Sisi Berbeda Hong Kong: Tempat Terbuka Hijau, Pulau-Pulau yang Indah dan Banyak Lagi

Jika kami menyebutkan Hong Kong, dan hal pertama yang terlintas dalam pikiran kamu mungkin adalah suasana kota yang ramai, energi yang terus mengalir, serta gedung pencakar langit yang berjibun. Tapi ada sisi tenang dari destinasi kecil di Asia Timur ini yang sebagian besar belum dijelajahi.

Beberapa traveler mengakui lebih dari 70% kawasan Hong Kong terdiri dari keajaiban alam yang masih asri. Ada pantai berpasir, perbukitan hijau, formasi geologi yang menakjubkan, dan jalur hiking dan bersepeda yang tersembunyi, kamu bakal menemukan petualangan baru setiap saat! Tersembunyi di luar kota metropolis, ada desa nelayan yang menawan dan komunitas warga yang menunggu kunjungan para penjelajah.

Baca juga: 9 Destinasi Wisata Budaya di Hong Kong yang Harus Kamu Kunjungi

Sudah siap melihat pemandangan selain lampu-lampu kota? Saat ini Hong Kong lebih serius dalam mengedepankan peluang wisata alam di wilayahnya, mungkin inilah saatnya melakukan perjalanan ke destinasi lainnya di kawasan tropis ini. Teruslah membaca untuk menemukan beberapa rekomendasi tempat baru di Hong Kong yang belum banyak diketahui wisatawan.

Dermaga Sha Tau Kok

Image credit: Hong Kong Tourism Board

Berkunjung ke Sha Tau Kok, kota perbatasan yang sudah lama dilupakan, yang berada di ujung paling utara Hong Kong, tertutup dari publik selama lebih dari 70 tahun. Berada di antara Hong Kong dan Shenzhen, kota perdesaan ini termasuk dalam Frontier Closed Area, yang dipagari untuk mencegah aktivitas ilegal melintasi perbatasan. Petak-petak tanah telah dibuka sebagian dalam dekade terakhir, tetapi Sha Tau Kok tetap tertutup untuk semua kepentingan.

Sekarang, kamu bisa mengintip ke kota perbatasan yang telah ditutup selama lebih dari satu abad terakhir. Setelah beberapa dekade, Dermaga Sha Tau Kok, dermaga terpanjang di Hong Kong, akhirnya dibuka untuk umum pada Juni 2022. Mural yang semarak menghiasi dermaga sepanjang 280 meter, sementara bazar outdoor baru ditambahkan dengan sentuhan modern di desa misterius ini.

Meski banyak bagian kota dibatasi untuk non-penduduk, Sha Tau Kok masih menjadi kawasan yang menyenangkan untuk dikunjungi dan melihat bagaimana rasanya setelah seumur hidup tertutup dari dunia. Cobalah untuk melihat sekilas Jalan Chung Ying yang bersejarah (dan masih terbatas), yang memisahkan wilayah Cina dan Inggris di kota ini.

Jelajahi Sekarang!

Tempat ber-paragliding

Image credit: Jéan Béller

Destinasi ini pas untuk mereka yang doyan memacu adrenalin di ketinggian. Paralayang harus dilakukan dengan cara melompat dari tepi yang tinggi, melayang ke langit, dan bermanuver di udara menggunakan sayap paraglider. Jika hal tersebut terdengar menantang, maka kamu beruntung karena Hong Kong adalah tempat yang spektakuler untuk olahraga khusus ini.

Kondisi angin dan cuaca berubah secara teratur, sehingga tempat terbaik untuk terbang bisa bervariasi dari hari ke hari. Beberapa tempat dianggap sebagai lokasi favorit aktivitas paralayang. Ma On Shan di New Territories bisa dibilang sebagai tempat terbaik di Hong Kong untuk paralayang, dengan pemandangan yang indah dan angin timur yang bertiup lembut melewati area tersebut. Tempat menarik lainnya termasuk Dragon’s Back di atas Shek O dan Sunset Peak di Pulau Lantau.

Melompatlah dengan yakin dan lihat perspektif baru Hong Kong dari pandangan mata burung. Jika kamu sedikit gugup, jangan khawatir. Kebanyakan pemula memulai paralayang bersama-sama dengan glider berpengalaman, jadi setidaknya kamu tidak akan melompat sendiri!

Waduk Shing Mun

Image credit: vdvornyk via Canva Pro

Berada di antara Tai Mo Shan dan Kam Shan Country Parks, Waduk Shing Mun adalah destinasi keren yang hampir seolah-olah terukir di lanskap untuk pencinta alam. Hutan lebat di sekitar waduk berkembang sebagai habitat yang kaya bagi satwa liar, seperti monyet, babi hutan, burung eksotis, dan kupu-kupu. Tempat ini juga menjadi salah satu titik awal berbagai jalur untuk destinasi wisata alam dan sejarah yang tersembunyi di kawasan ini.

Image credit: Skyversuschoy via Canva Pro

Jelajahi kanopi Paperbark Tree untuk mendapatkan spot foto yang keren untuk Instagram kamu. Perbukitan membingkai perairan yang jernih, sementara sinar matahari bersinar melalui rindangnya pepohonan untuk menciptakan atmosfer yang mempesona. Shing Mun adalah surga bagi para fotografer, dengan tempat-tempat indah yang terkenal seperti Paperbark Tree Corridor, Paperbark Tree Grove, dan Viewing Point, yang memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan foto-foto yang keren.

Jelajahi Sekarang!

Desa Lai Chi Wo Hakka

Image credit: Hong Kong Tourism Board

Lai Chi Wo yang masih alami, yang bisa dikunjungi dengan menggunakan kapal feri dari Dermaga Sha Tau Kok, adalah desa Hakka berusia 300 tahun yang sangat terjaga. Desa ini seperti berada di dunia yang jauh dari energi Hong Kong yang luar biasa, yang sudah diketahui banyak wisatawan. Alih-alih gedung pencakar langit, ada 200-an rumah perdesaan yang ditata dalam barisan yang tepat. Tidak ada resto dengan tarif bintang Michelin yang mewah di sini. Sebaliknya, kios-kios menawarkan hidangan Hakka yang harum seperti ayam asin, babi rebus, dan bubur. Hidup berjalan lambat di sini, dan kami mengakui perubahan kecepatan ini menyegarkan.

Jelajahi Sekarang!

Image credit: stevecimages via Canva Pro

Pejalan kaki dan wisatawan yang peduli lingkungan akan senang berkunjung ke  Lai Chi Wo, destinasi bagian dari Geopark Global UNESCO Hong Kong. Kamu juga bisa jalan-jalan di Hutan Feng Shui kuno yang ditanam oleh warga desa untuk membawa keberuntungan bagi Lai Chi Wo. Pohon-pohon berbentuk aneh memenuhi hutan, seperti Hollow Tree berusia seabad dan Five-Finger Camphor raksasa. Jika kamu masih bersemangat melakukan penjelajahan, Bride’s Pool Nature Trail adalah trek bagus yang akan membawa kamu ke destinasi wisata Hong Kong yang memesona, seperti air terjun Bride’s Pool yang terkenal dan Mirror Pool yang lebih tinggi lagi.

Jelajahi Sekarang!

Jalur pendakian

Dalam hal pendakian, Hong Kong memiliki banyak harta karun. Beberapa jalur pendek dan mudah, ada juga trek yang sulit, dan semuanya menjanjikan pemandangan yang luar biasa. Kami menemukan beberapa destinasi yang layak mendapatkan sorotan, seperti Waduk Shing Mun dan Lai Chi Wo. Tapi itulah keindahan hiking di Hong Kong, kamu tidak akan pernah kehabisan jalur untuk dijelajahi.

Image credit: gionnixxx via Canva Pro

Lion Rock dan Dragon’s Back sama-sama ikonik, tetapi para pendaki yang ingin menjauh dari destinasi populer yang biasa dilewati turis bisa menuju ke beberapa jalur yang belum banyak diketahui tetapi sama memikatnya. Kunjungi Pat Sin Leng Country Park untuk menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar Waduk Lau Shui Heung dan Waduk Hok Tau, rumah bagi kupu-kupu, capung, dan capung jarum (damselflies) yang langka. Kamu juga bisa dibuat jatuh cinta dengan ketenangan Lau Shui Heung, yang dikenal sebagai “cermin langit” karena perairannya yang dalam dan jernih seperti kaca. Pemandangannya sangat luar biasa di saat musim gugur, ketika pepohonan di tepi waduk menyala terang dengan warna yang berapi-api.

Jelajahi Sekarang!

Peng Chau

Image credit: dypics via Canva Pro

Kawasan yang tidak terlalu luas dan santai, Peng Chau adalah perhentian kuno yang berjarak kurang dari satu jam perjalanan feri dari kawasan pusat bisnis Hong Kong. Dulunya merupakan pusat industri, tetapi sekarang pulau yang sepi ini menjadi tujuan wisata sehari yang ideal dengan kuil-kuil yang menakjubkan, jalan setapak yang indah, dan hidangan laut yang lezat.

Peng Chau juga merupakan destinasi yang menawan, layak mendapat tempat di rencana perjalanan ke Hong Kong kamu yang baru. Nikmati pemandangan yang luas setelah mendaki Finger Hill dengan mudah, di mana Paviliun Ngan Chau Tsai berada di puncaknya. Dan jika tertarik dengan kuil, kamu akan memiliki banyak tempat untuk dikunjungi, seperti Kuil Lung Mo di samping Pantai Tung Wan dan Kuil Tin Hau abad ke-18, yang merupakan dua daya tarik utama pulau ini.

Image credit: Vogue

Dalam beberapa tahun terakhir, pemandangan seni yang semarak juga muncul di pulau ini. Pabrik Kulit Fook Yuen, yang sempat produktif di masanya, telah diubah menjadi “taman rahasia” berseni yang dipenuhi grafiti warna-warni dan instalasi seni daur ulang. Ketika saatnya untuk makan, pergilah ke Wing On Street di dekat dermaga untuk hidangan laut segar dan makanan khas pulau lainnya yang unik. Siapa yang mau roti bakar udang goreng? (Ini lebih enak dibanding sekadar mendengar dan melihatnya, lho!)

Jelajahi Sekarang Juga!

Rute bersepeda

Image credit: Hong Kong Tourism Board

Penggemar bersepeda akan menemukan Hong Kong baru yang sempurna untuk kegiatan bersepeda, dengan banyaknya rute keren yang santai hingga yang cukup menantang. Ikuti jalur New Territories Cycle Network, perjalanan enam jam sepanjang 55 km dengan pemandangan indah, atraksi budaya, dan pemandangan laut.

Belum tertarik untuk mengambil rute panjang ini? Kamu bisa mengikuti rute kecil untuk pengendara sepeda. Menawarkan pemandangan indah, cepat, dan bebas mobil, rute Sha Tin–Tai Mei Tuk adalah pilihan yang baik untuk pengendara sepeda pemula atau sekadar rekreasi. Wisatawan yang menginginkan perjalanan lebih cepat dapat mencoba jalur Sha Tin–Wu Kai Sha. Sementara itu, rute Yuen Long–Butterfly Beach yang mudah akan membawa kamu dalam perjalanan santai melewati tempat-tempat warisan, kuil-kuil kuno, dan pemandangan perdesaan yang tenang sebelum berakhir di Butterfly Beach yang berpasir.

Image credit: Hong Kong Tourism Board

Pulau-pulau indah di Hong Kong menawarkan lebih banyak pilihan untuk petualangan bersepeda. Pengendara berpengalaman dapat mengejar ketertinggalan mereka di jalur Chi Ma Wan di Pulau Lantau, jalur sepeda gunung yang sulit yang melewati hutan, medan berbatu, dan turunan tajam. Jalur ini benar-benar menantang, tetapi kamu bakal mendapatkan salah satu pemandangan laut terbaik sebagai hadiah.

Apa pun jenis petualangan yang kamu inginkan, ada jalur bersepeda di Hong Kong untuk setiap jenis pengendara.

Kawasan Batuan Vulkanik Sai Kung

Image credit: seaonweb via Canva Pro

Jika belum pernah berkelana di luar pusat kota Hong Kong, ini informasi yang bisa kami berikan: Kawasan Batu Vulkanik Sai Kung harus menjadi salah satu perhentian pertama kamu. Wilayah yang menakjubkan ini adalah rumah bagi kolom batu heksagonal vulkanik kuno yang menjulang dari laut ke langit. Sebagai bagian dari Geopark Global UNESCO Hong Kong yang luas, formasi batuan yang menakjubkan ini terletak di berbagai pulau di sekitar kawasan ini: Pulau Sharp, Pulau Tinggi, Grup Ung Kong, dan Ninepin Group.

Sebagai sisa dari beberapa letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu, pelayaran melalui Daerah Batuan Vulkanik Sai Kung terasa seperti ledakan dari masa lalu kuno. Jelajahi High Island Geo Trail untuk mendapatkan pemandangan dari dekat terbaik dari kolom batu yang menjulang tinggi, dengan semua putaran, tikungan, dan puncaknya yang bergerigi. Untuk alam yang memesona, pergilah ke High Island Reservoir East Dam saat matahari terbit untuk melihat sunrise yang menakjubkan.

Jelajahi Sekarang Juga!

Image credit: Leung Cho Pan via Canva Pro

Pantai-pantai yang indah menjadikan Pulau Sharp tempat perhentian yang bagus saat menjelajahi Semenanjung Sai Kung. Berlayarlah melintasi perairan yang belum dipetakan di pulau Ung Kong dan Ninepin, di mana kamu akan melewati gua laut yang megah, kolom batu yang unik, dan pantai yang tidak berpenghuni. Di sini, wisatawan bisa memaksimalkan kesempatan untuk aktivitas kayak, scuba diving, dan snorkeling.

Semua ini hanyalah sepotong keajaiban alam dan budaya yang tersembunyi di balik pusat kota Hong Kong yang memesona. Ratusan pulau yang masih asri, bukit dan gunung yang tak berujung, dan desa-desa yang tenang, semuanya menunggu kedatangan kamu. Untuk saat ini, tidak ada hal lain untuk dikatakan selain selamat datang di perjalanan yang baru di Hong Kong!

Jelajahi Sekarang Juga!

Jelajahi Hong Kong


Dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru