15 Hidden Gem di Seoul Untuk Yang Ingin Destinasi Anti-Mainstream

Sudah berapa kali kamu liburan ke Seoul, Korea Selatan? Jika belum, tidak ada salahnya mengagendakan wisata mengunjungi ibu kota Korea Selatan tersebut di masa mendatang. Namun, jika kamu sudah beberapa kali melawat dan tertantang menjelajah spot baru, beberapa hidden gem di Seoul ini bisa jadi jujukan.

Ya, Seoul memiliki banyak tempat tersembunyi dan jarang dikunjungi wisatawan. Bahkan, tak sedikit warga lokal Seoul yang mengetahui tempat-tempat menarik ini. Ada sejumlah hal yang membuat tempat tersebut luput dari perhatian, dari akses yang tidak mudah hingga tempatnya yang memang tersembunyi. Namun, keindahan dan keistimewaan yang ditawarkan membuat tempat-tempat tersebut layak disebut sebagai hidden gem di Seoul. Penasaran dengan tempat-tempat tersebut, yuk simak rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini!

Baca juga: 12 Airbnb Murah Di Seoul, Korea Selatan Yang Strategis Dan Di Bawah 1 Juta

1. Euljiro, hidden gem di Seoul dengan sensasi industrial

Berada di kawasan distrik Jongno, Euljiro merupakan jalanan dengan nuansa retro trendi, yang kental gaya industrial dan dipenuhi restoran tua yang menyajikan kuliner lokal. Ingin mendapatkan sensasi lebih asyik, datanglah saat malam hari! Jalanan ini akan dipenuhi para pekerja yang baru pulang dari aktivitasnya untuk menyesap segelas minuman dingin. Selain restoran, kamu juga menemukan bar dan cafe yang menarik untuk dipost sebagai feed media sosial.

2. Trek Gunung Ansan Jarak-gil yang menantang

Ingin melakukan penjelajahan luar ruang dengan nuansa sejuk, kamu bisa mengunjungi trek Gunung Ansan Jarak-gil sepanjang 7 km. Lintasan terbuat dari dek kayu dan mengelilingi Gunung Ansan. Di sekeliling trek tersaji pepohonan hijau yang rindang dengan pemandangan kota. Asyiknya, trek ini ramah untuk difabel, terutama penggunaan kursi roda dan kereta bayi. Jalan-jalan di sini dijamin seru!

3. Namsangol Hanok Village, hidden gem di Seoul yang terjaga

Image credit: kamponwarit via Canva Pro

Desa tradisional di Seoul bukan hanya Bukchon Hanog Village, lho! Ada juga Namsangol Hanok Village, yang kental nuansa tradisionalnya. Kamu bakal menemukan rumah tradisional Korea, taman-taman zaman dulu yang tetap terjaga keasriannya dan juga sejumlah pagoda. Budaya Korea juga masih terjaga keasliannya, dan kamu tidak bertemu banyak wisatawan di sini!

4. Ikseon-dong, hidden gem di Seoul yang memadukan nuansa tradisional dan gaya

Di kawasan Ikseon-dong, kamu akan menemukan banyak hanok dan cafe trendi. Perpaduan keduanya ternyata menghasilkan suasana yang asyik untuk dinikmati. Kamu juga bisa menemukan makanan tradisional Korea, butik dengan koleksi fashion tahun 1920-an dan banyak lagi lainnya. Nuansa vintage dan tradisional dengan sentuhan modern terasa khidmat di kawasan ini.

5. Kompleks Penjara Seodaemun History Hall, populer sebagai lokasi syuting drakor

Mengunjungi kompleks penjara, mengapa tidak? Penjara Seodaemun History Hall menawarkan arsitektur bangunan yang menarik. Struktur batu bata yang instagenik menambah daya tarik tempat ini. Fakta lain, kompleks penjara ini menjadi lokasi syuting sejumlah drama Korea, seperti Goblin, Hide and Seek dan Doctor John.

6. Gunung Gwanaksan dan kuil yang ikonik

Image credit: Guillaume 1995

Kapan lagi bisa melihat kuil yang berada di tepian tebing? Di Gunung Gwanaksan, kesempatan itu terbuka lebar. Kuil yang berada di tepi tebing yang curam sangat mencuri perhatian dari kejauhan. Gunung ini juga sudah mudah diakses, namun kamu bisa mendapatkan pemandangan terbaik dari gardu pandang tak jauh dari kuil.

7. Seorae Village, kawasan yang Prancis banget!

hidden gem di seoul
Image credit: Luvepoli (kiri); Clément Chevallier

Tidak ada sejarah jelas Prancis menjajah Korea Selatan. Namun jejak sejarahnya terasa jelas di Seorae Village. Soalnya, di tahun 1980-an, French School of Seoul dipindah ke daerah ini, yang menjadikan kawasan ini jadi pusat berkumpulnya ekspat Prancis. Alhasil, kamu bisa menemukan banyak restoran, cafe, bar, bakeri dan butik-butik fesyen keren. Rasanya seperti di suatu tempat yang ramai di Prancis!

8. Nijimori Studio, hidden gem di Seoul untuk kembali ke masa silam

Image credit: YOUR EYEZ

Nijimori Studio menjadi taman bermain di Dongducheon-si, Gyeonggi-do Province. Tempat ini bakal membawa kamu ke masa silam, tepatnya di periode Edo Jepang, berkat arsitektur tradisional Jepang, ornamen jalanan dan banyak lagi lainnya. Untuk menambah nuansa era lampau, tempat ini juga menyewakan kimono atau oyori untuk foto dan video OOTD kamu.

9. Seochon (Sejong) Village, kawasan bersejarah di Korea

Image credit: Luvepoli

Banyak spot populer bisa ditemukan di Seochon Village. Tosokchon Samgyetang, restoran sup ayam ginseng yang terkenal itu adalah salah satunya. Tongin Market dan Dae-o Bookstore, toko buku paling tua di Seoul, adalah spot menarik lainnya. Tempat ini juga menjadi tempat lahirnya King Sejong, pencipta alfabet Korea, yang wajahnya muncul di uang kertas pecahan 10,000 won.

10. Jeongdong Obersevatory, tempat terbaik menikmati pemandangan Seoul

hidden gem di seoul
Pemandangan Deoksugung Palace dari gardu pandang | Image credit: Mpling via Canva Pro

Pernah membayangkan foto dan video yang begitu menarik dari pucuk pepohonan di sepanjang Deoksugung Stone-wall Road dan Deoksugung Palace diambil? Jeongdong Obersevatory adalah jawabannya. Bukan hanya gratis, gardu pandang ini juga memiliki akses yang mudah, termasuk dekat dengan stasiun kereta bawah tanah.

11. Naksan Park, hidden gem di Seoul yang instagenik

Berada dekat dengan Ihwa Mural Village, Naksan Park menawarkan pemandangan Daehangno yang istimewa. Kamu juga bisa mendapati Seoul City Wall yang terlihat kokoh dan menarik untuk dijadikan latar berfoto.

12. Seoullo 7017, terselip di antara spot populer

Jika kamu berada di Seoul Station atau belanja di Lotte Mart, jangan sampai melewatkan kesempatan mengunjungi sky garden yang ada di sana. Selain memiliki jalur pejalan kaki tersendiri, kamu juga bisa mendapati tanaman, pepohonan dam bunga-bunga penuh warna. Untuk mendapatkan pengalaman maksimal, datang di sini saat momen mekar bunga-bunga tersebut!

13. Olympic Park, taman yang tak boleh dilewatkan

One Tree Hill di Olympic Park menjadi salah satu spot paling instaworthy di kawasan ini. Jika ada kesempatan datang saat musim semi dan gugur, kamu akan menjumpai bunga beraneka ragam yang bermekaran. Saat musim gugur, kamu juga harus merasakan pengalaman berjalan kaki di jalur sejauh 1,4 kilometer di Golden Ginkgo Tree Road. Dijamin keren!

14. Gunung Cheonggyesan, hidden gem di Seoul yang memanjakan mata

Selain pemandangan yang istimewa, berkat ratusan bunga dan pohon sakura yang ada, Gunung Cheonggyesan juga menawarkan kuliner yang istimewa di kaki gunung. Nikmati kulinernya sebelum melakukan penjelajahan menyusuri lintasan yang ada. Sebaliknya, kamu bisa melakukan penjelajahan terlebih dahulu sebelum menyantap makanan lezat.

15. Haneul (Sky) Park @World Cup Park, taman yang tiada duanya

hidden gem di seoul

Ada taman di puncak bukit, yang menawarkan berbagai kejutan. Perjalanan menuju puncak bukit bisa dilakukan dengan berjalan kaki, atau menggunakan kereta golf. Apapun itu, kamu akan dimanja dengan pesona pemandangan yang luar biasa.

Baca juga: 30 Aktivitas di Seoul untuk Kunjungan Pertamamu (Update Juli 2020)

Banyak hidden gem di Seoul yang menarik untuk dikunjungi, bukan? Agendakan liburan ke Korea sekarang juga, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru