Harga Tes GeNose C19 Dan Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Selain tes rapid Antigen dan Polymerase Chain Reaction (PCR), tes GeNose C19 menjadi salah satu cara yang diambil untuk mengetahui apakah orang yang melakukan tes positif Covid-19 atau tidak. Namun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui prosedur, syarat, cara dan harga yang harus dikeluarkan untuk melakukan tes GeNose C19 ini.

GeNose C19 merupakan singkatan dari Gadjah Mada Electronic Nose, alat yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), yang mampu mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas. GeNose bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama embusan napas ke dalam kantong khusus.

GeNose diklaim memiliki akurasi mendeteksi Covid-19 hingga di atas 90 persen. Selain itu, seperti diungkapkan Kepala Produksi Konsorsium GeNose C19, Eko Fajar Prasetyo, sistem GeNose dapat mendeteksi virus dalam waktu 50 detik.

harga tes genose
Image credit: UGM

Syarat melakukan tes GeNose C19

Untuk mendapatkan hasil yang akurat dari tes ini, orang yang melakukan tes GeNose C19 dilarang untuk merokok, makan dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum tes dilakukan.

Adapun prosedur pemeriksaan dan proses pengambilan sampel untuk tes GeNose C19 yaitu:

  • Saat pengambilan sampel, calon penumpang akan diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali. Langkah tersebut terdiri dari 2 kali di awal ambil napas dan buang di dalam masker, kemudian saat pengambilan napas ke-3 langsung embuskan ke dalam kantong hingga penuh
  • Kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19
  • Hasil pemeriksaan akan keluar sekitar 3 menit. Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan.

Di mana bisa melakukan tes tersebut?

Sejumlah lokasi sudah memiliki alat untuk melakukan tes GeNose C19. Hingga artikel ini diterbitkan (21 Maret 2021), setidaknya ada 23 stasiun kereta api di Indonesia, yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, Ketapang, Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

Lokasi untuk melakukan tes GeNose C19 diperkirakan akan bertambah dalam beberapa waktu ke depan karena sejumlah fasilitas umum juga akan menyediakan layanan tes GeNose C19, seperti bandara, pelabuhan laut, bioskop, rumah sakit dan masih banyak lagi lainnya.

Harga tes GeNose C19

Mulai 20 Maret 2021, harga yang ditetapkan untuk melakukan tes GeNose C19 di stasiun mengalami kenaikan, dari yang sebelumnya 20,000 IDR menjadi 30,000 IDR. Naiknya tarif dan biaya tes GeNose tersebut sebagai upaya untuk peningkatan pelayanan pemeriksaan di stasiun.

Baca juga: Daftar Maskapai Yang Tawarkan Rapid Test Antigen Gratis Untuk Penumpangnya

Sudah tahu mengenai harga, tarif dan biaya serta prosedur pemeriksaan tes GeNose C19, kan? Namun tetap ingat untuk traveler semua, tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin serta menghindari bepergian jika memang bukan karena urusan penting!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru