15 Destinasi Wisata Bogor Yang Mengesankan Dan Instagrammable

Tahukah kamu, Bogor tidak hanya memiliki Puncak dan Taman Safari saja, lho? Banyak sekali destinasi wisata Bogor yang sangat aduhai dan wajib masuk dalam kunjungan, terutama untuk kamu yang tinggal di Jakarta.

Bayangkan, bisa menjauh dari kemacetan, kemudian singgah di sejumlah tempat wisata di Bogor dan menikmati segarnya udara dan hijaunya pemandangan, sesuatu yang tidak akan bisa kamu dapatkan di ibukota? Dijamin liburan kamu akan mengembalikan mood positif untuk memulai lagi keriuhan di Jakarta.

Yang tertarik mengunjungi ‘Kota Hujan’ ini, menghabiskan waktu untuk menikmati sejumlah destinasi wisata Bogor, beberapa spot di bawah ini bisa menjadi rekomendasi, tidak hanya untuk melepaskan lelah dan mengembalikan mood serta semangat, tapi juga untuk menambah koleksi di akun Instagram kamu. Dijamin Instagrammable, deh! Cekidot, ya!

1. Menyatu dengan alam di Cianten Bakukung

Image credit: @ridwan_taufik

Yang jenuh dengan pengapnya Jakarta, melipir ke Bogor dan mengunjungi Cianten Bakukung bisa menjadi obat yang paling mengesankan. Bagaimana tidak, kamu akan disuguhi udara yang sejuk, pemandangan yang hijau dan nuansa alam yang cozy banget!

Image credit: @rizki.fdh

Lokasi destinasi wisata Bogor ini berada di kaki gunung Halimun. Dari situ saja kamu sudah bisa berekspektasi akan mendapatkan udara sejuk yang menyegarkan di pagi hari. Selain itu, pemandangan kebun teh yang hijau, atau masuk ke hutan pinus yang instagenik bakal memberikan kesan tersendiri.

Image credit: @aauus_

Ingin berselfie, mengapa tidak? Ada juga gardu pandang dengan background pemandangan yang cakep banget untuk memberikan sedikit ‘terapi’ untuk mata kamu dengan melihat ciptaan Tuhan Yang Maha Agung.

Lokasi: Desa Cianten, Purasari, Leuwiliang, Bogor
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

2. Merasakan kealamian di Curug Cikaluwung

Image credit: @kasbiesayagabalfas

Ya, bagi yang mendamba merasakan kealamian alam, Curug Cikaluwung bisa menjadi destinasi wisata Bogor yang dituju. Namun, jangan mengharapkan bisa melihat kucuran air yang maha besar di sini, ya!

Image credit: @dedepradipta

Curug Cikaluwung ‘hanya’ menampilkan cucuran air yang kecil. Namun yang menjadikannya istimewa adalah nuansa alamnya yang keren. Kolam air yang jernih dan berwarna kebiruan, tebing batu menjulang dan hawa sejuk yang menyegarkan, sulit untuk tidak terbuai ketika berada di sini.

Image credit: @mfaizalakbar06

Kamu bisa menikmati sejuknya air di sini, atau sekadar bersantai menghabiskan waktu kamu di sini. Apapun yang kamu lakukan, bersiaplah untuk terpesona oleh tempat ini.

Lokasi: Pamijahan, Bogor
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

3. Awas jatuh cinta di Curug Love

Image credit: @friadep27_

Ada yang menyebut curug ini sebagai Grand Canyon mini di Bogor, tidak sedikit yang menyebutnya identik dengan tempat terkenal lain di muka bumi. Namun, siapapun harus setuju jika curug ini menyajikan pemandangan yang cantik, membuat siapapun akan jatuh cinta.

Image credit: @harisseptianus_

Lokasi curug ini berada di tengah persawahan dan perkebunan milik warga, yang disisinya dikelilingi bukit. Asyiknya lagi, tidak butuh usaha ekstra mencapainya karena lokasinya dekat dengan tempat parkir kendaraan. Bentuk curug ini sendiri cukup unik, berada di antara bebatuan yang terkikis oleh abrasi sungai. Lanskap ‘dinding’ bukit yang keren menambah nilai eksotis destinasi wisata Bogor ini.

Image credit: @aninurafidah

Momen terbaik berada di sini adalah pada pagi hari, antara pukul delapan hingga sepuluh. Pasalnya, kamu bisa mendapati bias sinar matahari yang menyinari dinding bukit, yang menjadikan lokasi ini menjadi jauh lebih Instagenik.

Lokasi: Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

4. Berkemah dan melihat sang pemangsa di Suaka Elang Loji

Yang tertarik untuk tidur di alam terbuka, Suaka Elang Loji bisa jadi jujukan liburan akhir pekan kamu. Tidak hanya bisa menikmati stargazing di malam hari, jika beruntung, kamu juga bisa bertemu dengan pemangsa dari udara, burung elang, di siang hari. Maklum, tempat ini menjadi tempat transit untuk elang yang akan dilepas ke alam terbuka setelah sebelumnya menjalani masa penangkaran.

Image credit: @muhammadfirmanshah

Berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, nuansa hutan pinus jelas sangat terasa. Bahkan, saat masuk ke wilayah wisata ini, kamu sudah disambut dengan jembatan gantung yang Instagenik. Masuk ke hutan pinus, nuansa sejuk langsung menyergap dan kamu juga bisa memasang tenda untuk bermalam. Tapi ingat, jangan sampai membuang sampah sembarangan, ya!

Image credit: @indahknissa

Jika ingin memaksimalkan waktu, kamu bisa melakukan trekking dan mengunjungi Curug Cibadak, yang letaknya tidak jauh dari lokasi ngecamp. Tertarik berkunjung?

Lokasi: Taman Nasional gunung Halimun Salak, di kampung Loji, Kecamatan Cigombong, Bogor
Harga tiket: 20,000 IDR per orang

5. Menikmati malam di Bukit Alesano

Sempat ditutup karena konflik antarwarga, Bukit Alesano kembali hadir dengan menawarkan panorama keindahan yang tiada tara di malam hari.

Image credit: @riougen

Daya tarik utama destinasi wisata Bogor yang ini adalah city view di waktu malam yang kece abis. Bayangkan, dengan langit bertabur bintang di waktu malam, kota Bogor seakan ingin menyaingi dengan lampu kota yang mereka miliki. Ditambah nuansa udara yang sejuk, sulit untuk segera meninggalkan tempat ini.

Image credit: @jem_j.s

Namun bukan hanya waktu malam saja Bukit Alesano menampilkan panorama yang aduhai. Yang rela untuk bermalam di sini juga akan menyaksikan sunrise yang keren di pagi hari, dengan Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango ikut menemani. Dijamin bakal meleleh, deh!

Lokasi: Desa Cipelang, Cijeruk, Bogor
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

6. Berendam di kolam hijau alami ala Leuwi Lieuk

Image credit: @abie_bette

Leuwi Hejo memang cukup ngehits, tapi Leuwi Lieuk kini juga berhasil mencuri perhatian. Kolam hijau alami dengan air yang menyegarkan dan dinding tebing yang menjulang menjadikan destinasi wisata Bogor ini harus masuk dalam itinerary kamu.

Image credit: @ramabraders

Sebagaimana kolam air di Bogor, Leuwi Lieuk menyajikan air yang dingin menyegarkan dan asyik untuk dijadikan lokasi berenang. Airnya yang jernih, diapit dua tebing batu yang tinggi, menjadikan lokasi wisata ini begitu eksotis.

Image credit: @harnessu

Yang ingin menambah koleksi foto di akun media sosial juga bisa menjadikan Leuwi Lieuk sebagai background. Ingin aktivitas lebih ekstrim, mengapa tidak melakukan cliff jumping? Cedera tidak ditanggung, ya!

Lokasi: Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Cibadak, Sukamakmur, Bogor
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

7. Bukit Kapur Ciampea yang menawan hati

Image credit: @indrasutantoo

Salah satu spot yang asyik untuk dijadikan latar berfoto adalah Bukit Kapur Ciampea. Tapi, bukan itu saja yang menjadi daya tarik destinasi wisata Bogor ini.

Image credit: @lili_gelasia

Secara lanskap, bukit kapur Ciampea memang cukup artistik. Berada di puncaknya, kamu bisa melemparkan pandangan ke segala penjuru arah untuk menikmati kota Bogor dari ketinggian. City light Bogor di malam hari menjadi daya tarik yang mengesankan.

Image credit: @ipangcipung

Yang lebih keren lagi adalah jika kamu mau bermalam untuk menikmati sunrise dari tempat ini. Dijamin bakal membuat kamu bersyukur karena sudah mendapatkan kesempatan menyaksikan keindahan tiada tara ini.

Lokasi: Jalan Raya Cikampek, Bojong Rangkas, Ciampea, Ciaruteun Ilir, Kec. Cibungbulang, Bogor
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

8. Bekas tambang yang Instagenik di Danau Quarry Jayamix

Image credit: @inu_nature_safety

Yups, danau ini merupakan bekas lokasi penambangan pasir. Meski begitu, kamu bakal tetap bisa menyaksikan keindahan alam khas daerah wisata.

Image credit: @indahknissa

View danau menjadi daya tarik utama. Meski tidak begitu luas, danau ini memiliki keunikan tersendiri dalam hal lanskap. Ada perbukitan yang terbentuk dari bekas penggalian, yang menghasilkan pemandangan yang tidak biasa bagi penikmatnya.

Image credit: @_fahmiiazizz

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini? Tidak banyak. Tidak direkomendasikan buat siapapun melakukan aktivitas di danau, baik itu berenang maupun sekadar bersampan. Tapi jika kamu tertarik menambah koleksi foto yang Instagenik, danau ini menjadi background yang tepat untuk menambah follower dan like.

Lokasi: Tegalega, Cigudeg, Bogor
Harga tiket: 2,000 IDR per orang

9. Menikmati eksotisme Gunung Kapur Klapanunggal

Apa asyiknya berkunjung ke gunung kapur? Well, jika kamu melipir ke Gunung Kapur Klapanunggal, ada keseruan yang bakal membuat betah dan berlama-lama di sini.

Image credit: @tiararamadhnti

Bagi yang ingin mengambil foto prewedding yang keren, gunung kapur ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk didatangi. Latar gunung kapur cukup eksotik, termasuk lanskap dan perpaduan warna yang menarik.

Image credit: @tafakuralam

Namun yang paling menyita perhatian adalah keberadaan gua cantik yang terbentuk secara misterius di tempat ini. Bagi penikmat fotografi, gua ini menjadi bidikan yang menantang untuk bisa diabadikan.

Lokasi: Klapanunggal, Cileungsi, Bogor
Harga tiket: Gratis

10. Menyambangi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Well, buat kamu yang ingin liburan dengan atmosfer yang menantang, menjelajahi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bisa menjadi opsi menarik untuk dipilih. Tapi, siapkan waktu dan tenaga sedikit lebih banyak dari sekadar liburan yang biasa-biasa saja, ya!

Image credit: @feraldykrnwn_

Secara administratif, TNGGP berada di tiga wilayah kabupaten, yaitu Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat. Memiliki dua puncak, yaitu puncak Gede dan Pangrango, keduanya dihubungkan wilayah yang dinamai Kandang Badak. Dengan luas mencapai 24,270,80 hektar, banyak hal dan aktivitas yang bisa dilakukan di sini.

Image credit: @dilazzahra

Trekking adalah salah satu kegiatan yang pastinya bisa dilakukan. Menyambangi empat kawah di puncak Gede menjadi kegiatan yang menantang, terutama bagi pecinta alam. Yang ingin mengagumi keindahan dan melihat savana bisa mengunjungi Alun-alun Suryakancana di ketinggian 2,750 mdpl. Terlepas dari itu, semua destinasi di TNGGP cukup fotogenik, lho!

Lokasi: Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat
Harga tiket: 13,500 IDR

11. Menguak misteri dan keindahan Gunung Salak

Yang suka misteri bisa datang ke Gunung Salak. Banyak cerita mistis dan tidak biasa yang bakal kamu dapatkan. Namun terlepas dari itu, Gunung Salak sangat menantang untuk dijelajahi.

Image credit: @muhammadsidik99

Dengan ketinggian 2,211 mdpl, gunung yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Bogor ini memiliki permukaan yang tertutup hutan lebat. Kontur gunung juga sulit untuk dilihat, yang membuat gunung Salak memiliki tingkat kesulitan tinggi untuk dijelajahi. Meski begitu, Gunung Salak bukannya tidak memiliki jalur pendakian. Setidaknya ada empat rute pendakian yang bisa dipilih, antara lain Curugnangka, Cimelati, Cidahu atau dari Kawah Ratu.

Image credit: @tafakuralam

Yang ingin menikmati sunrise bisa menuju ke puncak Salak 1 atau Salak 2. Sepanjang perjalanan, kamu juga akan menemukan sejumlah air terjun yang bisa kamu kunjungi. Seru, lho!

Lokasi: Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Harga tiket: 25,000 IDR per orang

12. Spot wisata ngehits di Panorama Pabangbon & Bukit Bintang

Image credit: @riougen

Yang suka selfie dan wefie bersama sahabat atau saudara, Panorama Pabangbon menjadi destinasi wisata Bogor yang tepat untuk dikunjungi. Hasrat narsis kamu dijamin bakal terpenuhi!

Image credit: @dhaniswara_ramdhan

Setidaknya ada belasan spot berfoto ngehits yang bisa kamu pilih, atau datangi semua untuk mendapatkan kesan maksimal, dari hammocking, rumah pohon segi enam, flying fox hingga sepeda gantung dan ayunan ekstrim.

Image credit: @nhadi1234

Spot wisata yang asri karena mengandalkan panorama alam yang natural menambah keseruan berwisata di tempat ini. Suasana yang sejuk dan pemandangan yang keren bakal membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Lokasi: Pabangbon, Leuwiliang, Bogor
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

13. Selfie asyik di Puncak Mustika Manik

Satu lagi spot wisata asyik untuk menikmati alam sekaligus untuk berselfie dan wefie, yaitu Puncak Mustika Manik. Banyak tempat berfoto keren dan tidak biasa untuk dipilih lho.

Image credit: @nrhalizah

Mengandalkan keindahan alam Bogor yang hijau dan subur, pemandangan yang aduhai itu pun menjadi daya tarik utama yang disajikan di destinasi wisata Bogor ini. Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, view barisan perbukitan yang hijau akan menyihir mata.

Image credit: @yudhieyudhiestira

Bonus lainnya, ada banyak spot berfoto yang asyik dan keren. Dari gardu pandang, ayunan ekstrim hingga serabut akar dan sarang burung menjadi spot yang asyik untuk dipilih sebagai lokasi berfoto kamu. Apalagi backgroundnya mengambil lanskap kota Bogor yang keren itu!

Lokasi: Gunung Sari, Pamijahan, Bogor
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

14. Menikmati pesona lain Curug Ciherang dan rumah pohonnya

Harus diakui, Curug Ciherang menjadi salah satu destinasi wisata Bogor yang wajib dikunjungi. Apalagi jika kamu mendamba bisa melihat nuansa natural di alam terbuka.

Image credit: @regihasdy_

Curug Ciherang sendiri memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air deras di musim penghujan. Lokasinya cukup tersembunyi dan natural. Kamu bisa berendam dan berenang, menikmati segarnya air yang mengalir dari pegunungan.

Image credit: @yudhieyudhiestira

Hal lain yang juga menarik untuk dinikmati adalah rumah pohon dan jembatan gantung dengan sentuhan yang artistik. Harus diakui, rumah pohon ini menghadirkan sesuatu yang berbeda dan membawa daya tarik tersendiri untuk mengunjungi destinasi wisata ini.

Lokasi: Wargajaya, Sukamakmur, Bogor
Harga tiket: 10,000 IDR untuk rumah pohon, 35,000 IDR untuk Curug Ciherang

15. Spot wisata keren di Ranggon Hills

Image credit: @darwin_colony24

Yang ingin hunting spot foto keren di Bogor, Ranggon Hills wajib masuk dalam rekomendasi. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, ada banyak tempat berfoto yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja.

Image credit: @desi.wb

Dari balon udara hingga sepeda gantung menjadi beberapa spot berfoto yang ditawarkan di Ranggon Hills. Yang menarik adalah latar yang ditawarkan, yaitu pemandangan hutan dan perbukitan yang hijau.

Image credit: @fausstine

Sejumlah gardu pandang juga cukup menarik untuk dijadikan spot berfoto, sekaligus menikmati pesona keindahan alam Bogor. Kamu tertarik berkunjung ke sini?

Image credit: @aldybaihaqi

Lokasi: Gunung Picung, Pamijahan, Bogor
Harga tiket: 25,000 IDR (15,000 IDR untuk masuk ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak, 10,000 IDR untuk masuk ke Ranggon Hills)

Baca juga: 10 Makanan Khas Bogor Dan Tempat Terbaik Menikmatinya

Karena lokasinya yang cukup dekat dengan Jakarta, apakah kamu tertarik menghabiskan liburan akhir pekan di destinasi wisata Bogor di atas?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru