Empal Gentong Cirebon Paling Enak Yang Wajib Kamu Coba Secepatnya

Salah satu makanan khas Cirebon adalah empal gentong. Kuliner khas daging sapi ini merupakan kuliner wajib dan menjadi keseharian warga Cirebon Jawa Barat. Tak hanya gerai pinggir jalan atau kios rumah makan, empal gentong Cirebon juga dijual oleh pedagang keliling, yang menjadikannya identitas kuliner Cirebon selama puluhan tahun.

Dengan bahan utama daging sapi, idealnya makanan ini disajikan dengan kerupuk kulit sapi, ditaburi daun kucai, daun bawang, bawang goreng dan sedikit seledri kering. Pembeli wajib memilih memakannya dengan lontong atau nasi putih supaya bisa merasakan cita rasa empal gentong yang sesungguhnya. Jika kamu tertarik menikmati empal gentong Cirebon yang melegenda dan memiliki cita rasa terbaik di kotanya, sepuluh tempat ini menjadi destinasi yang wajib dituju. Cekidot, ya!

1. Empal dan Sate Kambing Putra Mang Darma

empal gentong cirebon
Image credit: @chyntianatalie  (kiri), @seeisall (kanan)

Empal gentong Putra Mang Darma mulai beroperasi sejak tahun 1980-an (sebelum Mang Darma Wafat). Gerai ini dikelola oleh anaknya yang juga sudah membuka gerai di beberapa wilayah di Cirebon hingga ke Jakarta. Selain menikmati empal gentong, kamu bisa mencicipi sate kambing yang gurih dengan bumbu kecap sambal yang khas.

Alamat: Jln Inspeksi PJKA No. 32, cabang lain di Jalan Pekiringan No. 51.
Jam buka: Setiap hari, 09.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

2. Empal dan Nasi Lengko Ibu Nur

Image credit: @nakamyuk

Ibu Nur sebelumnya terkenal dengan menjual nasi jamblang, namun secara perlahan ia merambah ke usaha empal gentong secara kecil-kecilan. Meski gerai ini belum lama dibuka, namun empal gentongnya selalu habis, terlebih saat hari libur atau weekend. Selain menikmati empal gentong, kamu bisa mencicipi nasi sarapan khas Cirebon yakni nasi lengko.

Alamat: Jl. Cangkring 2 No.45, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, 9.00 – habis
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

3. Empal Gentong Mang Kama

Image credit: @empal_gentong_mangkama

Penggemar empal gentong Cirebon Mang Kama biasanya adalah orang yang tidak suka dengan empal gentong yang terlampau kental dan tidak suka daging jeroan. Empal gentong disini biasanya berbahan dasra kaki sapi muda yang empuk dan sedikit asin. Meski hanya buka sebagai warung sederhana pinggir jalan beratapkan tenda, karyawan yang bertugas memiliki kualitas bintang lima, dan sangat ramah. Selain empal gentong, kamu juga bisa mencicipi empal asem yang berkalori rendah, sangat cocok buat kamu yang maag atau tak mau terserang kolesterol.

Alamat:  Gg. Astanagarib, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45117
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi, sudah termasuk minuman

4. Warung Ibu Sarini

Empal Gentong Cirebon
Image credit: @arieprijono (kiri), @empalgentongibusarini (kanan)

Empal gentong terenak di Cirebon selanjutnya adalah milik Ibu Sarini. Hidangan ini terkenal enak karena sering dikunjungi wisatawan yang berjalan-jalan ke pasar Kanoman. Berlokasi tepat 50 meter dari pusat oleh-oleh Sinta Manisan, tempatnya bersih dan memiliki varian makanan selain empal. Rasa empal gentongnya khas, dengan wangi ketumbar yang menyegarkan. Isian yang paling sering digemari pelanggan adalah usus sapi, sementara untuk kamu penderita maag dan membatasi santan bisa memesan empal asem dan docang khas Cirebon.

Alamat:  Jl. Kanoman No.12, Pekalipan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45117
Jam buka: Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi

5. Empal Gentong H Khasan

Empal Gentong Cirebon
Image credit: Empal Gentong H Khasan

Rumah makan ini sudah berdiri lebih dari 10 tahun dan menjadi terkenal sejak menyajikan makanan ke berbagai acara hajatan. Empal gentong H Kasan membuka gerainya di wilayah kabupaten Cirebon dan tidak jauh dari sentra kerajinan batik Trusmi Cirebon. Ciri khas dari empal gentong H Khasan adalah kuahnya yang kuning serta perpaduan kaldu sapi dan kunyit yang lekat. Harganya jauh lebih murah dibandingkan empal gentong yang dijual di Kota Cirebon.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda Sebelah Barat POLSEK No.28, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 20,000 IDR  per porsi

6. Empal Gentong Ibu Hj Sri Asih

Image credit: Empal gentong Hj Ibu Sri Asih 

Keunggulan dari empal gentong Ibu Hj Sri adalah harganya yang di bawah rata-rata dan menyajikan daging sapi yang empuk. Rasanya sedikit berbeda lantaran bumbu ketumbar dan jahe yang sangat terasa, sehingga bisa menjadi makanan yang pas untuk mengatasi hawa dingin angin pantai di Cirebon saat malam hari. Lokasinya strategis di tengah kota, dekat dengan kios oleh-oleh pasar Pagi Cirebon. Kalau kamu wisatawan yang tak mau jauh-jauh dari pasar pagi dan inign mencoba Empal Gentong, mungkin warung makan yang didirikan Ibu Hj Sri adalah pilihan yang tepat.

Alamat:  Jl. Sukalila Utara, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 28,000 IDR per porsi

7. Empal Gentong Amarta

Sop daging | Image credit: @thebigfoodtheory

Kedai empal gentong Amarta adalah salah satu tempat makan yang legendaris. Keunggulan dari empal gentong Amarta adalah harganya yang murah dibandingkan tempat lain di Cirebon. Kuahnya kental dan pekat, sehingga cita rasanya akan selalu terasa hingga tetes kuah yang terakhir. Disini juga menjual ayam bakar, empal asem dan sate kambing, sajian yang pas untuk kamu yang tidak bisa makan santan.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45174
Harga: 24.000 IDR- 60.000IDR

8. Empal Gentong Krucuk

Empal Gentong Cirebon
Image credit: @fitragil12  (kiri), @dad_dish (kanan)

Warung ini terkenal karena lokasinya yang dulu merupakan empal gentong terenak di Cirebon. Kini tempatnya bersih didesain dengan modern. Cita rasanya seperti empal gentong pada umumnya dengan isian daging sapi, atau jeroan dan babat. Semuanya dibumbui oleh kuah kuning yang khas dan sedikit encer. Meski tidak kental, empal gentong krucuk bisa kamu nikmati tanpa rasa begah dan sangat enak jika dipadukan dengan sate kambing.

Alamat: Jl. Slamet Riyadi no. 1, Cirebon 45124
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

9. Empal Gentong Hj Apud

Image credit: @dwiarifwicaksono

Empal gentong Cirebon paling enak selanjutnya adalah milik Hj Apud. Gerai ini sudah dikelola oleh tiga generasi dan makin tenar setelah salah satu acara televisi terkenal mereview hidangannya. Empal Gentong Hj Apud adalah pelopor empal asem yang kini banyak dijual di gerai-gerai lain. Selain murah, empal gentong Hj Apud juga gerai yang lengkap menjual makanan khas cirebon lainnya seperti sate kambing muda, nasi lengko dan empal asem.

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45153
Harga: Mulai dari 24,000 IDR per porsi

10. Kedai Bu Darma

Empal Gentong Cirebon
Image credit: @lixsu (kiri), @sovifooddiary (kanan)

Rekomendasi empal gentong terenak di Cirebon terakhir adalah Empal Gentong Bu Darma. Rasanya persis seperti yang dibuat mang Darma, karena pengelolanya dulu sering ikut serta membantu Mang Darma meracik bumbu dan berjualan. Saat kamu datang ke sini, akan ada kerupuk rambak sebagai hidangan pembuka. Kamu harus menunggu 5-10 menit hingga empal gentong disajikan di meja. Empal gentong Bu Darma rasanya sangat gurih, rempahnya terasa hingga meresap ke dalam daging. Tak lupa kerupuk kulit berukuran besar menjadi teman kamu selama memakan empal gentong yang lezat ini.

Alamat: Jl. Diponegoro No. 21, Cirebon, Jawa Barat 45121.
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi

Baca juga: 14 Makanan Khas Cirebon Dan Tempat Terbaik Mencobanya

Tertarik menikmati empal gentong Cirebon yang mana? Sempatkan diri untuk mencicipi makanan lokal, supaya kita tahu betapa kayanya hidangan khas Indonesia.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru