7 Kota Di Indonesia Dengan Bus Wisata Keren Untuk Keliling Kota

Bus wisata merupakan bus khusus yang diperuntukkan bagi para wisatawan untuk bisa berkeliling di area dalam kota. Setidaknya sudah ada tujuh kota di Indonesia dengan bus wisata yang unik dan keren. Bahkan, setiap bus wisata tersebut pun memiliki nama khas masing-masing. Mau tau kota mana saja yang punya bus wisata tersebut? Baca sampai habis ya.

1. Surabaya – Bus Suroboyo, SHT dan SSCT

Image credit: @suroboyobus

Bukan hanya satu, tapi Surabaya punya tiga jenis bus wisata yang bisa kamu naiki! Bus pertama adalah Bus Suroboyo yang hanya menerima pembayaran dalam bentuk sampah plastik, lho! Sepintas, bus Suroboyo ini akan mengingatkanmu pada bus merah yang ada di Kota London. Bus Suroboyo mulai beroperasi pada pukul 06.00 WIB dari Terminal Purabaya dan dari Halte Rajawali.

Image credit: @tiasparantie

Bus kedua adalah bus yang telah lebih dulu hadir di Kota Surabaya yaitu Bus Surabaya Heritage Track (SHT). Bus ini merupakan bagian dari Museum House of Sampoerna. Setiap hari, selalu ada tur menggunakan bus merah unik ini ke lokasi bersejarah dan menarik di Surabaya. Kamu tidak perlu mengeluarkan sepeser uang pun untuk naik bus ini alias gratis. Cek di sini untuk mengetahui jadwal lengkap tur Bus SHT.  

Image credit: @surabayasparkling

Nah, yang terakhir adalah Bus SSCT. SSCT merupakan singkatan dari Surabaya Shopping Culinary Track yang akan membawa wisatawan ke tempat wisata bahari dana neka museum. Bus berwarna kuning ini beroperasi setiap hari Selasa, Sabtu, dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Kamu cukup merogoh kocek sebesar 7,500 IDR untuk bisa menjajal bus kebanggaan Surabaya ini. Murah sekali, bukan? Tiketnya bisa dibeli di Balai Pemuda Surabaya. Usahakan untuk membeli tiket jauh-jauh hari ya, karena tiket bus ini cepat sekali habisnya.

2. Solo – Bus Werkudara

Image credit: @soloindonesia

Werkudara merupakan nama dari salah satu tokoh pewayangan Jawa yang terkenal ksatria. Bus ini memiliki dua tingkat dengan area terbuka di bagian atasnya. Cukup dengan 20,000 IDR kamu bisa seru-seruan keliling Kota Solo dengan Bus Werkudara. Bus ini beroperasi hanya pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

Image credit: @yosefdianpr

Perjalanan bus dimulai dari Kantor Dishubkominfo Solo dimana kamu membeli tiket, lalu perempatan Manahan, pertigaan Kerten, Sriwedari, Gladag, Balai Kota, Pasar Gede, Bank Indonesia, perempatan Panggung, Tugu Cembengan dan berhenti di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Ayo jalan-jalan ke Solo dan coba naik Bus Werkudara!

3. Bandung – Bus Bandros

Image credit: @brayen_rian

Bandung juga tidak mau kalah dalam memanjakan para wisatawan yang datang kemari. Bus dua tingkat dengan atap terbuka ini siap mengantarmu keliling Kota Bandung. Namanya Bus Bandros, kepanjangannya Bandung Tour On Bus. Tidak tanggung-tanggung, kini sudah ada 5 rute Bus Bandros dengan total 12 armada yang beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Image credit: Bus Bandros

Bus yang mirip seperti bus dalam film Harry Potter ini tersedia di halte dan titik pemberhentian khusus seperti Alun-Alun Bandung, Taman Cibeunying, Lapangan Gasibu, Taman Dewi Sartika dan Balai Kota Bandung. Kamu bisa memilih tiket sekali perjalanan seharga 20,000 IDR atau tiket multi perjalanan seharga 40,000 IDR. Tidak akan rugi deh naik Bus Bandros keliling Bandung. Klik di sini untuk info lengkap reservasinya, ya!

4. Malang – Bus Macito

Image credit: @valenhadi

Dengan mengambil warna hijau, Bus Macito tampak tenang melenggang menyusuri ikon-ikon Kota Malang. Kamu pun bisa ikut dalam perjalanan Macito dengan mendaftar di loket Tawira belakang Balai Kota. Mendaftarnya gratis, lho! Setiap hari loket dibuka mulai pukul 07.00 WIB dan bus akan mulai berangkat pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB lalu dilanjutkan lagi pada pukul 14.00 hingga 15.30 WIB.

Image credit: @rachmadjuliantono

Dalam waktu 90 menit kamu akan diajak mengelilingi Kota Malang yang mempesona. Untuk merasakan sensasi jalan-jalan yang berbeda kamu bisa menaiki tingkat dua yang memiliki atap terbuka. Tidak kalah seru dengan yang bus kota lain, kan?

5. Semarang – Si Kenang

Image credit: @andrew_transportation_gallery

Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki kawasan Kota Lama dengan berbagai bangunan bersejarah di dalamnya. Keliling Kota Lama Semarang tentu akan jadi aktivitas yang lebih menyenangkan dengan bus wisata tingkat Si Kenang. Untuk memulai tur bersama Si Kenang , kamu bisa mendaftarkan diri di Museum Mandala Bhakti dengan membawa KTP yang nantinya akan ditukar dengan tiket naik bus.

Image credit: @yesayaraditya

Rute bus ini nantinya akan melewati Stasiun Tawang, Kota Lama, Lawang Sewu, Jalan Pandanaran, Simpang Lima, Klenteng Sam Poo Kong lalu kembali ke Museum Mandala Bhakti. Selama perjalanan, bus akan berhenti di kawasan Kota Lama dan Kampung Pelangi. Jadi tidak perlu khawatir tidak bisa berfoto-foto di tempat-tempat wisata tersebut. Yuk, muter-muter Kota Semarang dengan Si Kenang!

6. Jakarta – City Tour Bus (Mpok Siti)

Image credit: @salgucan

Tidak perlu repot mendaftar apalagi membayar, kamu bisa langsung menaiki Mpok Siti dari halte bus bergambar bus tingkat yang tersebar di berbagai tempat wisata di Jakarta. Di antaranya adalah Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, dan Sarinah. Mpok Siti beroperasi setiap hari pukul 09.00 hingga 19.00 WIB kecuali hari Minggu mulai pukul 12.00 hingga 19.00 WIB.

Image credit: @regita_canarsy

Tersedia dua rute yang ditempuh oleh bus ini, rute pertama merupakan rute hari Senin sampai Jumat yaitu Bundaran (HI) Hotel Indonesia, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monas, Balai Kota, Sarinah. Sedangkan pada akhir pekan rutenya menjadi Bundaran (HI) Hotel Indonesia, Museum Nasional, GKJ Sarinah, Masjid Istiqlal dan Balai Kota.

7. Bogor – Bus Uncal

Image credit: @pemkotbogor

Meski memiliki julukan Kota Sejuta Angkot, namun Bogor ternyata juga punya bus wisata kota yang unik lho. Namanya Bus Uncal. Uncal adalah singkatan dari Unforgettable City Tour at Lovable City. Meski sempat lama tidak beroperasi namun akhirnya bus unik mirip tram ini mulai dijalankan kembali pada 25 Agustus lalu.

Image credit: @pemkotbogor

Bus Uncal kini bahkan bisa dipinjam untuk acara rekreasi keluarga lho. Untuk jadwal reguler, Bus Uncal beroperasi setiap hari Sabtu dan MInggu pada waktu-waktu tertentu dengan rute Balai Kota, Taman Heulang, Taman Kencana, dan kembali ke Balai Kota. Kamu yang sedang di Bogor jangan sampai lewatkan kesempatan naik Bus Uncal ya.

Baca juga: Tempat Makan Di Bali Yang Dikunjungi Artis Luar Negeri

Sekarang wisata keliling kota tidak perlu repot lagi kan? Ayo segera kunjungi kota-kota di atas dan jangan lupa bagikan pengalamanmu naik bus wisata dengan tagar
#TripZillaTraveller. Dapatkan kesempatan untuk bisa difitur di IG TripZilla Indonesia.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru