8 Film Horor Korea Dengan Cerita Menyeramkan Dan Menegangkan

Industri hiburan Korea Selatan semakin melesat dengan banyaknya drama dan film yang semakin dilirik penonton internasional. Tak hanya drama-drama yang memiliki alur cerita yang beragam, film Korea juga semakin ramai dengan banyak kisah menarik mulai dari genre romantis yang bikin baper hingga action serta horor yang bikin penonton senam jantung. Kualitas sinematografi yang apik membuat film buatan Korea begitu dinanti oleh banyak penggemarnya bahkan hingga berhasil menorehkan prestasi besar seperti film Parasite.

Membahas film Korea, genre horor juga semakin bertumbuh pesat dan tak kalah dengan film-film horor Amerika dan negara Asia lainnya seperti Thailand dan Jepang. Menariknya film horor Korea tidak hanya memiliki alur cerita yang menengangkan saja tapi juga berbeda dan sulit ditebak hingga plot twist yang bikin penonton semakin menyukainya. Untuk menambah kengerian, film juga memakai sound yang membuat film tersebut semakin nyata. Berani nonton? Berikut rekomendasi film horor Korea yang harus ditonton oleh para pemberani.

1. The Wailing

Film Horor Korea - The Wailing
Image credit: Viu

Rilis tahun 2016, film The Wailing menjadi salah satu film horor Korea Selatan terpopuler sepanjang masa ini berhasil menarik minat penonton, bukan hanya di negara asalnya saja, tapi juga dari berbagai negara lain. Menariknya, film horor ini dapat dikatakan tidak memiliki jumpscare namun mampu menghadirkan alur yang membuat bulu kuduk penonton berdiri.

Menceritakan tentang misteri kematian di sebuah desa kecil bernama Gokseong. Kejadian ganjil terus terjadi di desa hingga kematian mendadak pada sejumlah warga desa membuat penduduk baru asal Jepang dicurigai sebagai pelakunya. Sepanjang film, kamu akan dibuat untuk menebak pelaku dan melihat unsur pemujaan setan yang menyeramkan.

2. The Medium

The Medium
Image credit: IMDb

Film horor terbaru Korea Selatan ini sedang ramai dibicarakan banyak orang karena menampilkan alur cerita yang berbeda. Film ini dibuat seperti film dokumenter di mana membuat cerita menjadi lebih terasa nyata dan seram. Tak tanggung-tanggung, The Medium digarap oleh rumah produksi dan sutradara dua negara yaitu sutradara film The Wailing dari Korea Selatan dan sutradara film Shutter dari Thailand.

Dengan genre horor supranatural, film ini berkisah tentang keluarga keturunan dukun di Isan, Thailand. Penduduk setempat yang masih mempercayai adanya roh di sekitar mereka dan bisa merasuki seseorang hingga berbagai tradisi yang dilakukan oleh sang dukun ditampilkan begitu mengerikan.

3. Gonjiam: Haunted Asylum

Film Horor Korea - Gonjiam: Haunted Asylum
Image credit: IMDb

Nama Gonjiam terkenal sebagai salah satu rumah sakit di Korea Selatan yang sudah terbengkalai lama. Ditutup sejak tahun 1996, Gonjiam banyak dijadikan tujuan para pecinta horor yang penasaran dengan tempat ini. Karena image-nya yang kuat sebagai tempat angker paling legendaris di negeri Ginseng, rumah sakit jiwa ini akhirnya diangkat menjadi alur film horor yang tak kalah populer.

Gonjiam: Haunted Asylum menceritakan 5 anak muda berprofesi youtuber yang suka menantang diri mereka sendiri dengan mengunjungi tempat-tempat angker. Saat menginjakkan kaki di rumah sakit jiwa ini, perjalanan mereka awalnya baik-baik saja. Namun semakin lama menelurusinya, semakin banyak hal seram yang terjadi pada mereka. Sepanjang cerita, film ini berhasil membuat para penonton ikut merasakan ketegangan dan ketakutan.

4. Warning: Do Not Play

Film Horor Korea - Warning: Do Not Play
Image credit: IMDb

Sebelum populer di drama It’s Okay to Not Be Okay, Seo Yea Ji di tahun 2019 membintangi film horor berjudul Warning: Do Not Play. Di film ini ia berperan sebagai Park Mi Jung, sutradara pendatang baru yang memiliki keinginanan untuk membuat film horor.

Suatu ketika ia mendengar tentang film horor karya sutradara Kim Jae Hyun (Jin Seon Kyu) yang pernah dilarang 8 tahun lalu. Bukannya takut, ia justru semakin penasaran dan berambisi untuk mencari tahu sehingga inspirasi dapat segera ia dapatkan. Setelah menemukan film tersebut, Mi Jung justru semakin merasakan kejadian aneh dan mengerikan.

5. The 8th Night film horor korea

The 8th Night
Image credit: Netflix

Selain The Medium, fim The 8th Neight juga merupakan film horor Korea terbaru yang rilis pada 2 Juli lalu. Berkisah tentang penangkapan makhluk berbahaya yang dapat membahayakan manusia hingga meninggal. Hal ini terjadi karena pintu neraka yang terbuka di abad ke-25.

Untuk menangkap mereka, Jin Soo (Lee Seung Min) dibantu oleh Chang Seok (Nam Da Reum). Tak mudah untuk melakukanya, mereka harus bertarung yang mempertaruhkan hidup dan mati agar para makhluk tersebut tidak memakan korban lebih banyak lagi.

6. The Grotesque Mansion

The Grotesque Mansion
Image credit: IMDb

Tak kalah populer dengan film horor lainnya, The Grotesque Mansion juga ramai dibicarakan belakangan ini. Film ini terinspirasi dari cerita gabungan cerita-cerita horor dari sebuah apartemen yang konon katanya pernah digunakan sebagai tempat pemujaan.

Suatu hari seorang wanita yang bekerja sebagai komikus webtoon sedang merasakan kebuntuan dalam mencari ide cerita. Lalu ia mendatangi sebuah gedung apartemen tua penuh misteri dan mencari tahu cerita-cerita tentang bangunan ini. Karena perusahaan menuntut ia membuat cerita yang lebih panjang, maka ia memutuskan kembali ke apartemen tersebut dengan rasa penasaran yang lebih hingga berujung membawa petaka.

7. The Piper film horor korea

Film Horor Korea - The Piper
Image credit: IMDb

Mengambil latar pada era 1950-an, film ini menceritakan seorang ayah dan anaknya penderita TBC yang ke Seoul untuk berobat. Saat perjalanan, mereka menemukan jalan setapak yang menuju ke sebuah desa makmur dan damai. Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk pindah dan hidup di desa itu.

Selama menjadi warga desa, sang ayah bekerja sebagai pembasmi tikus yang menyerang pertanian warga. Suatu hari ia jatuh cinta dengan wanita muda yang berprofesi dukun. Saat menjalin hubungan, kejadian buruk pun terus dirasakan sang ayah hingga membuat cerita semakin menegangkan.

8. A Tale of Two Sisters film horor korea

A Tale of Two Sisters
Image credit: IMDb

Dua perempuan bersaudara yang habis mendapatkan perawatan lama di rumah sakit akhirnya kembali pulang ke rumah. Karena sang ibu sudah meninggal, mereka pun harus hidup bersama ayah dan ibu tiri. Namun kematian ibunya membuat mereka menaruh curiga dan merasakan sesuatu yang berbeda.

Perlakuan tidak adil harus mereka dapatkan dari ibu tirinya. Sang kakak terus berusaha menjaga sang adik yang lebih pemalu agar tidak dipukuli oleh ibu tiri mereka. Suatu ketika deretan hal-hal yang tidak dapat dijelaskan mulai terjadi rumah. Namun anehnya kejadian ini hanya mereka saja yang merasakannya.

Baca juga: 6 Film Horor Asia Terbaru Di Netflix Yang Akan Membuat Berdebar

Itulah rekomendasi film horor Korea Selatan yang tidak hanya menamilkan adegan penuh jumpscare semata tapi juga memiliki alur cerita yang menarik untuk diikuti. Apalagi kualitas sinematografi hiburan Korea memang sudah dikenal sangat baik dan dikung pula musik yang menambah ketegangan penontonnya.


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru