Pemegang Paspor Indonesia Kini Bebas Visa Ke Ukraina

Jumlah negara bebas visa untuk warga Indonesia bertambah lagi. Yang terbaru, Ukraina menjadi negara yang memberikan fasilitas tersebut. Layanan bebas visa ke Ukraina sudah resmi berlaku per 1 Juli 2022.

Kesepakatan bebas visa dicapai setelah Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan singkat ke Ukraina beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan tersebut, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, mencapai kesepakatan penghapusan persyaratan visa kunjungan singkat di antara kedua negara.

Dalam keterangannya, Kementerian Luar Negeri Ukraina menjelaskan bahwa kesepakatan dengan pemerintah Indonesia memungkinkan adanya perjalanan bebas visa hingga 30 hari untuk warga dari dua negara.

Kesepakatan tersebut menjadi salah satu bentuk perjanjian kedua negara yang telah disetujui dalam kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan ke Ukraina. Sebelumnya, kedua negara telah menjalin kerja sama bilateral selama 30 tahun.

Ukraina menjadi salah satu negara di Eropa dengan banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Namun gejolak perang di negara ini membuat banyak pihak meragukan sektor keamanan untuk warga negara asing. Pemerintah Ukraina juga menghimbau warga negara asing untuk menahan diri berkunjung ke wilayahnya karena gejolak tersebut.

Adapun beberapa lokasi menarik yang mungkin bisa dikunjungi di masa mendatang antara lain St Sophia Cathedral, yang merupakan gereja yang dibangun di abad 11, dan kini juga difungsikan sebagai museum. Selain itu juga ada Kiev Pechersk Lavra, bangunan landmark di pusat kota Kiev. Independence Square dan St Michael Golden-Domed Monastery menjadi destinasi wisata lain bertema sejarah yang bisa dikunjungi di Ukraina.

Sementara untuk destinasi wisata alam, Drahobrat dan Tunnel of Love bisa dikatakan yang paling menyita perhatian. Ada juga pantai Arcadia di Odessa yang tidak kalah indah dengan yang ada di Indonesia.

Baca juga: 15 Negara Bebas Visa Untuk Orang Indonesia

Jadi, setelah ada fasilitas bebas visa ke Ukraina, tertarik berkunjung ke negara di Eropa Timur ini?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru