10 Aktivitas di Hokkaido Untuk Liburan yang Berkesan & Tips Hematnya

Jepang sudah dikenal sebagai salah satu destinasi luar negeri favorit warga Indonesia. Selain menawarkan makanan yang lezat, negara matahari terbit ini juga menawarkan beragam atraksi untuk memanjakan para wisatawan dan salah satu destinasi terpopuler yang sering menjadi pilihan adalah Hokkaido. Tidak peduli musim apapun, wilayah di Jepang yang satu ini dijamin akan tetap memberikan pengalaman yang tidak terlupakan!

Wilayah Hokkaido di ujung utara Jepang dipenuhi dengan kota-kota menarik, seperti Sapporo, Furano, Otaru dan kami merekomendasikan untuk tidak hanya diam di satu kota saat berlibur ke Hokkaido. Tentunya, tergantung pada budget dan durasi kunjunganmu, kamu harus memprioritaskan kota mana saja yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu karena mengunjungi semuanya dalam satu kali perjalanan merupakan hal yang hampir mustahil.

Oleh karena itu, kami telah merangkum daftar kota dan aktivitas di Hokkaido yang harus kamu lakukan, lengkap dengan tips-tips yang akan membuat perjalananmu semakin nyaman dan terjangkau.

Klook Pro-Tip: Sebelum mulai merencanakan aktivitasmu di Hokkaido, agar lebih mudah dan nyaman saat berkeliling Hokkaido, pastikan kamu memesan Hokkaido JR Pass dahulu. Tiket spesial ini akan memberimu akses kereta Japan Rail (JR) secara bebas menuju destinasi wisata dan kota-kota di Hokkaido dengan hanya satu tiket. Terdapat pula pilihan tiket dengan durasi yang berbeda, mulai dari 3 hari, 4 hari, 5 hari hingga 7 hari. Kamu hanya perlu membeli tiket dengan durasi sesuai rencana perjalananmu sebelum keberangkatan dan tiket akan dikirimkan ke rumah sebelum keberangkatan. Praktis sekali, bukan?

1. Melihat pemandangan Kota Sapporo dari Sapporo TV Tower

Sapporo TV Tower | Image credit: wing1990hk (kanan atas) Klook (kanan bawah)

Belum sah mengunjungi Hokkaido jika belum pergi ke Sapporo TV Tower. Selain merupakan ikon dari Kota Sapporo, tower yang didirikan pada tahun 1957 ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan Taman Odori dan Kota Sapporo dari observatoriumnya.

Kalau tidak ingin mengantri untuk mendapatkan tiket sekaligus mendapatkan penawaran harga tiket terbaik, pesan tiket masuk Sapporo TV Tower online dari Klook. Dengan tiket ini, kamu bisa langsung naik ke observatorium dan menyaksikan panorama yang tidak akan kamu lupakan!

Taman Odori pada malam hari | Image credit: Klook

Saran dari kami, naik ke atas sebelum matahari terbenam dan kamu juga akan bisa menikmati pemandangan malam yang tidak kalah indahnya.

Klook Pro-Tip: Jika ingin tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman di rumah selama di Jepang, jangan lupa untuk menyewa router WiFi 4G lokal sebelum keberangkatanmu dan dapatkan unlimited data di sana. Tempat dan waktu pengambilan perangkatnya bisa disesuaikan dengan jadwal penerbanganmu dan penggunaan WiFi-nya pun bisa dibagikan dengan hingga 14 perangkat lho!

Cara ke Sapporo TV Tower: Gunakan Hokkaido JR Pass menuju Stasiun JR Sapporo dan jalan selama 15 menit ataupun naik taksi selama 5 menit menuju ke Sapporo TV Tower.

2. Mengenal sejarah pembuatan bir di Sapporo Beer Museum (dan bonus, menikmati makanan khas Hokkaido lezat!)

Sapporo Beer Museum | Image credit: Klook

Hokkaido merupakan tempat lahirnya bir di Jepang, Sapporo Beer sejak tahun 1877. Selain mencoba Sapporo Beer saat sedang berkunjung, tentunya akan lebih bermakna kalau kamu pun mengenal sejarah dan proses pembuatan merek bir pertama di Jepang ini. Untungnya, semua ini dapat kamu lakukan di Sapporo Beer Museum!

Sapporo Beer | Image credit: Japan Guide

Di Sapporo Beer Museum, selain mempelajari proses pembuatan dan sejarah panjang dari bir di Jepang kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk mencicipi bir tersebut dengan hanya biaya 200 JPY (~Rp 26.000)!

Sapporo Beer Garden Buffet| Image credit: Klook

Klook Pro-Tip: Usai mengelilingi museum, perut pun pasti lapar. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menuju ke Sapporo Beer Garden sebelum mengakhiri harimu. Di sana, kamu dapat menikmati buffet makan malam lezat yang menyajikan menu lokal spesial seperti Ghengis Khan (daging domba panggang) dan king crab yang mewah.

Agar lebih mudah untuk mendapatkan tempat, pastikan untuk memesan paket Sapporo Beer Garden Buffet terlebih dahulu dari Klook! Selain makanan, Sapporo Beer Garden Buffet juga menyediakan berbagai jenis minuman termasuk wine, whiskey dan berbagai minuman tanpa alkohol. Kamu juga bisa mendapatkan sedikit potongan harga jika membeli paket ini langsung dari aplikasi Klook serta memasukkan kode <mobile10> lho!

Cara ke Sapporo Beer Museum: Gunakan Hokkaido JR Pass menuju Stasiun JR Sapporo, dan berjalan 25 menit ke sana, atau menggunakan bus (210 JPY atau ~Rp 27.300 per orang) dari depan Seibu Department Store atau Stasiun Odori.  

3. Menyaksikan keindahan Danau Toya di Taman Nasional Shikotsu-Toya

Danau Toya | Image credit: Klook

Keindahan Taman Nasional Shikotsu-Toya tidak bisa dipungkiri lagi. Destinasi ini bahkan terpilih menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Jepang. Selain menikmati pesona Danau Toya yang menakjubkan, ada pula banyak aktivitas menarik seperti mendaki, menonton pertunjukkan kembang api dari bulan Mei hingga Oktober, dan berendam di onsen untuk pengunjung. Recommended banget deh!

Image credit: Klook (atas dan bawah)

Klook Pro-Tip: Pastikan kamu menaiki kereta gantung Usuzan yang akan membawamu menuju observation deck dekat dengan puncak Gunung Usu, salah satu atraksi paling populer di Jepang. Dengan hanya 720 JPY (~Rp 93.000), kamu akan disuguhkan pemandangan indah yang tidak akan kamu lupakan!

Untuk yang ingin menjelajahi taman ini secara all-in-one, pesan paket tur Danau Shikotsu dan Toya sebelum kamu berangkat! Selain mendapatkan perjalanan yang memuaskan, kamu juga dapat menghemat biaya jika memesan dari aplikasi Klook dengan kode <mobile10>. Buruan!

Cara ke Taman Nasional Shikotsu-Toya: Gunakan kereta api JR dengan Hokkaido JR Passmu menuju ke Stasiun Toya (~70 menit dari Stasiun Minami-Chitose di Sapporo).

4. Mengenal sejarah sekaligus membuat kotak musik kreasimu sendiri di Kota Otaru

Kanal Kota Otaru | Image credit: Mith Huang

Otaru merupakan kota pelabuhan di Hokkaido yang terkenal dengan sejarah perdagangan dan pembuatan kotak musik mereka. Salah satu tempat wisata di Otaru yang harus kamu kunjungi adalah Kanal Otaru – jalur kapal pedagang yang cukup penting di jaman perdagangan dahulu. Gudang-gudang yang berada di sepanjang kanal ini pun kini telah direnovasi dan digunakan oleh restoran, kafe dan toko souvenir.

Cara ke Kanal Otaru: Gunakan kereta api menuju Stasiun Otaru, lalu berjalan 10 menit untuk mencapai Kanal Otaru.

Rickshaw Tour di Kota Otaru | Image credit: Klook

Jika ingin mengelilingi Kota Otaru ala orang Jepang jaman dahulu, tersedia tur becak Otaru yang akan membawamu ke aneka situs bersejarah di sana. Selain mendapat pemandu tur profesional yang berbahasa Inggris, kamu pun bisa memilih tema ataupun rute perjalananmu sendiri lho saat memesan tur ini. Kamu mungkin merasa sudah familiar dengan transportasi yang satu ini, tetapi menaikinya di Jepang dijamin akan memberimu pengalaman dan sensasi yang sangat berbeda!

Pembuatan kotak musik di Otaru | Image credit: Joel (atas) dan Sapporo Tourism (bawah)

Klook Pro-tip: Jika ingin membawa pulang souvenir yang unik dari Otaru, kunjungi juga Music Box Museum di Sakaimachi-Dori dan kamu akan bisa membuat kotak musik karyamu sendiri! Biaya yang harus kamu keluarkan tergantung pada desain dan musik yang kamu pilih yaitu dari 1.300 JPY (~Rp 169.000) sampai 4.200 JPY (~Rp 546.000) namun hasil yang kamu bawa pulang pastinya sangat berkesan.

Cara ke Sakaimachi-Dori: Gunakan kereta api JR dengan Hokkaido JR Passmu menuju ke Stasiun JR Minami-Otaru dan berjalan selama sekitar 7 menit menuju Sakaimachi-Dori.

5. Kembali ke Jaman Edo di Noboribetsu Date Jidaimura

Noboribetsu Date Jidaimura | Image credit: Noboribetsu Date Jidaimura

Jaman Edo merupakan salah satu jaman paling menarik dari sejarah negara Jepang dan kamu bisa merasakan langsung nuansa jaman tersebut saat mengunjungi Hokkaido di Noboribetsu Date Jidaimura! Telusuri jalanan-jalanan kuno yang dipenuhi oleh toko-toko, rumah mewah master samurai dan tonton juga pertunjukan ninja khusus yang diadakan secara rutin di taman ini.  

Cara ke Noboribetsu Date Jidaimura: Gunakan kereta api JR dengan Hokkaido JR Passmu menuju ke Stasiun JR Noboribetsu. Lanjutkan perjalanan dengan Donan Bus menuju Ashiyuiriguchi dan turun di Noboribetsu Jidaimura.

Klook Pro-Tips: Tahukah kamu bahwa wisatawan di Jepang bisa mendapatkan diskon khusus untuk masuk ke banyak destinasi wisata termasuk Noboribetsu Date Jidaimura menggunakan Golden Coupon Book? Dengan 1.300 JPY (~Rp 713.000), kamu akan mendapatkan 10 coupon yang dapat digunakan untuk memasuki banyak atraksi di Hokkaido tanpa biaya tambahan.

Setiap atraksi membutuhkan jumlah coupon yang berbeda. Contohnya, untuk Noboribetsu Date Jidaimura, dibutuhkan hanya 6 coupon per orang dewasa (780 JPY atau ~Rp 100.000) dari Golden Coupon Book meski harga asli tiket masuknya adalah 2.900 JPY (~Rp 377.000). Jadi kalau mau menghemat biaya saat berlibur ke Hokkaido, pastikan untuk membeli Golden Coupon Book ya!

6. Mengunjungi Kebun Binatang Asahiyama yang sudah mendunia

Asahiyama Zoo | Image credit: Yoppy

Kamu mungkin sudah pernah mengunjungi berbagai kebun binatang di dunia, tetapi kebun binatang Asahiyama dijamin akan memberimu pengalaman yang berbeda!

Penguin walks (atas) Ezokuroten (bawah) | Image credit: MIKI Yoshito (atas),  Asahiyama Zoo (kiri bawah), Kusakui (kanan bawah)

Destinasi wisata yang satu ini menjadi populer karena banyaknya acara yang unik. Salah satunya, penguin parade yang lucu dan sangat dinantikan pengunjung pada saat musim dingin. Keunikan kebun binatang ini juga datang dari fasilitasnya yang lengkap dan jarang ditemukan di tempat lain. Di sini, pengunjung dapat melihat hewan dari bermacam-macam sudut pandang, mulai dari bawah hingga atas!

Klook Pro-Tips: Untuk pengalaman yang tidak terlupakan, jangan lupa untuk melihat hewan asli Jepang yang hanya dapat ditemukan di Wilayah Hokkaido seperti Ezokuroten yang warna bulunya berubah tergantung musim!

Cara ke Kebun Binatang Asahiyama: Gunakan Hokkaido JR Passmu menuju Stasiun Asahikawa sebelum menaiki bus menuju Kebun Binatang Asahiyama.

7. Merasakan sensasi negeri di atas awan di Unkai Terrace

Unkai Terrace | Image credit: Unkai Terrace

Pernah bermimpi untuk berada di atas awan? Kini kamu bisa mewujudkan mimpi tersebut dengan mengunjungi Unkai Terrace. Kamu bahkan dapat merasakan awan tersebut dengan tanganmu sendiri lho!

Image credit: Unkai Terrace

Klook Pro-Tips: Walaupun Unkai Terrace buka dari jam 5 hingga 8 pagi, kamu sangat dianjurkan untuk mengunjungi destinasi ini sepagi mungkin agar kamu dapat menyaksikan pemandangan yang lebih menakjubkan. Selain itu, kamu juga harus terus memantau perkiraan cuaca, karena Unkai Terrace akan ditutup jika cuaca sedang tidak bagus.

Cara ke Unkai Terrace: Gunakan kereta api JR dengan Hokkaido JR Passmu menuju ke Stasiun JR Tomamu dan kemudian menaiki shuttle bus menuju Hoshino Resorts Tomamu. Setelah itu, kamu harus menggunakan gondola untuk naik ke Unkai Terrace. Harga untuk menaiki gondola adalah 1.900 JPY (~Rp 246.500) untuk orang dewasa dan 1.200 JPY (~Rp. 156.000) untuk anak berusia 7 sampai 12 tahun. Anak berumur di bawah 7 tahun ataupun tamu dari Hoshino Resorts Tomamu tidak dipungut biaya untuk menaiki gondola ini.

8. Berbelanja souvenir dan oleh-oleh khas Jepang

Berbelanja tentu menjadi salah satu aktivitas yang wajib saat berlibur, apalagi saat mengunjungi Hokkaido. Salah satu destinasi populer untuk berbelanja di Hokkaido adalah pusat perbelanjaan Susukino di Kota Sapporo.

Cara ke Susukino: Gunakan kereta api menuju Stasiun Susukino yang berjarak 2 pemberhentian dari Stasiun Sapporo.

Image credit: Klook (kiri dan kanan)

Klook Pro-Tips: Walaupun shopping adalah suatu aktivitas yang menyenangkan, kamu mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk membeli segalanya, mengingat banyaknya destinasi wisata yang ada di Hokkaido. Oleh sebab itu, kenapa tidak membeli oleh-oleh lokal seperti Sapporo Agricultural College Cookies ataupun Pocky Yubari Melon yang terkenal secara online! Souvenir ini bisa dengan mudah kamu ambil di Bandara New Chitose Airport ataupun Stasiun JR Chitose di Sapporo sebelum kembali ke tanah air. Dengan layanan ini, kamu tidak usah repot-repot untuk mencarinya di toko lagi. Praktis sekali, bukan?

9. Memanjakan mata dan pikiranmu di Farm Tomita

Farm Tomita di Kota Furano | Image credit: Douglas Perkins

Jika kamu adalah pecinta bunga, Farm Tomita adalah destinasi yang sempurna untukmu. Meski padang bunga yang satu ini buka sepanjang tahun, kecuali pada saat musim dingin, waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di saat musim panas, pertengahan tahun.

Klook Pro-Tip:  Selain melihat dan berfoto ria bersama padang bunganya, jangan lupa untuk mencicipi es krim rasa lavender-nya yang unik dan menyegarkan ya!

Cara ke Farm Tomita: Gunakan kereta api JR dengan Hokkaido JR Passmu menuju ke Stasiun Naka-Furano. Setelah itu, kamu bisa menggunakan taksi untuk langsung diantar menuju Farm Tomita.

10. Menikmati musim dingin di Hokkaido sambil bermain ski

Selain musim panas yang cantik, Hokkaido juga sangat dikenal untuk pemandangan yang indah dan aktivitas yang seru di musim dingin.

Image credit:MIKI Yoshihito (kiri dan kanan)

Salah satu aktivitas musim dingin terpopuler di sini tentunya adalah belajar bermain ski atau snowboard yang menyenangkan! Di Hokkaido, salah satu destinasi yang terkenal dengan resort musim dinginnya adalah Niseko. Di sana, kamu bisa bermain ski sambil menikmati pemandangan Gunung Yotei yang sangat menakjubkan!

Cara ke Niseko: Cara paling gampang untuk mencapai Niseko adalah dengan menggunakan kereta api.  Gunakan kereta api JR dengan Hokkaido JR Passmu menuju ke Stasiun Kutchan. Setelah sampai di Stasiun Kutchan, kamu bisa menggunakan bus yang datang setiap 1 – 2 jam menuju Hirafu ataupun Niseko Village.

Masukkan alamat email kamu
& nikmati promo menarik dari Klook!

Thank you for your subscription.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mengunjungi Hokkaido? Dengan Klook, kamu bisa menghemat saat berlibur ke banyak destinasi lainnya, termasuk Hong Kong, Singapura, Bangkok, Sydney, dan banyak lagi! Jadi jangan lupa untuk selalu memeriksa Klook sebelum berangkat agar mendapatkan pengalaman berlibur yang asyik!

Baca juga: Itinerary Wisata di Jepang Satu Minggu Bersama Keluarga

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru