15 Destinasi Wisata Di Batam Yang Keren Dan Wajib Dikunjungi

Batam lebih dikenal sebagai salah satu pintu masuk menuju ke Singapura. Padahal kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau itu layak dikenal lebih dari sekadar pintu masuk dan keluar Indonesia.

Faktanya, tidak sedikit destinasi wisata di Batam yang tidak kalah menarik dari yang ada di Bali dan Lombok. Bahkan, sebagai salah satu kota dengan sejumlah pulau tersebar di wilayahnya, Batam juga bisa disebut sebagai destinasi wisata tropis yang eksotis.

Mulai dari pantai yang menarik, pulau yang unik hingga air terjun yang tersembunyi, inilah alasan mengapa Batam layak menjadi destinasi wisata kamu di sesi liburan berikutnya.

1. Pulau tropis yang eksotik Pulau Ranoh

Image credit: @diansintyafz

Memiliki puluhan pulau yang tersebar, Pulau Ranoh menjadi destinasi wisata di Batam yang wajib kamu kunjungi. Nuansa ala tropis yang istimewa menjadi alasan utama untuk menikmati suasana di Pulau Ranoh ini.

Image credit: @ranohisland

Pasir pantai yang bersih, air laut yang jernih dan terumbu karang dengan aneka bentuk yang unik serta bermacam ikan hias yang berwarna-warni mempercantik Pulau Ranoh. Rugi jika tidak menyambangi pulau ini, lho!

Lokasi: Pulau Abang, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau

2. Mengintip Singapura dari pantai yang indah Pantai Tanjung Pinggir

Image credit: @suhar.tono95

Tidak hanya Pantai Nongsa, Pantai Tanjung Pinggir juga menjadi destinasi wisata di Batam yang asyik untuk dijujuki. Selain menawarkan pantai yang indah, bersih dan berpasir putih, kamu juga bisa mengintip kemegahan Singapura dari kejauhan.

Image credit: @elgaetanasyasiregar

Airnya yang jernih dan ombak yang tenang seakan mengajak pengunjungnya untuk bermain di dalamnya. Banyak juga spot berfoto dengan nuansa alami, yang berarti kamu bisa menambah koleksi foto Instagram, termasuk Rumah Hobbit yang unik. Asyik!

Lokasi: Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

3. Taman bermain yang mengesankan Ocarina Batam Theme Park

Image credit: @rahmatzainurfujianto

Ingin bersenang-senang di taman bermain yang menyenangkan, Ocarina Batam Theme Park bisa jadi destinasi wisata Batam paling asyik untuk dituju. Bukan hanya banyak memiliki wahana bermain yang mengesankan, atmosfer dan nuansanya juga membuat betah pengunjungnya.

Taman seluas 40 hektar ini memiliki belasan wahana bermain, termasuk di antaranya water park, kiddy land, giant wheel hingga trampolin. Kamu juga bisa selfie sesuka hati di sejumlah lokasi swafoto menarik di sana. Asyik banget, lho!

Lokasi: Sadai, Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: 10,000 IDR untuk dewasa dan 5,000 IDR untuk anak-anak

4. Menikmati asrinya pantai nan bersih Pulau Mubut

Image credit: @ritonga.latif

Salah satu pulau tidak berpenghuni di Batam adalah Pulau Mubut, atau tepatnya Pulau Mubut Darat. Itu berarti, kamu dapat mendapati nuansa asri pulau tropis yang alami saat mengunjungi pulau ini.

Image credit: @withndrawan

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini, tapi jangan membuang sampah sembarangan, ya! Selain merusak keindahan dan kealamian pulau itu sendiri, nyampah di sembarang tempat menjadikanmu traveller kelas rendah. Bersantai, menikmati sunset dan bermain air dan pasir putih adalah cara paling baik menikmati alam di Pulau Mubut.

Lokasi: Sembulang, Galang, Batam, Kepulauan Riau

5. Bergelantungan seru di pepohonan Batam Forest Top

Image credit: @batamforesttop

Memanjat pohon, bergelayutan, merayap dan berpindah dari satu pohon ke pohon lain merupakan kegiatan yang seru dan menantang. Di Forest Top, kamu bisa melakukan semua itu bak Tarzan. Auooo!

Image credit: @suryati_fajrida

Setidaknya ada 15 permainan bagi kamu yang suka bergelantungan. Dari Tarzan Swing, Post Man, Tandem Rope hingga Flying Fox. Malahan ada rute petualangan seru yang bisa kamu jelajahi dan menikmati semua wahana secara berurutan. Tertarik mencoba?

Lokasi: Bukit Harimau, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: Mulai dari 20,000 IDR per orang

6. Menikmati alam bawah laut yang luar biasa Pulau Abang

Image credit: @aidahafizahamzah

Pulau kecil dengan populasi 1,500an orang ini cukup menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya menawarkan keindahan alam yang istimewa, panorama bawah lautnya juga tidak bisa diabaikan begitu saja.

Image credit: @ginnothe

Mulai dari gugusan karang yang cantik, bahkan jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan clown fish, atau yang lebih akrab dipanggil ikan Nemo, yang menjadi pemandangan wajib saat snorkeling di sekitar Pulau Abang.

Lokasi: Kecamatan Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: Paket tour mulai dari 350,000 IDR per orang, termasuk penyewaan kapal, makan siang, snack dan fasilitas snorkeling.

7. Pantai ngehits di Batam Pantai Elyora

Image credit: @nuansayusuf7766

Mungkin pantai ini tidak setenar Pantai Tanjung Pinggir maupun Pantai Nongsa, namun keindahan yang ditawarkan Pantai Elyora tidak bisa dibandingkan dengan yang lainnya. Salah satu spotnya bahkan menjadi sangat ikonik karena menghadirkan pemandangan yang Instagrammable.

Lokasi: Galang Baru, Galang, Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: Gratis

8. Destinasi wisata baru di Batam Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Lokasinya cukup tersembunyi, tapi dari tempat ini kamu bisa menyaksikan keindahan Batam dari sisi yang berbeda, terutama dari ketinggian. Kamu bakal melihat banyak pepohonan di sekeliling, yang menghadirkan atmosfer sejuk bagi pengunjungnya.

Image credit: @putri.anggita68

Tidak hanya itu saja, dari ketinggian, kamu bisa melihat banyak kapal yang berlalu lalang di lautan. Pemandangan gedung-gedung pencakar langit di Singapura juga bisa kamu lihat dengan cukup jelas. Tidak ada salahnya berkunjung ke lokasi wisata ini jika mampir ke Batam untuk merasakan atmosfer yang menenangkan.

Lokasi: Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: Gratis

9. Lanjut menikmati lanskap Batam dari ketinggian Tebing Langit

Image credit: @chairans

Untuk menambah pilihan destinasi wisata di Batam, Tebing Langit bisa menjadi alternatif yang menarik untuk dipilih, terutama bagi pecinta selfie dan penikmat pemandangan alam yang indah.

Image credit: @ridhozulfans

Tebing Langit di Bukit Dangas ini menarik karena menyajikan lanskap perbukitan dan alam Batam dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, spot foto yang unik, seperti Pintu Langit, menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

Lokasi: Sekupang, Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

10. Pulau terasing yang indah Pulau Tunjuk

Image credit: @sye_watford

Pulau Tunjuk belum terlalu terkenal, namun keindahan yang ditawarkan bisa diadu dengan pulau lain di Batam yang popularitasnya sudah begitu menggema. Pasir putih dan ombak yang tenang menjadi daya tarik utama.

Image credit: @rahaps_

Momen terbaik mengunjungi pulau yang berada di tenggara Batam ini adalah saat pagi hari, sembari menikmati sunrise dari timur. Selain nuansanya yang keren banget, kamu juga bisa menikmati panorama alam pagi Batam yang tidak kalah indah.

Lokasi: Pulau Tunjuk, Subangmas, Kota Batam, Kepulauan Riau

11. Bukit nan romantis Bukit Tanjung Uma

Image credit: @havefunday_

Spot lain menikmati alam Batam yang eksotik adalah di Bukit Tanjung Uma. Tidak sedikit juga yang mengenalnya sebagai Bukit Cinta, alias Bukit Tanjung Tritip meski tidak diketahui secara pasti mengapa bukit ini dinamai demikian.

Namun, melihat panorama alam yang ditawarkan saat dilihat dari ketinggian, Bukit Tanjung Uma memang menyuguhkan panorama yang eksotis. Kota Batam dan sekitarnya dari ketinggian terlihat jauh lebih menarik, terutama ketika dilihat saat malam, yang dipenuhi cahaya lampu kota.

Lokasi: Tanjung Tritip, Tanjung Uma, Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: Gratis

12. Pantai yang instagenik Pantai Viovio

Image credit: @am.muksin

Alamnya cantik, air lautnya jernih dan pasir putih yang lembut – tidak salah jika kemudian Pantai Viovio mulai ngehits dalam beberapa tahun terakhir dan menjadi destinasi wisata di Batam yang paling difavoritkan.

Image credit: @irwansyahst

Pantai yang terletak di Pulau Galang ini punya banyak lokasi cantik untuk dinikmati. Bukan hanya ayunan laut, seperti yang ada di Gili Trawangan, Lombok, secara keseluruhan, Pantai Viovio cukup Instagenik untuk dikunjungi.

Lokasi: Sijantung, Galang, Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

13. Surganya penggemar alam bawah laut Pulau Petong

Image credit: @juliann08

Pulau Petong menjadi spot paling ideal bagi para pecinta snorkeling dan diving untuk menikmati alam bawah laut yang eksotis. Beragam koral dan hewan laut yang atraktif bisa kamu lihat di sini.

Image credit: @juliann08

Tidak hanya alam bawah lautnya yang keren, dipenuhi dengan ikan berwarna-warni dan biota laut unik lainnya, nuansanya juga asyik untuk menjadi destinasi kamu ‘melarikan diri’ dari keriuhan kota yang padat dengan aktivitas.

Lokasi: Pulau Petong, Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: Paket wisata tur mulai dari 250,000 IDR per orang

14. Nuansa asri dan alami di tengah hutan Pancur Telaga Bidadari

Image credit: @josesimatupang

Destinasi wisata di Batam yang ini masih tersembunyi dan belum banyak tersentuh oleh tangan manusia. Alhasil, keindahan dan kealamiannya pun terjaga. Keren banget jadinya!

Image credit: @yogiwario

Lokasinya berada di dalam Hutan Pancur, dengan nuansa alam yang begitu asri dan alami dengan air yang masih segar dan juga jernih. Atmosfernya yang sejuk ikut menambah sisi eksotis tempat wisata Batam ini. Tertarik ke sana?

Lokasi: Simpang Dam, Muka Kuning, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau
Harga tiket: Gratis

15. Wisata air yang berbeda Sea Forest Adventure

Image credit: @seaforestadventure

Sea Forest Adventure menjadi kawasan rekreasi baru dan terbesar di Batam, sekaligus surga bagi penggemar aktivitas outdoor sekaligus permainan petualangan. Konsep nature, adventure dan survival science menjadikan destinasi wisata di Batam itu menarik untuk dikunjungi.

Image credit: @seaforestadventure

Fasilitas yang dimiliki Sea Forest Adventure juga lengkap. Wahana bermain dibagi menjadi empat kawasan, dan semuanya dijamin mengesankan. Dengan biaya tiket yang tidak mahal, lumrah jika Sea Forest Adventure menjadi tempat wisata favorit di Batam.

Lokasi: Jl. Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau
Harga tiket: 35,000 IDR untuk dewasa dan 25,000 IDR untuk anak-anak

Baca juga: 24 Destinasi Wisata Di Solo Dan Sekitarnya Yang Bisa Membuatmu Melupakan Jogja

Dari 15 destinasi wisata di Batam di atas, yang mana yang paling menarik untuk kamu kunjungi?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru