10 Destinasi Wisata di India Dengan Pesona Alam yang Memukau

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

India merupakan negara yang memiliki keragaman geografis yang kaya, dengan lembah yang hijau, puncak gunung bersalju, danau dan padang rumput yang syahdu, serta pantai yang memukau. Selain kota yang ramai dan kuliner berbumbu yang khas, wisata alam di India menanti untuk kamu eksplorasi. Berikut adalah daftar sepuluh destinasi wisata di India yang indah dan harus kamu kunjungi.

1. Mengalahkan Dingin di Leh-Ladakh

Image credit: @savvy_fernweh

Terletak di wilayah timur negara bagian Jammu dan Kashmir, Leh-Ladakh adalah pesona alam yang berada di ketinggian sekitar 2,300 hingga 5,000 mdpl. Keindahan daerah ini tak terbantahkan lagi, dengan gunung-gunung batu dan kuil Buddha yang juga memukau. Buat kamu yang hobi mendaki gunung, destinasi wisata terindah di India satu ini wajib kamu jajal. Apalagi, medannya tergolong menantang, plus iklim yang lumayan mencekam.

Image credit: @raghuraahi

Namun begitu, Stupa Shanti, Danau Pangong, gurun-dingin tertinggi Nubra Valley, Khardung-La Mountain Pass, dan Magnetic Hill yang menakjubkan hanyalah sedikit dari sekian tempat di kawasan bak negeri dongeng ini. Dengan aliran air yang deras, puncak gunung yang diselimuti salju, jalur trekking yang bervariasi, dapat dipastikan kamu akan jatuh cinta dengan Leh-Ladakh!

Cara Menuju Lokasi: Terbang dari Delhi, Jammu, Srinagar, atau Chandigarh ke Leh; tiba di Bandara Kushok Bakula Rimpochee, lalu melanjutkan perjalanan dengan taksi.

2. Berinteraksi dengan Alam di Himachal Pradesh

Image credit: @worthashott

Himachal Pradesh adalah sebuah negara bagian yang kecil di India Utara dengan kekayaan alam yang luar biasa. Traveller kerap datang ke wilayah ini untuk trekking dan ski. Pegunungan yang indah, resort mewah, biara-biara Tibet dan Buddha, danau dan sungai yang jernih – semuanya ada di Himachal Pradesh! Ada banyak tempat untuk dikunjungi di daerah ini seperti Shimla dan Manali, Kullu, Chamba dan Khajjiar, Solang Valley, Palampur, dan wilayah Dharamsala dan Dalhousie.

Image credit: @him_rajat

Ada juga daerah yang belum banyak dikunjungi turis seperti Distrik Lahaul dan Spiti. Ingin melakukan aktivitas arung jeram, paralayang, dan zorbing? Kamu bisa pergi ke Manali dan Solang Valley. Desa-desa kecil yang berada di lereng bukit, ditambah dengan senyum warga lokal yang hangat, akan menjadi kenangan tak terlupakan dari kunjunganmu ke Himachal Pradesh.

Cara Menuju Lokasi: Ambil penerbangan Air India dari Delhi atau Chandigarh ke salah satu dari tiga bandara di Himachal Pradesh, yaitu Bandara Kullu-Manali di Bhuntar, Bandara Dharamsala (atau juga disebut Bandara Kangra) di Gaggal, dan Bandara Shimla di Jubberhatti.

3. Mengagumi Ciptaan Tuhan di Kashmir

Image credit: @syedgafeer1

Tidak berlebihan rasanya jika Kashmir dikenal sebagai “Surga di Bumi”. Terletak di bagian paling utara India, setiap sudut daerah ini terkenal karena keindahan yang tiada duanya. Beberapa destinasi wisata terindah di India yang berada di Kashmir antara lain: Srinagar, Gulmarg, Pahalgam, dan Jammu. Jammu kerap dikunjungi oleh peziarah, terutama Kuil Vaishno Devi yang tidak hanya bernilai spiritual tetapi juga terkenal karena panorama alamnya. Amarnath adalah lokasi wisata religi lainnya yang terkenal di kalangan orang India, yang menawarkan pemandangan Mount Kailash yang menakjubkan.

Image credit: @clicksbyamits

Gulmarg di Kashmir adalah salah satu tujuan resor ski paling populer di India dan memiliki lapangan golf tertinggi di dunia. Yang membuat Kashmir semakin menarik untuk dikunjungi adalah letak geografisnya, yang membentang di antara Karakoram di utara, Pegunungan Pir Panjal di selatan dan barat, serta menempel dengan Pegunungan Zanskar yang terletak di timur. Saat berada di Kashmir, jangan lupa untuk naik perahu di Danau Dal di Srinagar yang biru, lalu menikmati pemandangan Pahalgam dan Sonmarg yang menawan hati.

Cara Menuju Lokasi: Terbang dari Delhi, Goa, Jammu, Leh Mumbai, atau Bangalore ke Bandara Srinagar, lalu melanjutkan perjalanan dengan taksi.

4. Ziarah Sekaligus Refreshing di Uttarakhand

Image credit: @traveldiary2315

Uttarakhand merupakan provinsi kecil di bagian utara India yang masuk dalam kawasan Himalaya. Daerah ini lebih familier di kalangan orang India dengan nama Devbhumi karena menjadi rumah bagi sejumlah besar pura Hindu. Empat pura yang paling terkenal adalah Badrinath, Kedarnath, Yamunotri dan Gangotri. Selain tempat-tempat suci, negara ini terkenal dengan stasiun bukitnya yang megah, antara lain: Almora, Kausani, Mukteshwar, Mussoorie, Nainital, Pithoragarh, Ranikhet dan Auli. Uttarakhand juga merupakan rumah bagi dua Situs Warisan Dunia UNESCO: ‘Nanda Devi National Park’, yang menawarkan pemandangan puncak Nanda Devi yang diselubungi salju; dan ‘the Valley of Flowers National Park’, yang tersohor karena padang bunga yang terdiri dari berbagai bunga khas pegunungan. Untuk para pendaki gunung, ada sejumlah jalur pendakian di Uttarakhand yang bisa kamu coba taklukkan.

Image credit: @thakur_pushpraj_singh87

Auli, sebuah desa kecil, adalah tujuan ski yang penting di Uttarakhand, dengan bonus panorama puncak Himalaya yang mengagumkan. Lalu ada Nainital, stasiun bukit kecil yang terkenal dengan Danau Naini. Dehradun, ibu kota provinsi, sendirinya merupakan kota yang indah. Terakhir, Mussoorie, berjarak 34 km dari Dehradun, terletak di kaki bukit Himalaya dan dikenal sebagai “Queen of the Hills” karena keindahannya yang tak dapat dijelaskan dengan sekadar kata-kata.

Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandara Jolly Grant di Dehradun. Pilihan lain, naik kereta dari kota-kota besar di India dengan 16 stasiun kedatangan di seantero Uttarakhand, misalnya: Haridwar, Dehradun, Kathgodam, Rudrapur, Tanakpur, dan Pantnagar.

5. Eksplorasi Alam yang Menakjubkan di India Timur Laut

Image credit: @bongbatman

India Timur Laut mencakup distrik Sikkim, Meghalaya, dan Assam, termasuk Benggala Barat. Kawasan ini menawarkan berbagai keindahan alam hingga layak menjadi salah satu destinasi wisata terindah di India. Yang paling utama, Darjeeling adalah tujuan wisata yang paling sering dikunjungi di Benggala Barat – tidak hanya semata karena hamparan kebun teh yang menenangkan, tetapi juga pemandangan matahari terbit di puncak Himalaya yang fantastis.

Image credit: @vishi.sk

Beberapa tempat terindah di daerah ini antara lain: Gangtok, Pelling, Lachung dan Yumthang. Dari manapun kamu berada, kamu bisa melihat keindahan puncak Himalaya yang tertutup salju. Meghalaya adalah dataran tinggi dengan padang rumput hijau yang subur dan air terjun yang tinggi. Cherapunjee, yang terletak tidak jauh dari Shillong, ibu kota Meghalaya, adalah tempat menakjubkan lainnya dengan gua, hutan, dan air terjun. Jangan sampai kamu kelewatan untuk berkendara menembus kabut di Cherapunjee. Terakhir, Assam memiliki banyak atraksi wisata dan juga suaka margasatwa. Liburan yang sempurna!

Cara Menuju Lokasi: Terbang ke bandara terbesar, yaitu Bandara Internasional Lokpriya Gopinath Bordoloi di Guwahati. Pilihan lain, naik kereta ke Stasiun Naharlagun yang terletak di antara Guwahati dan Delhi.

6. Berwisata Air Sepuasnya di Kerala

Image credit: @kly_29

Slogan Kerala, “God’s own country” menjadi representasi dari kemegahan daerah di selatan India ini. Perbukitan yang eksotis, sungai-sungai yang elok, dan pantai yang menawan hati; semua ada di Kerala. Pengembangan ekowisata yang masif menjadikan Kerala sebagai destinasi wisata terindah di India dengan pertumbuhan yang tergolong tercepat di dunia.

Image credit: @ami.asik

Pilih sendiri bagaimana kamu mengawali perjalananmu di Kerala: apakah trekking di lereng bukit dengan kebun rempah dan teh yang membentang di Ghats Barat, kota Munnar; atau menyusuri perairan Alleppey yang membius? Kamu juga bisa mengunjungi pantai-pantai eksotis di Kovalam dan Varkala, lalu bermalam di rumah-perahu sambil mengeksplorasi kekayaan flora dan fauna. Tutup petualanganmu dengan mampir di Konservasi Harimau Periyar, mengikuti kelas yoga, dan spa di akhir hari. Liburan yang memuaskan jiwa-raga? Kerala tempatnya!

Cara Menuju Lokasi: Terbang ke bandara internasional di Thiruvananthapuram atau Kochi. Pilihan lain, naik kereta dari kota-kota besar di India seperti Delhi, Mumbai, Kolkata, atau Chennai ke Thiruvananthapuram Central Railway Station.

7. Kabur dari Hiruk-Pikuk Duniawi di Lakshadweep

Image credit: @iamshabaz

Lakshadweep yang terletak di lepas pantai selatan India, secara harfiah berarti “seribu pulau” dalam bahasa Sansekerta. Nyatanya, kawasan ini adalah sebuah kepulauan dengan dua belas atol dan tiga terumbu karang besar, serta hampir 40-an pulau yang lumayan terpencil. Laguna yang super jernih, perairan beriklim hangat, dan terumbu karang yang cantik menjadi daya tarik bagi kamu pecinta diving.

Image credit: @rajiv_srivastava

Pulau-pulau utama di sini antara lain Kavaratti, Agatti, Minicoy dan Amini. Selain diving, kamu bisa berselancar, snorkeling, mendayung kayak, dan masih banyak lagi aktivitas olahraga air lainnya. Jika masih punya waktu, jangan lupa untuk menyambangi Pulau Bangaram dan Kadmat yang baru-baru ini semakin populer di kalangan wisatawan.

Cara Menuju Lokasi: Penerbangan menuju Lakshadweep (Agatti dan Bangaram) hanya tersedia di Kochi dengan pesawat perintis. Lalu melanjutkan perjalanan dengan speedboat selama 14-18 jam, atau helikopter dari Agatti ke Kavaratti (jadwal terbatas).

8. Wisata Kota yang Mengasyikkan di Goa

Image credit: @shutter_con

Perairan yang berkilauan, pantai berpasir putih, dan jejeran pohon kelapa – Goa memiliki banyak permata tersembunyi. Negara bagian terkecil di pantai barat India ini bukan hanya kerap didatangi oleh turis lokal dan asing yang mencari diskotek dan kelab malam. Lebih senang berwisata alam? Kamu bisa mendatangi pantai-pantai yang semarak dengan beragam olahraga air dan menyantap hidangan laut yang segar. Beberapa pantai di Goa Utara yang terkenal adalah Calangute, Candolim, Arjuna, Baga dan Arambol; sementara di Selatan: Agonda, Colva, Mobor dan Majorda.

Image credit: @pao.wala

Kamu juga bisa trekking di deretan air terjun yang menyimpan keanekaragaman hayati, seperti Air Terjun Dudhsagar. Terakhir, melihat-lihat gedung-gedung tua, termasuk gereja yang masih terawat – menjadi kegiatan pamungkas untuk liburan yang menyejukkan mata dan hati.

Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Bandara Internasional Dabolim yang terletak kurang lebih 26 km dari Panaji (ibu kota Goa); atau naik kereta ke dua stasiun terbesar di Panaji: Vasco da Gama atau Madgaon.

9. Mencicipi Kemewahan Wisata Bahari di Andaman

Image credit: @neilbanjara

Kepulauan Andaman merupakan kumpulan dari lebih 325 pulau dengan berbagai bentuk dan ukuran, yang berlokasi di Teluk Benggala. Kepulauan Andaman jelas sangat menarik bagi para wisatawan karena memiliki sejumlah pantai yang memikat. Ingin mencoba ‘berjalan di atas air’ atau naik perahu beralas kaca? Kamu bisa melakukannya di Andaman.

Image credit: @keeperlandwey

Beberapa destinasi utama di kepulauan ini adalah Baratang, Diglipur, Pulau Ross, Pulau Neil, Pulau Havelock dan Port Blaire. Menjelajah gua-gua batu kapur Diglipur dan Baratang adalah aktivitas yang harus kamu lakukan, di samping diving bersama ikan-ikan terumbu karang yang eksentrik. Naik speedboat atau jetski, dan makan malam dengan seafood segar – sudah terbayang betapa menyenangkannya liburan di sini bersama yang terkasih?

Cara Menuju Lokasi: Penerbangan ke Port Blair Veer Savarkar Airport hanya ada dari Kolkata, Bangalore, dan Chennai; atau naik kapal dari Kolkata, Chennai, dan Vizag dengan kapal pemerintah, jarak tempuh kurang lebih 2-3 hari. Pilihan lain adalah dengan cruise (umumnya tersedia dalam paket wisata).

10. Menyelami Sejarah yang Misterius di Rajasthan

Image credit: @puneetyadav

Rajasthan, negara bagian terbesar di India, akhir-akhir ini menjadi sangat populer di kalangan wisatawan Indonesia. Di samping terkenal dengan ‘Great Indian Desert’, Rajasthan merupakan kawasan wisata sejarah dengan benteng, kuil, monumen, dan istana dengan arsitektur yang rumit namun memukau.

Image credit: @sasha.okay.please

Sebagian destinasi wisata terindah di India yang berada di Rajasthan adalah ‘Indus Valley Civilisation’ di Kalibanga, Kuil Dilwara, Mount Abu, dan Konservasi Harimau Nasional Ranthambore. Setiap sudut Rajasthan akan memuaskanmu yang haus akan nilai-nilai sejarah, plus wisata alam yang memesona.

Cara Menuju Lokasi: Terbang ke Jaipur International Airport lalu melanjutkan perjalanan dengan pesawat lokal ke Jodhpur atau Udaipur; atau naik kereta dari kota-kota besar di India seperti Delhi, Mumbai, atau Kolkata ke Jaipur.

Baca Juga: Panduan Membuat e-Visa India Bagi WNI

Jika selama ini yang ada di benakmu tentang India adalah hiruk-pikuk kota yang padat dan Taj Mahal, sekarang kamu tahu India punya lebih banyak daripada itu. Dari sepuluh destinasi wisata terindah di India di atas, yang mana yang kamu masukkan ke bucket list-mu?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru