Pemegang Paspor Indonesia Bebas Visa Ke Ukraina

Kabar gembira bagi pemegang paspor asal Indonesia. Bertambah satu lagi daftar negara bebas visa untuk warga Indonesia setelah Kabinet Menteri Ukraina menyetujui rancangan kesepakatan bebas visa antarnegara.

Rancangan kesepakatan disetujui oleh kabinet Ukraina pada 18 November, demikian dilaporkan Ukrinform.

Dengan adanya kesepakatan bebas visa ini, warga negara Indonesia bisa bepergian dan tinggal di Ukraina hingga 30 hari, dan demikian juga sebaliknya.

Hal ini memperbaiki kesepakatan visa di antara kedua negara. Sebelum adanya draft rancangan kesepakatan yang baru ini, warga negara Indonesia harus mengurus visa elektronik untuk bisa masuk ke Ukraina. Sebaliknya, warga negara Ukraina bisa bebas mengurus visa dan tinggal di Indonesia hingga 30 hari.

Untuk bisa mengajukan visa, warga negara yang hendak berkunjung ke Ukraina harus mendaftarkan diri di platform MFA di sini, sekaligus mengisi formulir aplikasi online dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan, di antaranya foto, paspor, asuransi kesehatan dengan nilai asuransi sebesar 30,000 Euro, rekening bank dengan jumlah yang cukup, dokumen yang mendukung kedatangan ke Ukraina dan yang lainnya. Ada pun pembayaran e-visa sebesar 85 USD dibayarkan secara daring dengan fasilitas kartu kredit dari MasterCard/Visa.

Ada pun semua pemrosesan aplikas e-Visa ke Ukraina berjalan selama sembilan hari. Bila pengajuan permohonan e-Visa ke Ukraina disetujui, atau tidak, pemberitahuan akan dikirim dalam format .pdf melalui surat elektronik. Yang permohonan e-Visa ke Ukrainanya disetujui, maka visanya berlaku selama 30 hari. Bukti valid e-Visa ini harus dicetak untuk ditunjukkan ke bagian imigrasi saat masuk ke Ukraina.

Namun demikian, belum ada keterangan lebih lanjut kapan aturan bebas visa Ukraina untuk pemegang paspor asal Indonesia ini mulai berlaku.

Baca juga: Mulai 1 Januari 2019, E-Visa Ke Ukraina Mulai Diberlakukan

Apakah kamu tertarik liburan ke Ukraina memaksimalkan fasilitas bebas visa ini?

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru