6 Museum Di Jakarta Yang Unik, Anti-Mainstream Dan Mengesankan

Apa kesan yang kamu dapatkan bila mendengar kata museum? Gedung besar dengan gaya art-deco, tidak menarik, oldies, penuh barang-barang usang dengan kesan suram? Well, tidak semua museum di Jakarta menawarkan pesona yang begitu, kok!

Faktanya, ada banyak museum di Jakarta yang memiliki karakter dan nuansa yang tidak biasa dan anti-mainstream untuk bisa dinikmati, dan pastinya tidak membosankan. Bahkan, tidak sedikit juga yang menawarkan nuansa Instagenik, yang membuat siapapun tertarik mengarahkan kamera pintar untuk mengabadikan keunikan spot yang bisa ditemukan.

Apakah kamu tertarik mengunjungi museum tidak biasa, namun tetap mengusung semangat edukasi dan informasi, tanpa meninggalkan perannya sebagai salah satu penyimpan sejarah Indonesia dan dunia? Enam museum di Jakarta ini bisa menjadi alternatif jujukan wisata kamu. Cekidot, ya!

1. Nuansa hijau di padatnya Jakarta – Museum Di Tengah Kebun

Tidak banyak yang tahu ada surga alam yang hijau di tengah kota Jakarta yang padat dan penuh bangunan bertingkat. Nuansa hijau yang menyejukkan itu ada di wilayah Kemang.

Image credit: @belut004

Disambut pintu kayu besar yang memisahkan pusat keramaian di Kemang dengan surga di dalamnya, Museum di Tengah Kebun menawarkan topeng, patung hingga fosil pohon, kerang hingga lebah dari era Triassic dan Jurasic untuk dilihat. Total, ada sekitar 2,800-an koleksi barang yang dipamerkan, yang memiliki nilai sejarah dan cerita menarik di dalamnya. Kamu bisa mengikuti kisah di balik setiap item barang yang dipamerkan dengan terpana.

Image credit: @museumditengahkebun

Namun, ada syarat khusus untuk bisa masuk museum di Jakarta yang cukup eksotik ini. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk, namun harus datang dalam rombongan antara tujuh dan 12 orang. Waktu berkunjung juga harus ditetapkan jauh-jauh hari untuk bisa masuk di museum yang memiliki gazebo asyik di tengahnya untuk menikmati nuansa dan atmosfer alami museum ini. Tertarik untuk datang?

Image credit: @museumditengahkebun

Lokasi: Jl. Kemang Timur Raya Nomor No.66, RT.7/RW.3, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Kontak: (021) 7196907
Harga tiket: Gratis, namun dengan syarat dan kondisi tertentu

2. Menikmati seni modern dan kontemporer dunia – Museum MACAN

Image credit: @museummacan

Oke, jangan membayangkan kamu akan melihat harimau, singa atau sebangsanya di salah satu museum di Jakarta ini. Malahan, yang bakal kamu nikmati adalah hasil seni modern dan kontemporer asal Indonesia dan Internasional. Keren banget, lho!

Image credit: @eatandtreats

Setidaknya ada 90 karya seni rupa dan kontemporer dari Indonesia dan internasional yang dipamerkan di sini. Salah satu karya seni yang paling menyita perhatian adalah Infinity Mirrored Room dari Yayoi Kusama, seniman asal Jepang.

Image credit: @museummacan

Bagi penikmat seni instalasi atau hasil karya seni tidak biasa dengan gaya kontemporer dengan berbagai media dan teknik, museum ini menjadi lokasi yang pas untuk menjadi jujukan, untuk sekadar menikmati karya seni, atau juga belajar mengenai aliran seni kontemporer.

Image credit: @museummacan

Lokasi: AKR Tower Level MM, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Kontak: (021) 22121888
Harga tiket: 50,000 IDR untuk dewasa, 40,000 IDR untuk lansia dan pelajar, dan 30,000 IDR untuk anak-anak.

3. Satu pemberhentian untuk semua karya seni – Art 1: Museum

Museum di Jakarta ini sebelumnya adalah galeri seni bernama Galeri Seni Mon Decor, sebelum berganti nama pada 2011. Tujuan didirikannya museum ini adalah sebagai sarana dan wadah bagi para seniman untuk memamerkan karya dan melakukan kegiatan lainnya.

Image credit: @art1newmuseum

Ada berbagai macam koleksi lukisan, patung hingga karya instalasi di museum ini, terutama di bagian New Museum. Sementara di Art Space, kamu juga bisa menjumpai beragam karya fotografi, seni instalasi dan video art, serta masih banyak lagi lainnya.

Image credit: @art1newmuseum

Bagi penikmat seni kontemporer, Art 1: Museum bisa dikatakan sebagai surga. Namun, mereka yang awam akan seni instalasi juga bisa menikmati hasil karya yang ditampilkan karena sejumlah karya juga cukup menarik untuk diperhatikan.

Image credit: @art1newmuseum

Lokasi: Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, RT.4/RW.6, Gn. Sahari Utara, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Kontak: (021) 64700168
Harga tiket: 125,000 IDR untuk warga negara asing, 100,000 IDR untuk umum dan 75,000 IDR untuk pelajar

4. Ruang seni penuh histori – Museum Toeti Heraty

Dari sekadar galeri menjadi museum yang jauh lebih mengesankan. Itulah gambaran singkat dan dangkal, namun bisa menggambarkan seperti apa salah satu museum di Jakarta yang cukup unik dan anti-mainstream ini.

Image credit: @ferdidie

Berbeda dari museum pada umumnya, Museum Toeti Heraty memiliki koleksi banyak karya seni seniman besar Indonesia. Bukan hanya lukisan, tapi juga patung dan benda lain yang memiliki nilai histori berharga. Harta lain dari museum ini yang tidak bisa dilewatkan adalah ribuan literatur dengan tema perempuan dan arsitektur.

Image credit: @melanisetiawan

Tidak hanya menikmati ribuan karya seni yang terbagi dalam dua bangunan, museum ini juga memiliki auditorium, ruang rapat, kafe dan lima unit kamar homestay yang cozy. Tertarik bermalam di sini?

Image credit: @ex_badboy

Lokasi: Jl. HOS. Cokroaminoto No: 9 – 11 Menteng, Jakarta
Kontak: (021) 3911823
Harga tiket: 10,000 IDR

5. Museum kekinian yang Instagenik – MOJA Museum

Image credit: @janeanatahasaa (kiri), @khatycai

MOJA Museum menjadi salah satu bukti bahwa museum tidak lagi identik dengan bangunan suram dan membosankan. Malahan, di MOJA Museum, banyak spot Instagenik yang malah dijadikan andalan.

Image credit: @crosemarie, @mojamuseum

Seni instalasi menjadi sajian utama di museum ini. Setidaknya ada 14 ruang berbeda dengan desain unik dan Instagenik untuk kamu menambah koleksi foto di akun sosial media.

Image credit: @chyntiaerli (kiri), @mojamuseum

Lokasi: Jl. Metro Pondok Indah Blok Tb No.27, RT.9/RW.16, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta
Kontak: 0822-7300-0730
Harga tiket: 100,000 IDR untuk dewasa, 90,000 IDR untuk lansia dan anak-anak saat Weekday, 125,000 IDR untuk dewasa dan 115,000 IDR untuk lansia dan anak-anak saat akhir pekan dan hari libur

6. Mengenal sejarah layang-layang – Museum Layang-Layang

Layang-layang memiliki museumnya sendiri. Ya, Museum Layang-Layang ini menampilkan ratusan layang-layang dengan bentuk, sejarah dan cerita yang luar biasa.

Image credit: @museumlayanglayangindonesia

Memasuki area museum, kamu akan mendapatkan kesan lingkungan yang asri dengan banyak layang-layang menemani di setiap penjelajahan kamu. Ada juga pemutaran video untuk menginformasikan sejarah layang-layang. Kamu juga bisa membuat kaos untuk souvenir, bahkan diajari membuat layang-layang.

Image credit: @christine_senna_ebenezer

Lokasi: Jl. H. Kamang No.38, RT.8/RW.10, Pd. Labu, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Kontak: (021) 7658075
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

Baca juga: 15 Museum Di Jogja Yang Keren Untuk Wisata Edukasi Yang Menyenangkan

Tertarik berkunjung ke salah satu museum di Jakarta yang unik dan anti-mainstream di atas?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru