12 Destinasi Wisata Di Jambi Yang Bakal Mengesankanmu

Tidak kalah dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau, provinsi Jambi juga memiliki potensi wisata yang mengesankan dan istimewa. Destinasi wisata di Jambi bahkan termasuk salah satu yang terbaik dan terlengkap di pulau Sumatera.

Ingin menjelajah kawasan cagar alam, pantai, air terjun bahkan danau yang Instagenik, hampir semuanya bisa kamu lihat di Jambi. Tidak salah jika mulai banyak orang yang menjadikan provinsi yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera ini sebagai salah satu destinasi wisata favorit.

Tertarik menjelajahi destinasi wisata di Jambi, 14 spot ini dijamin akan membuatmu ketagihan dan membuatmu ingin mengeksplorasi lebih dalam lagi.

1. Air terjun spektakuler Air Terjun Pancuran Rayo

Image credit: @hendra_kinc

Rugi jika tidak mengunjungi air terjun Pancuran Rayo di Kabupaten Kerinci saat melakukan lawatan ke Provinsi Jambi. Soalnya, kamu akan melihat salah satu air terjun tertinggi di Sumatera dengan debit air yang besar.

Image credit: @rifanbaim

Nuansa alam yang natural menjadi suguhan utama kala mengunjungi salah satu destinasi wisata di Jambi ini, tentunya selain melihat air terjun itu sendiri. Alamnya yang masih terjaga dengan nuansa sejuk dan atmosfer yang adem membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Lokasi: Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Danau Keliling, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

2. Mengintip kehidupan para penyu Pulau Penyu

Image credit: @mayea_spp

Berada di pulau yang eksotis dan menyaksikan aktivitas hewan yang tidak biasa tentunya bisa menjadi daya tarik yang tidak bisa dilewatkan. Kamu bisa mendapatkan momen tersebut di Pulau Penyu.

Pulau ini menjadi salah satu lokasi bagi para penyu untuk meletakkan telurnya. Pulau kecil tidak berpenghuni ini juga memiliki pantai berpasir putih yang eksotis dengan bebatuan besar dan laguna di dalamnya. Wow!

Lokasi: Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi

3. Pesona alam yang istimewa Danau Gunung Tujuh

Image credit: @yudakharsana

Jika Semeru memiliki Ranu Kumbolo, maka tujuh pegunungan di Jambi memiliki Danau Gunung Tujuh yang membendungnya. Pemandangan alam yang disajikan keren abis!

Image credit: @indrarusmana92

Dengan kondisi alam yang masih alami, danau tertinggi di Asia Tenggara ini menawarkan, tidak hanya panorama alam yang indah, tapi juga udara yang segar dan atmosfer yang sejuk. Keberadaan sejumlah perahu kecil juga memungkinkan kamu untuk berkeliling danau. Tapi hati-hati, ya!

Lokasi: Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi

4. Membebaskan pandangan menikmati alam Jambi Bukit Ngarau Merangin

Image credit: @dedy0294

Tertarik menikmati lanskap Jambi dan sekitarnya, kamu bisa langsung berkunjung ke Bukit Ngarau di Merangin untuk menyaksikan pesona alam dari ketinggian.

Image credit: @monicaaul

Dari puncak bukit, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang aduhai, sekaligus menikmati segarnya udara pegunungan yang dingin. Beberapa spotnya juga cukup instagenik untuk dijadikan background berfoto, lho!

Lokasi: Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi
Harga tiket: Gratis

5. Air terjun eksotis yang asri Air Terjun Sigerincing

Image credit: @nirwana

Destinasi wisata di Jambi yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai ngehits di Kabupaten Merangin. Nuansa alam yang asri dan alami menjadi alasan utamanya.

Selain kucuran air dari tebing dengan debit yang cukup besar, kamu juga bisa menikmati panorama alam yang hijau berpadu dengan bebatuan besar di sepanjang aliran sungai. Segarnya air juga tidak boleh disia-siakan dengan bermain di dalamnya. Namun melihat perpaduan apik antara air terjun, pepohonan hijau dan batu yang menghitam, ditambah terpaan sinar matahari menjadikan pesona alam yang luar biasa untuk dinikmati.

Lokasi: Tuo, Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Jambi
Harga tiket: Gratis

6. Air terjun alami yang istimewa Air Terjun Renah Sungai Besar

Image credit: @explorebungo

Kekayaan alamnya yang luar biasa menjadikan Jambi banyak disorot, dan salah satunya adalah karena Air Terjun Renah Sungai Besar yang eksotis.

Pesona yang ditawarkan, mulai dari kucuran air yang luar biasa, airnya yang sejuk, panorama di sekelilingnya yang asri dan atmosfer udara yang menyegarkan menjadikan destinasi wisata di Jambi ini menjadi jujukan pas untuk menurunkan tingkat stress kamu.

Lokasi: Renah Sungai Besar, Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Jambi
Harga tiket: Gratis

7. Spot wisata kekinian Bukit Impian, Kerinci

Image credit: @zabetanggraini26

Destinasi wisata di Jambi yang ini pas untuk traveler kekinian yang ingin menambah koleksi di akun Instagramnya. Bagaimana tidak, dari puncak bukit, ada sejumlah spot selfie yang Instagenik.

Image credit: @mrs_dheny

Terlepas dari itu, pemandangan yang bisa kamu nikmati dari puncak Sungai Penuh ini sangat luar biasa. Lanskap Kerinci yang berbukit bisa dilihat dengan leluasa dari ketinggian. Top abis!

Lokasi: Sumur Gedang, Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

8. Taman bunga yang istimewa Hesti’s Garden

Image credit: @seklek_photography

Berbekal tanah seluas satu hektar, Hesti’s Garden terbukti bisa menyihir siapapun yang datang ke sana karena keindahan taman bunga yang ada.

Image credit: @vocadilla

Setidaknya ada 20 jenis bunga dengan beraneka ragam warna. Nuansa perbukitan yang asri juga menambah eksotisme salah satu destinasi wisata di Jambi ini. Belum lagi sisi Instagenik yang ditawarkan di tempat ini. Tertarik untuk berkunjung?

Lokasi: Muara Manderas, Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi
Harga tiket: Gratis

9. Danau keramat yang memikat Danau Lingkat

Image credit: @antonipasaribu

Yang ingin mencari pemandangan asri, hawa sejuk dan udara segar, danau Lingkat bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Jambi yang menjadi jujukan kamu.

Image credit: @dee_inhuman

Danau dengan panorama pepohonan hijau dan air yang berwarna senada, ditambah deretan pegunungan dan perbukitan di kejauhan serta kicauan burung yang mengesankan seakan membawamu ke dunia yang sepenuhnya baru. Ingin sensasi lain yang tidak kalah asyik, kamu bisa menyewa rakit untuk berkeliling danau ini. Asyik banget, lho!

Lokasi: Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi
Harga tiket: Gratis

10. Danau biru yang misterius Danau Kaco

Image credit: @yudakharsana

Telaga kecil di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini cukup menyita perhatian, bukan hanya karena keindahan dan kealamiannya, tapi juga misteri yang tersaji di dalamnya.

Image credit: @ronitidin

Danau dengan air yang membiru ini cukup mengesankan, terutama saat diterpa sinar matahari. Alam di sekitarnya yang masih alami juga menambah eksotisme danau ini. Namun, belum diketahuinya kedalaman danau ini membuat setiap pengunjung diminta untuk sangat berhati-hati kala bermain di dalamnya. Waspada, ya!

Lokasi: Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci, Jambi
Harga tiket: Gratis

11. Spot terbaik menikmati lanskap Kerinci Bukit Khayangan

Image credit: @nurainiandryani

Mulai dari hamparan perbukitan, ladang, sawah, Gunung Kerinci, Danau Kerinci dan juga Kota Sungai Penuh, kamu bisa menikmati lanskap tersebut dari Bukit Khayangan.

Image credit: @srihardenijuwita

Suasana khas pedesaan dan udara segar menjadi daya tarik tersendiri, belum lagi panorama alam yang disajikan. Saat cuaca tidak bersahabat pun kamu masih bisa menikmati nuansa alam yang syahdu. Destinasi wisata di Jambi yang ini memang menarik dan tidak boleh dilewatkan.

Lokasi: Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi
Harga tiket: Gratis

12. Keindahan yang tersembunyi Air Terjun Talang Kemulun

Image credit: @yudakharsana

Lokasinya dekat dengan pusat kota Sungai Penuh, Jambi, namun tidak banyak yang mengetahui keberadaan air terjun indah ini. Destinasi wisata di Jambi yang ini menjadi salah satu tujuan wajib liburan kamu.

Penampakan air terjun berundak yang tertutup ilalang menghadirkan pemandangan yang unik. Debit air yang tidak cukup deras membuat air terjun ini cukup aman untuk didekati, meskipun tetap harus waspada.

Lokasi: Danau Kerinci,, Talang Kemulun, Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi
Harga tiket: Gratis

Baca juga: Wisata Kuliner Di Pontianak Yang Akan Memanjakan Lidah Dan Perut Kamu

Punya rekomendasi destinasi wisata di Jambi lainnya yang wajib masuk dalam daftar kunjungan? Mengapa tidak berbagi dengan kami melalui Instagram kamu? Caranya, share foto kamu dengan hastag #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di IG TripZilla Indonesia.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru