Khusus Traveler, Inilah Daftar Tarif Yang Bakal Naik 2020

2020 sudah di depan mata, semuanya juga siap gegap gempita menyambut tahun yang baru dengan tantangan yang juga sepenuhnya baru. Apakah kamu salah satu yang tidak sabar menghadapi semua hal di tahun 2020?

Jika iya, salah satu tantangan yang bakal kamu hadapi adalah sejumlah tarif yang bakal naik pada 2020. Pemerintah sudah memastikan sejumlah tarif akan mengalami kenaikan,seperti harga rokok, tarif listrik dan iuran BPJS Kesehatan pada tahun depan. Itu berarti kamu harus mengatur arus pendapatan dan pengeluaran keuangan dengan lebih bijak.

Khusus untuk yang dolan jalan-jalan, tantangan tarif naik di 2020 juga harus dihadapi. Ada banyak tarif yang mengalami penyesuaian, yang tentunya bisa saja berimbas pada budget liburan kamu. Ingin tahu tarif apa saja yang bakal naik, khusus untuk traveler, pada 2020 mendatang? Simak daftarnya di sini.

Tarif pembuatan visa Schengen

Mulai Februari 2020, biaya pembuatan visa Schengen mengalami kenaikan sebesar 33,3 persen, dari yang sebelumnya 60 Euro menjadi 80 Euro, sekitar 1,2 juta rupiah. Aturan ini rencananya akan diberlakukan mulai Senin, 2 Februari 2020 mendatang.

Tarif pembuatan visa Schengen yang naik pada 2020 ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak yang akan ke Eropa, dari yang awalnya 35 Euro menjadi 40 Euro, sekitar 623,000 IDR.

Kenaikan tarif pembuatan visa schengen ini karena pebijakan pembaharuan penerapan kode visa Shcengen oleh Dewan Uni Eropa pada Juni 2019 lalu.

Tarif Tiket Masuk Pulau Komodo

Wacana menjadikan Taman Nasional Komodo sebagai destinasi wisata premium membuat tarif tiket masuk ke Pulau Komodo juga akan mengalami peningakatan. Meski belum diumumkan secara resmi, diperkirakan pada 2020 nanti tarif tiket akan naik signifikan.

Saat ini, total harga tiket masuk Taman Nasional Komodo dan retribusi daerah per hari per orang adalah 460,000 di hari biasa dan 535,000 IDR di hari libur untuk wisatawan asing, dan 265,000 IDR untuk hari biasa dan 267,500 IDR untuk hari libur untuk wisatawan lokal.

Rencananya, tiket masuk Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo menjadi destinasi wisata premium, menjadi 14 juta rupiah. Wow!

Tarif Tol

Image credit: Ganjar Pranowo

Yang doyan melakukan road trip menggunakan mobil dari satu kota ke kota lain, mungkin bisa mempertimbangkan untuk tidak menggunakan fasilitas jalan tol yang sudah tersedia dengan baik di Pulau Jawa dan sekitarnya. Pasalnya, ada penyesuaian tarif jalan tol pada 2020.

Meski belum diumumkan secara resmi, beberapa jalan tol diperkirakan akan menaikkan tarifnya, antara lain tol Jagorawi, Mojokerto-Kertosono, Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak segmen Simpang Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa, Makassar seksi IV, Cipali, Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT), Belawan-Medan-Tanjung Morawa, Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, hingga Surabaya-Gempol.

Tarif tiket DAMRI dari/ke Bandara Soekarno-Hatta

Image credit: @jackdipp

Kenaikan tarif sudah berlaku sejak minggu lalu. Kenaikan tarif berkisar antara 10,000 hingga 15,000 IDR. Penyesuaian dilakukan untuk DAMRI bisa memberikan layanan lebih maksimal kepada pelanggan.

Dengan tarif tiket yang naik ini, DAMRI juga meningkatkan layanan dan fasilitas dengan memberikan service yang lebih baik, mulai dari penyediaan AC, jaringan internet nirkabel, charging spot, hingga infrastruktur kebersihan dan keamaan seperti alat pemadam api ringan (APAR), alat pemecah kaca,tempat sampah, toilet, bagasi dan layanan hiburan seperti video musik.

Baca juga: Japan Airlines Tawarkan Tiket Pesawat Gratis Untuk WNI

Dengan naiknya sejumlah tarif di atas, selain tarif BPJS, cukai rokok dan sebagainya, bukan tidak mungkin hal tersebut ikut memengaruhi sektor lain, mulai dari harga bahan makanan hingga ongkos perjalanan menggunakan transportasi umum. Karenanya, kamu harus bisa berpikir lebih pintar untuk mengatur keuangan dan tetap menjalankan rencana liburan kamu. Tetap semangat, guys!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru