Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup Hingga Waktu Yang Belum Ditentukan Pascagempa 7SR

Kamu yang berencana melakukan pendakian ke Gunung Rinjani dalam waktu dekat harus mengurungkan niat. Pasalnya, jalur pendakian Gunung Rinjani ditutup untuk sementara waktu hingga akhir tahun.

Hal ini tidak bisa dilepaskan dari kondisi Gunung Rinjani yang belum aman untuk pendakian, menyusul bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok dan sekitarnya.

Image credit: @warnabama

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Sudiyono, jalur resmi pendakian Gunung Rinjani ditutup sejak 29 Juli lalu dan penutupan diperpanjang hingga batas waktu yang belum ditentukan. Struktur tanah yang tidak stabil membuat sejumlah wilayah terlihat retak dan rawan longsor menjadi alasan perpanjangan penutupan tersebut.

Ditambahkan Sudiyono, seperti dilansir dari Kompas.com, penutupan ini mempertimbangkan keamanan pendaki dan keputusan ini diharapkan bisa dihormati dan dipatuhi oleh semuanya. Dia menambahkan pihaknya masih terus mengkaji kondisi wilayah dan struktur tanah di lereng Gunung Rinjani.

Image credit: Jerome B Photography

Seperti diketahui, gempa bumi 7 SR mengguncang Lombok dan sekitarnya pada Minggu (5/8) malam pada pukul 19.46 WITA. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami sebelum kemudian dicabut beberapa jam kemudian. Gempa ini terjadi setelah beberapa hari sebelumnya terjadi gempa dengan kekuatan 6,4 SR yang mengguncang Lombok dan sekitarnya.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata di Mataram Yang Instagrammable Dan Unik

Bagi yang ingin mendaki Gunung Rinjani, sabar dulu ya, Guys!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru