Rekomendasi 17 Drama Korea Awal Tahun 2021 Ini Yang Wajib Kamu Tonton

Setelah disuguhkan drama Korea (drakor) di tahun 2020 yang didominasi oleh genre romantis, kini dunia per-drakor-an semakin ramai dibicarakan. Dari akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021, drama Korea baru dengan genre yang beragam mulai bermunculan dan mampu menghilangkan persepsi orang banyak yang selalu identik dengan cinta romantis. Sebut saja True Beauty dan Mr. Queen yang kini begitu banyak dibicarakan karena alur cerita komedi romantis yang berhasil mengocok perut penonton hingga Sweet Home dengan alur cerita monster seramnya yang bikin senam jantung.

Selain genre yang beragam, drama yang masih berlanjut dengan season terbaru dan kembalinya para pemain senior seperti Song Joong Ki hingga Park Shin Hye yang membuat penggemar drama semakin antusias. Apakah kamu juga? Jika iya, inilah 17 rekomendasi drama Korea awal tahun 2021 dengan genre romantis, komedi, keluarga, fantasi, dan action yang pantang kamu lewatkan.

1. True Beauty

Image credit: @tvndrama.official

Sejak akhir tahun 2020, True Beauty selalu ramai dibicarakan oleh para penggemar drama Korea. Diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama, drama komedi ini mengisahkan tentang siswi SMA bernama Lim Jukyung yang terkena bullying akibat penampilannya yang tidak cantik sehingga ia memutuskan untuk pindah ke sekolah baru.

Karena ia takut di-bully kembali oleh teman-temanya, ia memutuskan untuk mengubah penampilannya dengan menggunakan olesan make up sehingga mengubah penampilannya menjadi terlihat sangat berbeda dan cantik. Berkat kecantikannya itu, Jukyung menjadi siswi pindahan yang sangat populer hingga diperebutkan oleh dua pria tampang bernama Lee Suho dan Han Seojun.

Jumlah episode: 16
Pemain: Cha Eun Woo, Moon Ga Young, Hwang In Yeop, Park Yoo Na

2. Mr. Queen

Image credit: @tvndrama.official

Masih dengan genre komedi, Mr. Queen mengisahkan tentang  perjalanan waktu seorang chef pria dari jaman sekarang yang tiba-tiba terjebak di tubuh seorang ratu kerajaan di masa Joseon. Bagi kamu yang berpikir drama dengan latar belakang kerajaan membosankan, maka tidak dengan yang satu ini.

Mr. Queen selalu berhasil meraih kesuksesan dengan rating tinggi di setiap episodenya karena alur ceritanya yang membuat penasaran dan komedi segar yang cocok untuk penghilang rasa stress. Walaupun didominasi oleh adegan penuh komedi, tapi terselip juga keromantisan kisah cinta antara raja dan ratu yang bisa bikin penonton baper.

Jumlah episode: 20
Pemain: Shin Hye Sun, Kim Jung Hyun, Na Jong Chan, Seol In Ah

3. The Penthouse: War in Life

Image credit: @sbsdrama.official

Sejak penayangan awal, The Penthouse: War in Life begitu mencuri perhatian. The Penthouse: War in Life mengisahkan tentang 3 keluarga yang tinggal dengan kehidupan mewah di apartamen bernama Hera Palace. Drama bermula ketika terjadi pembunuhan yang membuat ketiga keluarga ini berlomba-lomba menciptakan skenario agar korban tersebut seolah-olah melakukan bunuh diri bukan dibunuh.

Drama keluarga yang penuh dengan konflik ini bahkan sukses membuat para penonton ikut naik darah terhadap karakter antagonis para pemainnya. Bagaimana tidak konflik perselingkuhan dan kehidupan anak mereka di sekolah begitu kompleks disajikan di setiap episode yang membuat alur cerita semakin seru. Kesuksesan drama ini begitu diakui di Korea dengan capaian rating yang sangat tinggi dan berlanjut hingga season 2 yang akan tayang pada 19 Februari 2021.

Jumlah episode: 21
Pemain: Lee Ji Ah, Kim So Yeon, Kim Youn Dae, Eugene

4. Sweet Home

Image credit: Netflix Indonesia

Memiliki alur maju mundur, serial ini diadaptasi dari Webtoon berjudul sama, Sweet Home yang mengangkat cerita tentang fenomena aneh dimana tiba-tiba banyak manusia berubah menjadi monster akibat hasrat dan ambisi besar. Karena fenomena inilah, membuat penghuni sebuah apartemen kumuh bernama Green Home harus terkurung dan menjaga satu sama lain dari serangan monster.

Serial garapan Netflix banyak mendapat respon positif dari para penonton karena sinematografi dan efek visual yang sangat apik. Tak hanya itu, serial ini dibintangi oleh aktor papan atas dan digarap oleh sutradara terkenal Lee Eung Bong, yang tak lain sutradara drama sukses Descendants of the Sun (2016), Goblin: The Great and Lonely God (2016), Mr. Sunshine (2018) dan masih banyak lagi.

Jumlah episode: 10
Pemain: Song Kang, Lee Dohyun, Lee Si Young, Le Jin Wook

5. The Uncanny Counter

Image credit: @ocn_original

Drama aksi dan misteri ini bercerita tentang sekelompok dengan berkekuatan super yang memiliki misi penting yaitu memburu roh jahat. Uniknya masing-masing orang di kelompok ini memiliki latar belakang yang berbeda dan mereka harus membunuh roh jahat yang terdiri dari tingkatan yang mana semakin tinggi tingkatan akan semakin sulit dibunuh. Walaupun drama ini penuh adegan laga, tapi banyak kisah yang menyentuh hati dan komedi di setiap episodenya. Tidak heran jika drama ini selalu meraih rating tinggi dan banyak dinantikan kelanjutannya di season 2.

Jumlah episode: 16
Pemain: Kim Se Jeong, Jo Byung Gyu, Yoo Jun Sang, Yeom Hye Ran

6. Run On

Image credit: @jtbcdrama

Buat pecinta genre romantis, ringan, dan konsep segar, maka Run On ini cocok untuk kamu tonton. Drama ini mengisahkan tentang seorang atlet lari nasional yang tidak sengaja membantu seorang perempuan cantik yang bekerja sebagai penerjemah film asing. Setelah bertemu dalam insiden tak terduga, keduanya harus kembali bertemu yang mana menjadi awal kisah cinta berdua. Tak hanya alur yang menarik, drama ini dipenuhi oleh dialog-dialog yang sangat keren dan mendalam sehingga mampu menyentuh hati para penonton.

Jumlah episode: 16
Pemain: Im Si Wan, Shin Se Kyung, Choi Soo Young, Kang Tae Oh

7. Lovestruck in The City

Image credit: Netflix Indonesia

Hadir dengan konsep berbeda bak film dokumenter, Lovestruck in The City menceritakan kisah tiga pasang perempuan dan laki-laki yang tinggal di lingkungan perkotaan dengan kisah cintanya yang berbeda. Cerita drama bermula ketika Park Jae Won (Ji Chang Wook) menceritakan sosok perempuan bernama Yoon Sun A yang ia temua ketika berlibur dan membuatnya susah move on.

Namun siapa sangka jika Yoon Sun A sebenernya adalah identitas palsu yang digunakan oleh Lee Eun O seorang pekerja lepas yang sedang melakukan perjalanan tanpa rencana. Namun hubungan itu tidak bertahan terlalu lama dan Lee Eun O juga tak bisa melupakan Park Jae Woon hingga ia siap kembali jatuh cinta padanya jika suatu saat bertemu lagi.

Drama ini sangat cocok ditonton bagi penggemar genre romantis karena di sepanjang episode banyak menampilkan chemistry pemain yang terlihat begitu nyata. Background pekerjaan setiap karkater yang beragam seperti arsitek, guru, hingga pekerja lepas juga menampilkan realistis kaum muda yang berjuang dalam karir sekaligus percintaan.

Jumlah episode: 16
Pemain: Ji Chang Wook, Kim Ji Won, Kim Min Seok, So Joo Yeon

8. Royal Secret Agent

Image credit: @kbsdrama

Berlatar belakang di akhir era Joseon, Royal Secret Agent mengisahkan tentang agen rahasia yang kerajaan yang memiliki tugas untuk mengungkapkan korupsi yang dilakukan di kalangan pejabat pemerintah. Agen rahasia ini diketuai Sung Yi Gyum (Kim Myung Soo), seorang polisi wanita bernama Hong Da In (Kwon Nara), dan pelayannya bernama Park Chun Sam (Lee Yi Kyung).

Selain menyelidiki korupsi, agen rahasia ini juga bertugas untuk manampung aspirasi rakyat yang nantinya akan dilaporkan kepada sang raja. Yang menarik dari drama ini adalah seorang polisi wanita cantik ini harus menyamar sebagai laki-laki di setiap tugasnya yang mana tentu saja membuat cerita terasa berbeda. Apalagi komedi dari ketiga pemain utamanya yang sukses ini mampu membuat rating di setiap episodenya terus mengalami peningkatan.

Jumlah episode: 16
Pemain: Kwon Nara, Kim Myung Soo, Lee Yi Kyung

9. Hush

Image credit: @jtbcdrama

Diperankan oleh aktor senior Hwang Jung Min dan aktris sekaligus penyanyi cantik, YoonA Girl’s Generation ini mengangkat cerita tentang dunia jurnalistik. Diceritakan bahwa YoonA berperan sebagai Lee Ji Soo seorang karyawan magang yang baru diterima di Daily Korea dan memiliki keberanian yang tinggi.

Berbeda dengan Lee Ji Soo, Han Jo Hyuk (Hwang Jung Min) yang merupakan wartawan senior di tempat yang sama justru sedang kehilangan gairah bekerja karena ia merasakan pergulatan batin antara idealisme atau mengikuti realita yang ada. Drama ini sangat cocok ditonton untuk kamu yang senang dengan cerita yang tidak biasa dan tertarik untuk mengetahui gambaran kehidupan dunia jurnalistik.

Jumlah episode: 16
Pemain: Yoona SNSD, Hwang Jung Min, Kyung Soo Jin

10. L.U.C.A. The Beginning

Image credit: @tvndrama.official

Mulai tayang di minggu ini, drama Korea awal tahun 2021 terbaru bergenre fiksi ilmiah ini berhasil mencetak rating yang cukup baik. Aktor veteran Kim Rae Won memerankan Z-O, seorang objek percobaan biologis oleh sekolompok ilmuwan yang memiliki tubuh seperti manusia dengan kemampuan super.

Drama semakin menegangkan ketika Z-O memutuskan untuk kabur dari lab penelitian dan mencoba untuk hidup sebagai manusia normal bernama Ji Oh. Namun keputusannya justru ia dihadapkan pada pilihan berat hingga ia bertemu dengan seorang detektif bernama Gu Reum (Lee Da Hee) dan harus mengalami petualangan besar.

Jumlah episode: 12
Pemain: Kim Rae Won, Lee Da Hee, Kim Sung Oh

11. She Would Never Know

Image credit: @jtbcdrama

She Would Never Know merupakan drama yang diadaptasi dari novel berjudul Senior, Don’t Put on That Lipstick Artikel karya Elise yang terbit pada 2017. Drama ini menceritakan tentang Yoon Song Ah (Wion Jin Ah) yang bekerja sebagai pemasar kosmetik dan bermimpi untuk memiliki brand kosmetik sendiri suatu saat nanti.

Suatu saat Yoon Song Ah disukai oleh seorang pria muda bernama Chae Hyun Seung (Rowoon SF9) yang tak lain adalah junior di tim pemasaran. Namun sayangnya Yoon Song Ah tidak tertarik dengan pria yang lebih muda darinya dan ia sudah memiliki pria idaman lain bernama Lee Jae Shin (Lee Hyun Wook). Kisah cinta makin rumit ketika Yoon Song Ah tahu jika orang yang dia cintai itu berniat menikahi wanita lain dan Chan Hyun Seung memanfaatkan situasi ini untuk mendekati kembali Yoon Song Ah.

Jumlah episode: 16
Pemain: Rowoon SF9, Won Jin Ah, Lee Hyun Wook

12. A Love So Beautiful

Image credit: Netflix Indonesia

Didaptasi dari drama China berjudul sama pada 2017, A Love So Beautiful versi Korea ini juga meramaikan drama awal tahun 2021 yang banyak dibintangi oleh pemain muda dengan visual mengagumkan. Cerita bermula dari siswi SMA dengan karakter periang bernama Shin Sol Yi (So Ju Yeon) yang telah 17 tahun menyukai teman masa kecilnya, Cha Heon (Kim Yo Han) dan selalu tetap semangat meski cintanya ditolak.

Berbeda dengan teman kecilnya, Cha Heon memiliki karakter dingin dan tidak ekspresif di luar tapi sebenernya ia memiliki hati yang hangat. Namun dinginnya Cha Heon memudar karena kini Shin Sol Yi semakin dekat dengan siswa baru bernama Woo Dae Sung (Yoo Hoe Hyun) dan membuat mereka harus terlibat cinta segitiga.

Jumlah episode: 24
Pemain: Kim Yo Han, So Jonn Yeon, Yeo Hoe Hyun

13. River Where the Moon Rises

Image credit: @kbsdrama

Setelah sukses dengan drama Love Alarm pada Agustus 2019 lalu, aktris muda ternama Kim So Hyun kembali bermain drama bersama Ji Soo yang sering dikenal sebagai sad boy. Drama berjudul River Where the Moon Rises ini dijadwalkan rilis 15 Februari 2021 yang akan tayang mengisi slot Senin dan Selasa menggantikan Royal Secret Agent.

Drama sageuk ini diadaptasi dari cerita rakyat pada masa Goguryeo. Kim So Hyun akan memerankan Putri Goguryeon bernama Pyeong Gang yang mana ia memiliki ambisi untuk memimpin Goguryeon. Sedangkan Ji Soo akan berperan sebagai On Dal, seorang pria yang tulus mencintai Pyeong Gang dan rela melakukan apapun demi dia. Namun sayangnya ketulusan cinta Ol Dan ini hanya dimanfaatkan oleh Pyeong Gang untuk mencapai tujuannya.

Jumlah episode: 20
Pemain: Kim So Hyun, Ji Soo, Kang Ha Neul

14. Hello? It’s Me!

Image credit: @kbsdrama (kiri), @kbsdrama (kanan)

Sukses dengan film Korea berjudul On Your Wedding Day yang bikin banyak penonton baper, kini kemunculan Kim Young Kwang dalam drama terbaru di awal tahun 2021 disambut antusisas oleh penggemar.

Hello? It’s Me! akan menceritakan kisah seorang wanita dewasa berusia 37 tahun bernama Ba Ha Ni (Choi Gang Hee) yang hidup dengan banyak kekhawatiran. Suatu hari, Ba Ha Ni berusia 17 tahun yang memiliki optimis tinggi dan cerdas datang ke masa sekarang untuk memberikan semangat Ba Ha Ni dewasa. Rencananya drama ini akan tayang pada 17 Februari 2021 dan wajib ditonton bagi pecinta genre komedi.

Jumlah episode: 16
Pemain: Choi Gang Hee, Kim Young Kwang, Lee Ree

15. Sisyphus: The Myth

Image credit: @jtbcdrama

Siapa sih yang tidak tahu Park Shin Hye? Sudah banyak judul film dan drama populer yang sudah ia bintangi. Kali ini aktris cantik ini akan beradu peran dengan Cho Seung Woo dengan drama bergenre fantasi misteri yang akan tayang pada 17 Februari 2021 di layanan streaming berbayar, Netflix.

Sisyphus: The Myth mengisahkan tentang perjalanan waktu antara seorang insinyur jenius bernama Han Tae Sool (Cho Seung Woo) dengan Kang Seo Hae (Park Shin Hye) seorang prajurit wanita yang yang dilatih untuk bertahan hidup. Mereka berdua bergabung bersama untuk tujuan yang sama yaitu menciptakan masa depan yang berbeda. Akankah mereka berhasil?

Jumlah episode: 16
Pemain: Park Shin Hye, Cho Seung Woo, Sung Dong Il

16. Vincenzo

Image credit: @tvndrama.official

Dijadwalkan tayang pada 20 Februrari 2021, Vicenzo menjadi drama Korea terbaru yang akan dibintangi oleh deretan aktor ternama. Drama ini akan mengisahkan seorang pengacara sekaligus mafia bernama Park Joo Hyeong (Song Joong Ki) yang diadopsi dan pindah ke Italia saat berumur 8 tahun. Setelah dewasa, ia harus kembali ke Korea untuk mengatasi konflik yang terjadi dalam organisasinya.

Ketika di Korea, ia memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Vicenzo Cassano. Dengan identitas baru, ia bertemu seorang pengacara Han Cha Young (Jeon Yeo Bin) dan memutuskan untuk bekerja sama untuk mengangkap para penjahat. Tak sangka jika kerja sama ini membuat Vicenzo yang terkenal dengan sikap dinginnya menjadi jatuh cinta pada Han Cha Young.

Jumlah episode: 20
Pemain: Song Jong Ki, Jeon Yeo Bin, Taecyon 2PM

17. Dear. M

Image credit: @kbsdrama (kiri), @kbsdrama (kanan)

Dear. M bisa dikatakan sebagai drama Korea awal tahun 2021 yang begitu dinantikan oleh banyak orang karena dibintangi oleh pemain muda dan salah satu idol K-Pop terkenal yaitu Jaehyun NCT. Drama bertabur visual ini mengisahkan tentang misteri sosok “M” yang menuliskan postingan anonim yang menggegerkan di situs komunitas kampus.

Selain misteri sosok “M”, drama yang rencananya akan tayang 26 Februari 2021 ini juga akan menampilkan kehidupan persahabatan dan romansa anak kuliahan. Dari teaser yang telah ditayangkan, Jaehyun NCT akan berperan sebagai Cha Min Ho yang diam-diam menaruh hati pada sahabatnya Ma Joo A (Park Hye Soo) selama 12 tahun.

Jumlah episode: 12
Pemain: Park Hye Su, Jaehyun NCT, Bae Hyun Sung

Baca juga: Restoran Korea Di Jakarta Dengan Layanan Delivery Untuk Teman Nonton Drakor

Nah itulah rekomendasi drama Korea awal tahun 2021 yang seru banget untuk kamu tonton. Bahkan genre fantasi seperti roh jahat dan monster jadi cerita baru yang mulai banyak diminati oleh penonton drama. Bagi penggemar genre komedi dan romantis, tak perlu khawatir karena keduanya masih mendominasi namun dengan cerita yang lebih fresh.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru