Tidak Kalah Dari Jogja, 16 Destinasi Wisata Di Magelang Ini Keren Banget

Destinasi wisata di Magelang bukan hanya Candi Borobudur, lho! Faktanya, banyak sekali tempat wisata keren di kota yang berada di utara Gunung Merapi tersebut yang bisa kamu kunjungi.

Di salah satu kota paling asyik di Provinsi Jawa Tengah ini dikaruniai bentang alam yang luar biasa. Kekayaan alam dan pemandangan yang memesona pun akan banyak kamu lihat, dari sisi utara ke selatan, barat ke timur. Potensi alam untuk dijadikan destinasi wisata juga sangat variatif, dari perbukitan yang asyik, aliran sungai yang unik, dan pastinya panorama alam yang cantik.

Jika kamu sudah tidak sabar mengunjungi kota, yang hanya berjarak satu jam dari kota Yogyakarta tersebut, simak dulu destinasi wisata di Magelang yang bisa menjadi tujuan liburan kamu di akhir pekan mendatang.

1. Menikmati lanskap Magelang dari ketinggian di Gardu Pandang Silancur

Image credit: @robbyansyahdewan97

Tertarik menikmati lanskap Magelang dari ketinggian, coba datang di Gardu Pandang Silancur. Tapi jika kamu tertarik mendapatkan kesan terbaik, coba datang pada pagi hari, momen ketika matahari keluar dari peraduannya dan perbukitan masih ditutupi kabut tipis. Nuansanya keren banget!

Image credit: @ardinooll

Lokasi: Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah

2. Gunung Telomoyo, mudah didaki, penuh sensasi

Image credit: @kharerahmad

Tidak ingin repot mendaki gunung, kamu bisa mencoba hiking ke Gunung Telomoyo. Trek menuju puncak sangat mulus, bahkan bisa didaki dengan menggunakan motor kamu. Bonus yang didapat setelah di puncak, pemandangan istimewa yang tiada duanya. Subhanallah!

Image credit: @mad_scape

Lokasi: Perbatasan Semarang dan Magelang, Jawa Tengah

3. Jembatan gantung dengan pemandangan yang luar biasa di Jembatan Gantung Mangunsuko

Image credit: @buruhphoto

Jembatan pun bisa menjadi destinasi wisata yang menarik, lho! Jembatan gantung Mangunsuko adalah contoh nyata. Sudahlah memiliki jembatan dengan struktur bangunan yang unik, panorama alam di sekitarnya juga istimewa. Sempatkan waktu berkunjung ke jembatan ini, ya!

Image credit: @galih.fix

Lokasi: Jombong, Paten, Dukun, Magelang, Jawa Tengah

4. Hutan pinus yang Instagenik di Top Selfie Pinusan Kragilan

Image credit: @ndia.ylna

Hutan pinus tidak hanya menyuguhkan atmosfer asri nan sejuk, teduh dan menghangatkan, tapi juga bisa menjadi destinasi wisata selfie yang menarik. Top Selfie Kragilan adalah salah satu contoh destinasi wisata di Magelang yang pas untuk wisatawan kekinian dan Instagrammer. Tetap jaga kebersihan, ya!

Image credit: @anitawidip

Lokasi: Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah

5. Menemukan sisa romantisme Rangga dan Cinta di Punthuk Setumbu

Borobudur dari Bukit Punthuk Setumbu | Image credit: @julian_cheong

Karena film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang membuat Punthuk Setumbu begitu fenomenal dan salah satu must visit destinasi wisata di Magelang. Mencontoh Rangga dan Cinta, momen terbaik mengunjungi spot ini adalah jelang matahari terbit. Namun, saat matahari telah keluar dari peraduannya, Punthuk Setumbu kini tetap memikat, kok!

Image credit: @syamsulhuda_

Lokasi: Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

6. Taman Ramadanu, Serasa di Holland

Image credit: @umihanifahachmadi

Kincir angin, bunga yang berwarna-warni, udara yang sejuk dan semerbak mewangi bunga, kesannya seperti berada di Belanda, ya! Tapi kamu bisa mendapatkan sensasi tersebut dengan hanya mengunjungi Taman Ramadanu. Karena banyak spot yang Instagrammable, penyuka selfie wajib datang ke sini!

Image credit: @ayuagst_

Lokasi: Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah

7. Bermanja bersama bunga matahari di Dewari Park

Image credit: @husainrasis

Seperti apa rasanya berada di tengah kebun bunga Matahari yang aduhai? Mengapa tidak mengambil langsung pengalaman itu dengan mendatangi Dewari Park? Ribuan bunga matahari yang mekar menampilkan pemandangan yang istimewa. Dijamin kamu tidak akan mengatakan tidak untuk berfoto di tempat ini!

Image credit: @buruhphoto

Lokasi: Kradenan, Baturono, Kradenan, Baturono, Salam, Magelang, Jawa Tengah

8. Spot asyik menikmati lanskap Magelang di Gunung Andong

Image credit: @ashari.riri

Satu lagi destinasi wisata di Magelang yang asyik untuk menikmati panorama alam dari ketinggian, yaitu Gunung Andong. Dengan ketinggian sekitar 1,400-an mdpl, kamu bisa menikmati panorama alam yang luar biasa, sekaligus menghirup udara yang segar. Momen terbaik berkunjung ke puncak Gunung Andong adalah saat sunset. Syahdu banget!

Image credit: @rizalthok___

Lokasi: Perbatasan desa Ngablak dan desa Tlogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah

9. Bukit Rhema yang ngehits

Image credit: @olobersyoko

Bukit Rhema termasuk salah satu destinasi wisata di Magelang yang ngehits karena film AADC2. Momen Nicholas Saputra a.k.a Rangga membawa Dian Sastro alias Cinta ke puncak Gereja Ayam untuk menyaksikan keajaiban alam di sekitar Candi Borobudur pada pagi hari adalah kunci penting mengapa spot ini menjadi salah satu destinasi wisata ngehits di Magelang sekarang ini. Kamu sudah ke sini?

Image credit: @anggapermadi

Lokasi: Karangrejo, Dusun Gombong, Kembanglimus, Borobudur, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

10. Menyapa empat gunung di Punthuk Kendil

Image credit: @rizal_rosyadi

Ya, kamu akan disuguhi pemandangan empat gunung di Jawa Tengah yang eksotis, mulai dari Merapi, Merbabu, Lawu dan Sindoro. Selain itu, destinasi wisata di Magelang ini juga menjadi spot paling asyik untuk menikmati sunrise. Wow!

Image credit: @faisholrd

Lokasi: Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

11. Air Terjun Grenjengan Kembar, pesona alami di lereng Merbabu

Image credit: @rizki.ymil

Nah, destinasi wisata di Magelang ini pas untuk kamu yang ingin menyatu dengan alam. Di spot wisata ini, kamu bisa menikmati udara yang segar, panorama alam yang indah dan hijau, air terjun dengan debit air yang cukup deras, serta kualitas air yang dingin dan bersih. Sepertinya tempat ini menjadi spot yang pas untuk dijadikan tempat wisata, ya!

Lokasi: Dusun Citren, Desa Munewarang,, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah

12. Air terjun cantik yang Instagrammable di Air Terjun Kedung Kayang

Image credit: @vickyvarro

Tidak ada kata lain, air terjun Kedung Kayang menyuguhkan view yang cantik dan mengesankan. Nuansa alami yang begitu segar membuat siapapun tidak ingin berada sebentar di tempat ini. Ada juga spot selfie yang pas untuk menambah koleksi di akun Instagram kamu, lho!

Image credit: @borobudurnews

Lokasi: Jalan Ketep Pass, Wonolelo, Sawangan, Ketep, Nagrong, Magelang, Jawa Tengah

13. Rongsokan yang Instagrammable, Junkyard Autopark & Cafe

Image credit: @bhonjhezt

Siapa menyangka barang-barang rongsokan bisa memiliki daya tarik tersendiri? Di Junkyard Autopark & Cafe, kamu akan mendapati banyak rongsokan mobil dan motor, dan segudang onderdilnya, yang disulap menjadi destinasi wisata yang Instagrammable. Banyak spot unik untuk kamu berselfie, sekaligus mengudap camilan dan minuman kesukaan kamu. Tempatnya asyik, lho!

Image credit: @muhamadap_

Lokasi: Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

14. Goa Slandak yang eksotis

Image credit: @galih.fix

Para pecinta alam dan pengagum pemandangan natural bisa mengunjungi Goa Slandak untuk mendapatkan nuansa yang begitu alami. Air terjun yang terbentuk dari aliran sungai di tengah hutan yang rimbun, yang jatuh ke perimbaan berbatu menghadirkan pemandangan dan atmosfer yang eksotis. Kamu harus menyempatkan diri datang ke tempat ini.

Image credit: @malik.soeriject

Lokasi: Dusun Grogol, Ngabean, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah

15. Punthuk Mongkrong yang mengagumkan

Image credit: @ahmad_ghufron

Selain Punthuk Setumbu dan Punthuk Kendil, ada juga Punthuk Mongkrong yang tidak kalah menariknya. Dari titik tertentu, kamu bisa menikmati lanskap dan bentang bumi di Magelang yang bbegitu mengesankan. Jika beruntung, kamu bisa melihat lautan awan kabut di pagi hari yang menutup sebagian dataran rendah di Magelang, yang menghadirkan panorama yang tiada duanya.

Image credit: @abibagas21

Lokasi: Desa Giritengah, Kec. Borobudur, Olgung, Giripurno, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

16. Keajaiban dan kemegahan Candi Borobudur yang tidak terbantahkan

Image credit: @atika_muth

Tidak ada kata-kata dan kiasan yang bisa menggambarkan Candi Borobudur secara tepat. Untuk bisa menikmati keajaiban, kemegahan dan keistimewaan destinasi wisata di Magelang yang paling ngehits ini, kamu harus datang langsung ke sini. Tapi bila dipersingkat, Candi Borobudur itu luar biasa!

Image credit: @noor3va

Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Baca juga: 5 Cara Menikmati Borobudur Antimainstream Ala Anak Jaman Now

Punya rekomendasi destinasi wisata di Magelang lainnya yang layak masuk dalam daftar ini? Mengapa tidak berbagi dengan meng-share foto di akun Instagram kamu dan memasang tagar #TripZillaTraveller untuk kesempatan difitur di IG Tripzilla Indonesia?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru