11 Hotel Di Sumba Dengan Fasilitas Lengkap Dan Atmosfer Mengesankan

Sumba identik dengan bukit-bukit menghijau yang membuat mata terpaku. Memang, Sumba yang berada di Nusa Tenggara Timur ini punya keindahan alam yang memikat. Lanskap Bukit Wairinding atau Danau Weekuri yang eksotis pasti tidak asing untukmu karena mudah ditemukan di media sosial. hotel di sumba

Jika berlibur ke Sumba, bukan hanya destinasi yang perlu diagendakan dengan cermat. Kamu pun perlu memilih penginapan dengan cermat karena banyak resort dan hotel di Sumba. TripZilla Indonesia merekomendasikan resort dan hotel di Sumba yang akan membuatmu semakin betah berpelesir di kawasan ini. Cek di bawah ini, ya!

1. Nihi Sumba untuk liburan prestisius

hotel di sumba
Image credit: @kensugijanto 

Nama Nihi Sumba terkenal berkat berbagai penghargaan yang sudah diterima, seperti Traveler’s Choice dari TripAdvisor di tahun 2020 dan 8th Best Resort/Hotels in Asia dari Travel+Leisure Awards. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya, tinggal memilih tipe yang kamu inginkan di antara 28 vila yang ada.

hotel di sumba
Image credit: @baliinteriors 

Kamu bisa memilih vila dengan satu hingga empat kamar atau bahkan satu area sekaligus kalau ingin datang beramai-ramai. Ingin menikmati pemandangan indah tanpa gangguan tamu lain? Vila dengan lokasi yang terpencil juga tersedia. Kamu pun bisa mengisi waktu dengan mengikuti kelas yoga, spa dan berpetualang dengan stand-up paddle, spear fishing atau hiking. 

Lokasi: Hoba Wawi, Wanokaka, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
Booking di Tiket.com

2. Lelewatu  Resort untuk sensasi yang menyegarkan

hotel di sumba
Image credit: @surijawati

Lelewatu Resort juga menjadi tempat peristirahatan berkelas yang bisa kamu jajal di Sumba. Vila-vila yang terletak di lereng dan menghadap ke laut lepas tentu akan menghadirkan panorama istimewa bagi penghuninya.

Image credit: @terangwicaksono
Image credit: @btarimaskha 

Pelayanan eksklusif sudah menantimu di resort ini. Mulai dari restoran dengan hidangan laut segar yang hanya dibuka untuk penghuni vila, lounge di tepi tebing yang keren hingga infinity pool yang wajib dicoba. Dijamin tidak susah untuk mendapatkan sisi yang cantik jika sudah berada di dalamnya. Lelewatu Resort juga menyediakan paket tur yang menarik untuk mengisi waktu liburanmu, lho!

Lokasi: Jl. Lelewatu No. 168, Hoba Wawi, Wanokaka, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
Booking di Tiket.com

3. Tanoma Sumba Beach Resort, akomodasi rumah bambu yang berkesan

hotel di sumba
Image credit: Tanoma Sumba Beach Resort

Tanoma Sumba Beach Resort memiliki ciri khas yang unik, yaitu semua penginapannya dibuat dengan bambu. Kamu dapat melihat cottage dua lantai atau cottage menghadap pantai yang semuanya cantik dan ramah lingkungan.

hotel di sumba

hotel di sumba
Image credit: Tanoma Sumba Beach Resort

Siapa yang bisa menolak untuk bersantai di lounge dan restoran yang keren ini? Tidak hanya di dalam resort, Pantai Wera yang terletak dekat dengan resort pun harus dieksplorasi. Nama Tanoma bermakna penyu hijau dalam bahasa Sumba, dan kamu bisa menemukan penyu ini di Pantai Wera saat masa bertelur. Kalau belum melihat penyunya, maka bersiaplah untuk snorkeling dan terhanyut dengan keindahan bawah laut pantainya.

Lokasi: Pantai Wera, Jl. Waingapu No. KM 38, Kadumbul, Kec. Pandawai, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Booking di Tiket.com

4. Morinda Villa and Resto, penginapan ala rumahan yang luar biasa

Image credit: Morinda Hills and River View

Morinda Villa and Resto menghadirkan pengalaman menginap di vila yang nyaman serasa di rumah. Tapi tentu pemandangannya berbeda dengan rumahmu, sebab yang ditawarkan di tempat ini sangat memikat mata!

hotel di sumba
Image credit: Morinda Hills and River View

Kamu pun tidak perlu berjalan jauh untuk menikmati alam Sumba. Bersantai bersama teman di anjungan yang menghadap perbukitan menghijau akan jadi pengalaman yang sulit dilupakan. Mendayung kano dan memancing di danau yang tenang akan jadi obat ampuh untuk menghilangkan bad mood. Tidak ada waktu yang terbuang percuma di sini! 

Lokasi: Kambaniru, Kiritana, Kec. Kambera, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Booking di tiket.com

5. Alamayah, hotel di  Sumba untuk melebur dengan alam tropis

Image credit: @adeeferdinand 

Sumba identik dengan pantai dan hutan tropis yang memanjakan mata. Itu pula yang menjadi daya tarik di Alamayah, tempat di mana kamu bisa beristirahat dengan panorama hutan atau pantai. Bakal bikin bingung untuk memilih, nih!

hotel di sumba
Image credit: @invest.in.bali
hotel di sumba
Image credit: Alamayah Sumba 

Alamayah memiliki enam private suites dengan desain yang elegan. Tidak hanya fasilitas sauna dan spa dengan bath therapy, kamu juga dapat menikmati kebun yang mengelilingi penginapan. Benar-benar memanjakan tubuh dan jiwa bukan? Selain itu, Alamayah menyediakan penyewaan sepeda motor, jasa berlatih selancar hingga paket tur yang tidak kalah asyiknya.

Lokasi: Patiala Bawa, Lamboya, Kab. Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur
Booking di Tiket.com

6. Sumba Adventure Resort, akomodasi dengan nuansa petualangan

Image credit: Sumba Adventure Resort 

Sesuai namanya, Sumba Adventure Resort akan memberikan bumbu berupa petualangan seru di liburanmu. Mulai dari pilihan rumah penginapannya semisal bamboo beach hut atau palm forest hut yang sudah terlihat unik. Bahkan kamu bisa memilih untuk berkemah juga lho!

hotel di sumba
Image credit: Sumba Adventure Resort 

Kamu bisa bermain ATV, memancing, spear fishing dan menyelam dengan jasa yang disediakan oleh resort. Paket-paket tur yang tersedia akan memudahkanmu untuk berkeliling menjelajahi alam Sumba. Kalau sudah lelah, maka kamu dapat mengisi perut dengan aneka hidangan yang segar, terutama hidangan laut yang wajib dicicipi!

Lokasi: Jl. Baing, Wula, Baing, Waingapu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Booking di Tiket.com

7. Maringi Sumba, akomodasi liburan yang ramah lingkungan

hotel di sumba
Image credit: Maringi Sumba | Eco-Hotel

Apa sih yang membuat Maringi Sumba ini menyebut dirinya sebagai eco-hotel? Penginapan yang dibangun oleh Sumba Hospitality Foundation ini memiliki paviliun yang terbuat dari bambu dan didesain dengan apik. Kamar tidur dengan pemandangan pepohonan seperti ini sungguh menggoda untuk ditempati kan?

Image credit: Maringi Sumba | Eco-Hotel

Kamu akan menemukan kamar mandi semi terbuka hingga perlengkapan perawatan tubuh alami yang ramah lingkungan. Ada pula acara campus tour yang lokasinya masih di dalam kompleks hotel. Dipandu murid yang bekerja sebagai staf di Maringi Sumba, kamu dapat melihat ruang kelas dari bambu, asrama dan penginapan yang dijamin membuat liburanmu terasa berbeda.

Lokasi: Sumba Hospitality Foundation, Jl Mananga Aba, Karuni, Loura, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur
Booking di Tiket.com

8. Padadita Beach Hotel, hotel di Sumba dengan view laut yang asyik

hotel di sumba
Image credit: tiket.com

Mau hotel dengan pemandangan laut, tapi tidak ingin menempuh perjalanan jauh? Maka Padadita Beach Hotel dapat menjadi tujuanmu. Hotel ini terkenal dekat dengan bandara, walau demikian kamu sudah bisa mendapatkan keindahan alam khas Sumba.

Image credit: tiket.com

Untuk berjemur sambil melihat laut tanpa batas, kamu bisa beristirahat di bawah salah satu saung yang beratapkan jerami. Kamar yang nyaman dengan balkon yang juga menghadap ke laut akan memuaskan matamu. Asyiknya lagi, hotel ini juga tidak jauh dari lokasi-lokasi wisata populer seperti Bukit Wairinding dan Pantai Walakiri. Dijamin seru!

Lokasi: Jl. Airlangga Padadita, Prailiu, Waingapu, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Booking di tiket.com

9. Kambaniru Beach Hotel and Resort, hotel di  Sumba dengan fasilitas bintang empat

hotel di sumba
Image credit: Kambaniru Beach Hotel and Resort

Salah satu hotel bintang empat yang menjanjikan liburan menyenangkan adalah Kambaniru Beach Hotel and Resort. Tersedia dua tipe kamar yaitu suite dan deluxe yang akan membuat liburanmu di Sumba terasa adem dan nyaman.

Image credit: Kambaniru Beach Hotel and Resort

Walau nyaman, jangan diam seharian di dalam kamar sebab beragam aktivitas sudah menantimu. Misalnya mencoba fasilitas menunggang kuda yang ada saat pagi dan siang hari. Apabila ingin menjelajah lebih jauh, kamu bisa memilih aneka paket wisata untuk berkeliling Sumba Timur hingga Barat. Awas, jangan sampai melewatkan spot yang keren ya!

Lokasi: Kambaniru, Kambera, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Booking di Tiket.com

10. Casa Kandara, akomodasi dengan atmosfer khas pedesaan

hotel di sumbaCasa Kandara akan menerbitkan imajinasimu tentang penginapan di pedesaan. Rumah-rumah yang eksterior dan interiornya terbuat dari kayu terasa adem di tengah cuaca Sumba yang panas.

Sejuknya suasana akan makin bertambah apabila kamu memilih kamar dengan pemandangan taman. Casa Kandara bisa menjadi titik awal yang nyaman untuk memulai perjalananmu berwisata keliling Sumba. Jika ingin beristirahat sejenak sambil melihat pemandangan di sekitar, kamu dapat mampir ke bar yang tidak kalah teduhnya.

Lokasi: Jl. S. Parman Waingapu, Prailiu, Kambera, Kab. Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
Booking di tiket.com

11. Melihat indahnya garis pantai Sumba di Mario Hotel & Cafe

Image credit: @melodyamadeas

Mario Hotel and Cafe ini punya spot-spot keren yang menambah nikmat hari-hari liburanmu. Tidak hanya di dalam, di luar hotel pun ada pemandangan garis pantai yang keren di mata karena lokasinya yang berada di tepi Pantai Kita Mananga Aba.

hotel di sumba
Image credit: Mario Hotel and Cafe

Kalau kamu cinta dengan aktivitas olahraga air dan memancing, maka kamu cocok untuk menginap di sini. Jarak pantai yang hanya sepelemparan batu, lengkap dengan pasir putih nan lembut bisa membuatmu ketagihan untuk terus bermain air. Kamu pun dapat mengisi waktu dengan menunggang kuda sambil menikmati cerahnya matahari.

Lokasi: Jl. Mananga Aba No. 1, Kab. Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur
Booking di Tiket.com

Baca juga: Itinerary Hemat Wisata Sumba 4H3M

Tentunya selain hotel dan resort di atas, masih banyak jenis penginapan lain yang dapat kamu temukan di Sumba. Pastikan memilih yang sesuai dengan seleramu agar sepulang liburan kamu semakin segar dan gembira ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru