18 Destinasi Wisata di Kota Sabang yang Mengesankan

Dalam pelajaran geografi kita mengenal Kota Sabang sebagai kota paling barat di Indonesia. Secara administratif, Sabang masuk dalam wilayah provinsi Aceh, namun secara lokasi Sabang terletak di Pulau Weh. Sabang memiliki banyak pulau-pulau kecil yang tersebar di sisi utara dan barat dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesarnya, dan Pulau Rondo sebagai pulau yang terletak paling utara.

Kota Sabang banyak dikenal melalui panorama alam pantainya yang mengesankan. Tidak heran bila Sabang dijadikan tuan rumah untuk aneka festival kelautan seperti Sail Sabang pada 2017 lalu dan Sabang Marine Festival April tahun ini. Sabang kini juga telah memiliki Sabang Yacht Club yang terkoneksi dengan Yacht Club lain di Asia Tenggara.

Image credit: @vebrianz

Tidak hanya panorama pantainya saja yang bagus, Sabang juga memiliki banyak destinasi wisata lain yang akan membuat liburanmu semakin berkesan. Baca terus cerita lengkapnya ya.

1. Pantai Iboih

Image credit: @nicole.hsinchia

Pantai yang satu ini bisa dibilang pantai yang jadi ikon Kota Sabang. Lokasinya hanya 30 menit dari pusat kota. Situasi pantai dan ombak yang tenang membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Alam bawah lautnya yang cantik juga jangan sampai dilewatkan begitu saja. Ada banyak tersedia berbagai tipe penginapan di dekat pantai jika kamu ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sini.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

2. Pantai Sumur Tiga

Image credit: @adrianyyen (kiri), @aiu_omeng (kanan)

Di sisi timur Kota Sabang terdapat sebuah pantai yang jadi favorit banyak orang untuk menikmati sunrise. Pasir pantainya yang putih dan jernihnya air pantai akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Nama sumur tiga diambil dari sejarah tiga sumur air tawar yang konon katanya berada di area pantai ini. Kamu juga bisa menghabiskan waktu siangmu dengan makan- makan di warung seafood yang banyak tersebar di area pantai.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

3. Pantai Anoi Itam

Image credit: @azraazuar (kiri), @erlina_ind (kanan)

Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai yang satu ini pasirnya berwarna hitam. Asal muasal pasir pantai Anoi berwarna hitam adalah karena berasal dari letusan gunung berapi di Pulau Weh. Pasir di sini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit lho. Warna hitam pasirnya sangat kontras dengan warna air jernih di pantai sehingga memberikan pemandangan yang mungkin tidak bisa kamu temukan di tempat yang lain.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

4. Danau Aneuk Laot

Image credit: @edwingirsang

Danau terbesar di Pulau Weh ini merupakan sumber air tawar bagi masyarakat Kota Sabang dan sekitarnya. Berbagai macam aktivitas menyenangkan bisa kamu lakukan di sini, di antaranya adalah bersantai di pinggiran danau, kayaking, atau sekedar menikmati pemandangan Gunung Marapi dari kejauhan.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

5. Air Terjun Pria Laot

Image credit: @reinaldycb

Air terjun ini sangat menarik untuk dikunjungi. Letaknya yang berada di area hutan membuat kawasan air terjun terasa sangat asri dan menyejukkan. Kolam air terjunnya memiliki kedalaman 1,5 hingga 2 meter. Kamu bisa mandi berendam di sini sepuasnya. Keberadaan ikan bulan yang berada di kolam air terjun ini membuat mandi berendam makin asyik karena terasa seperti digelitik oleh ikan-ikan tersebut. Ikan bulan tidak berbahaya dan bahkan kabarnya malah bisa dijadikan ikan terapi untuk berbagai masalah kesehatan. Wah, unik sekali ya.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

6. Gua Sarang

Image credit: @febbykhairuna (kiri), @muhammadramazan8 (kanan)

Gua Sarang ini sering disebut Raja Ampatnya Sabang. Gua Sarang sejatinya merupakan gua yang menjadi sarang burung walet. Terdapat tujuh gua yang berlokasi di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung. Ketujuh gua ini berdiri dengan kokoh di atas lautan biru Pulau Weh yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Dijamin pemandangan di sini tidak akan pernah bisa kamu lupakan.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

7. Tugu Nol Kilometer

Image credit: @penggowes

Berkunjung ke Sabang tentunya tidak lengkap tanpa berfoto di depan tugu nol kilometer Indonesia. Karena lokasinya yang berada di kawasan hutan, jangan heran jika sepanjang perjalanan menuju monumen kamu akan banyak menjumpai monyet-monyet yang berjalan bebas. Tinggi tugu nol kilometer ini mencapai 43,6 meter dengan empat pilar penyangga yang megah. Fasilitas di sekitar area wisata sudah sangat memadai. Mulai dari tempat makan hingga toilet dan toko oleh-oleh bisa dengan mudah kamu temui di sini.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

8. Pantai Ujung Kareung

Image credit: @niealiiana (kiri), @dodysijabat (kanan)

Tidak hanya bisa bermain-main di area pantai yang berpasir, di sini kamu juga akan dimanjakan dengan jajaran batu karang megah bak mahkota. Bahkan kini kamu bisa terjun dari atas batu karang ini lho. Untuk keamanan, jangan khawatir, kedalaman air di bawah karang ini hanya sekitar 4 hingga 5 meter tanpa ada batuan di bawahnya. Berani mencobanya?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

9. Benteng Bunker Jepang

Image credit: @jordan_exel (kiri),  @shiddiq2711 (kanan)

Dulu, Kota Sabang memiliki posisi geografis yang strategis sehingga tidak heran bila Jepang membangun benteng pertahanannya di sini. Bukan sembarang benteng tapi merupakan benteng bawah tanah. Benteng ini tersebar di area garis pantai Pulau Weh namun yang masih terlihat jelas adalah benteng yang terdapat di dekat Pantai Anoi Itam. Menurut keterangan warga sekitar, benteng ini bahkan memiliki lorong-lorong bawah tanah menuju area yang dulunya menjadi pusat komando.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

10. Sirui Hidrothermal

Image credit: @ajeng_kroff

Ada satu destinasi wisata unik yang mungkin tidak akan kamu temui di kota lain di Indonesia. Namanya Sirui Hidrothermal. Sirui Hidrothermal ini tidak lain adalah kawasan gunung api bawah laut. Di sini kamu bisa melakukan penyelaman dan melihat gelembung-gelembung udara keluar dari kawah-kawah kecil. Aneka ikan-ikan unik yang lain dari biasanya juga bisa kamu jumpai berseliweran kesana kemari. Unik sekali bukan? Tidak heran bila Sirui jadi destinasi wisata ini sangat diminati banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

11. Pemandian Air Panas Keuneukai

Image credit: @hijrahheiji

Sabang ternyata mempunyai gunung berapi yang masih aktif lho, namanya Gunung Jaboi. Dari gunung inilah muncul sumber mata air panas yang kemudian dimanfaatkan menjadi tempat wisata pemandian. Di sini, kamu bisa berendam dan meregangkan otot-otot di kolam air panas, sambil menikmati pemandangan pantai yang elok.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

12. Sabang Hill

Image credit: @shewalkstheworld

Jika ingin melihat kota dan teluk Sabang dari ketinggian, cobalah datang ke Sabang Hill. Sabang Hill sendiri sebenarnya merupakan nama hotel yang berada di area perbukitan. Namun warga masyarakat sekitar berinisiatif membangun gardu pandang yang bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk melihat pemandangan indah Kota Sabang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

13. Pantai Kasih

Image credit: @eni_jenikawati

Pantai Kasih bisa jadi destinasi pertama yang kamu kunjungi di Sabang. Jaraknya cuma 5 menit dari pusat kota. Di sini banyak tersedia bangku-bangku yang bisa kamu duduki sambil bersantai menikmati aliran angin sepoi-sepoi. Pantai ini semakin ramai pada sore hari karena merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

14. Pantai Gapang

Image credit: @contagiousd3lirium (kiri), @bebytsabina (kanan)

Meski lokasinya cukup terpencil, namun perjalanan yang jauh akan terbayar lunas setelah kamu sampai ke pantai ini. Pantainya sangat tenang dengan beberapa kapal nelayan tradisional yang bersandar. Pantai ini merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang di Sabang dan sangat tenang. Pantainya langsung terhubung dengan lautan luas memberikan pemandangan yang tidak terlupakan. Air pantainya sangat jernih hingga kamu bisa dengan jelas melihat ikan-ikan yang berenang di sekitar dermaga. Menyenangkan, bukan?

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

15. Pantai Tapak Gajah

Image credit: @surga.nusantara

Belum ada riwayat jelas mengenai pemberian nama Pantai Tapak Gajah. Namun keindahan pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Jaraknya juga cuma 5 menit dari pusat kota Sabang. Aktivitas populer di pantai ini adalah snorkeling berkenalan dengan biota bawah laut yang indah dan cantik. Pantai ini memiliki banyak rimbunan semak-semak yang membuatnya sedikit berbeda dari pantai lain di Sabang.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

17. Pulau Rubiah

Image credit: @fahmi_yoza (kiri), @putra_ds_42 (kanan)

Tidak lengkap rasanya jika ke Sabang tanpa melakukan island hopping. Salah satu pulau yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Rubiah. Destinasi wisata yang bisa kamu temui di sini tidak lain adalah Taman Laut Rubiah yang menghadirkan pesona kekayaan alam bawah laut terindah di Sabang. Meski tidak berpenghuni tapi sudah cukup banyak warung dan tempat penyewaan alat-alat snorkeling yang tersedia di sekitar pantainya. Untuk menuju ke sini kamu bisa menyebrang dari Pantai Iboih dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 menit.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

18. Gunung Jaboi

Image credit: @piyohdesign

Kalau ingin sesuatu yang lebih menantang, kamu bisa coba mendaki Gunung Jaboi yang merupakan gunung api aktif di Pulau Weh. Ketinggian gunung ini tidak lebih dari 200 mdpl dengan jalur trekking yang cukup mudah. Pemandangannya pun tidak kalah menakjubkan. Batuan pegunungan yang berwarna putih tampak kontras dengan area hutan di sekitarnya yang hijau.

Klik di sini untuk melihat koordinat lokasi

Baca juga: 18 Destinasi Wisata Di Banda Aceh Yang Membuatmu Terpukau

Ternyata banyak sekali ya destinasi wisata di Kota Sabang yang mengagumkan dan mengesankan. Nggak rugi deh kalau liburan ke sini. Yuk segera rencanakan liburanmu ke Sabang dan dapatkan pengalaman liburan yang unik dan tentunya berkesan.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru