8 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Liburan Ke Thailand

Peribahasa “di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung” wajib dipahami oleh setiap wisatawan asal Indonesia yang ingin liburan ke luar negeri, termasuk kamu. Soalnya, bila warga pendatang menghormati adat dan istiadat setempat, warga lokal pun akan memberikan penghargaan dan penghormatan yang sama. Karena itu penting sekali bagi setiap traveler, terutama yang berasal dari Indonesia, untuk menghormati etika, norma dan aturan yang ada. Pun demikian saat kamu mendapat kesempatan liburan ke Thailand. Ada sejumlah etika, norma dan peraturan tidak tertulis yang harus kamu patuhi agar tidak menyinggung warga lokal. Agar tidak membuat masyarakat lokal tersinggung, inilah sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan turis saat liburan ke Thailand.

1. Bermesraan di ruang publik

Sebagaimana negara Asia lainnya, Thailand juga mengusung norma ketimuran dan bermesraan di tempat publik atau fasilitas umum bukanlah hal yang sopan untuk dilakukan. Hal semacam itu membuat warga lokal “gerah”, tidak nyaman dan risih. Karena itu, hindari aktivitas bermesraan di tempat publik, termasuk bergandengan tangan sekalipun.

2. Berpakaian tidak sopan saat mengunjungi tempat ibadah

Thailand memiliki banyak tempat wisata bernuansa religius, mulai dari kuil, klenteng hingga pagoda dan masih banyak lagi lainnya. Untuk menunjukkan rasa hormat, penting sekali bagi warga pendatang untuk mengenakan pakaian yang sopan, menutup bahu dan tidak mengumbar keseksian, seperti hotpants hingga tank tops.

3. Bersikap tidak hormat pada Raja Thailand dan keluarga kerajaan

Hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan ke Thailand adalah menunjukkan sikap tidak hormat kepada Raja Thailand dan keluarga kerajaan. Jangan berpikir untuk menunjukkan sikap yang tidak pantas kepada Raja dan keluarga kerajaan Thailand karena hal tersebut bisa berimbas pada hal yang buruk, baik secara hukum maupun dari sudut pandang sosial.

4. Bersikap sembrono mengenai Budha

Dengan mayoritas masyarakat Thailand mempraktekkan Budhaisme, penting sekali untuk menunjukkan rasa hormat pada setiap simbol religi agama Budha, termasuk patung Budha yang banyak tersebar di kuil yang ada di Thailand. Kamu juga dilarang berdiri atau bersandar di atas patung Budha, atau menirukan gerak patung saat berfoto, dan tidak boleh menunjuk patung Budha dengan kaki.

5. Menunjuk dengan menggunakan telunjuk atau kaki

Menunjuk sesuatu dengan menggunakan jari telunjuk bukanlah hal yang normal di Thailand. Bahkan hal tersebut termasuk sesuatu yang tidak boleh dilakukan saat liburan ke Thailand. Pasalnya masyarakat Thailand menilai menunjuk dengan menggunakan jari telunjuk adalah tindakan yang tidak sopan. Selain itu, menunjuk menggunakan kaki juga merupakan hal yang tidak boleh dilakukan di Thailand, termasuk menahan pintu dengan kaki atau menginjak uang Thailand.

6. Melakukan kontak fisik dengan biksu

Biksu menjadi salah satu figur yang dihormati di Thailand. Karena itulah, penting sekali bagi traveler untuk menjaga jarak dari setiap kegiatan yang mereka lakukan. Selain itu, perlu diingat untuk tidak memposisikan dirimu lebih tinggi dari biksu yang ada di dekatmu.

7. Jangan berjabat tangan!

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan ke Thailand adalah berjabat tangan. Di belahan dunia lain, jabat tangan menjadi hal yang normal untuk mengawali perkenalan, namun di Thailand tidak demikian. Masyarakat Thailand menggunakan “wai” sebagai bentuk salam, yaitu dengan menyatukan kedua telapak tangan yang kamu miliki di bagian depan tubuhmu. Bisa membayangkannya?

8. Jangan naik gajah!

Gajah merupakan binatang nasional Thailand. Mamalia berbadan besar tersebut juga dijadikan maskot Thailand, dijaga keselamatannya dan kesejahteraannya. Karena itu, bukan hal yang baik menunggangi gajah di Thailand dan hal tersebut juga dilarang. Selain itu, kamu juga dilarang untuk mengambil gambar binatang yang tertangkap karena masyarakat Thailand menilai hal tersebut bukanlah sikap menghormati alam dan binatang.

Baca juga: Panduan Ke Pratunam, Bangkok: Aktivitas dan Destinasi yang Harus Dikunjungi

Sudah tahu hal yang tidak boleh dilakukan saat liburan ke Thailand, kan? Patuhi dan hormati, ya!

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru