makanan enak. Selain itu, berbelanja barang vintage dan unik di Firts United Building juga menarik untuk dilakukan.

Tips Wisata: Coba mengikuti tur dengan “Old Manila Walks”. Mereka menawarkan tur kuliner di sekitar wilayah Chinatown, Binondo, dan memiliki tur menarik di dalam Pemakaman Tionghoa.

Hari ke 4: Binondo

Merupakan wilayah pecinan di Manila yang terkenal karena dua hal, makanan dan tempat belanja yang menarik. Cara terbaik untuk bisa mendapatkan pengalaman maksimal di daerah ini adalah dengan tur kuliner. Agar lebih sangkil dan mangkus, kamu bisa menuju ke 168 dan 999 mall dan asah kemampuan menawar kamu!

Tips wisata: Gunakan pakaian yang nyaman di area ini. Soalnya, yang bakal kamu hadapi adalah cuaca yang panas, atau mungkin hujan, dan kerumunan orang yang padat.

Hari ke 5-6: Bepergian dari Manila

Sudah waktunya meninggalkan kota dan menjelajah di luar Manila. Secara teknis, lokasi ini masih bagian dari Metro, tapi seperti inilah warga Manila ‘meninggalkan’ atmosfer perkotaan.

Untuk trekking gunung berapi dan tinggal semalam di kota penuh warisan sejarah, kamu bisa menuju ke Taal di Batangas. Tur bersejarah menunggumu di Corregidor. Lanskap yang luar biasa dan lintasan trekking yang keren akan menyambut kamu di Masungi Geo Reserve di Baras, Rizal. Lintasan gunung lain yang bisa kamu coba adalah di Gunung Pinatubo. Untuk wisata pantai dan diving, kamu bisa mengunjungi Anilao atau Laiya di Batangas.

Tips Penerbangan yang Menyenangkan: Dengan CEB Prepaid Baggage, traveler bergaya hemat bisa membayar hanya apa yang mereka butuhkan. Atur penerbangan kamu dan pilih bagasi tambahan sebagai salah satu add-ons kamu. Dalam hal ini, gunakan tempat penyimpanan yang aman untuk membawa peralatan gunung yang mungkin kamu bawa untuk menjelajah sejumlah gunung di Manila.

Hari ke 7: Distrik Pusat Bisnis Makati dan Bonifacio Global City

Kembali ke kota dalam kondisi bugar dan siap untuk melihat distrik bisnis dan hiburan di Metro Manila! Pusat utama bisnis di Makati dan Bonificio Global City (BGC) di Taguig. Kedua wilayah ini akan membolehkan kamu singgah dari satu mall ke mall lain untuk memenuhi dahaga belanja kamu.

3.  Itinerary Palawan

Small Lagoon, El Nido, Palawan | Image credit: Fabio Achilli

Ahhh, surga tropis itu adalah Palawan. Provinsi ini dikenal luar biasa dari puncaknya ke laut. Tetapi tidak banyak orang yang tahu ada banyak tempat yang bisa dijelajahi di kota. Inilah cara terbaik untuk menjelajahi Palawan dengan segalah keindahannya.

Tips Penerbangan yang Menyenangkan: Kami menggunakan Cebu Pacific’s Seat Selector untuk penerbangan terakhir kami, dan itu sangat nyaman. Kamu mungkin ingin memilih kursimu terlebih dahulu untuk memastikan kamu mendapatkan tempat duduk di dekat jendela. Dengan begitu, kamu akan disuguhi pemandangan langit yang lebih baik dari pulau-pulau terkenal di dunia Palawan! Topografi Filipina adalah salah satu fitur yang paling menarik dan kamu dapat sepenuhnya menikmati pemandangan yang akan menyambutmu jika kamu duduk di dekat jendela. Itu salah satu cara untuk memanfaatkan penerbangan kamu; mulai perjalanan kamu di langitnya langsung!

Hari ke 1-4: Coron atau El Nido

Ada dua surga di Palawan yang membuat rahang jatuh tanpa gagal, dan kamu dapat memilih untuk tinggal di salah satu dari keduanya selama empat hari pertamamu di provinsi ini. Silahkan nikmati tanah-dan-lautan yang lembut dari Coron atau liburan di pulau di El Nido.

Tips Penerbangan yang Menyenangkan: Menuju El Nido tidak pernah semudah ini – jika kamu terbang dengan Cebu Pacific. Jika kamu memanfaatkan layanan Transfer CEB, mereka akan mengurus perjalananmu ke El Nido dari Puerto Princesa. Yang harus kamu lakukan adalah memesan penerbangan itu dan Cebu Pacific akan melakukan sisanya.

Hari ke 5-7: Puerto Princesa

Kami tahu kami mengatakan ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan di kota, tetapi percayalah kepada kami, tiga hari sudah cukup waktu untuk melakukan hal itu. Berikut adalah panduan tiga hari di Puerto Princesa untuk perencanaan yang mudah.

DAPATKAN PENERBANGAN TERJANGKAU KE PALAWAN DI SINI.

4.  Itinerary Siargao

Surfing in Siargao | Image credit: HopeHill

Di antara surga peselancar di Filipina, Siargao mungkin tempat terpanas musim ini. Apa yang akan kamu lihat di bagian Surigao del Norte ini? Laut, tentu saja – dan banyak lagi!

Tips Penerbangan yang Menyenangkan: Tahukah kamu bahwa Cebu Pacific bisa membantu mengurus barang-barang khusus seperti peralatan olahraga dan papan selancar? Kami baru tahu selama penerbangan terakhir kami! Cukup klik pada CEB Surfboard untuk mengetahui bagaimana kamu dapat membawa papanmu sendiri ke Siargao dengan tarif paling terjangkau!

Hari Pertama: Pantai

Tidak ada pantai tertentu … di mana pun kamu tinggal. Jika kamu membawa papan selancar kamu, hari pertama harus didedikasikan untuk menetap di mana pun kamu tinggal dan hanya bersantai di tepi pantai. Dan bagian terbaik tentang Siargao adalah sebuah pulau yang dikelilingi oleh warna biru dan hijau laut yang memukau.

Hari ke 2-6: Tempat-tempat populer Siargao, untuk peselancar dan non-peselancar

Itu benar, Siargao membuat pengalaman peselancar yang tak terlupakan, tetapi itu tidak berarti semua yang bisa kamu lakukan di pulau itu hanya adalah berselancar. Bahkan, ada gua, kolam karang, dan pulau tetangga yang terbuka untuk pengunjung sepanjang tahun. Inilah cara kamu bisa mendapatkan sebagian besar surga ini dalam lima hari.

Hari ke 7: Cloud 9

Cloud 9 adalah tempat berselancar populer dimana ombak benar-benar memuaskan. Satu hari saja seharusnya cukup jika kamu hanya seorang pemula yang ingin menguasai dasar-dasarnya. Tapi bagi peselancar yang lebih serius yang ingin menangkap satu demi satu gelombang mungkin memiliki keinginan untuk kembali.

Tip Tur: Jika kamu memiliki dana ekstra dan waktu luang, kami sangat merekomendasikan perjalanan sampingan ke Surigao del Sur. Klik di sini untuk tahu mengapa kamu harus mengambil peluang saat kamu sudah begitu dekat!

5.  Itinerary Boracay

White Beach, Boracay | Image credit: Rabby Calicdan

Boracay mungkin adalah tempat wisata yang paling kontroversial di tahun 2018 di Filipina karena pernah ditutup selama enam bulan untuk memulihkan rehabilitasinya. Berharap, para pengunjung sekarang akan lebih memperhatikan apa yang mereka lakukan di pulau itu, yang dikenal dengan pantai pasir putih yang bersih.

Tips Penerbangan yang Menyenangkan: Cebu Pacific mengakui bahwa pariwisata dapat mengambil korban kepada destinasinya, terutama ketika berjalanannya tidak terkendali. Untuk bertahan melawan praktik pariwisata yang tidak berkelanjutan dan memerangi kerusakan lingkungan lebih lanjut, Cebu Pacific mengundang para petualang dari seluruh dunia untuk bergabung dengan gerakan pro lingkungan mereka yang disebut The Juan Effect. Buatlah janji sebelum kamu terbang; bawalah botol air dan tas yang ramah lingkungan milik kamu sendiri, atau berjanji untuk membuang sampah kamu ke tempat sampah yang ditunjuk. Berkontribusi pada perubahan besar hari ini, dan ingat untuk menjadi lebih sadar lingkungan saat Anda bepergian!

Hari ke 1-4: Stasiun Satu, Dua, dan Tiga

Kamu memiliki tujuh hari di Boracay, jadi mengapa tidak coba bergam hotelnya? Dengan melakukan ini, kamu akan merasakan semua situsnya dan memutuskan mana yang paling kamu sukai. Dengan begitu, kamu akan tahu di mana kamu akan menginap saat berkunjungan  berikutnya!

Hari ke 5: Ariel’s Point

Perjalanan sehari ke Ariel’s Point sangat berharga jika kamu perlu istirahat dari rasa bermalas-malasan dan menggali jari-jari kaki di pasir putih Boracay. Di sini, kamu dapat terlibat dalam segala macam kegiatan rekreasi yang membuat jantung berdebar seperti menyelam tebing, kayak, dan paddleboarding!

Hari ke 6: Puka Beach, Magic Island, dan Crystal Cove

Kebanyakan orang hanya menikmati satu pantai ketika mereka mengunjungi Boracay karena itu sangat indah sehingga para tamu tidak ingin ke wisata lainnya! Tetapi harus kamu tahu bahwa kamu juga bisa pergi ke pulau untuk merasakan pengalaman lainnya dari lokasi-lokasi terdekat lainnya seperti Puka Beach, Magic Island, dan Crystal Cove.

Hari ke 7: Pasar dan kios belanja

Dari island-hopping ke island-shopping terasa cepat! Kami yakin kamu telah melihat tempat belanja Boracay sekarang. Kamu punya waktu enam hari untuk melihatnya sekilas. Tetapi dedikasikan hari ini untuk benar-benar melewati semua kios belanja dan pasar untuk penawaran terbaik. Sekarang adalah waktu untuk berbelanja semua cinderamata yang akan kamu bawa pulang ke teman-teman dan orang-orang terkasih. Apakah ada yang menambah jatah bagasi?

Tip tur: Liburan lebih lama? Bayangkan petualangan yang tak terhitung jumlahnya yang akan kamu miliki jika kamu dapat melakukan lebih dari satu jadwal dari daftar ini. Lakukan pemesanan multi-kota dengan Cebu Pacific dan double (atau bahkan triple!) keseruannya!

Akhirnya, kamu sudah siap untuk liburan istimewah kamu di Filipina! Tetapi sebelum kamu menyelesaikan rencana perjalananmu, kami akan memberitahumu sebuah rahasia: Ceri di atas liburan tropis impian kamu adalah orang-orangnya. Warga Filipina akan menyambutmu di setiap provinsi dan metropolis dengan kehangatan dan keramahan yang tak tertandingi. Kami menjanjikan petualangan yang menyenangkan, tetapi kami juga akan membuat kamu merasa seperti di rumah sendiri.

Jadi apa yang kamu tunggu? Pesan penerbangan mu dengan semua add-ons nya dan #FlyToMoreFun di Filipina!

PERIKSA TIKET PESAWAT MURAH KE FILIPINA DI SINI!

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs web resmi Cebu Pacific, Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube.


Dipersembahkan oleh Cebu Pacific Air.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru