Otoritas Imigrasi Wajibkan Wisatawan Cetak Visa Elektronik Turki

Punya rencana liburan ke Turki dalam waktu dekat? Jika iya, kamu harus mencetak visa elektronik Turki yang sudah kamu dapatkan dalam bentuk hardcopy. Jika tidak melakukannya, kamu berisiko tidak bisa masuk ke Turki dan membatalkan liburan.

Sepeti diketahui, Turki sudah tidak lagi mengeluarkan Visa On Arrival (VOA) sejak November 2018. Turis yang ingin masuk ke Turki harus mengurus e-Visa, setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan.

Wisatawan yang sudah memiliki visa elektronik Turki dalam bentuk online atau softcopy disarankan untuk mencetaknya dalam bentuk hardcopy untuk ditunjukkan pada pihak imigrasi. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi apabila ada kendala teknis pada sistem imigrasi Turki.

“Anda disarankan untuk menyimpan visa elektronik Turki dalam bentuk softcopy (di PC Tablet, telepon pintar dan sebagainya), dan juga dalam bentuk hardcopy untuk antisipasi jika ada kegagalan dalam sistem,” demikian pernyataan dari website resmi aplikasi e-visa Turki, seperti dikutip The Telegraph.

Untuk membuat visa elektronik Turki juga tidak sulit. Dengan mempersiapkan paspor yang masih berlaku minimal enam bulan ke depan dan kartu kredit berlogo Visa, Master Card atau Union Pay untuk pembayaran layanan, kamu sudah bisa mulai mengambil langkah mudah mendapatkan visa elektronik ini.

Yang harus kamu lakukan pertama-tama adalah membuka situs resmi pembuatan visa negara Turki di sini. Klik ‘Apply‘ untuk mulai melakukan pendaftaran dan isi semua pertanyaan yang diajukan.

Data-data yang diminta antara lain:

  • Country/Region

Pada halaman ini, kamu harus mengisi data-data seperti asal negara, travel document dan security verification. Setelah semuanya terisi, klik ‘Save and Continue‘ untuk masuk ke halaman berikutnya.

  • Date of Arrival

Di halaman ini, kamu diminta untuk mengisi tanggal rencana kedatangan di Turki. Di bagian bawah akan tertera ‘Visa Fee‘, yang biayanya sebesar 25 USD (~380,000 IDR). Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit Visa atau Master Card.

  • Personal Information

Di halaman ini, kamu akan diminta untuk mengisi biodatamu, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama ayah dan ibu, data mengenai paspor, alamat email, nomor telepon hingga alamat lengkap rumah kamu.

Setelah semua pertanyaan telah dilengkapi, semua informasi kemudian akan muncul dalam satu halaman yang harus kamu verifikasi kebenarannya. Jika semua sudah benar, kamu tinggal klik ‘Verify‘, sedangkan jika kamu ingin melakukan perbaikan, kamu bisa memilih tombol ‘Edit‘.

Setelah semua proses aplikasi visa sudah selesai, kamu akan mendapatkan pemberitahuan dan konfirmasi pemesanan bahwa e-Visa sudah dikirim ke email kamu. Tinggal buka email dan klik link yang disediakan untuk melakukan proses pembayaran. Di dalam email tersebut akan tertera kode verifikasi dan kamu tinggal mengklik tombol ‘Approve‘ untuk masuk ke halaman pembayaran.

Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk bisa mendapatkan visa elektronik ini adalah 25,70 USD (~391,000 IDR). Ikuti semua petunjuk pembayaran hingga selesai.

Setelah semua proses pembayaran telah selesai, kamu akan mendapatkan notifikasi email bahwa e-Visa kamu telah selesai dibuat dan siap untuk diunduh. Kamu harus mencetak e-Visa ini sebelum keberangkatan dan membawanya saat melewati pos imigrasi di bandara.

Baca juga: Indonesia Tempati Posisi Teratas Wisata Halal Dunia

Nah, jangan sampai kelupaan mencetak visa elektronik Turki kamu sebelum berangkat, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru