Daftar Maskapai Yang Tawarkan Rapid Test Antigen Gratis Untuk Penumpangnya

Banyak cara untuk menjaring konsumen, dari pelayanan maksimal hingga sejumlah promo menarik. Nah, sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia juga memiliki cara unik menarik konsumen, di antaranya menawarkan rapid test antigen gratis untuk mereka yang naik pesawat mereka.

Sesuai dengan SE Satgas No. 1 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Masa Pandemi Covid-19, pelaku perjalanan dengan moda transportasi udara wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif menggunakan tes RT-PCR paling lama 3×24 jam atau rapid test Antigen paling lama 2×24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Aturan tersebut sedikit banyak membatasi pergerakan warga masyarakat untuk melakukan perjalanan, termasuk di antaranya menggunakan pesawat terbang. Namun, pihak maskapai memiliki cara mengajak pelaku perjalanan udara untuk tetap menggunakan pesawat dengan mengurangi beban konsumen untuk mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan rapid tes Antigen, yaitu dengan memberikan layanan gratis swab test.

Ada sejumlah maskapai di Indonesia yang menawarkan fasilitas gratis swab test rapid Antigen, yaitu:

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia meluncurkan program layanan rapid test antigen gratis bagi seluruh penumpang rute domestik. Garuda Indonesia bekerjasama dengan 66 klinik penyedia layanan rapid test antigen yang tersebar di 33 kota besar di Indonesia.

Penyediaan layanan rapid antigen gratis tersebut dapat diperoleh calon penumpang yang melakukan transaksi pembelian tiket melalui channel penjualan tiket resmi Garuda Indonesia pada periode 2 Maret – 31 Maret 2021 dengan waktu perjalanan selama bulan Maret 2021 ini.

Layanan gratis rapid antigen yang ditawarkan Garuda Indonesia ini terintegrasi langsung dengan aplikasi E-Hac, sehingga penumpang bisa menikmati layanan yang terintegrasi mulai dari tes antigen sampai dengan proses check-in di bandara.

2. Lion Air

Lion Air telah menyediakan layanan gratis rapid test antigen ini di 12 rute penerbangan domestik sejak 22 Februari 2021. Mulai 3 Maret 2021, Lion Air menambah lagi 18 rute penerbangan, sehingga total ada 30 rute penerbangan Lion Air yang menyediakan layanan gratis rapid test antigen ini. Penambahan ini berlaku mulai 3 Maret 2021 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Untuk rute penerbangan Lion Air yang menyediakan layanan gratis ini bisa dilihat langsung di laman resmi maskapai tersebut di sini.

3. Batik Air

Batik Air, maskapai penerbangan ini menyediakan layanan gratis ini di delapan rute penerbangan domestik sejak 1 Maret 2021, sebelum kemudian ditambah pada 3 Maret 2021, menjadi total ada 40 rute penerbangan yang menyediakan layanan tersebut.

Untuk syarat dan daftar lengkap rute penerbangan yang menyediakan layanan tersebut bisa dilihat langsung di website resmi Batik Air di sini.

Baca juga: Maskapai Ini Wajibkan Penumpangnya Suntik Vaksin Covid-19

Bagi yang ingin bepergian, tetap ikuti protokol kesehatan dengan disiplin tinggi, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru