Itinerary Wisata 3H2M di Cebu dan Bohol Untuk Liburan Akhir Pekan

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Cebu dan Bohol adalah dua provinsi di Visaya yang sangat dekat dengan hati saya. Jika kamu bertanya kepada saya, mana yang lebih baik? Saya akan mengatakan, tidak ada! Kedua destinasi memiliki keindahan wisata yang sama menariknya. Jawaban yang aman ya, tetapi mengapa harus memilih, jika kamu bisa menikmati keduanya sekaligus? Yang terbaik dari kedua tujuan tersebut dengan itinerary atau rencana perjalanan wisata selama tiga hari – sempurna untuk liburan akhir pekan panjangmu berikutnya di Cebu dan Bohol!

Catatan: Jadwal ini penuh dengan banyak kegiatan untuk memaksimalkan waktumu selama tiga hari. Kamu juga dapat menyesuaikannya sesuai dengan minat dan keinginanmu.

Hari ke-1: Cebu

Ketika kamu tiba di Kota Cebu, jangan buang waktu, dan langsung menuju ke terminal bus karena petualangan menunggumu di luar kota. Sebelum berangkat, kamu harus sudah memilih antara Utara dan Selatan Cebu.

Sebelum memutuskan, inilah yang harus kamu pertimbangkan: jika kamu menyukai kehidupan pantai dan laut, maka kamu harus pergi ke Utara, tetapi jika kamu lebih suka mendaki gunung dan berjalan kaki, maka kamu harus menuju ke Selatan. Dan jika kamu ingin menjelajahi keduanya, kamu harus memperpanjang masa tinggalmu selama dua hingga tiga hari.

Opsi 1: Utara Cebu

Santa Fe Beach, Bantayan Island | Image credit: @athenaoporto

Tujuan populer dan HARUS dikunjungi di Utara Cebu adalah Bantayan Island dan Malapascua Island. Letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain tetapi kamu hanya perlu memilih satu tujuan jika kamu ingin mengikuti jadwal ini. Di Bantayan, kamu dapat puas menikmati pantainya dan di Malapascua, kamu dapat puas menyelam scuba.


Malapascua Island | Image credit: @emmaaxeell

Kamu dapat mencapai kedua tujuan tersebut dengan bus di North Bus Terminal. Untuk menuju Bantayan, naiklah bus menuju Hagnaya Port, dan untuk menuju Malapascua, naiklah yang menuju ke Maya Port. Perjalanan dengan bus memakan waktu sekitar empat hingga lima jam.

Tips: Saat di terminal bus, berhati-hatilah terhadap operator yang mencoba menanyakan ke mana tujuanmu dan akan membawamu ke bus tertentu. Abaikan mereka dan bertanyalah ke petugas resmi yang berjaga di terminal sebagai gantinya. Saya sarankan agar kamu memilih bus Ceres kuning karena mereka memiliki reputasi yang lebih baik daripada yang lainnya. Ketika kamu menemukan bus yang tepat, naiklah, dan jangan khawatir tentang tiket kamu karena kondektur bus akan memberikan tiket dan menarik tarif yang semestinya.

Opsi 2: Selatan Cebu

Jika kamu lebih suka pergi ke Selatan, banyak kegiatan luar ruangan yang sangat mendebarkan untukmu.

Rute Oslob – Samboan

Tumalog Falls | Image credit: @ianharper

Jika kamu ingin berenang di bawah air terjun atau berenang bersama hiu paus, kamu perlu naik bus untuk menuju Cebu South Bus Terminal. Katakan saja pada kondektur bus bahwa kamu sedang menuju persimpangan Tumalog Falls, lalu bawa habal-habal (sepeda motor) ke air terjun itu sendiri. Kamu juga dapat langsung menuju ke area hiu paus di Tan-awan, Oslob. Kelompok perlindungan hewan tentu akan keberatan, tetapi jika kamu benar-benar ingin melihat hewan besar yang ramah ini, jadilah pengunjung yang bertanggung jawab dan ikuti peraturan renang selama orientasi.

Aguinid Falls | Image credit: @rajbelandres

Dari Oslob, kamu dapat langsung menuju ke Samboan, sebuah kota tetangga, untuk mengejar lebih banyak air terjun. Beri tahu kondektur bus untuk menurunkanmu di pusat kota dan dari sana, kamu dapat menyewa lagi habal-habal (sepeda motor) untuk membawamu ke Aguinid Falls dan air terjun tersembunyi lainnya di Samboan.

Tips: Beli semua kebutuhan perjalananmu di kota, termasuk botol air, makanan ringan, dan makanan lainnya. Meskipun kamu dapat membeli makanan di mana saja, namun harga akan menjadi lebih tinggi jika dibeli di daerah turis.

Rute Dalaguete – Badian

Osmeña Peak | Image credit: @naoishere

Rute ini sangat coocok untuk kamu yang memiliki bernyali besar. Naiki puncak tertinggi Cebu, Osmeña Peak di Dalaguete, lalu nikmati perjalanan sekitar enam jam ke Kawasan Falls di Badian. Saya dan teman-teman melakukan petualangan yang menyenangkan ini pada Desember 2015 lalu, dan harus saya katakan, saya hampir tidak bisa berjalan sehari setelahnya, jadi jika kamu memilih kegiatan ini, kamu harus memiliki persiapan fisik yang matang.

Kawasan Falls | Image credit: @ourtravelfeed

Masih kuat dan bugar setelah merasakan perjalanan selama enam jam? Pergilah ke ngarai. Kamu dapat mengatur ini sebelumnya dengan pemandu lokal untuk merasakan sensasi melintasi ngarai dan melompat dari tebing serta air terjun kecil. Saya tidak bisa menggambarkan dengan tepat seluruh pengalaman yang menyiksa tetapi memuaskan itu. Pergi dan lakukan saja!

Setelah hiking, melompat dan berenang, kamu dapat memilih untuk tinggal di penginapan manapun yang masih berada di sekitar situ atau naik bus untuk kembali ke Kota Cebu.

Saya tahu memang hari ke-1 itu sangat melelahkan, tetapi Bohol masih ada di tujuanmu selanjutnya, jadi kamu harus berjuang melawan kelelahan sebanyak yang kamu bisa.

Hari ke-2: Alona Beach, Panglao Island, Bohol

Alona Beach | Image credit: @fstella_

Dibutuhkan sekitar dua jam untuk mencapai Tagbilaran, ibu kota Bohol. Ketika kamu tiba di pelabuhan Tagbilaran, banyak operator tur lokal akan mendekatimu. “Tur Sehari, Kak?” “Van?” Kamu akan kewalahan jika kamu belum mengatur tur sebelum berangkat. Tetapi jika kamu suka dengan spontanitas, ikuti saja intuisimu dan cobalah untuk bertanya. Jangan takut; penduduk lokal di sana sangat ramah, sehingga mereka mendapatkan gelar sebagai “Kota Persahabatan.” Cukup sewa roda tiga, yang biasanya meminta tarif khusus PHP 300 – 400 ke Alona Beach di Panglao Island.

Saya cukup yakin otot kakimu masih pegal-pegal karena petualangan di Cebu, jadi di hari ke-2, saatnya kamu chill dan bersenang-senang. Ada begitu banyak akomodasi di Alona Beach. Tidak perlu khawatir tentang tempat tinggal, namun jika kamu tidak ingin di pinggir pantai, maka bawalah handuk dan selimut.

Tips: Pesanlah tur Bohol hari ke-3 kamu di Seashine Travel and Tours. Kamu dapat melihat kantor pemesanan tepat di sudut jalan menuju pantai. Harga tur dapat bervariasi tergantung pada kendaraan dan destinasi wisata yang kamu pilih, tetapi saya sangat menyarankan untuk mengikuti tur grup gabungan yang hanya dikenakan biaya PHP 400 per orang. Juga, jangan lupa untuk mencoba es krim The Buzzz Cafè, yang tersedia dalam banyak rasa seperti alpukat, mangga, guyabano, dan banyak lagi.

Hari ke-3: Tur hari Bohol

Chocolate Hills | Image credit: @jwbakerr

Sekarang, kamu harus sedikit lebih bersantai di Alona Beach. Ketika kamu mengikuti saran saya untuk melakukan tur grup, kamu akan diminta untuk menunggu di lokasi penjemputan yang telah ditentukan yaitu sekitar pukul 06:00 pagi. Apa yang diharapkan dari tur grup ini? Kamu akan melakukan perjalanan dengan orang lain (baik lokal maupun asing) dalam sebuah van. Ketika kami melakukan perjalanan, van itu dipenuhi lebih banyak orang asing daripada orang Filipina. Itu adalah campuran beragam orang dari Eropa dan Asia. Jika kamu tidak nyaman berinteraksi dengan orang asing, kamu dapat menyewa seluruh van atau mobil untuk diri sendiri.

Tur mungkin akan berakhir pada pukul 17:00 atau 18:00. Setelah tur, kamu dapat meminta sopir van untuk menurunkan kamu di Tagbilaran Port sehingga kamu masih dapat naik kapal cepat berikutnya atau kembali ke Cebu.

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Filipina Yang Tersembunyi Dan Instagrammable Yang Harus Kamu Kunjungi

Itu dia! Apakah aktivitas terlalu padat untukmu? Ya, saya membuatnya seperti itu sehingga kamu dapat memiliki banyak pilihan. Kamu semua memiliki kebebasan untuk mengatur perjalananmu, tetapi saya berharap itinerary tiga hari dua malam wisata di Cebu dan Bohol ini dapat membantumu.

Nikmati dan segera buat itinerary wisata ke Cebu serta Bohol dengan mencontoh apa yang sudah saya tulis di atas!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru