Bikin Penasaran, Inilah 3 Kuliner Favorit Jokowi Di Bogor!

Bogor, sebuah kota di Jawa Barat yang selalu menjadi destinasi akhir pekan favorit bagi warga ibukota dan sekitarnya ini belum lama ini membuat orang makin penasaran. Alasannya, melalui vlog bernama #JOKOWIKULINER di channel resmi Youtube orang nomer 1 di Indonesia, Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Pak Jokowi baru saja membagikan daftar 3 kuliner favorit langganannya selama di Bogor.

Kali ini kuliner favorit Pak Jokowi memang tidak sebanyak dibandingkan vlog kuliner di Solo, tapi cukup untuk menghabiskan waktu akhir pekanmu di Bogor. Semua kuliner di daftar ini adalah kuliner asli khas Indonesia dengan cita rasa yang luar biasa. Jadi tidak ada salahnya untuk jadi panduan kulinermu selanjutnya di Kota Hujan, Bogor. Berikut ketiga daftarnya!

1. Martabak dan Bakso Kiki

Image credit: @rico.a_konin

Siapa coba yang tak suka martabak? Disajikan dengan berbagai macam jenis topping yang menggugah selera ini juga menjadi salah satu kuliner Pak Jokowi. Di Bogor, nama Martabak dan Bakso Kiki ini semakain ramai dibicarakan oleh netizen semenjak vlog #JOKOWIKULINER. Kualitas rasa yang sangat baik ini tercipta karena martabak ini dibuat dari bahan segar dan diracik langsung oleh pemiliknya. Menariknya lagi martabak ini juga bebas dari bahan pengawet!

Image credit: @kikimartabakbogor

Tak hanya martabak, kedai ini juga memiliki menu lain yang wajib kamu coba yaitu bakso. Terbuat dari daging berkualitas tentu menghasilkan tekstur bakso yang sangat pas. Makin lengkap lagi kuah bakso juga memiliki kaya rasa dan segar.

Lokasi: Jl. Pahlawan No.35A, RT.01/RW.10, Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat
Jam buka: Setiap hari, mulai 10.00 hingga 22.00
Harga: Mulai dari 40,000 IDR

2. Restoran Kluwih

Image credit: @kluwih_sundaauthentic

Sudah ke Bogor, kurang lengkap kalau belum menicicipi kuliner khas Sunda yang maknyus. Kalau kamu sudah tak asing dengan nasi liwet atau biasa dikenal dengan tradisi “liweatan” yang biasa dimakan bersama dan disajikan di meja panjang dengan alas daun pisang ini juga akan kamu temukan di sini, di Restoran Kluwih.

Image credit: @bogoreatery (kiri), @kluwih_sundaauthentic (kanan)

Resep-resep tradisional khas Sunda yang sudah diwariskan sejak dahulu kala selalu menjadi prioritas restoran ini. Walaupun mengusung konsep tradisional, tapi soal pelayanan di sini sangat modern dan profesional sehingga tidak salah jika menjadi salah satu favorit Pak Jokowi. Jika ke sini, wajib hukumnya untuk memesan menu cumi balakutak dan es tape kluwih.

Lokasi: Jl. Bina Marga I No.12, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat
Jam buka:
Setiap hari, mulai 09.00 hingga 21.00
Harga:
Mulai dari 7,000 IDR

3. Sate Tegal Laka-laka

Image credit: @kakzulfa

Masih asing dengan nama “Laka-laka”? Nama unik ini berasal dari Bahasa Tegal yang berarti tidak ada duanya. Yang membedakan sate kambing ini dengan tempat lainnya adalah pemilihan daging kambing segar dan muda. Sedangkan untuk sate sapi, pemilik memilih bahan tanderloin.

Kualitas baik daging di sini juga tercipta karena kebiasaan sang pemilik yaitu dengan cara menggantung daging segar setelah dipotong selama beberapa waktu. Setelah dirasa cukup, daging akan diturunkan dan dipilih antara kualiatas daging yang bagus dengan daging yang kurang bagus. Setelah daging dipilih hingga habis, bagian kambing kembali digantung lagi.

Image credit: @bangaat333 (kiri), @kulinerae (kanan)

Sate kambing, sate sapi, dan tengkleng menjadi favorit pengunjung dan keluarga Pak Jokowi, khususnya. Bahkan saking cintanya dengan sate ini, pihak istana tak jarang memanggil Sate Tegal Laka-laka untuk menjadi jamuan makan acara spesial.

Lokasi: Jl. Sholeh Iskandar No.25, RT.03/RW.08, Cibadak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat
Jam buka:
Setiap hari, mulai 11.00 hingga 21.00
Harga:
Mulai dari 18,000 IDR

Baca juga: 12 Tempat Makan Langganan Jokowi Di Solo Yang Sederhana Tapi Maknyus Rasanya

Sudah dibuat ngiler dan penasaran seberapa nikmatnya ketiga kuliner tersebut hingga menjadi favorit Pak Jokowi? Segeralah buat rencana liburanmu ke Kota Hujan, Bogor untuk menjelajahi surga kuliner yang sesungguhnya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru