10 Galeri Seni Di Jakarta Yang Keren Untuk Liburan Akhir Pekan Kamu

Akhir pekan sudah di depan mata, tapi kamu belum tahu mau ke mana? Kalau kamu tinggal di Jakarta, tidak perlu bingung karena Jakarta adalah rumah dari berbagai galeri seni yang keren.  Selain instagramable, kamu dapat menambah wawasan dan teman karena terdapat agenda kegiatan di galeri-galeri seni ini. Ikutilah berbagai aktivitas yang diadakan dan akhir pekanmu tidak akan terbuang sia-sia!

Kamu dapat mengajak teman atau keluarga untuk mengunjungi galeri seni, bahkan ada beberapa tempat yang juga cocok untuk anak-anak. Bagi kamu yang mengaku penikmat seni, kesempatan menyambangi galeri-galeri yang apik ini bisa membuatmu lupa waktu. Simak pilihan galeri seni ternama di Jakarta yang sudah dirangkum TripZilla dan jangan lupa siapkan kamera karena banyak spot artistik yang sayang untuk dilewatkan!

1. Oase bagi pegiat seni di barat Jakarta – Museum Macan

Image credit: @museummacan

Macan merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum Macan menggelar berbagai benda dan instalasi buatan perupa seni dari seluruh dunia. Kamu dapat menyaksikan pameran dengan tema yang bervariasi secara bergiliran. Bagian paling asyik adalah seringkali terdapat instalasi seni yang sifatnya interaktif. Kamu dapat ikut berpartisipasi untuk melengkapi instalasi yang ada. Menarik dan bikin penasaran nih!

Image credit: @eatandtreats

Kalau kamu ingin mengajak anak-anak, di Museum Macan terdapat permainan yang dinamakan Berburu Harta Karun. Peserta yang diizinkan hanya sampai usia pelajar. Ketika anak-anak sedang bermain, kamu bisa selfie di sini. Namun tidak diizinkan untuk membawa kamera, sehingga kamu cukup menggunakan kamera telepon genggam untuk bergaya di spot yang menarik. Jika sudah selesai mengeksplorasi museum, kamu dapat menuju ke kafe di dalam museum untuk bersantai menikmati atmosfer yang ada.

Image credit: @museummacan

Lokasi: AKR Tower Level M, Jl. Perjuangan No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Jam buka: Selasa sampai Minggu, 10.00-19.00 WIB
Harga tiket masuk: mulai dari 80,000 IDR.

2. Nikmati berbagai warna dan bentuk karya seni kontemporer yang menarik  – Art:1 New Museum

Image credit: @art1newmuseum

Art:1 New Museum and Art Space ini dulunya bernama Galeri Mon Decor, yang sudah berdiri sejak 1983. Di sini bukan hanya pameran saja yang diadakan tapi juga berbagai kegiatan seni lain seperti restorasi karya seni. Karya seni yang ditampilkan di galeri seni di Jakarta ini semuanya buatan seniman Indonesia dan bernuansa kontemporer, unik, keren dan sangat menggoda untuk dijadikan latar foto. Museum ini pernah menyabet gelar The Best Gallery of the Year Award di tahun 2010 dan menjadi galeri favorit di Amica Indonesia Award.

Image credit: @art1newmuseum

Kalau kamu datang di saat yang tepat, kamu bisa mengikuti aneka kegiatan yang diadakan seperti kelas melukis, menonton bersama dan acara musik. Jika kamu ingin membuat acara pribadi seperti perayaan ulang tahun, boleh juga menyewa tempat di sini. Adanya berbagai pilihan yang ditawarkan membuat kamu tidak akan bosan untuk menghabiskan waktu di galeri seni di Jakarta ini.

Image credit: @art1newmuseum

Lokasi: Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Gunung Sahari Utara, Jakarta Pusat.
Jam buka: Pukul 10.00-18.00 WIB, hari Selasa sampai Minggu.
Harga tiket masuk: mulai dari 75,000 IDR.

3. Asah ketajaman rasa senimu di tengah karya pelukis ternama – Galeri Hadiprana

Image credit: @hannyradiawan

Galeri Hadiprana ini sudah berdiri sejak tahun 1961 dan pindah ke Kemang sejak tahun 1997. Kamu dapat menemukan koleksi kerajinan tangan, lukisan, tekstil, perhiasan, perabotan dan patung yang bernilai seni tinggi. Ada juga kelas kesenian yang bisa diikuti oleh anak-anak atau orang dewasa. Kamu dapat membayar sesuai pilihan kelas yang ingin kamu ikuti dan untuk detilnya dapat kamu lihat di www.hadiprana.co.id.

Image credit: @batik_liya

Saat menjelajahi galeri seni di Jakarta ini, kamu juga dapat menemukan butik yang menjual pakaian dari desainer Indonesia dan pada waktu tertentu juga diadakan kegiatan tari. Yang jelas, semua kegiatan seni di Galeri Hadiprana diprakarsai oleh seniman Indonesia sehingga kita bisa berbangga saat menyaksikan karya-karya indah yang dipamerkan di sini.

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 30, Bangka, Jakarta Selatan.
Jam buka: Pukul 10.00-17.00 WIB, hari Senin sampai Sabtu.
Harga tiket masuk: Gratis.

4. Ruang berkesenian dengan kedai kopi unik – Dia.Lo.Gue Artspace

Image credit: @kenzie_delwyn (kiri atas dan kanan atas), @sqeetoo (kiri bawah) dan @rraquel12 (kanan bawah)

Dia.Lo.Gue Artspace ini sudah terkenal di kalangan anak muda, terutama karena adanya kedai kopi dengan tangga yang kece untuk selfie. Namun selain itu, kamu juga bisa mendapati berbagai program pameran dan kegiatan yang seru untuk diikuti. Tempat ini juga menjual berbagai produk yang dapat kamu beli secara langsung atau melalui toko daring.

Menariknya, di tempat ini ada program residensi dan pesertanya tidak perlu memiliki latar belakang seni. Di akhir tahun, hasil karya dari para peserta akan dipamerkan. Seru dan bisa jadi pengalaman yang berkesan banget, lho!

Lokasi: Jl. Kemang Selatan No. 99A, Bangka, Jakarta Selatan.
Jam buka: Pukul 09.30-18.00 WIB (Senin-Kamis), pukul 09.30-21.00 WIB (Jumat), pukul 09.00-21.00 WIB (Sabtu-Minggu).
Harga tiket masuk: Gratis (untuk pameran yang terbuka bagi publik).

5. Galeri dengan koleksi yang mendunia – Edwin’s Gallery

Image credit: @yayasung_

Keunikan pertama yang akan kamu temui di galeri ini adalah dari arsitektur bangunannya. Pada bagian luar bangunan diberi gaya etnik Jawa sedangkan di bagian dalamnya bergaya kontemporer. Kamu akan menikmati berbagai lukisan maupun seni instalasi yang indah dan menarik. Pameran karya seni di galeri ini akan diganti secara periodik sesuai dengan tema-tema yang diangkat.

Image credit: @papermoonpuppet

Pemilik galeri ini, Edwin Rahardjo, sudah sering membawa koleksinya untuk dipamerkan di mancanegara. Jadi galeri ini layak banget untuk dikunjungi karena kamu dapat melihat karya seni yang berkelas tanpa perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri!

Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 21, Bangka, Jakarta Selatan.
Jam buka: Pukul 09.00-17.00 WIB, hari Senin sampai Sabtu.
Harga tiket masuk: Gratis.

6. Galeri yang ikonik di pusat kota – Galeri Nasional

Image credit: @viratanka

Galeri Nasional ini adalah galeri milik pemerintah yang merupakan bangunan cagar budaya. Bangunan berdesain kolonial ini sudah berdiri sejak tahun 1900 dan dulunya adalah bagian dari Gedung Pendidikan  yang digunakan untuk asrama khusus wanita. Saat ini Galeri Nasional merupakan tempat dari berbagai bentuk karya seni yang ditampilkan secara bergilir.

 

Image credit: @poergram

Karya seni yang dipamerkan juga ada yang bersifat interaktif sehingga tidak membosankan. Selain pameran, ada juga seminar mengenai kesenian yang diadakan di sini. Tempat bersejarah, bangunan yang cantik dan bisa menambah wawasan, Galeri Nasional adalah paket yang komplit sebagai tujuan untuk berakhir pekan.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat.
Jam buka: Pukul 09.00-16.00 WIB, hari Selasa sampai Minggu.
Harga tiket masuk: Gratis.

7. Galeri dengan komunitas seni yang seru – Galeri Salihara

Image credit: @aditohadit

Galeri Salihara ini memiliki komunitas yang bernama Komunitas Salihara, yang didirikan oleh Goenawan Mohamad, seorang sastrawan dan mantan pemimpin redaksi Majalah Tempo. Selain tempat pameran karya seni, ada juga tempat yang dapat disewakan untuk pertunjukan seni di sini.  Dalam satu kompleks terdapat empat bangunan utama yaitu Teater Salihara, Galeri Salihara, Anjung Salihara dan ruang perkantoran.

Image credit: @laruye

Kamu dapat memilih ingin melihat pameran, mengikuti berbagai kelas yang diadakan, menonton pertunjukan seperti teater atau tarian, berbelanja di Galeri Salihara yang menjual berbagai pernak-pernik atau bersantai di kafe yang ada. Banyak agenda kesenian yang ada di sini dan kamu dapat mengeceknya di www.salihara.org. Jangan sampai ketinggalan ya, siapa tahu kamu menemukan acara yang cocok dengan minatmu!

Lokasi: Jl. Salihara No. 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Jam buka: Pukul 09.00-21.00 WIB, hari Senin sampai Minggu.
Harga tiket masuk: Bervariasi sesuai acara yang digelar.

8. Melihat galeri internasional dengan koleksi barang antiknya – Bartele Gallery

Image credit: @cindysuw

Selain memamerkan barang antik, kamu juga bisa melakukan jual beli di sini, lho! Bartele Gallery ini unik karena mempunyai koleksi peta antik dan orisinil selain koleksi lain seperti lukisan hingga dekorasi rumah yang jumlahnya mencapai ribuan. Didirikan oleh Bartele Santema dan dikurasi oleh David E. Parry yang adalah seorang ahli kartografi, galeri ini sudah membuka cabang hingga ke Belanda.

Image credit: @bartelegallery

Koleksi di galeri ini selalu ditambah sehingga isinya selalu berkembang, bahkan mereka juga mempunyai toko daring untuk menjual koleksi peta antik. Dengan dekorasi yang keren dan unik, tempat ini perlu banget untuk kamu kunjungi!

Lokasi: Hotel Mandarin Oriental, Jl. Jenderal Sudirman, Menteng, Jakarta Pusat.
Jam buka: Pukul 11.00-20.00 WIB, hari Senin sampai Minggu.
Harga tiket masuk: Gratis.

9. Mau apa saja ada di sini – Gudang Sarinah Ekosistem

Image credit: @evelyntamaraw

Gudang Sarinah Ekosistem ini dulunya merupakan bangunan terbengkalai yang kemudian diperbaiki dan menjadi tempat melakukan berbagai aktivitas seni. Kamu dapat mencari agenda kegiatan di tempat ini dan dapat memilih acara yang ingin kamu lihat misalnya bazaar, pameran atau konser musik. Gudang Sarinah ini juga menjadi tempat bagi organisasi seni Ruang Rupa atau RuRu yang menjual berbagai hasil karya dari musisi indie dan mempunyai program RuRu Radio. Adapula musisi internasional yang pentas di sini. Menarik nih bagi kamu penyuka dunia musik!

Image credit: @stephaniekristanti

Setiap bulannya, ada acara Pasar Tumpah Ruah yang merupakan garage sale, di mana kamu bisa mendapatkan barang-barang nyeni dengan harga terjangkau. Jika ingin unjuk kemampuan, kamu juga dapat menyewa tempat di sini. Ada tiga tempat berukuran sekitar 300 meter persegi yang dapat disewakan.  Kurang apalagi, ayo ajak teman-temanmu untuk datang ke galeri seni di Jakarta ini!

Lokasi: Jl. Pancoran Timur II No. 4, Pancoran, Jakarta Selatan.
Jam buka: Pukul 10.00-17.00 WIB (hari Senin sampai Jumat), pukul 13.00-19.00 WIB (hari Sabtu sampai Minggu).
Harga tiket masuk: Gratis.

10. Mengintip karya seni sekaligus pertunjukan berkelas dunia – Ciputra Artpreneur

Image credit: @chacaatmika

Gedung Ciputra Artpreneur terdiri dari tiga bagian yaitu museum, galeri dan teater. Museum Ciputra Artpreneur dibuka untuk memperingati 100 tahun almarhum pelukis dan pematung Hendra Gunawan.  Seluruh barang-barang di museum ini merupakan koleksi pribadi dari almarhum Ir. Ciputra yang memang bersahabat dekat dengan Hendra Gunawan. Selain dapat menikmati koleksi ini, kamu juga bisa datang ke galerinya. Di galeri seni di Jakarta ini terdapat agenda pameran tematik yang memiliki koleksi berbeda-beda yang keren dan kamu juga dapat menemukan aneka spot yang instagramable.

Image credit: @artpreneur

Teater di Ciputra Artpreneur dibangun dengan fasilitas mumpuni yang sering mementaskan pertunjukan dari seniman mancanegara. Berkapasitas 1,157 kursi dan juga dilengkapi dengan ruangan VIP dan area untuk makan, teater ini cocok untuk mementaskan pertunjukan drama dan musik atau acara penghargaan. Akhir pekanmu dijamin akan makin berkesan setelah menonton pementasan di teater yang megah ini!

Lokasi: Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 3-5 Ciputra World 1, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.
Jam buka: Pukul 12.00-18.00 WIB hari Selasa sampai Minggu.
Harga tiket masuk: Bervariasi sesuai acara yang digelar.

Baca juga: 6 Museum Di Jakarta Yang Unik, Anti-Mainstream Dan Mengesankan

Banyak kan galeri seni yang dapat menjadi pilihanmu di Jakarta? Kamu dapat mengecek jadwal kegiatan beserta biaya yang diperlukan melalui website atau instagram galeri tersebut. Walaupun tidak semuanya gratis, tapi biaya yang dibayarkan akan sepadan dengan pengalaman yang kamu peroleh. Setelah datang ke satu tempat, bisa jadi kamu ketagihan ingin menjelajahi galeri-galeri lainnya juga lho!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru