Jepang Memperpanjang Masa Pengetatan Perbatasan Hingga Februari 2022

Berencana jalan-jalan ke Jepang dalam waktu dekat? Jika iya, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan penjadwalan ulang karena Jepang memutuskan memperpanjang pengetatan perbatasan hingga akhir Februari 2022.

Kepastian tersebut diumumkan langsung Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, yang menyatakan kebijakan tersebut bertujuan meminimalkan kemungkinan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron di wilayahnya.

“Karena aturan pembatasan yang paling ketat di antara negara-negara G7, kami dapat meminimalkan masuknya varian Omicron dan memiliki waktu untuk persiapan lonjakan kasus domestik,” demikian pernyataan Kishida seperti dikutip dari The Japan Times.

Saat ini Jepang tidak menerima masuknya warga negara asing baru dan akan mempertahankan batasan masuknya pendatang, seperti pelajar internasional, staf diplomatik, permanen residen dan juga anak-anak yang lahir dari orang tua berkewarganegaraan Jepang, hingga 3,500 orang setiap harinya. Sementara warga negara asing yang diizinkan masuk adalah mereka yang datang dengan alasan kemanusiaan.

Selain kebijakan pengetatan perbatasan, pemerintah Jepang juga mempercepat program vaksinasi, terutama untuk suntikan booster, tidak hanya untuk para lansia tapi juga masyarakat umum. Terkait hal tersebut, pemerintah akan kembali mendirikan fasilitas vaksinasi massal untuk bisa mempercepat program ini. Selain itu, pemerintah Jepang juga berharap anak-anak di bawah 12 tahun juga bisa segera divaksinasi, sehingga bisa mempercepat kekebalan massal.

Sebelumnya, pemerintah Jepang telah melakukan pengetatan perbatasan sejak 30 November 2021 setelah munculnya kasus varian Omicron di wilayahnya. Sejak itu, kasus positif menunjukkan peningkatan signifikan hingga mencapai lebih dari 8,000 kasus dalam empat bulan terakhir. Hingga hari Selasa, menurut Kementerian Kesehatan Jepang, tercatat ada 100 orang yang menunjukkan gejala serius Covid-19 varian Omicron.

Baca juga: Karena Varian Omicron, Jepang Melarang Traveler Internasional Masuk

Mari berharap situasi Covid-19 di seluruh dunia segera membaik, yang memungkinkan kita bisa melakukan perjalanan dengan lebih leluasa. Untuk sementara ini, jalan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin tinggi, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru