Itinerary Wisata 2H1M Di Semarang Untuk Liburan Akhir Pekan Yang Menyenangkan

Liburan kini menjadi hal yang wajib bagi generasi millenial. Di tengah rutinitas yang sangat padat, berlibur seakan menjadi satu-satunya cara untuk kembali menyegarkan pikiran, mengembalikan mood dan sekaligus memberikan badan kesempatan untuk kembali ke performa terbaiknya.

Karena alasan itu, tidak sedikit generasi millenial yang selalu menyempatkan diri untuk liburan singkat. Semarang menjadi salah satu alternatif kota yang biasa dituju untuk liburan akhir pekan. Banyaknya spot menarik dan unik menjadi alasan mengapa ibu kota Provinsi Jawa Tengah itu menjadi pilihan.

Bagi kamu yang tertarik menjelajahi kota ini beserta semua keunikannya, itinerary wisata 2H1M di Semarang ini bisa menjadi bocoran yang pas untuk liburan singkat kamu. Cekidot, yuk!

Hari pertama: City tour dan wisata kuliner yang menarik

Alangkah baiknya memulai itinerary wisata 2H1M di Semarang ini sejak pagi. Jika memungkinkan, pesanlah akomodasi terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Image credit: @kakilimasemarang

Destinasi pertama yang harus kamu tuju setibanya di Semarang adalah Soto Kudus Mbak Lien. Memulai pagi dengan menyantap soto ayam dengan kuah kuning yang menyegarkan menjadi awal yang tepat untuk memulai petualangan kamu di Semarang.

Image credit: @adam9aluh

Setelahnya, itinerary wisata 2H1M di Semarang dilanjutkan ke Kota Lama Semarang. Di sini kamu bisa sepuasnya berfoto dan menambah koleksi di instagram kamu. Banyaknya bangunan dengan nuansa jadul dan vintage tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja, kan?

Image credit: @malikalhusein

Berikutnya, kamu bisa merapat ke Lawang Sewu. Gedung yang terkesan suram dan oldies ini menyuguhkan petualangan dengan nuansa horor. Meskipun sudah diremajakan, kesan angker yang tersisa dari bangunan ini tidak hilang sepenuhnya. Namun demikian, yang namanya gedung tua, kesan instagrammable-nya masih begitu terasa.

Image credit: @fennywijanarko

Untuk makan siang, Rumah Asem-Asem Koh Liem bisa menjadi opsi yang kamu datangi untuk mencicipi beragam kuliner tidak biasa, dengan rasa masakan asem-asem sebagai menu utama, seperti soto tetapi rasanya lebih asam dan agak sedikit kecut.

Di rumah makan ini, asem-asem terbuat dari daging sapi yang dipotong kotak, lalu disiram kuah yang rasanya segar dan asam. Selain itu, Rumah Makan Asem-asem Koh Liem juga menyediakan lontong cap go meh, kikil lombok ijo, dan bandeng sarden.

Image credit: @shem_arciel

Usai makan siang, agenda dalam itinerary wisata 2H1M di Semarang berlanjut ke Gang Lombok, yang merupakan kawasan pecinan di Semarang. Mulai dari kelenteng hingga kue khas Tionghoa bisa kamu dapatkan di sini.

Satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan jika bertandang ke Gang Lombok ini, yaitu menikmati lumpia rebung Semarang. Yang menjadikannya spesial adalah olahan rebungnya yang tidak memiliki bau pesing. Kulit lumpia yang renyah dan isian yang beragam menjadi daya tarik lain yang harus dimaksimalkan.

Image credit: @ferdiana_ade

Menghabiskan siang menjelang sore di Masjid Agung Jawa Tengah juga bisa menjadi opsi yang menarik. Selain menunaikan ibadah, kamu juga bisa menuju ke menara masjid untuk bisa melihat lanskap kota Semarang dari ketinggian. Keren banget, lho

Image credit: @dudisugandi

Setelah membersihkan diri di hotel, kamu bisa melanjutkan wisata malam di Semarang yang tidak kalah seru. Menuju ke Tugu Muda Semarang bisa menjadi alternatif yang kamu ambil.

Untuk menu makan malam, setidaknya ada beragam pilihan yang bisa kamu ambil, mulai dari Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar, yang olahan kambingnya top banget, Bebek Goreng Pak Thori bisa jadi pilihan berikutnya jika tidak terlalu suka dengan daging kambing, atau yang jauh lebih simpel, Bakmi Jawa Pak Gareng, yang seharusnya bisa memenuhi hasrat makan malam kamu.

Image credit: @740aerialvideography

Setelah makan malam, kamu bisa menikmati nuansa malam akhir pekan yang ramai di kawasan Simpang Lima. Asyiknya, banyak kuliner enak yang bisa kamu nikmati sembari bersantai di kawasan Simpang Lima, mulai dari lumpia Mataram, tahu petis Semarang hingga es congklik yang menyegarkan.

Nasi Pecel Mbok Sador | Image credit: @annembouw (kiri) dan @iyunitafreddy

Namun, jika camilan itu belum bisa mencukupi kekosongan di perut kamu, mengapa tidak makan berat sekalian? Di kawasan Simpang Lima, ada banyak warung yang buka hingga tengah malam, bahkan sampai pagi. Sego pecel Mbok Sador, sego pecel Bu Sumo dan nasi pecel Yu Sri adalah beberapa yang bersaing pada malam hingga dini hari dengan kenikmatan sambal pecel, lauk dan sayur yang luar biasa nendang.

Menikmati seporsi nasi pecel saat malam sepertinya menjadi penutup yang pas untuk menyudahi itinerary wisata 2H1M di Semarang pada hari pertama, bukan begitu?

Hari kedua: Menjelajahi destinasi wisata unik di Semarang

Image credit: @ngangenifrozenfood

Jika hari pertama dihabiskan untuk city tour dan wisata kuliner, hari kedua dalam itinerary wisata 2H1M di Semarang lebih berkutat pada petualangan di destinasi wisata yang menarik. Namun sebelum petualangan dimulai lagi, sarapan di Soto Bangkong menjadi keharusan.

Kuliner ini menawarkan sajian yang istimewa, mulai dari kuah hingga isian soto itu sendiri. Bihun, irisan bawang, kuah, ayam suwir dan bawang goreng kriuk menjamin penikmatnya akan meninggalkan lapak dengan rasa puas.

Image credit: @muhmd_fauzan

Perjalanan dilanjutkan ke Kampoeng Kopi Banaran. Di sini, kamu tidak hanya bisa mencoba kopi berkualitas, tapi juga menikmati panorama kebun kopi yang keren, suasana yang sejuk dan menyegarkan, pas untuk beristirahat di akhir pekan. Selain itu, ada juga fasilitas spa dan wahana bermain; fasilitas yang menjamin bisa menurunkan tingkat stres kamu karena pekerjaan dan rutinitas harian.

Image credit: @bayucahyodm

Perjalanan bisa dilanjutkan ke Watu Gunung, tempat wisata yang mengedepankan sisi alam dan budaya sebagai daya tariknya. Selain itu, keberadaan danau dan sungai buatan, pepohonan yang asri dan juga atmosfer yang adem membuat kamu bisa sedikit bersantai. Kamu bisa berenang-senang dan bersantai sembari menikmati gamelan Jawa dengan senandung artistik.

Untuk makan siang, kamu bisa menyambangi Resto & Lesehan Rumah Bambu yang letaknya tidak jauh dari Watu Gunung. Tempat makan dengan nuansa alam yang asri dijamin tidak hanya mengenyangkan perut kamu, tapi juga menyegarkan mata dan pikiran. Dengan konsep lesehan dan menu khas tradisional Jawa dan Sunda, dijamin pas dengan lidah kamu.

Image credit: @atika_muth

Brown Canyon menjadi destinasi dalam itinerary wisata 2H1M di Semarang yang bisa kamu kunjungi. Lahan bekas penggalian tambang ini kini menjadi destinasi wisata ngehits di Semarang. Bila memutuskan ke sini pada siang hari, kamu harus menyiapkan sunblock. Jika datang pada sore hari, bersiaplah menyaksikan sunset yang keren.

Image credit: @sigitaasfr04

Opsi lain adalah dengan mengunjungi Goa Kreo. Destinasi wisata kekinian itu menjadi spot wisata yang menarik dengan banyaknya titik untuk berfoto selfie. Lokasinya juga Instagrammable, pas didatangi oleh generasi milenial yang ingin menambah koleksi foto di akun sosial medianya.

Jika waktu masih cukup banyak sebelum meninggalkan Semarang, tidak ada salahnya berbelanja oleh-oleh di Kampoeng Semarang, pusat belanja oleh-oleh khas pengrajin Semarang. Di sini kamu bisa menemukan beragam kerajinan, souvenir dan kuliner di tempat dengan nuansa homey, yang mengusung konsep one stop leisure.

Lumpia Semarang | Image credit: @liangoenawan

Untuk oleh-oleh makanan, kamu bisa langsung menuju ke kawasan Pandanaran, Semarang. Mulai dari wingko babad, lumpia Semarang hingga Bandeng Juwana yang terkenal bisa kamu dapatkan di sini.

Baca juga: 12 Spot Wisata Di Semarang Yang Ngehits Dan Kekinian

Nah, dengan itinerary wisata 2H1M di Semarang tersebut di atas, sudah siapkah kamu untuk mendatangi Kota Lumpia ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru