12 Destinasi Wisata Bali Utara Yang Menenangkan Dan Cozy Abis

Siapa sih yang tidak ingin bisa liburan ke Bali? Kamu pasti salah satunya, kan? Ingin jalan-jalan di kawasan Kuta, Legian dan Seminyak? Mengunjungi Pantai Pandawa, Kuta, Sanur hingga GWK? Hampir semua pasti sudah ke sana. Tapi pernahkah kamu menikmati destinasi wisata di Bali Utara?

Popularitas wisata di Bali Utara memang tidak setinggi Bali Selatan atau bahkan Bali Barat. Padahal destinasi wisata yang ada di Bali Utara tidak kalah indah dengan yang ada di kawasan Bali lainnya. Jika penasaran mengunjungi kawasan wisata di Bali Utara, destinasi di bawah ini bisa menjadi pertimbangan untuk kunjungan kamu. Lihat daftarnya di sini, ya!

1. Destinasi wisata Bali Utara bagi pecinta misteri – P.I. Bedugul (ada)

Image credit: @goandme

Hotel ini sempat disebut sebagai Ghost Palace, setelah travel writer Jacob Laukaitis mengviralkan hotel tidak berpenghuni dan terbengkalai tersebut di akun Youtubenya. Nuansa mistis dan horornya dapet banget, deh!

Image credit: @love_chamomiles

Bayangkan, melihat bangunan super besar namun tidak berpenghuni, suram dan kotor, serta terlihat gelap saat malam, kesan pertama yang muncul pasti tidak jauh-jauh dari hal yang menyeramkan. Untuk menambah kengerian, konon kabarnya, hotel ini memang berhantu dan tidak sepenuhnya ‘tidak berpenghuni’. Hiii!

Lokasi: Batunya, Baturiti, Batunya, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
Harga tiket: Gratis

2. Spot selfie luar biasa – Puncak Wanagiri

wisata bali utara
Image credit: Helman Sukmana (kiri), Tathiane Oliviera (kanan)

Oke, lokasi wisata di Bali Utara ini pas bagi yang doyan mengoleksi foto di akun Instagram. Soalnya, banyak spot berfoto keren tersedia di Puncak Wanagiri. Dari sini, kamu bisa melihat Danau Buyan dan Danau Tamblingan dari ketinggian. Tidak hanya itu saja, spot melihat dua danau tersebut juga kece abis, dan dengan latar yang keren, hasil foto kamu dijamin Instagrammable.

Lokasi: Jl. Raya Wanagiri, Pancasari, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali
Harga tiket: 10,000 IDR untuk wisatawan domestik, 30,000 IDR untuk wisatawan internasional

3. Bersantai di kolam renang alami di tepi Pantai Lovina – Kolam Alami Air Sanih

wisata bali utara
Image credit: Kd Endin Wahyudi Pratama

Jika berkunjung ke Pantai Lovina, sempatkan sejenak bermain air di Air Sanih, kolam renang alami yang berada tepat di tepi Pantai Lovina. Karena mata air dari kolam ini merupakan mata air alami, dijamin berenang di dalamnya akan memberikan nuansa kesegaran tersendiri. Apalagi dengan pemandangan laut yang memesona dan suasana yang teduh, sulit untuk cepat-cepat meninggalkan tempat ini.

Lokasi: Jalan Raya Air Sanih, Desa Sanih, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali
Harga tiket: 5,000 IDR untuk anak-anak, 10,000 IDR untuk dewasa

4. Danau dengan nuansa alam yang menakjubkan – Danau Tamblingan

Satu lagi danau di Bali yang juga terkenal di kalangan wisatawan karena keindahannya, yaitu Danau Tamblingan. Berada di daerah Buleleng, danau ini kerap dijadikan spot foto pre-wedding oleh sejumlah pengantin baru.

wisata bali utara
Image credit: @tripbaliisland

Nuansa danau, pura dan alam pegunungan yang sejuk menjadi alasan utama mengapa Danau Tamblingan layak masuk sebagai salah satu danau terindah di Indonesia.

Lokasi: Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali

5. Tetangga Danau Tamblingan yang tidak kalah eksotik – Danau Buyan

Danau Tamblingan memang lebih populer, namun bila bicara keindahan, Danau Buyan juga menawarkan pesona yang tidak kalah cantiknya. Kebetulan juga dua danau ini berada di kawasan yang sama, dan juga bisa dinikmati di titik yang sama. Camping di Danau Buyan bisa menjadi aktivitas wisata yang asyik untuk dilakukan.

Lokasi: Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

6. Danau dan pura ikonik di Bali – Pura Ulun Danu Bratan

Danau Bratan menjadi salah satu destinasi wisata ikonik di Bali. Danau terindah di Indonesia yang berada di kawasan Bedugul dengan Pura Ulun Danu sebagai landmark ini memang menunjukkan keindahan yang mengesankan, terutama menjelang matahari terbenam.

Image credit: @hidwii

Karena keindahannya yang luar biasa, pemandangan Pura Ulun Danu dan Danau Bratan dipilih menjadi salah satu gambar yang ada di uang pecahan 50,000 IDR lho. Wow!

Lokasi: Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

7. Bermain di pucuk pohon – Bali Treetop Adventure Park

Image credit: @balitreetop

Satu lagi spot asyik buat kamu dan si kecil bercanda dengan alam, yaitu dengan bergantungan di antara pepohonan. Bali Treetop Adventure menawarkan pengalaman tidak biasa itu untuk memenuhi mimpi masa kecil kamu dan si kecil.

wisata bali utara
Image credit: @balitreetop (kiri) dan @laurajasminex

Banyak wahana menarik yang bisa kamu nikmati dan semuanya dijamin dengan standar keamanan berkualitas tinggi. Tidak perlu takut jatuh, atau tali atau kabelnya putus, semua aman! Kamu tinggal datang dan bersenang-senang dengan meniti kabel atau bergelantungan layaknya Tarzan, atau mungkin Mowgli.

Lokasi: Candikuning, Baturiti, Tabanan Regency, Bali
Jam buka: Setiap hari, 09.30 hingga 18.00 WITA
Harga tiket: Mulai dari 22 USD (~ 302,500 IDR) untuk dewasa dan 14 USD (~ 192,500 IDR) untuk anak-anak di bawah 12 tahun dengan sistem booking online melalui situs
Website: www.balitreetop.com

8. Bermain bersama lumba-lumba – Pantai Lovina

tempat melihat lumba-lumba,hiu,dan paus
Image credit: @rangga_saputra16

Pantai yang berada di sisi utara Pulau Bali ini memang tidak memiliki pasir yang putih. Namun jangan salah, Pantai Lovina tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lain yang ada di Bali. Apalagi dengan keberadaan lumba-lumba lucu yang ada di sana.

tempat melihat lumba-lumba,hiu,dan paus
Image credit: @pinkgorilaz

Untuk bisa melihat kawanan lumba-lumba yang berloncatan di alam bebas, kamu bisa naik perahu nelayan yang biasa mengangkut para wisatawan. Datanglah pada pagi hari saat matahari mulai terbit sebab pada siang hari lumba-lumba lebih memilih untuk berenang di area laut yang lebih dalam.

9. Meditasi di Bali – Brahmavihara-Arama

wisata bali utara
Image credit: @violettabaid (kiri), @soniahandayani (kanan)

Tempat beribadah umat Budha di Bali Utara ini menjadi salah satu kawasan wisata tersendiri. Bukan hanya karena menjadi vihara terbesar di Bali, Brahmavihara-Arama juga menjadi lokasi yang tepat untuk bermeditasi. Lokasinya yang tenang dan asri menjadikan tempat ini menjadi tempat yang tepat untuk melatih dan menempa diri untuk berperilaku luhur dan mulia.

Lokasi: Desa Banjar Tegeha, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali
Harga tiket: Gratis

10. Menikmati kesegaran air hangat – Pemandian Air Panas Banjar

wisata bali utara
Image credit: Ardokaljuvee

Kapan terakhir kali kamu mandi di pemandian air panas? Jika hal tersebut sudah lama kamu lakukan, tidak ada salahnya berkunjung ke Pemandian Air Panas Banjar dan menikmati setiap momen mandi air hangat alami. Tidak sedikit wisatawan yang menikmati momen ini, jadi kamu juga bisa berinteraksi dengan mereka.

Lokasi: Jalan Banjar, Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali
Harga tiket: 20,000 IDR untuk dewasa, 10,000 IDR untuk anak-anak

11. Menikmati air terjun kembar yang memesona – Air Terjun Sekumpul

Image credit: @around_the_pale_blue_dot

Dibutuhkan sedikit usaha dan waktu lebih untuk bisa sampai ke air terjun Sekumpul yang terletak di utara Bali ini. Namun, sesampainya di lokasi, kamu akan dibuat kagum dengan pesona alam yang hijau serta air terjun kembar yang berdekatan satu sama lain!

wisata bali utara
Image credit: @sutarahady

Dengan tinggi sekitar 80 meter, kamu bisa mendengar gemuruh air sejak tiba di tempat parkir. Untuk dapat mencapai air terjun Sekumpul, kamu harus berjalan kaki selama setengah jam melalui hutan bambu yang rimbun. Rasa lelahmu akan terbayar saat kamu menceburkan diri di kolam berair super jernih. Kamu bisa mencoba mendaki bebatuan untuk mendapatkan foto terbaik.

Lokasi: Sekumpul, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali
Harga tiket: 20,000 IDR

12. Menyatu dengan alam – Air Terjun Aling-Aling

Sekali lagi, tempat wisata di Bali yang tersembunyi dan masih menyimpan sisi natural dan kealamiannya. Air terjun Aling-Aling menawarkan sensasi merasakan atmosfer alami Bali yang menyejukkan.

wisata bali utara
Air terjun Aling-Aling | Image credit: @mdbakta_kardana

Setelah treking beberapa menit, Anda akan mendapati kolam dengan air terjun yang, tinggi, deras dan memiliki debit air cukup besar. Alam di sekitarnya juga menyejukkan, mulai dari pepohonan nan hijau, tebing batu yang terjal hingga aliran udara yang sejuk. Sungguh kalau sedang berada di sini, waktu tidak akan terasa tengah berjalan!

Lokasi: Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali – Indonesia

Baca juga: 12 Aktivitas Wisata Di Kuta Bali Yang Membuat Liburanmu Mengesankan

Destinasi wisata di Bali Utara tidak kalah keren, kan? Jadi, jika ada kesempatan untuk liburan ke Bali, tidak ada ruginya sama sekali untuk menjelajahi kawasan wisata Bali Utara yang memesona ini.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru