Jokowi Perintahkan Tempat Wisata Di Zona Merah Dan Oranye Ditutup!

Ingin liburan dan jalan-jalan ke tempat wisata yang berada dekat di daerah kamu? Eits, tunggu dulu! Dengan pandemi Covid-19 yang belum terkendali, presiden Joko Widodo meminta tempat wisata, terutama yang daerahnya masuk dalam zona merah dan oranye, untuk sementara ditutup.

Dijelaskan Jokowi, meningkatnya tingkat kunjungan masyarakat ke tempat wisata selama lebaran juga ikut meningkatkan risiko penyebaran Covid-19.

“Saya melihat dari grafis dan kurva yang ada mobilitas masyarakat di hari Lebaran kemarin di tempat-tempat wisata ini naik tinggi sekali 38% sampai 100,8% hati-hati,” kata Jokowi seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5).

“Gubernur, bupati, walikota, hati-hati yang zonanya masih merah, zonanya masih oranye, tempat wisata itu harus ditutup dulu,” lanjutnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Sementara untuk daerah yang berada di zona hijau dan kuning diizinkan buka, dengan catatan tetap menegakkan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi.

Merujuk dari data Kementerian Kesehatan di laman resminya per tanggal 18 Mei 2021, tercatat ada enam daerah di Indonesia yang memiliki jumlah kasus terbesar, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

Sementara untuk mengetahui update terbaru mengenai wilayah yang masuk zona merah dan oranye bisa langsung dilihat di situs resmi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di sini.

Sayangnya, hingga artikel ini diturunkan, TripZilla Indonesia tidak bisa mengakses peta sebaran Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: WHO Tidak Sarankan Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Bepergian

Jadi, bagi yang ingin liburan ke tempat wisata di wilayah tertentu, cek dulu apakah tempatnya beroperasi atau tidak di periode sekarang ini, ya! Tapi, demi mendukung program pemerintah dan membantu mengatasi pandemi Covid-19, lebih baik untuk menunda sementara waktu  rencana bepergian kamu dan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin tinggi.

 

Preview image source: Akun resmi Instagram Presiden Joko Widodo

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru