Tour Safari Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Di Afrika Untuk Setiap Tipe Traveler

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Mungkin tidak semua dari kita bisa seperti cheetah, berlari melintasi savana siap untuk menghadapi beragam risiko dan bahaya di depannya. Untungnya, kamu masih bisa mendapatkan sensasi tersebut dengan mengikuti safari di Afrika, melihat langsung kehidupan alam liar yang ada di sana.

Asyiknya lagi, untuk mendapatkan sensasi tersebut, ada berbagai macam paket wisata yang cocok untuk setiap tipe traveler dengan gaya apapun, dari traveler yang berkonsep budget, ke wisatawan yang bersama dengan si kecil, atau untuk siapapun yang terlalu malas untuk sekadar berjalan menyusuri trek yang ada.

Di sini, kamu akan menemukan berbagai jenis safari yang tersedia di Afrika lengkap dengan tema petualangan nya loh. Cekidot, ya!

Terbang langsung ke alam liar sekarang juga bersama Ethiopian Airlines ke segala penjuru Afrika, Sao Paulo dan Buenos Aires! Pesan tiket penerbangan kamu dengan ‘Maskapai Terbaik di Afrika’ mulai sekarang hingga 30 November 2018 (untuk keberangkatan mulai 14 Januari hingga 30 Juni 2019).

Kamu akan menghemat 10% di semua penerbangan dari Singapura apabila kamu melakukan booking secara online. Atau pastikan melakukan booking melalui aplikasi mobile Ethiophian untuk mendapatkan potongan harga 15%, dan mendapatkan tambahan bonus 500 ShebaMiles*!

Terbang ke Afrika dengan Ethiophian Airlines

*Syarat dan ketentuan berlaku

Afrika Selatan

Berkemah di Taman Nasional Kruger – untuk yang liburan budget

Image credit: Savanna Game Lodge

Safari identik dengan liburan mahal dan mewah, tapi jangan khawatir, karena sangat memungkinkan untuk bisa mendapatkan pengalaman savannah Afrika dengan gaya budget lho!

Salah satu opsi terbaik adalah Taman Nasional Kruger, yang dengan mudah bisa diakses dari Johannesburg atau Kruger dengan mobil, yang berarti kamu tidak perlu mengeluarkan dana terlalu besar untuk transportasi. Selain itu, tiket masuknya juga jauh lebih murah dibandingkan taman yang dikelola oleh pihak swasta. Kualitasnya juga tidak kalah, kok! Dengan luas taman nasional lebih dari dua juta hektar, taman nasional ini memiliki keragaman hayati flora dan fauna dengan sekitar 150 spesies mamalia besar, yang termasuk Lima Besar predator apex Africa seperti singa, macan tutul, badak, gajah dan juga kerbau.

Image credit: flowcomm

Dengan tipe Safari berkemah kamu bisa merasakan pengalaman berada di Taman Nasional Kruger yang paling irit dan budget-friendly. Pada pagi hari, kamu bisa pilih untuk menyetir sendiri dan berpetualang ke segala penjuru taman nasional, atau ikut dalam rombongan grup yang menggunakan mobil dengan atap terbuka untuk menjelajahi lanskap luar biasa dan menyaksikan langsung hewan liar di habitat aslinya. Malam harinya, kamu bisa mendirikan tenda di camp sites yang tersedia di taman.

Hidup di alam liar pun bisa kamu rasakan, tanpa harus mengeluarkan dana besar, bukan begitu?

Chalet di Taman Nasional Pilanesberg – untuk keluarga dengan anak kecil

Image credit: Africa Exclusive (atas); Robert Nyman (bawah)

Jika alasan kamu untuk tidak memesan liburan bersafari adalah karena ada anak-anak yang masih kecil, mungkin kamu harus melihat opsi-opsi dari Taman Nasional Pilanesberg yang sangat menarik untuk dipilih.

Kamu tidak perlu khawatir terkait kesehatan karena taman nasional ini bisa dikatakan bebas malaria dan semua pondokan memiliki layanan medis siap panggil. Banyak di antaranya yang juga memiliki layanan khusus untuk anak-anak, dan bahkan siap untuk menyambut si kecil dengan permainan dan paket safari yang didesain khusus untuk anak-anak kecil. Asyiknya, pengantrian di taman nasional ini tidak lama jadi si kecil tidak harus menunggu lama untuk melihat binatang liar nya.

Berada di kawah dari gunung berapi yang sudah mati, keindahan alam dari taman nasional ini bisa dikatakan sangat luar biasa. Dan bila si kecil, atau mungkin kamu sendiri, terbiasa bernyanyi lagu-lagu dari The Lion King, tidak ada salahnya mewujudkan mimpi dan petualangan mereka menjadi kenyataan.

Dapatkan Diskon 10% Penerbangan Ke Afrika Selatan

Uganda

Trekking Gorilla di Taman Nasional Bwindi – untuk petualangan seru seperti Tarzan dan Jane

Image credit: XA African Safaris

Trekking Gorilla dan explorasi hutan hujan Bwindi, yang berada di pinggiran Lembah Albertine Rift harusnya wajib masuk dalam setiap itinerary perjalanan ke Afrika. Karena kesempatan untuk melihat langsung Gorilla Gunung di habitat aslinya di tengah hutan yang rimbun dan hijau adalah pengalaman yang jarang didapatkan siapapun. Ini adalah sensasi yang kamu tidak mungkin bisa mendapatkan di kebun binatang manapun di dunia ini, mewujudkan impian para pecinta petualang sejati.

Image credit: Philip Kromer

Meskipun trek ini cukup sulit untuk ditembus (oleh sebab hutan Bwindi terkenal sebagai hutan yang sulit untuk ditembus) dan membutuhkan izin khusus untuk bisa masuk ke dalam. Semua keringat dingin yang keluar dari tengkukmu akan terasa setimpal untuk didapat, ketika kamu pertama melihat bayi gorilla berada di semak-semak yang ada di dekatmu.

Dapatkan Diskon 10% Penerbangan Ke Uganda

Zimbabwe

Glamping ramah lingkungan di Taman Nasional Hwange – untuk yang semangat hijau dan tetap mewah

Image credit: Elephant’s Eye Eco Lodge, Pindula

Meskipun berada di tengah taman, pondokan taman ini menyediakan akomodasi yang mewah dengan layanan kelas dunia dan sistem operasional dengan pendekatan ramah lingkungan. Bayangkan, tidur di kamar dengan tempat tidur ukuran king-size, dengan lampu yang ditenagai oleh sinar matahari, semua dan lebih sambil memberikan pengaruh positif pada komunitas lokal degan penginapan di taman ini, hebat kan?

Image credit: joepyrek

Dan mengapa tidak melakukan ini dekat kubangan air yang biasa dikunjungi mamalia terbesar di dunia, gajah Afrika? Taman Nasional Hwange bukan hanya terkenal sebagai rumah dari populasi terbesar gajah Afrika dan taman bermain bagi Cecil The Lion, tapi juga menjadi taman konservasi terbaik di negara untuk bisa melihat langsung gembsok (semacam antelope dengan tubuh besar berwarna cokelat) dan hyenas.

Safari sungai di Sungai Zambezi dan Air Terjun Victoria – untuk kamu yang memilih untuk tidak berjalan kaki

Image credit: Zambezi Safaris

Untuk penjelajahan yang sepenuhnya berbeda di Afrika, silakan pilih safari sungai di sungai Zambezi. Kamu akan menemukan buaya dan kuda nil yang berenang di sisi kiri dan kanan kapal kamu, kucing besar yang berusaha mengatasi dahaganya, dan gajah gajah yang mandi di perairan sungai yang dangkal. Kamu juga bisa melihat berbagai kawanan burung indah yang sedang bersantai, seperti burung kingfisher atau burung palm thrush. Kamu bisa memilih mengikuti cruise dengan kapal besar dan layanan cemilannya, atau mengayuh sendiri di sepanjang sungai dengan kano bersama guide berpengalaman.

Image credit: Wilderness Safaris

Tidak ada salahnya jika kamu juga berhenti di Air Terjun Victoria yang luar biasa. Air terjun ini menjadi air terjun terbesar di dunia, dengan bentang tebing yang teraliri air mencapai 1,708 meter. Kamu bahkan bisa mendengarkan guyuran air dari kejauhan, jauh sebelum kamu bisa melihat kabut  putih setinggi 400 meter hasil jatuhnya air dalam jumlah besar dari air terjun. Jadi masuk akal kan yah, warga lokal menyebut air terjun ini sebagai Mosi-o-Tunya, yang berarti Asap Yang Menggetarkan!

Dapatkan Diskon 10% Untuk Penerbangan Ke Zimbabwe

Tanzania

Safari balon di atas Taman Nasional Serengeti – untuk pasangan yang berbulan madu

Image credit: Siyabona Africa

Apa ada hal yang jauh lebih romantis dan menggugah dibanding melayang dengan anggun di langit bersama pasangan hidup kamu, melemparkan pandangan ke lanskap Serengeti yang luas, mencari singa yang mulai bangun ketika matahari terbit?

Jika kamu berkunjung mulai September hingga Juli, kamu akan menyaksikan keajaiban alam paling luar biasa di dunia yaitu, Migrasi Besar. Setiap tahunnya, jutaan wildebeest, zebra dan gazelles menyeberangi Serengeti, melewati para macan tutul dan buaya untuk mencari makanan dan minuman. Musim melahirkan biasanya terjadi pada Januari dan Februari, dan jika beruntung kamu mungkin bisa melihat langsung hewan mamalia yang baru lahir berusaha berdiri dan mengambil langkah pertamanya di dunia ini.

Dapatkan Diskon 10% Penerbangan Ke Tanzania

Botswana

Safari rumah pohon di Okavango Delta – untuk traveler pendamba kemewahan

Image credit: Timbuktu Travel

Botswana terkenal untuk kualitas medan yang bervariasi dan kekayaan margasatwanya, dan mungkin menjadi salah satu destinasi safari terbaik di Afrika. Okavango Delta juga termasuk dalam daftar destinasi Warisan Dunia dan sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam dari Afrika. Kekayaan populasi fauna, termasuk di dalamnya lebih dari 200,000 mamalia besar, mulai dari cheetah, anjing liar, monyet dan kerbau dengan tanduk besar. Dilindungi oleh Moremi Game Reserve, banyak sekali aktivitas safari tersedia di sini.

Image credit: Sanctuary Retreats

Untuk memaksimalkan pengalaman yang bisa kamu dapatkan, mengapa tidak tinggal di pondok rumah pohon eksklusif yang menyatu dengan aroma dan suara dari hutan? Kamu akan mendapatkan pemandangan alam yang tiada banding dari balkon pribadi, berendam di bak mandi yang nyaman dengan penerangan lilin yang romantis menjelang petang, dan masuk ke peraduan dengan bantal empuk di bawah langit di dek dengan atap terbuka. Mungkin saja, kamu akan terbangun dengan jerapah mengintip aktivitas tidur kamu!

Safari fotografi di Taman Nasional Chobe – pas untuk penggemar fotografi

Image credit: Aardvark Safaris

Jika kamu memilih destinasi liburan kamu dari apa yang bisa kamu lihat melalui lensa kamera, maka ekspedisi safari fotografi di Botswana adalah pilihan yang pas buat kamu. Memang, kamu akan mendapatkan gambar yang bagus di safari manapun, namun safari khusus dengan tema fotografi akan memberi kamu kesempatan khusus untuk bisa berada close-up dengan ‘target’ foto kamu untuk mendapat shot yang pastinya akan bikin teman-teman kamu  iri!

Image credit: Aardvark Safaris

Taman Nasional Chobe menawarkan banyak kesempatan untuk kamu bisa ‘menangkap’ keberagaman fauna. Hutan yang lebat, dataran yang dipenuhi air dan sungai di Sungai Chobe banyak didatangi beragam mamalia, burung yang langka dan predator besar. Kamu juga akan memiliki kesempatan mengunjungi camp khusus dengan tempat mengambil gambar yang tersembunyi untuk mendapatkan sudut pandang terbaik. Wow!

Bergabunglah dengan salah satu safari yang dikelola oleh fotografer fauna profesional dan ikut dalam kendaraan spesial yang tersedia, dengan fasilitas kamera putar dan area penyimpanan bebas debu.

Dapatkan Diskon 10% Penerbangan Ke Botswana

Kenya

Suite tenda di Cagar Alam Maasai Mara – untuk para Instagrammer

Image credit: Angama Mara (atas); Son of Groucho (bawah)

Berkelana dan berpetualang di alam liar Afrika, kamu kemungkinan akan kesulitan mendapatkan sinyal untuk handphone kamu. Tapi, untuk kamu yang tidak bisa lepas dari smartphone dan harus terkoneksi dengan teman dan keluarga di rumah, Kenya menjadi negara terbaik untuk dikunjungi. Kebanyakan hotel besar dan pondokan memiliki layanan WiFi dan operator jaringan Safaricom menawarkan bundling yang bagus dengan jaringan 3G hampir di semua penjuru Kenya.

Tapi, safari ke Afrika seharusnya untuk menikmati pemandangan alam liar yang luar biasa dan Cagar Alam Maasai Mara adalah salah satu spot terbaik, tempat di mana kamu bisa melihat langsung aktivitas singa, zebra dan kuda nil. Coba datang pada bulan Juni hingga Agustus untuk melihat sisi lain dari Migrasi Besar, ketika wildebeest kembali dari Serengeti untuk makan padang rumput yang hijau dan subur di sini.

Dapatkan Diskon 10% Penerbangan Ke Kenya

Zambia

Safari berjalan kaki di Lembah Luangwa – pas untuk penjelajah sejati

Image credit: The Explorations Company

Ada banyak cara menikmati kekayaan alam di Afrika, dan tidak ada salahnya melengkapi pengalaman safari kamu dengan beragam gaya safari yang ditawarkan untuk bisa melihat apa yang ada di balik semak-semak Afrika. Menjadi pencapaian tersendiri bisa melihat langsung salah satu dari penguasa Lima Besar Afrika di habitatnya, tapi akan menjadi pengalaman yang sepenuhnya berbeda untuk bisa bertemu dengan mereka secara langsung, ketika bersafari dengan jalan kaki.

Tempat terbaik untuk melakukan safari ini adalah Lembah Luangwa di Zambia, tempat lahirnya safari jalan kaki yang biasa disebut sebagai The Real Africa. Kamu bisa berharap menjalani ekspedisi ke wilayah yang masih alami, dataran savana yang masih hijau dengan ditemani guide yang paham benar dengan lokasi ini.

Image credit: Natural High Travel

Ketika kamu melakukan penjelajahan, akan sangat penting untuk mengikuti petunjuk dari guide kamu setiap berdekatan dengan hewan liar, karena hal kecil bisa sangat menentukan, misalnya jejak kaki di tanah, tanda gigitan di vegetasi, dan aroma udara yang terbang bersama angin. Dan kamu tidak akan pernah melupakan bagaimana rasanya bulu kuduk berdiri karena rasa takut dan cemas yang terus menerus muncul, atau pengalaman berhadapan satu sama lain, memandang jauh ke dalam mata singa, gajah atau badak yang tepat ada di depan kamu. Wow!

Dapatkan Diskon 10% Penerbangan Ke Zambia

Promosi Ethiopian Airlines

Terima tantangan ke alam liar hari ini dengan program fantastis Ethiopian Airlines ke seluruh Afrika, Sao Paulo dan Buenos Aires!

Dapatkan diskon 10% ketika kamu melakukan booking online mulai dari hari ini hingga 30 November 2018. Kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak rewards ketika melakukan booking untuk getaway kamu berikutnya dengan menggunakan aplikasi mobile Ethiopian, seperti diskon 15% semua penerbangan dan bonus 500 ShebaMiles*.

Terbang ke Afrika dengan Ethiophian Airlines

 

Terlepas dari ketertarikan kamu untuk menjelajahi dataran safari seperti sebuah keluarga singa, mengapung di sungai seperti kuda nil atau bersantai di rumah pohon layaknya leopard, selalu ada safari untuk setiap tipe traveler dengan beragam gaya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru