16 Destinasi Wisata di Kota Serang yang Seru dan Keren!

Kota Serang yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa membuatnya memiliki beberapa destinasi wisata pantai yang cantik, salah satunya adalah deretan Pantai Anyer. Selain itu, ibukota Provinsi Banten ini juga kaya akan wisata sejarah khususnya sejarah kebudayaan Islam sehingga Kota Serang juga mendapat julukan Kota Santri.

Hanya berjarak dua jam saja dari Jakarta, Kota Serang banyak menawarkan pesona destinasi wisata yang seru dan nggak kalah keren. Ini dia ulasan 16 destinasi wisata di Kota Serang yang bisa kamu jadikan tempat liburanmu selanjutnya.

1. Menikmati Tenangnya Danau Tasikardi dan Pulau Kaputren

Image credit: @lisaalicious (kiri), @dianier_ (kanan)

Meski tampak seperti danau alami, Danau Tasikardi sebenarnya merupakan danau buatan lho. Danau ini merupakan bekas peninggalan kerajaan Banten Lama yang menjadi sumber pasokan air bersih Kota Surosowan, Banten Lama. Di tengah danau ini terdapat suatu pulau kecil yang dinamakan Pulau Kaputren.

Image credit: @saijasukmawijaya

Konon kabarnya, pulau ini dijadikan tempat Ibunda Sultan Maulana untuk beribadah dan bertafakur. Danau Tasikardi ini memang cocok dijadikan tempat liburan keluarga yang jauh dari keramaian kota. Ketenangan suasana di sekitar danau seolah mampu meredakan stres aktivitas harianmu.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

2. Napak Tilas Kejayaan Belanda Yang Instagramworthy, Benteng Speelwijk

Image credit: @riskafiyani

Kawasan Banten Lama di sisi utara Kota Serang memang banyak menyimpan tempat-tempat historis yang menarik. Salah satunya adalah Benteng Speelwijk. Benteng ini merupakan peninggalan penjajah Belanda untuk menghadapi serangan rakyat Banten.

Image credit: @satyagra

Dikelilingi oleh parit selebar 10 meter, benteng ini masih menyisakan keperkasaannya. Pada setiap sudut bangunan terdapat menara pengintai yang bisa langsung melihat ke arah kota Banten Lama. Saat ini hanya ada satu menara pengintai yang masih tersisa.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

3.  Mengunjungi Reruntuhan Kerajaan Banten Lama, Keraton Kaibon

Image credit: @dimsdimi

Meski penampakannya sudah tidak lagi sempurna, namun Keraton Kaibon masih menjadi tempat favorit para pecinta wisata sejarah. Di sini kamu bisa melihat kemegahan Kerajaan Banten Lama.

Image credit: @indroot_215

Konon katanya, Keraton ini juga dibangun di atas air dan memiliki sebuah kanal sebagai sarana transportasi menuju Istana Surosowan. Wow, unik sekali bukan? Tempat ini juga sering dijadikan tempat photoshoot karena reruntuhan bangunannya yang eksotis.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

4.  Pesona Istana Yang Tak Pudar, Istana Surosowan

Image credit: @candranurulhilal (kiri), @gunawibiksana (kanan)

Hampir rata dengan tanah, Istana Surosowan cukup sulit untuk dibayangkan bentuk aslinya. Lokasinya berdekatan dengan Masjid Agung Banten Lama. Meski tidak seutuh Keraton Kaibon, namun Istana Surosowan ini juga asyik untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga.

Image credit: @fikri_sahlan

Dengan padang rumput di sekeliling istana, anak-anak bebas bermain sambil menikmati angin sepoi-sepoi dari Pelabuhan Banten Lama. Sisa-sisa kemegahan istana masih bisa kamu lihat dari beberapa kolam dan sumur yang menggambarkan teknologi tingkat tinggi kerajaan Banten Lama.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

5.  Menara Masjid Mercusuar Yang Ikonik, Masjid Agung Banten Lama

Image credit: @richankawaii

Nah, masjid kebanggan warga Serang ini pasti sudah tidak asing lagi di benakmu ya. Dengan ciri khas menaranya yang mirip mercusuar, masjid yang jadi ikon Kota Serang ini tidak pernah sepi pengunjung. Masjidnya sendiri memiliki arsitektur unik dengan susunan atap bertingkat lima mirip dengan desain sebuah pagoda.

Jika datang kemari, kamu bisa meminta izin untuk menaiki menaranya yang memiliki total 83 anak tangga. Di puncak menara, kamu bisa melihat lautan lepas dan pelabuhan Banten yang indah.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

6.  Bersantai dan Berburu Senja Di Pantai Anyer

Image credit: @ginanjar17

Pantai yang sudah sangat terkenal keindahannya ini memang jadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Kota Serang. Sebenarnya Pantai Anyer sendiri tidak hanya satu tapi merupakan jajaran pantai yang membentang di sepanjang garis perbatasan Kota Serang sisi barat laut.

Image credit: @aniffatul (kiri), @dprmthaa (kanan)

Beberapa pantai yang terkenal diantaranya Pantai Pasir Putih Sirih, Pantai Karang Bolong dan Pantai Sambolo yang terkenal dengan mercusuar Cikonengnya. Deretan Pantai Anyer ini bisa jadi tempat yang pas untuk berburu pemandangan senja indah di ujung barat pulau Jawa.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

7. Curug Cigumawang Yang Segar dan Megah

Image credit: @efendi_husni

Tidak hanya topografi pantainya yang indah, Serang juga punya beberapa wisata air terjun yang tidak kalah indahnya, salah satunya yaitu Curug Cigumawang. Curug dengan ketinggian 40 meter ini menyajikan pemandangan pancaran air terjun yang spektakuler. Dikelilingi oleh area hutan dan bebatuan, tempat ini sering dijadikan lokasi perkemahan hingga panjat tebing. Sepasang kekasih yang datang kemari konon katanya bisa sungguhan berjodoh lho.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

8.  Masjid Tanpa Kubah, Masjid Pecinan Tinggi

Image credit: @wisnuatmaja_

Sesuai dengan namanya, masjid yang satu ini merupakan masjid peninggalan kaum muslim Tionghoa di daerah Serang.  Kini, hanya tersisa bagian mihrab berbentuk menara persegi dengan dominasi warna putih yang unik. Lokasinya berada tidak jauh dari istana Surosowan, jadi tidak ada salahnya setelah berkunjung dari Surosowan langsung mampir ke sini.  

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

9.  Berburu Spot Foto Kekinian, Gunung Pinang

Image credit: @riskarism_ (kiri), @syaifaliiiii (kanan)

Siapa sih yang tidak suka menikmati pemandangan alam menghijau dari atas ketinggian? Nah, di Serang kamu bisa menikmati hal serupa di Wisata Alam Gunung Pinang. Tidak hanya menyajikan pemandangan Banten dari atas perbukitan kamu juga akan dimanjakan dengan beragam spot foto yang instagenik dan unik.

Image credit: @imammuizd12

Untuk pecinta olahraga ekstrim, kamu bisa menjajal trek downhill Gunung Pinang yang sudah populer.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

10.  Berenang Di Kolam Curug Tersembunyi, Curug Leuwi Tomo

Image credit: @anandhairma

Meskipun tidak setinggi curug Cigumawang, namun curug yang satu ini juga tidak kalah indahnya. Pancaran airnya yang muncul dari sela-sela bebatuan memberikan kesan asri dan menyegarkan. Kamu bahkan bisa berenang di daerah kolam curug yang cukup luas.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

11. Segarnya Kolam Mata Air Pegunungan, Pemandian Cirahab

Image credit: @abee_aries

Suasana kolam dan pemandian alam yang jernih mungkin sudah jarang kita temui di kota besar. Namun di Serang kamu bisa lho mandi di kolam pemandian berair jernih. Nama tempatnya adalah Pemandian Cirahab. Air dari pemandian ini bersumber dari pegunungan sehingga terasa menyegarkan. Sepanjang perjalanan menuju lokasi akmu juga akan dimanjakan dengan pemandangan hijau persawahan areal pedesaan.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

12.  Menantang Nyali Di Arung Jeram Tubing Cikalumpang

Image credit: @sigit_sugiyono

Untuk para pecinta aktivitas yang memacu adrenalis, kamu bisa berarung jeram di Sungai Tubing Cikalumpang. Cukup dengan 25,000 IDR kamu sudah bisa merasakan sensasi menegangkan arung jeram sejauh 1,5 kilometer.

Untuk jarak yang lebih jauh yaitu 3 kilometer kamu perlu menyiapkan uang sebesar 50,000 IDR. Tidak mahal bukan? Yuk, berani mencoba arung jeram di sini?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

13. Danau Kaolin Di Serang, Tambang Pasir Ciomas

Image credit: @rizkigraphy

Bekas galian tambang selalu menyisakan landscape yang unik. Begitu pula dengan bekas galian tambang pasir yang ada di Ciomas, Serang. Tidak hanya memunculkan danau unik, namun juga perbukitan berbatu yang mirip dengan yang ada di Danau Kaolin Pulau Bangka.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

14. Island Hopping Ke Pulau Lima

Image credit: @chancute

Dengan perjalanan menggunakan kapal selama 20 menit dari Pelabuhan Karangantu Banten Lama di Kota Serang, kamu bisa sampai menuju pulau Lima. Pulau dengan pantai pasir putih dan kawasan hutan mangrove ini tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke Kota Serang. Fasilitas wisata dan beberapa warung juga telah tersedia di pulau kecil tersebut.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

15.  Berpetualang Ke Pulau Dua (Pulau Burung)

Image credit: @ku.organizer

Meski namanya merupakan sebuah pulau, namun pulau ini kini telah menyatu dengan daratan provinsi Banten akibat pendangkalan sungai Cibanten. Jaraknya hanya 30 km dari Kota Serang. Pulau ini sebenarnya merupakan cagar alam untuk satwa burung.

Image credit: @giovannialvian

Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan Laut Jawa disertai kawanan burung yang terbang dengan lincahnya. Selain itu, kamu juga bisa dengan bebas berpetualang dengan sepeda mengelilingi kawasan hutan Pulau Dua yang masih asri.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

16.  Mendekat Dengan Alam, Rumah Hutan

Image credit: @dessylestari

Sesuai dengan namanya, di tempat wisata Rumah Hutan ini kamu bisa melihat aneka pondok kayu dengan berbagai fungsi yang dibangun dengan cantik di kawasan hutan Gunung Sayar, Kampung Cidampit.

Kawasan yang dulunya dikenal sebagai tempat angker kini malah jadi tempat wisata favorit keluarga. Hutan yang dirawat dengan baik ini seolah menjadi penyejuk di tengah padatnya Kota Serang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Bonus: Hutan Kayu Putih Kragilan

Image credit: @anugrahpuspitasari22

Deretan pohon kayu albasia yang berjajar rapi di sini sangat instagramworthy lho. Warga setempat menyebutnya hutan kayu putih karena kulit kayu dari tanaman hutan ini berwarna putih.

Lokasinya berada di belakang kompleks industri Indah Kiat Serang. Untuk menuju ke sini kamu hanya dipungut biaya 5,000 IDR untuk parkir. Karena destinasi yang satu ini merupakan area kompleks industri, maka sebaiknya kamu tetap menjaga etika dan tata tertib saat berkunjung ya.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Baca juga: 19 Destinasi Wisata Di Garut Yang Anti-Mainstream, Keren Dan Instagramworthy!

Jalan-jalan ke Serang tidak kalah seru kan dengan jalan-jalan ke kota lainnya? Yuk ajak keluarga menikmati pesona wisata Serang yang seru dan keren. Jangan lupa share liburan serumu di Serang dengan tagar #TripzillaTraveller untuk bisa difitur di IG Tripzilla Indonesia.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru