10 Destinasi Wisata Di Purworejo Yang Bikin Melongo

Ingin berwisata ke destinasi yang sedikit lain dari biasanya, tidak ada salahnya menyempatkan diri melipir ke Purworejo. Kabupaten yang hanya berjarak satu jam perjalanan dari Yogyakarta itu ternyata memiliki segudang tempat wisata yang keren abis.

Seperti halnya kota lain di sekitar Jogja, Purworejo dikarunia pemandangan alam yang istimewa. Bentang alam dan lanskap yang menawan membuat potensi wisata yang ada pun terus berkembang. Tidak salah jika destinasi wisata di Purworejo menjadi jauh lebih beragam dari beberapa tahun ke belakang.

Bagi kamu yang tertarik menjelajahi spot wisata baru di Indonesia, tidak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi Purworejo. Selain anti-mainstream, destinasi wisata di Purworejo juga cukup Instagrammable dan layak masuk daftar kunjungan kamu. Cekidot daftarnya di bawah ini, ya!

1. Atmosfer alam yang istimewa di Hutan Pinus Kalilo

Image credit: @tivannii

Salah satu destinasi wisata ngehits di Purworejo dalam beberapa waktu terakhir adalah Hutan Pinus Kalilo. Tidak hanya menyuguhkan panorama hutan pinus yang asyik, ada juga spot foto alam yang tiada duanya.

Image credit: @diancahyadii

Layaknya wisata hutan pinus lainnya di Indonesia, destinasi ini juga menawarkan udara yang sejuk untuk dinikmati sembari bersantai. Hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Watu Tumpang, yang bisa dijadikan titik ber-selfie dengan pemandangan alam yang aduhai.

Lokasi:  Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah

2. Spot asyik untuk selfie di Deret Mahoni

Image credit: @vikygalyh

Siapa menyangka deretan pepohonan bisa menyihir banyak orang. Ingin bukti, langsung saja menuju ke Deret Mahoni di Desa Nampurejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo dan dijamin kamu akan dibuat terpesona.

Image credit: @samsilitongajr

Jalan masuk desa dari jalur utama, alias Jalan Daendels Purworejo memang memiliki magis keindahan tersendiri. Jalan lurus dengan kiri kanan pepohonan mahoni besar yang rimbun sukses menjadi daya tarik bagi banyak orang. Bagi yang ingin menambah koleksi foto di akun media sosialnya, tidak boleh melewatkan destinasi wisata di Purworejo ini, ya!

Lokasi: Krajan, Nampurejo, Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

3. Eksotisme air terjun alami di Curug Muncar

Dengan lanskap yang berbukit, Purworejo menyimpan sumber daya alam yang memesona, dan salah satunya adalah air terjun, alias Curug Muncar ini. Dengan lingkungan yang masih alami, curug ini memberikan sihir tersendiri bagi penikmatnya.

Image credit: @azis_javanica

Debit air yang melimpah serta kawasan yang berbatu dan hijau menambah nuansa alami curug ini. Akses masuk yang masih sulit menambah keseruan untuk bisa sampai ke lokasi. Bagi yang tertantang melakukan penjelajahan, sangat disarankan untuk mengunjungi curug ini.

Lokasi: Kalibang, Kaliwungu, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

4. Curug Kaliurip, surga yang eksotis dan tersembunyi

Indah, sejuk, hijau dan asri. Mungkin itulah kesan yang bakal kamu dapatkan jika mengunjungi destinasi wisata di Purworejo ini.

Image credit: @trim_bil

Lokasinya bisa dikatakan tersembunyi, namun tidak demikian dengan pamornya di kalangan traveler. Curug Kaliurip dikenal karena pesona alami yang dipancarkan. Pemandangan yang istimewa juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak bisa dilewatkan.

Lokasi: Krajan 1, Kaliurip, Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

5. Panorama bawah tanah yang keren di Goa Seplawan

Jika ada kesempatan mengunjungi Bukit Menoreh, tidak ada salahnya masuk ke perut bumi dan menikmati panorama yang luar biasa keren di Goa Seplawan.

Image credit: @maspeot

Di goa ini pernah ditemukan patung emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati, yang menjadikan destinasi wisata di Purworejo ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Terlepas dari itu, panorama bawah tanahnya memang keren abis.

Lokasi: Katerban, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

6. Eksotisme Curug Lumbung yang luar biasa

Image credit: @heru.gundul

Salah satu destinasi menarik yang dimiliki Purworejo adalah Curug Lumbung. Pemandangan tebing dan aliran sungai di bawahnya memberikan daya tarik yang tidak bisa dilewatkan.

Image credit: @digg.doank

Formasi bebatuan yang unik pada tebingnya menghasilkan pemandangan yang tiada duanya. Belum lagi nuansa asri dan hawa sejuk, yang membuat siapapun yang berkunjung ke sini malas pulang.

Lokasi: Jl. Krandon, Randon, Karang Sari, Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

7. Spot sunrise asyik di Puncak Gunung Ijo

Image credit: @annisadewi_delinda

Puncak dari Pegunungan Menoreh adalah Gunung Ijo. Ketinggiannya tidak terlalu menjulang, sekitar 1,000 mdpl. Namun dari spot ini, kamu sudah bisa menikmati pemandangan yang istimewa, terutama kala menikmati momen sunrise.

Image credit: @mrv.akbarbor

Selain sunrise, kamu juga bisa melemparkan pandangan ke segala penjuru untuk menikmati pesona lanskap Purworejo yang hijau dan asri. Sungguh, kamu akan dibuat bersyukur atas keindahan yang tersaji di sini.

Lokasi: Desa Durensari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

8. Air terjun di antara dua bukit, Air Terjun Kyai Kate

Salah satu destinasi wisata di Purworejo yang cukup ngehits dalam beberapa tahun terakhir. Bukan hanya karena sensasi yang ditawarkan, tapi juga karena keindahan alam yang terlihat di sekitarnya.

Image credit: @pelleh477

Lokasi air terjun Kyai Kate yang berada di antara dua bukit, yaitu Bukit Watukuwuk dan Bukit Munggangsari memberikan keunikan tersendiri. Debit air yang besar membuat air terjun ini juga terlihat garang, namun tetap keren.

Lokasi: Kepdang, Gn. Condong, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

9. Bukit Sikepel, destinasi asyik berwisata santai

Image credit: @sinta1584____

Selain Hutan Pinus Kalilo, wisata alam Bukit Sikepel juga menawarkan kesempatan kepada pengunjungnya menikmati nuansa alami khas hutan pinus.

Image credit: @evvaant

Yang menambah daya tarik untuk mengunjungi destinasi wisata di Purworejo ini adalah sejumlah spot untuk berfoto. Selain itu, tersedia juga arena bermain anak, yang menjadikan tempat wisata ini pas untuk wisata keluarga.

Lokasi: Kembang Kidul, Jati, Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

10. Menikmati pemandangan yang menakjubkan dari Puncak Khayangan Sigendol

Image credit: @ndoskii

Hamparan perbukitan, lembah yang hijau, ditambah hawa sejuk khas pegunungan serta nuansa yang tenang. Paket kenikmatan itu bisa kamu dapatkan di Puncak Khayangan Sigendol, lho!

Image credit: @yasimjr

Banyak spot asyik untuk sekadar menikmati pemandangan alam yang ada. Namun, jika tertarik untuk sekalian berfoto, beberapa tempat menawarkan background dan nuansa yang asyik. Tertarik mencoba?

Image credit: @yasimjr

Lokasi: Singolopo, Giyombong, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Baca juga: Tidak Kalah Dari Jogja, 16 Destinasi Wisata Di Magelang Ini Keren Banget

Tertarik mengunjungi destinasi wisata di Purworejo, yang tidak hanya keren, tapi juga istimewa dan pastinya bikin melongo ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru