Jepang Membuka Perbatasan Untuk Turis Mulai Juni 2022

Yang tak sabar untuk bisa jalan-jalan ke Jepang akhirnya boleh bersuka cita. Bagaimana tidak, pemerintah Kerajaan Jepang mengumumkan akan membuka perbatasan dan melonggarkan aturan pembatasan pergerakan karena Covid-19 mulai Juni 2022.

Diungkapkan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada 5 Mei 2022 lalu, pihaknya akan menerapkan kebijakan baru terkait pengetatan pembatasan di pintu perbatasan. Kebijakan tersebut akan secara efektif diberlakukan mulai Juni 2022, yang mana pemerintah Jepang akan memudahkan syarat masuk bagi turis asing yang berasal dari negara-negara anggota G7, seperti Inggris Raya, Kanada dan yang lainnya.

Seperti diberitakan FNN, pengunjung yang akan mengunjungi Jepang harus telah mendapatkan tiga kali suntikan vaksin Covid-19 dan bisa liburan ke wilayahnya dengan mengikuti paket wisata dengan itinerary yang sudah ditetapkan. Langkah ini juga menjadi bentuk percobaan dan jika penyebaran Covid-19 menunjukkan perkembangan yang negatif, program akan dilanjutkan ke langkah yang lebih tinggi.

Adapun Jepang saat ini masih belum membuka perbatasan selebar-lebarnya untuk masuknya wisatawan asing. Saat ini, mereka yang berstatus pelaku bisnis dan pelajar internasional dengan visa yang sudah disetujui yang boleh masuk ke Jepang. Adapun syarat untuk bisa masuk ke Jepang antara lain:

  • Harus melakukan tes Covid-19 72 jam sebelum keberangkatan dan menunjukkan hasil negatif. Langkah-langkah lengkap mengenai tes bisa ditemukan di sini.
  • Kamu harus menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap, plus booster, dan bisa menunjukkan bukti telah divaksin. Bagi yang belum menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap wajib menjalani karantina di tempat tinggal atau akomodasi yang dipilih.
  • Wajib mengisi formulir “Written Pledge” dan menunjukkannya saat tiba di Jepang.
  • Wajib mengisi formulir pernyataan kesehatan secara daring dan menunjukkan kode QR saat tiba di Jepang.

Traveler yang masuk ke Jepang melalui lima bandara internasional yang ada juga bisa menggunakan aplikasi Fast Track, yang merupakan satu portal khusus untuk mengumpulkan semua dokumen persyaratan untuk bisa masuk ke Jepang, termasuk sertifikat vaksin dan formulir pernyataan kesehatan. Detail lebih lengkap bisa dilihat di sini.

Baca juga: Aturan Terbaru Karantina Jepang, Hanya Tujuh Hari Untuk Yang Datang Dari Luar Negeri

Langkah membuka perbatasan untuk turis internasional ini menjadi langkah awal yang bagus bagi Jepang. Mari berdoa semoga pembatasan lebih dilonggarkan lagi dalam beberapa waktu ke depan.

 

 

Preview image credit: Jezael Melgoza – Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru